Home » » TEMA 1 KELAS 4 SUB 1 PB 1

TEMA 1 KELAS 4 SUB 1 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 23 July 2016


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester                            : 4/1
Tema 1                                        : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Keberagaman Budaya Bangsaku / 1
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR
a) PPKn
1.1 Menghargai kebhinneka-tunggalikaan dan keberagaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
2.1 Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf sebagaimana dicontohkan tokoh penting yang berperan dalam perjuangan menentang penjajah hingga kemerdekaan Republik Indonesia sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
3.4.1 Menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan
4.3 Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.3.1 Menjelaskan ciri khas suku Minang dalam bentuk peta pikiran
4.4 Mengelompokkan kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), social ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
3.4.1 Menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia

b) IPS
1.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5.1 Menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan

c) SBdP
1.1 Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan
2.1 Menujukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
3.2 Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan
3.2.1 Menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia“ dengan tinggi rendah nada yang sesuai
4.5 Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada

d) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, sosial, serta permasalahan sosial
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap penggunaan alat teknologi modern dan tradisional, proses pembuatannya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1.1. Mengolah informasi dari teks “Mengenal Suku Minang” dalam bentuk peta pikiran

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN
1.      Mengenal keberagaman budaya Indonesia
2.      Memahami keberagaman budaya
3.      Berekspresi dengan lagu

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Kebersamaan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengamati peta budaya perbedaan pakaian adat, rumah adat, tarian adat, dan alat music tradisional.
o   Siswa diberi kesempatan membuat pertanyaan berdasarkan peta budaya yang mereka amati. Pertanyaan yang dibuat ditempel di papan tulis, kemudian didiskusikan secaranklasikal.
o   Siswa mendiskusikan jawaban secara berkelompok (satu kelompok terdiri atas 5 siswa). (Penilaian no. 4)
o   Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
o   Siswa membaca teks “Mengenal Suku Minang”.
o   Siswa mengambil informasi penting dari teks yang dibacanya dan menuliskannya dalam bentuk peta pikiran. (Penilaian no. 1, lihat di bagian penilaian)
o   Siswa berpasangan mendiskusikan jawaban dengan temannya. Guru dan siswa mendiskusikan hasil jawaban tersebut di depan kelas.
o   Setelah membuat peta pikiran dan mendiskusikannya, siswa secara individu menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
o   Untuk menggiring siswa pada pelajaran selanjutnya, guru secara klasikal dapat mengajukan pertanyaan berikut.
·         Dari manakah asal daerah kalian?
·         Apakah ciri khas daerah asalmu?
o   Siswa mencari asal-usul daerah teman-temannya di kelas melalui kegiatan bertanya-jawab tentang suku, agama, dan ciri khas daerah masing-masing. Ciri khas daerah dapat dilihat dari berbagai sisi (bangunan, pakaian, rumah adat, bahasa, upacara adat, dan lain-lain).
o   Siswa membuat kesimpulan dari tabel hasil wawancara. Guru membantu siswa dengan mengajukan pertanyaan yang ada pada buku siswa.
o   Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
o   Siswa mengisi tabel tentang sikap yang berkaitan dengan keberagaman. (Penilaian no. 2)
o   Setelah melakukan kegiatan di atas, ajak siswa untuk meningkatkan kebanggaan mereka menjadi anak
o   Indonesia melalui kegiatan bernyanyi.
o   Guru menunjukkan cara menyanyikan lagu tersebut sesuai dengan notasi lagu dan tinggi rendah nada.
o   Siswa bernyanyi bersama. (Penilaian no. 3)
o   Guru memberikan perhatian kepada mereka yang belum bisa menyanyikan lagu sesuai notasi yang benar.
o   Siswa mendiskusikan isi dan makna lagu “Aku Anak Indonesia” dalam kelompoknya.
o   Setiap kelompok melakukan presentasi di depan kelas.
o   Siswa diberi penguatan tentang pentingnya memiliki kebanggaan menjadi anak Indonesia.
o   Semua siswa menceritakan alasan mengapa harus bangga menjadi anak Indonesia.
o   Siswa juga menuliskan perilaku yang menunjukkan rasa bangga menjadi anak Indonesia.
o   Siswa menunjukkan tulisannya kepada seorang teman.
o   Siswa menjawab pertanyaan perenungan yang ada pada buku siswa.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.

Pengayaan
o   Siswa dapat mencari tambahan informasi tentang keberagaman di Indonesia melalui internet, koran, narasumber, atau majalah.

Remedial
o   Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang masih memiliki kesulitan dalam memahami peta pikiran. Kegiatan ini dapat dilakukan secara kelompok atau individu selama 30 menit.
o   Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan.
       Guru memberi siswa peta pikiran kosong.
       Guru meminta siswa menuliskan topik yang akan dibahas di lingkaran tengah.
       Guru membimbing siswa untuk membahas subtopik di setiap lingkaran dengan mengajukan pertanyaan pengarah.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai;     a.Penilaian Sikap
                                                  b.Penilaian Pengetahuan
                                                  c. Penilaian Ketrampilan       
2.      Jenis penilaian;            a. observasi
                                            b. tertulis,lisan
                                            c. praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

Penilaian
1. Daftar periksa untuk peta pikiran. (Bahasa Indonesia)
No
Kriteria Penilaian
Sudah
Belum
1
Peta pikiran memuat rumah adat.


2
Peta pikiran memuat bahasa.              


3
Peta pikiran memuat alat musik tradisional.              


4
Peta pikiran memuat makanan tradisional.                


5
Peta pikiran memuat tarian tradisional.



2. Daftar periksa untuk sikap menunjukkan keberagaman. (IPS dan PPKn)
No
Kriteria Penilaian
Sudah
Belum
1
Menuliskan 5 sikap menghargai keberagaman


2
Menuliskan 5 sikap yang tidak menghargai keberagaman



3. Daftar periksa untuk menyanyi. (SBdP)
No
Kriteria Penilaian
Sudah
Belum
1
Bernyanyi sesuai dengan intonasi yang benar.


2
Bernyanyi sesuai dengan tinggi rendah nada



4. Rubrik Diskusi
No
Kriteria
Bagus Sekali
Cukup
Berlatih Lagi
1
Mendengarkan
Selalu mendengarkan
teman yang sedang
berbicara.
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu
diingatkan.
Masih perlu
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang sedang
berbicara.
2
Komunikasi non
verbal (kontak
mata, bahasa
tubuh, ekspresi
wajah, suara)
Merespons dan
menerapkan komunikasi
non verbal dengan
tepat.
Merespons dengan tepat terhadap komunikasi
non verbal yang
ditunjukkan teman.
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami bentuk
komunikasi non verbal yang ditunjukkan
teman
3
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
Isi gagasan
menginspirasi teman.
Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat
diskusi.
Merespons sesuai
dengan topik

Merespons sesuai
dengan topik.
Isi gagasan kurang
menginspirasi teman
Jarang berbicara
selama proses diskusi
berlangsung.
4
Keruntutan
berbicara
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut dari awal hingga
akhir
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut, tetapi belum
konsisten.
Masih perlu berlatih
untuk berbicara
secara runtut

5. Penilaian sikap (peduli, percaya diri, dan rasa ingin tahu).
Contoh terlampir di halaman 151.

F.       Sumber dan Media
Media                       : Gambar
Alat/ Bahan               : Peta budaya (ada pada buku siswa), teks lagu “Aku Anak Indonesia”.
Sumber Belajar         : Buku Siswa, Buku Guru



Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004




Lembar Kerja Siswa
(LKS)



Berdasarkan peta budaya yang kamu amati, diskusikan pertanyaan berikut dalam kelompok! 

……………………………………………………………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………..
 

Apakah pakaian adat yang mereka gunakan sama? Jelaskan! 

……………………………………………………………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………..
 

Apakah rumah adat yang kamu lihat sama? Jelaskan!  

……………………………………………………………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………..
 

Bagaimanakah tarian adat yang kamu lihat? Jelaskan!

……………………………………………………………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………..
 

Apa lagi yang kamu ketahui tentang keragaman budaya Indonesia?

……………………………………………………………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………..
 

Sajikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelas!

MEDIA PEMBELAJARAN

 
TEMA 1 KELAS 4 SUB 1 PB 1

RPP Tema 1 lainnya:


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors