Home » » Tema 1 Kelas 2 Sub 1 Pb 5

Tema 1 Kelas 2 Sub 1 Pb 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 18 July 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester                            : 2/1
Tema 1                                        : Hidup Rukun
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Hidup Rukun di Rumah / 5
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
3.2    Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
3.2.1 Mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak dasar non-lokomotordalam bentuk permainan sederhana.
4.2    Mempraktikkan variasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
4.2.1  Melakukan gerakan variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam bentuk permainan sederhana

b) Bahasa Indonesia
3.5  Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan        keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi        dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.5.4 Menjelaskan makna hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.5  Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.5.3 Menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam    kemajemukan keluarga..

c) PPKn
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
3.3.3 Mennjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang  dimiliki.
4.3   Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
4.3.3 Menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda  sifat/karakter.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Melakukan variasi berbagai gerakan aktivitas jasmani.
2.      Menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun.
3.      Menjelaskan keberagaman anggota keluargaberdasarkan sifat-sifat yang dimiliki.
5.      Menyebutkan cara menjaga sikap kerukunan dalam keberagaman.
6.      Menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter.

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Rukun”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengamati gambar berbagai gerakan aktivitas jasmani berupa gerakan nonlokomotor berupa gerakan jalan di tempat, mengayunkan kaki, memutar lengan, menarik dan mendorong, meliukan badan seperti pohon ditiup angin, dan belalai gajah dengan teliti (mengamati).
o   Siswa mendeskripsikan gambar yang diamati. (mengomunikasikan).
o   Siswa menjelaskan setiap gerakan yang ada pada gambar yang diamati (mengomunikasikan).
o   Siswa memeragakan setiap gerakan berdasarkan gambar  melalui “Permainan Sutradara” dengan teliti (mencoba).

Langkah-Langkah Permainan Sutradara
1.      Guru menunjuk satu siswa untuk menjadi sutradara.
2.      Sutradara memberi perintah seperti: Ayunkan lengan…. Action.  Semua pemain harus mengayunkan lengan. Gerakan berhenti bila sutradara berkata, “Cut”.
3.      Gerakan-gerakan yang diperintahkan adalah:
o   Jalan di tempat  Mengayunkan kaki
o   Memutar lengan
o   Menarik dan mendorong
o   Meliukkan badan seperti pohon yang ditiup
o   Belalai gajah
.           
4.    Pemain hanya boleh melakukan perintah sutradara. Bila sutradara berkata, “Tertawa…. Sekarang”, semua pemain harus diam. Bila ada yang tertawa, dia harus keluar dari permainan.
5.    Pemain juga bisa dikeluarkan bila gerakannya salah. Guru yang menilai salah dan benarnya gerakan.
6.    Pemain terakhir yang bertahan akan menjadi sutradara dalam permainan berikutnya.

o   Siswa mengamati percakapan Mutiara dan Udin. (mengamati).
o   Siswa membaca teks percakapan yang telah diamati (mengamati).
o   Siswa melanjutkan membuat dua dialog lagi dari percakapan yang telah dibaca (menalar).
o   Siswa membacakan percakapan yang telah dibuat (mengomunikasikan).
o   Siswa bermain peran dengan memeragakan teks percakapan tentang permintaan maaf (mencoba).
o   Siswa menunjukkan peran permintaan maaf dari teks percakapan yang telah diperagakan (mengomunikasikan).
o   Siswa dibimbing membuat kartu tanya jawab dari karton. Kartu tersebut akan digunakan untuk menulis pertanyaan dan jawaban siswa dari kegiatan menanya yang akan dilakukan (mencoba).
o   Siswa menuliskan pertanyaan kepada teman tentang perbedaan pendapat pada kartu yang telah dibuat. (mengomunikasikan).
o   Siswa saling menukarkan kartu pertanyaan yang telah ditulis.
o   Siswa menulis jawaban dari pertanyaan yang terdapat pada kartu (mengomunikasikan).
o   Siswa menuliskan penyelesaian perbedaan pendapat dalam keluarga dari kegiatan bertanya yang telah dilakukan (menalar).
o   Siswa menyimpulkan teks percakapan bermain peran dengan menjawab beberapa pertanyaan (mengkomunikasikan).

PENGAYAAN
o   Siswa mempraktekkan berbagai gerakan aktivitas jasmani, seperti: saling mendorong, saling menarik, memutar badan, mengayun kaki, dan lain-lain.
o   Siswa ditugaskan menulis contoh kalimat ucapan permintaan maaf kepada anggota keluarga di rumah dengan bahasa yang santun.
o   Siswa menyebutkan sifat/karakter anggota keluarganya di rumah.

REMEDIAL
o   Guru memberikan bimbingan kepada siswa yang belum mampu mempraktekkan gerakan aktivitas jasmani seperti: saling mendorong, saling menarik, memutar badan, mengayun kaki, dan lain-lain.
o   Guru memberikan bimbingan kepada siswa yang masih kesulitan dalam menulis kalimat ucapan permintaan maaf yang santun.
o   Guru memberikan bimbingan kepada siswa yang belum mampu membedakan sifat/karakter setiap individu.



 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya


2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
Menjawab pertanyaan dari teks percakapan bermain peran

Jumlah Soal: 5 Soal
Skor maksimal: 100

Skor setiap jawaban: 20
Kunci Jawaban
1.      Udin dan Mutiara.
2.      Udin.
3.      Mutiara.
4.      Karena telah berbicara keras kepada kakak.
5.      Saling mengalah.

1.        Keterampilan
a. Menirukan berbagai gerakan non lokomotor berdasarkan permainan sutradara
Penilaian: observasi (pengamatan)
Lembar pengamatan menirukan berbagai gerakan nonlokomotor Berdasarkan permainan sutradara

No
Kriteria
Terlihat
(√)
Belum Terlihat (√)
1
Siswa mampu melakukan gerak jalan di tempat


2
Siswa mampu melakukan gerak mengayunkan
kaki.


3
Siswa mampu melakukan gerak memutar lengan.


4
Siswa melakukan gerak menarik dan mendorong tangan.


5
Siswa melakukan gerak meliukkan badan seperti pohon yang ditiup.


6
Siswa melakukan gerak belalai gajah.






Hasil pengamatan menirukan berbagai gerakan non lokomotor berdasarkan
permainan sutradara


Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Kriteria 4
T
BT
T
BT
T
BT
T
BT
















































































































































































































































































































































































































































b. Bermain peran
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik penilaian bermain peran
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Ekpresi.
Mimik wajah
dan gerak
tubuh sesuai
dengan dialog secara konsisten.
Mimik wajah
dan gerak tubuh sesuai dengan dialog namun kurang konsisten.
Mimik wajah
dan gerak tubuh tidak sesuai dengan dialog.
Monoton, tanpa ekspresi.
2
Lafal.
Semua dialog
dilafalkan
dengan tepat
dan jelas.
Ada 1-2 kata
yang kurang
tepat pelafalannya.
Lebih dari
2 kata
belum tepat
pelafalannya.
Hampir
seluruh kata
belum tepat
pelafalannya.
3
Intonasi.
Intonasi sesuai
dengan dialog
secara konsisten.
Intonasi sesuai
dengan dialog
namun kurang
konsisten.
Intonasi tidak
sesuai dengan
dialog.
Tanpa intonasi
4
Volume Suara.
Volume suara
keras dan jelas.
Volume suara
jelas.
Volume suara
kurang jelas
Suara sangat pelan dan tidak jelas.

c. Menulis pertanyaan pada kartu tanya jawab

Penilaian: unjuk kerja
Rubrik menulis pertanyaan pada kartu tanya jawab
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Penggunaan huruf besar,
dan tanda baca.
Menggunakan
huruf besar di
awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan
tanda tanya di akhir kalimat.
Terdapat 1 kesalahan Dalam penggunaan
huruf besar/ tanda baca.
Terdapat 2
atau lebih kesalahan
dalam penggunaan
huruf besar/ tanda baca.
Kalimat tanya
yang ditulis
mengabaikan
huruf besar
dan tanda baca.
2
Kefektifan dan kesesuaian
kalimat tanya yang ditulis
dengan tema.
Kalimat tanya
sudah efektif
dan sesuai
dengan tema.
Kalimat tanya
telah sesuai
dengan tema,
namun kurang
efektif.
Kalimat tanya
kurang sesuai
dengan tema
dan kurang
efektif.
Kalimat tanya
belum efektif
dan tidak
sesuai dengan
tema.

H. Sumber dan Media
o    Buku Guru dan  Buku Siswa
o    Gambar berbagai gerakan aktivitas jasmani gerak nonloko-motor.
o    Kartu tanya jawab.

Mengetahui,                                                                        Tijue, …. …………….….,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,


PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                          NIP. 19611124 198309 2 001




Tema 1 Kelas 2 Sub 1 Pb 5

Tema 1 Kelas 2 Sub 1 Pb 5




Apakah perbedaan pendapat itu bisa diselesaikan?

……………………………………………………………………….
……………………………………………………………………….
……………………………………………………………………….

Bagaimana penyelesaiannya?
……………………………………………………………………….
……………………………………………………………………….
……………………………………………………………………….



Bacalah kembali percakapan pada bermain peran.

1.  Pendapat siapa yang berbeda?
Jawab:
…………………………………………………………….

1.  Siapa yang lebih keras mempertahankan pendapatnya?
Jawab:
…………………………………………………………….

2.   Siapa yang mengalah?
Jawab:
…………………………………………………………….

3.   Mengapa Udin minta maaf kepada kakaknya?
Jawab:
…………………………………………………………….

4.   Kesimpulan:
Perbedaan pendapat dapat dicari penyelesaiannya jika ….
…………………………………………………………….


Media

Tema 1 Kelas 2 Sub 1 Pb 5

Tema 1 Kelas 2 Sub 1 Pb 5

 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors