Home » » TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 6

TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 12 November 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : 5/1
Tema 4                                        : Sehat Itu Penting
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Lingkungan Sehat / 6
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
Kompetensi Dasar :
1.3 Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya.
2.3 Menunjukkan perilaku peduli, gotongroyong, tanggungjawab dalam berpartisipasi penanggulangan permasalahan lingkungan hidup.
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
4.3 Menyajikan pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.

Indikator
o    Menunjukkan perilaku manusia yang selaras dan tidak selaras dengan lingkungan alam.
o    Menyusun sebuah laporan tertulis tentang aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya.

b) PPKn
Kompetensi Dasar
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.
2.1 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI dalam semangat perjuangan cinta tanah air, dan rela berkorban senagai perwujudan nilai dan moral Pancasila.
3.2 Memahami hak, kewajiban, dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan kewajiban dan menegakkan aturan di lingkungan rumah dan sekolah

Indikator
o    Menjelaskan akibat tidak dilaksanakannya kewajiban dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
o    Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap teman dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
o    Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap guru dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
o    Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap Tuhan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
o    Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap lingkungan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.

c) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
2.4 Memiliki kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana alam dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

Indikator
o  Mengenali bentuk-bentuk gangguan kesehatan (penyakit) pada manusia.
o  Mengidentifikasi informasi cara-cara menjaga kesehatan pada manusia.
o  Menyimpulkan bacaan yang berkaitan dengan seputar kesehatan.

C. Materi Pembelajaran :
  • Perilaku manusia yang selaras dan tidak selaras dengan lingkungan alam.
  • Kewajiban terhadap lingkungan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
o   Bacaan yang berkaitan dengan seputar kesehatan.
 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Setiap kelompok diberikan satu set kartu kartu kartu kata
7.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
8.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Lingkungan sehat”.
9.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
10.  Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Pada awal pembelajaran, guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa dengan memberikan narasi: Banyak cara untuk menciptakan lingkungan sehat. Apa yang akan kamu lakukan untuk menciptakan lingkungan sehat?
-          Guru memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi siswa untuk memberikan tanggapan atau bertanya berkaitan dengan narasi/pernyataan yang terdapat pada buku siswa.
-          Guru mengkonfirmasi tanggapan dan menjawab setiap pertanyaan siswa.

Kegiatan MELAKUKAN:
o   Guru meminta siswa bersama-sama membuat apotek hidup sesuai dengan langkah-langkah yang terdapat pada buku siswa.
o   Guru mempergunakan gambar yang tersedia pada buku siswa untuk menstimulus ide, gagasan, dan pendapat siswa.
o   Guru menekankan pada pembagian tugas dan peran setiap anggota kelompok.
-          Setiap kelompok diminta untuk membuat daftar jenis tanaman yang ditanam di apotik hidup beserta khasiatnya. • Setiap kelompok juga diminta menyusun jadwal perawatan apotik hidup.
-          Guru memberikan narasi sebagai penghubung antara kompetensi membuat apotek hidup dengan kerja sama. Adapun kalimat kunci yang menjadi penghubung adalah dalam membuat apotek hidup secara kelompok atau bersama-sama perlu adanya kerja sama. Kerja sama merupakan kewajiban bagi setiap orang dalam suatu kelompok tertentu pada saat melaksanakan kegiatan.

Kegiatan MENGAMATI :
o   Guru meminta siswa untuk mengamati gambar tentang kewajiban manusia terhadap teman dan guru, anggota keluarga, lingkungan rumah dan sekolah, serta kewajiban terhadap Tuhan.
o   Guru juga meminta siswa untuk menuliskan akibat jika tidak melaksanakan kewajiban.
o   Siswa diminta untuk menuliskannya pada tabel-tabel yang terdapat di buku siswa.
o   Guru meminta siswa untuk mengerjakan secara mandiri.
o   Guru berkeliling dan memandu siswa yang mengalami kesulitan.
o   Guru membangun suasana yang menyenangkan dan penuh keakraban, sehingga siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan pengalamanya secara mandiri dan percaya diri.
o   Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap jawaban siswa, termasuk jika ada jawaban yang aneh.

Kegiatan MEMBACA:
o   Siswa diminta membaca bacaan yang berjudul Apotek Hidup Koleksi 100 Jenis Tanaman Obat.
o   Untuk memberikan suasana yang berbeda, kegiatan ini dapat dilakukan di luar kelas, misalnya di perpustakaan, halaman, ruang kesenian, aula, dan sebagainya.

Kegiatan MENYIMPULKAN:
o   Guru memberikan kesempatan bagi setiap siswa untuk membuat kesimpulan dari bacaan.
o   Guru mengajarkan kepada siswa untuk menemukan ide atau gagasan utama pada setiap paragraf dan menggunakan kosakata baku dan tanda baca yang benar.
o   Guru meminta setiap siswa menulis dan membacakan kesimpulan yang telah dibuat.
o   Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap kesimpulan yang telah dibuat siswa.
-          Guru memfasilitasi dengan menyediakan Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Kegiatan MEMBUAT LAPORAN:
o   Guru meminta siswa melakukan studi pustaka untuk mencari informasi pada buku, majalah, surat kabar, atau internet tentang keterkaitan antara aktivitas manusia dengan kondisi geografis lingkungan sekitarnya.
o   Kemudian, siswa diminta membuat laporan berdasarkan informasi yang telah diperoleh.
o   Guru meminta siswa untuk mengerjakannya secara mandiri.
o   Guru memberikan panduan kepada siswa yang mengalami kesulitan.
Gunakan rubrik membuat laporan untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.

-          Guru memberikan umpan balik di sepanjang proses kegiatan, terutama bagi tumbuh dan berkembangnya keterampilan eksplorasi, pengumpulan data, dan komunikasi.

Kegiatan MENULIS:
o   Siswa diminta untuk membuat analisa : Apakah pembuatan apotek hidup merupakan aktivitas manusia yang ada keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungan? Jelaskan!
o   Bangun suasana belajar yang penuh keakraban sehingga siswa percaya diri menuliskan hasil analisis yang dilakukan.
o   Guru mengajarkan siswa untuk menuliskan secara efektif dan komunikatif.
o   Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa: Apa yang kamu pelajari pada hari ini? Apakah kamu sudah menerapkan dalam kehidupan sehari-hari?
-          Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
-          Siswa mengemukakan pendapatnya sesuai dengan perilaku kesehariannya berkaitan dengan kompetensi-kompetensi yang sudah dipelajari berkaitan dengan apotek hidup, kewajiban manusia, dan keterkaitan antara aktivitas manusia dengan kondisi geografis lingkungan sekitarnya.
-          Siswa menindaklanjuti semua kompetensi yang sudah dipelajari dengan menerapkannya dalam kehidupan sehari-harinya.
-          siswa diminta untuk mengemukakan perilaku yang telah dilakukannya dalam rangka menciptakan lingkungan sehat di rumah dan sekolah.
-          untuk mengoptimalkan interaksi dengan orang tua, siswa dapat bekerja sama dengan orang tuanya dengan berdiskusi dan bertukar pendapat.

REMEDIAL

PENGAYAAN

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).



Penilaian
a. Rubrik menemukan letak benda berdasarkan koordinat
No
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Isi dan Pengetahuan
Keseluruhan laporan dibuat dengan baik, lengkap, dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca, serta disajikan dengan menarik.
Keseluruhan laporan dibuat dengan baik, lengkap, dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca.
Sebagian besar laporan dibuat dengan baik dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca.
Hanya sebagian kecil laporan dibuat dengan baik, lengkap, dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca.
2
Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dan menarik dalam keseluruhan penulisan.
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dalam keseluruhan penulisan.
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian besar penulisan.
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian kecil penulisan.
3
SIkap
Kecermatan,
ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan, disertai juga dengan kreativitas dalam bekerja menunjukkan kualitas sikap yang sangat baik dan terpuji.
Kecermatan,
ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang sangat baik.
Kecermatan,
ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang masih dapat terus ditingkatkan.
Kecermatan,
ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang masih harus terus diperbaiki.
4
Keterampilan Penulisan
Keseluruhan hasil penulisan laporan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang sangat baik, di atas rata-rata kelas.
Keseluruhan hasil penulisan laporan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang baik.
Sebagian besar hasil penulisan laporan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang terus berkembang.
Hanya sebagian kecil hasil penulisan laporan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang masih perlu terus ditingkatkan.

Skor
Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 16

Nilai    =

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Gambar, teks, tanaman obat, dan peralatan menanam


Mengetahui,                                                                        Beureunuen, ……….….,  2016
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas V,




CHAIRUNNISA, S.Pd                                                     ABDULLAH, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002                                               NIP. 19601231 198202 1 012


  

LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)


Lima gambar di atas merupakan bentuk-bentuk kewajiban yang dapat kamu lakukan. Tuliskan bentuk kewajiban pada kelima gambar di atas. Tuliskan juga akibat jika kewajiban pada gambar di atas tidak dilaksanakan.
Gambar 1

Gambar 2

Gambar 3

Gambar 4

Gambar 5


MEDIA

TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 6

TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 1
TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 2
TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 3
TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 4

TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 5

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors