Home » » TEMA 1 KELAS 2 SUB 1 PB 6

TEMA 1 KELAS 2 SUB 1 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 19 July 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester                       : 2/1
Tema 1                                    : Hidup Rukun
Sub Tema 1/ Pembelajaran     : Hidup Rukun di Rumah/ 6
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
3.1.3 Membaca lambang bilangan sampai 500.
3.1.8 Membilang loncat
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilanganbilangan yang kurang dari 100.
4.1.2 Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang dari 100.

b) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
3.3.4 Menunjukkan keberagamaan anggnota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
4.3.3 Menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter.

c) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.5.5 Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
3.5.6 Menjelaskan akibat tidak hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.5.3 Menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga

d) SBdP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni.
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.8 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
3.2.4 Menunjukkan pola irama rata pada alat musik ritmis.
4.8.1 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga..

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Membilang loncat.
2.      Membaca lambang bilangan sampai 500.
3.      Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.      Menjelaskan akibat tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.
5.      Menunjukkan pola irama rata pada alat musik ritmis.
6.      Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Rukun”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
·         Siswa mengamati teks rumpang “Berwisata ke Kebun
·         Binatang” (mengamati).
·         Siswa melengkapi teks rumpang tersebut dengan kata-kata yang tersedia (menalar).
·         Siswa membaca nyaring teks rumpang yang telah dilengkapi dengan intonasi yang benar (mengomunikasikan).
·         Siswa mengamati barisan bilangan berdasarkan bilangan yang terdapat pada teks (mengamati).
·         Siswa menyebutkan pola yang membentuk barisan bilangan yang telah diamati (menalar).
·         Siswa mengamati sebuah barisan bilangan dengan pola yang bervariasi (mengamati).
·         Siswa menyebutkan pola yang membentuk barisan bilangan yang telah diamati (manalar).
·         Siswa melengkapi barisan bilangan mengikuti pola variasi (+2 +3 +2 +3) (menalar).
·         Siswa mencari sebuah tiket bekas dengan meminta bantuan ayah, ibu, atau saudara dengan bahasa yang santun (mengamati).
·         Siswa melaporkan isi tiket sesuai contoh yang ada pada buku siswa. (mengomunikasikan).
·         Siswa mengamati nomor tiket masuk ke kebun binatang (mengamati).
·         Siswa mengamati gambar kubus satuan, kemudian membacakan lambang bilangan berdasarkan gambar yang diamati (mengamati).
·         Siswa membaca lambang bilangan yang ada pada tabel dengan teliti (mengomunikasikan).
·         Siswa memperhatikan instruksi yang terdapat pada gambar tepuk tangan (mengamati).
·         Siswa menunjukkan pola irama rata pada alat musik ritmis dengan bertepuk tangan. (mengomunikasikan).
·         Siswa menyanyikan lagu “Naik-Naik ke Puncak Gunung” sambil bertepuk tangan (mencoba).
·         Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan lagu “Naik-Naik ke Puncak Gunung” (menalar).

PENGAYAAN
·         Siswa ditugaskan melengkapi beberapa barisan bilangan mengikuti pola tertentu.
·         Siswa ditugaskan melengkapi teks rumpang tentang hidup rukun.
·         Tanya jawab tentang keberagaman karakter/sifat dalam keluarga.
·         Siswa secara bersama-sama menyanyikan beberapa lagu anak-anak sambil bertepuk tangan.

REMEDIAL
·         Guru membimbing siswa yang belum mampu melengkapi beberapa barisan bilangan mengikuti pola tertentu.
·         Guru membimbing siswa yang mengalami kesulitan dalam melengkapi teks rumpang tentang hidup rukun.
·         Guru membimbing siswa yang mengalami kesulitan dalam menjelaskan keberagaman karakter/sifat dalam keluarga.
·         Guru membimbing siswa yang belum tepat dalam menunjukkan pola irama rata pada alat musik ritmis.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaiana.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;




INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya
2. Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Melengkapi teks rumpang
Jumlah Soal: 6 Soal
Skor maksimal: 6
Skor setiap jawaban: 1
1. Bangun
2. Bekal
3. Macet
4. Mobil
5. Tiket
6. Bernomor

b. Melengkapi barisan bilangan
Jumlah Soal: 5 Soal
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 20

Kunci Jawaban
1. 27, 29, 32, 34, 37
2. 30, 32, 35, 37, 40
3. 36, 38, 41, 43, 46
4. 35, 37, 40, 42, 45
5. 41, 43, 46, 48, 51

c. Menjawab pertanyaan berdasarkan teks lagu Naik-Naik ke Puncak Gunung
Jumlah Soal: 3 Soal
Skor maksimal: 3
Skor setiap jawaban: 1

Kunci Jawaban
1. Ke puncak gunung
2. Mendaki gunung
3. Pohon Cemara

3. Keterampilan
a. Membaca lambang bilangan
Penilaian: unjuk kerja

Rubrik membaca lambang bilangan


b. Diskusi tentang hidup rukun
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik diskusi tentang hidup rukun


c. Bernyanyi dengan bertepuk tangan
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik penilaian bernyanyi dengan bertepuk tangan


F. Sumber dan Media
1.      Buku Guru
2.      Buku Siswa
3.      Teks cerita rumpang “Berwisata ke Kebun Binatang”.
4.      Gambar dan tabel cara membaca lambang bilangan.
5.      Teks lagu “Naik-Naik ke Puncak Gunung”.

Mengetahui,                                                                        Tijue, …. …………….….,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                            NIP. 19611124 198309 2 001


  
PERANGKAT PEMBELAJARAN LAINNYA:


 Hasil Penilaian pengamatan
No
Nama Siswa
Kriteria
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat
























































































































































































































































































Berwisata ke Kebun Binatang
TEMA 1 KELAS 2 SUB 1 PB 6

TEMA 1 KELAS 2 SUB 1 PB 6


Lembar Kerja Siswa
(LKS)


Lengkapilah barisan bilangan berikut mengikuti pola barisan bilangan di atas dengan teliti! 

LEMBAR EVALUASI
1. Udin dan Mutiara berencana akan merapikan rak buku pada hari libur.
Namun, tiba-tiba Udin membatalkan rencana itu.
Buatlah kalimat permohonan maaf Udin kepada Mutiara.



a. Apa isi teks buku harian itu?
……………………………………………………………………………………………………
b. Apakah tokoh-tokoh pada teks buku harian itu selalu menjaga kerukunan?
……………………………………………………………………………………………………
c. Tunjukkan kalimat yang menyatakan hal itu!
……………………………………………………………………………………………………

3. Pilihlah gambar yang menurutmu merupakan tindakan yang benar!
TEMA 1 KELAS 2 SUB 1 PB 6


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors