(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester :
2/1
Tema 1 :
Hidup
Rukun
Sub Tema 1/ Pembelajaran :
Hidup
Rukun di Rumah/ 6
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
3.1.3 Membaca lambang bilangan sampai 500.
3.1.8 Membilang loncat
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan
bilanganbilangan yang
kurang dari 100.
4.1.2 Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang dari 100.
b) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila
3.3 Memahami makna keberagaman
karakteristik individu
di rumah dan di sekolah.
3.3.4 Menunjukkan keberagamaan anggnota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
4.3.3 Menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter.
c) Bahasa
Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.5.5 Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
3.5.6 Menjelaskan akibat tidak hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara
mandiri bahasa
Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
4.5.3 Menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga
d) SBdP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni.
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga,
pola bervariasi
dan pola irama rata dengan
alat musik ritmis.
4.8 Memainkan pola irama bervariasi lagu
bertanda birama tiga.
3.2.4 Menunjukkan pola irama
rata pada
alat musik ritmis.
4.8.1 Memainkan pola irama bervariasi lagu
bertanda birama
tiga..
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Membilang loncat.
2.
Membaca lambang bilangan sampai
500.
3.
Menjelaskan manfaat hidup rukun
dalam kemajemukan keluarga.
4.
Menjelaskan akibat tidak rukun
dalam kemajemukan keluarga.
5.
Menunjukkan pola irama rata pada
alat musik ritmis.
6.
Memainkan pola irama bervariasi
lagu bertanda birama tiga.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Hidup Rukun”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
·
Siswa mengamati teks rumpang “Berwisata
ke Kebun
·
Binatang” (mengamati).
·
Siswa melengkapi teks rumpang tersebut
dengan kata-kata yang tersedia (menalar).
·
Siswa membaca nyaring teks rumpang yang
telah dilengkapi dengan intonasi yang benar (mengomunikasikan).
·
Siswa mengamati barisan bilangan
berdasarkan bilangan yang terdapat pada teks (mengamati).
·
Siswa menyebutkan pola yang membentuk
barisan bilangan yang telah diamati (menalar).
·
Siswa mengamati sebuah barisan bilangan
dengan pola yang bervariasi (mengamati).
·
Siswa menyebutkan pola yang membentuk
barisan bilangan yang telah diamati (manalar).
·
Siswa melengkapi barisan bilangan
mengikuti pola variasi (+2 +3 +2
+3) (menalar).
·
Siswa mencari sebuah tiket bekas dengan
meminta bantuan ayah, ibu, atau saudara dengan bahasa
yang santun (mengamati).
·
Siswa melaporkan isi tiket sesuai contoh
yang ada pada buku siswa. (mengomunikasikan).
·
Siswa mengamati nomor tiket masuk ke
kebun binatang (mengamati).
·
Siswa mengamati gambar kubus satuan,
kemudian membacakan lambang bilangan berdasarkan
gambar yang diamati (mengamati).
·
Siswa membaca lambang bilangan yang ada
pada tabel dengan teliti (mengomunikasikan).
·
Siswa memperhatikan instruksi yang
terdapat pada gambar tepuk tangan (mengamati).
·
Siswa menunjukkan pola irama rata pada
alat musik ritmis dengan bertepuk tangan.
(mengomunikasikan).
·
Siswa menyanyikan lagu “Naik-Naik ke
Puncak Gunung” sambil bertepuk tangan (mencoba).
·
Siswa menjawab beberapa
pertanyaan yang berkaitan dengan
lagu “Naik-Naik ke Puncak Gunung” (menalar).
PENGAYAAN
·
Siswa ditugaskan melengkapi beberapa
barisan bilangan mengikuti pola tertentu.
·
Siswa ditugaskan melengkapi teks rumpang
tentang hidup rukun.
·
Tanya jawab tentang keberagaman
karakter/sifat dalam keluarga.
·
Siswa secara bersama-sama menyanyikan
beberapa lagu anak-anak sambil bertepuk tangan.
REMEDIAL
·
Guru membimbing siswa yang belum mampu
melengkapi beberapa barisan bilangan mengikuti pola
tertentu.
·
Guru membimbing siswa yang mengalami
kesulitan dalam melengkapi teks rumpang tentang hidup
rukun.
·
Guru membimbing siswa yang mengalami
kesulitan dalam menjelaskan keberagaman karakter/sifat
dalam keluarga.
·
Guru membimbing siswa yang belum tepat
dalam menunjukkan pola irama rata pada alat musik
ritmis.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Melengkapi teks rumpang
Jumlah Soal: 6 Soal
Skor maksimal: 6
Skor setiap jawaban: 1
1. Bangun
2. Bekal
3. Macet
4. Mobil
5. Tiket
6. Bernomor
b. Melengkapi barisan bilangan
Jumlah Soal: 5 Soal
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 20
Kunci Jawaban
1. 27, 29, 32, 34, 37
2. 30, 32, 35, 37, 40
3. 36, 38, 41, 43, 46
4. 35, 37, 40, 42, 45
5. 41, 43, 46, 48, 51
c. Menjawab pertanyaan berdasarkan teks
lagu Naik-Naik ke Puncak Gunung
Jumlah Soal: 3 Soal
Skor maksimal: 3
Skor setiap jawaban: 1
Kunci Jawaban
1. Ke puncak gunung
2. Mendaki gunung
3. Pohon Cemara
3. Keterampilan
a. Membaca lambang bilangan
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik membaca lambang bilangan
b. Diskusi tentang hidup rukun
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik diskusi tentang hidup rukun
c. Bernyanyi dengan bertepuk tangan
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik penilaian bernyanyi dengan
bertepuk tangan
F. Sumber dan Media
1.
Buku Guru
2.
Buku Siswa
3.
Teks cerita rumpang “Berwisata ke Kebun
Binatang”.
4.
Gambar dan tabel cara membaca lambang
bilangan.
5. Teks lagu
“Naik-Naik ke Puncak Gunung”.
Mengetahui, Tijue,
…. …………….…., 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
PERANGKAT PEMBELAJARAN LAINNYA:
|
Hasil Penilaian pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Kriteria
|
||
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
||
Berwisata
ke Kebun Binatang
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Lengkapilah
barisan bilangan berikut mengikuti pola barisan bilangan di atas dengan teliti!
LEMBAR EVALUASI
1. Udin dan Mutiara berencana akan merapikan rak buku pada hari
libur.
Namun, tiba-tiba Udin membatalkan rencana itu.
Buatlah kalimat permohonan maaf Udin kepada Mutiara.
a.
Apa isi teks buku harian itu?
……………………………………………………………………………………………………
b.
Apakah tokoh-tokoh pada teks buku harian itu selalu menjaga kerukunan?
……………………………………………………………………………………………………
c.
Tunjukkan kalimat yang menyatakan hal itu!
……………………………………………………………………………………………………
3.
Pilihlah gambar yang menurutmu merupakan tindakan yang benar!
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment