(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester : 4/1
Tema 1 :
Indahnya Kebersamaan
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Keberagaman
Budaya Bangsaku / 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR
a) PPKn
1.1 Menghargai
kebhinneka-tunggalikaan dan keberagaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional,
bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi di
lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
2.1 Menunjukkan
perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan,
meminta maaf dan memberi maaf sebagaimana dicontohkan tokoh penting yang berperan
dalam perjuangan menentang penjajah hingga kemerdekaan Republik Indonesia sebagai
perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.4 Memahami arti
bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
3.4.1 Menjelaskan
keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan
4.3 Bekerja sama
dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.3.1 Menjelaskan
ciri khas suku Minang dalam bentuk peta pikiran
4.4 Mengelompokkan
kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat,
makanan khas, dan upacara adat), social ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di
lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
3.4 Memahami arti
bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
3.4.1 Menuliskan
contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia
b) IPS
1.3 Menerima
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan
perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan
lingkungan dan teman sebaya
3.5 Memahami
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi
4.5 Menceritakan
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi
4.5.1 Menjelaskan
sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan
c) SBdP
1.1 Mengagumi ciri
khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai
anugerah Tuhan
2.1 Menujukkan
sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
3.2 Membedakan
panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan
3.2.1 Menyanyikan
lagu “Aku Anak Indonesia“ dengan tinggi rendah nada yang sesuai
4.5 Menyanyikan
lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada
d) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa
persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2 Mengakui dan
mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber
daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi,
sosial, serta permasalahan sosial
2.2 Memiliki
kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap penggunaan alat teknologi modern dan
tradisional, proses pembuatannya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.4 Memiliki
kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas,
bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati,
mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi
panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku
4.1.1. Mengolah
informasi dari teks “Mengenal Suku Minang” dalam bentuk peta pikiran
C. DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN
1.
Mengenal keberagaman budaya Indonesia
2.
Memahami keberagaman budaya
3.
Berekspresi dengan lagu
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Indahnya Kebersamaan”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Siswa mengamati peta budaya perbedaan
pakaian adat, rumah adat, tarian adat, dan alat music tradisional.
o Siswa diberi kesempatan membuat
pertanyaan berdasarkan peta budaya yang mereka amati. Pertanyaan yang dibuat
ditempel di papan tulis, kemudian didiskusikan secaranklasikal.
o Siswa mendiskusikan jawaban secara
berkelompok (satu kelompok terdiri atas 5 siswa). (Penilaian no. 4)
o Setiap kelompok mempresentasikan hasil
diskusinya.
o Siswa membaca teks “Mengenal Suku
Minang”.
o Siswa mengambil informasi penting dari
teks yang dibacanya dan menuliskannya dalam bentuk peta pikiran. (Penilaian
no. 1, lihat di bagian penilaian)
o Siswa berpasangan mendiskusikan jawaban
dengan temannya. Guru dan siswa mendiskusikan hasil jawaban tersebut di depan
kelas.
o Setelah membuat peta pikiran dan
mendiskusikannya, siswa secara individu menjawab pertanyaan yang ada pada
buku siswa.
o Untuk menggiring siswa pada pelajaran
selanjutnya, guru secara klasikal dapat mengajukan pertanyaan berikut.
·
Dari manakah asal daerah kalian?
·
Apakah ciri khas daerah asalmu?
o Siswa mencari asal-usul daerah
teman-temannya di kelas melalui kegiatan bertanya-jawab tentang suku, agama,
dan ciri khas daerah masing-masing. Ciri khas daerah dapat dilihat dari
berbagai sisi (bangunan, pakaian, rumah adat, bahasa, upacara adat, dan lain-lain).
o Siswa membuat kesimpulan dari tabel
hasil wawancara. Guru membantu siswa dengan mengajukan pertanyaan yang ada
pada buku siswa.
o Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada
buku siswa.
o Siswa mengisi tabel tentang sikap yang
berkaitan dengan keberagaman. (Penilaian no. 2)
o Setelah melakukan kegiatan di atas, ajak
siswa untuk meningkatkan kebanggaan mereka menjadi anak
o Indonesia melalui kegiatan bernyanyi.
o Guru menunjukkan cara menyanyikan lagu
tersebut sesuai dengan notasi lagu dan tinggi rendah nada.
o Siswa bernyanyi bersama. (Penilaian no.
3)
o Guru memberikan perhatian kepada mereka
yang belum bisa menyanyikan lagu sesuai notasi yang benar.
o Siswa mendiskusikan isi dan makna lagu
“Aku Anak Indonesia” dalam kelompoknya.
o Setiap kelompok melakukan presentasi di
depan kelas.
o Siswa diberi penguatan tentang
pentingnya memiliki kebanggaan menjadi anak Indonesia.
o Semua siswa menceritakan alasan mengapa
harus bangga menjadi anak Indonesia.
o Siswa juga menuliskan perilaku yang
menunjukkan rasa bangga menjadi anak Indonesia.
o Siswa menunjukkan tulisannya kepada
seorang teman.
o Siswa menjawab pertanyaan perenungan
yang ada pada buku siswa.
o Guru dapat menambahkan pertanyaan
perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.
Pengayaan
o Siswa dapat mencari tambahan informasi
tentang keberagaman di Indonesia melalui internet, koran, narasumber, atau
majalah.
Remedial
o Kegiatan remedial diberikan kepada siswa
yang masih memiliki kesulitan dalam memahami peta pikiran. Kegiatan ini dapat
dilakukan secara kelompok atau individu selama 30 menit.
o Berikut langkah-langkah yang dapat
dilakukan.
•
Guru
memberi siswa peta pikiran kosong.
•
Guru
meminta siswa menuliskan topik yang akan dibahas di lingkaran tengah.
•
Guru
membimbing siswa untuk membahas subtopik di setiap lingkaran dengan
mengajukan pertanyaan pengarah.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1.
Aspek
yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2.
Jenis
penilaian; a.
observasi
b. tertulis,lisan
c.
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
1. Daftar periksa untuk peta pikiran. (Bahasa
Indonesia)
No
|
Kriteria Penilaian
|
Sudah
|
Belum
|
1
|
Peta
pikiran memuat rumah adat.
|
||
2
|
Peta
pikiran memuat bahasa.
|
||
3
|
Peta
pikiran memuat alat musik tradisional.
|
||
4
|
Peta
pikiran memuat makanan tradisional.
|
||
5
|
Peta
pikiran memuat tarian tradisional.
|
2. Daftar periksa untuk sikap menunjukkan keberagaman.
(IPS dan PPKn)
No
|
Kriteria Penilaian
|
Sudah
|
Belum
|
1
|
Menuliskan
5 sikap menghargai keberagaman
|
||
2
|
Menuliskan
5 sikap yang tidak menghargai keberagaman
|
3. Daftar periksa untuk menyanyi. (SBdP)
No
|
Kriteria Penilaian
|
Sudah
|
Belum
|
1
|
Bernyanyi sesuai dengan intonasi yang benar.
|
||
2
|
Bernyanyi sesuai dengan tinggi rendah nada
|
4. Rubrik Diskusi
No
|
Kriteria
|
Bagus Sekali
|
Cukup
|
Berlatih Lagi
|
1
|
Mendengarkan
|
Selalu mendengarkan
teman yang sedang
berbicara.
|
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali
masih perlu
diingatkan.
|
Masih perlu
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang sedang
berbicara.
|
2
|
Komunikasi non
verbal (kontak
mata, bahasa
tubuh, ekspresi
wajah, suara)
|
Merespons dan
menerapkan komunikasi
non verbal dengan
tepat.
|
Merespons dengan tepat terhadap komunikasi
non verbal yang
ditunjukkan
teman.
|
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami bentuk
komunikasi non verbal yang ditunjukkan
teman
|
3
|
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
|
Isi gagasan
menginspirasi teman.
Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat
diskusi.
Merespons sesuai
dengan topik
|
Merespons sesuai
dengan topik.
Isi gagasan kurang
menginspirasi
teman
|
Jarang berbicara
selama proses diskusi
berlangsung.
|
4
|
Keruntutan
berbicara
|
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut dari awal hingga
akhir
|
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut, tetapi belum
konsisten.
|
Masih perlu berlatih
untuk berbicara
secara runtut
|
5.
Penilaian sikap (peduli, percaya diri, dan rasa ingin tahu).
Contoh
terlampir di halaman 151.
F.
Sumber dan Media
Media : Gambar
Alat/ Bahan : Peta budaya (ada pada buku
siswa), teks lagu “Aku Anak Indonesia”.
Sumber Belajar : Buku Siswa, Buku Guru
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
Parianti, S.Pd
Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760605 200701 2 004
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Berdasarkan peta budaya yang kamu amati, diskusikan pertanyaan berikut dalam kelompok!
……………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………..
Apakah pakaian adat yang mereka gunakan sama? Jelaskan!
……………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………..
Apakah rumah adat yang kamu lihat sama? Jelaskan!
……………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………..
Bagaimanakah tarian adat yang kamu lihat? Jelaskan!
……………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………..
Apa lagi yang kamu ketahui tentang keragaman budaya Indonesia?
……………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………..
Sajikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelas!
MEDIA PEMBELAJARAN
RPP Tema 1 lainnya:
- TEMA 1 KELAS 2 SUB 1 PB 6
- TEMA 1 KELAS 3 SUB 2 PB 2
- TEMA 1 KELAS 6 SUB 1 PB 5
- TEMA 1 KELAS 6 SUB 2 PB 1
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment