RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester : 5/1
Tema 4 :
Sehat Itu Penting
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Lingkungan Sehat /
6
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
Kompetensi Dasar :
1.3 Menghargai
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya.
2.3 Menunjukkan
perilaku peduli, gotongroyong, tanggungjawab dalam berpartisipasi
penanggulangan permasalahan lingkungan hidup.
3.3 Memahami
manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
4.3 Menyajikan
pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah
Indonesia.
Indikator
o Menunjukkan perilaku manusia yang selaras dan tidak selaras dengan
lingkungan alam.
o Menyusun sebuah laporan tertulis tentang aktivitas manusia yang
menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya.
b) PPKn
Kompetensi Dasar
1.2 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam
kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.
2.1 Menunjukkan
perilaku disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan,
meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI
dalam semangat perjuangan cinta tanah air, dan rela berkorban senagai
perwujudan nilai dan moral Pancasila.
3.2 Memahami hak,
kewajiban, dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah
dan sekolah
4.2 Melaksanakan
kewajiban dan menegakkan aturan di lingkungan rumah dan sekolah
Indikator
o Menjelaskan akibat tidak dilaksanakannya kewajiban dalam kehidupan
sehari-hari di sekolah.
o Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap teman dalam kehidupan
sehari-hari di sekolah.
o Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap guru dalam kehidupan
sehari-hari di sekolah.
o Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap Tuhan dalam kehidupan
sehari-hari di sekolah.
o Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap lingkungan dalam kehidupan
sehari-hari di sekolah.
c) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
1.1 Meresapi makna
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana
yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
2.4 Memiliki
kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana alam dan
keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan
manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati,
mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan,
kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan
manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku.
Indikator
o Mengenali bentuk-bentuk gangguan kesehatan (penyakit) pada manusia.
o Mengidentifikasi informasi cara-cara menjaga kesehatan pada manusia.
o Menyimpulkan bacaan yang berkaitan dengan seputar kesehatan.
C. Materi Pembelajaran :
- Perilaku manusia yang selaras dan tidak selaras
dengan lingkungan alam.
- Kewajiban terhadap lingkungan dalam kehidupan
sehari-hari di sekolah.
o
Bacaan yang
berkaitan dengan seputar kesehatan.
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Setiap kelompok diberikan satu set kartu kartu kartu
kata
7. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
8. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Lingkungan sehat”.
9. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
10. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Pada awal
pembelajaran, guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa dengan
memberikan narasi: Banyak cara untuk menciptakan lingkungan sehat. Apa
yang akan kamu lakukan untuk menciptakan lingkungan sehat?
-
Guru memberikan
kesempatan yang seluas-luasnya bagi siswa untuk memberikan tanggapan atau
bertanya berkaitan dengan narasi/pernyataan yang terdapat pada buku siswa.
-
Guru
mengkonfirmasi tanggapan dan menjawab setiap pertanyaan siswa.
Kegiatan MELAKUKAN:
o
Guru meminta
siswa bersama-sama membuat apotek hidup sesuai dengan langkah-langkah yang
terdapat pada buku siswa.
o
Guru mempergunakan
gambar yang tersedia pada buku siswa untuk menstimulus ide, gagasan, dan
pendapat siswa.
o
Guru menekankan
pada pembagian tugas dan peran setiap anggota kelompok.
-
Setiap kelompok
diminta untuk membuat daftar jenis tanaman yang ditanam di apotik hidup
beserta khasiatnya. • Setiap kelompok juga diminta menyusun jadwal perawatan
apotik hidup.
-
Guru memberikan
narasi sebagai penghubung antara kompetensi membuat apotek hidup dengan kerja
sama. Adapun kalimat kunci yang menjadi penghubung adalah dalam membuat
apotek hidup secara kelompok atau bersama-sama perlu adanya kerja sama. Kerja
sama merupakan kewajiban bagi setiap orang dalam suatu kelompok tertentu pada
saat melaksanakan kegiatan.
Kegiatan MENGAMATI :
o
Guru meminta
siswa untuk mengamati gambar tentang kewajiban manusia terhadap teman dan
guru, anggota keluarga, lingkungan rumah dan sekolah, serta kewajiban
terhadap Tuhan.
o
Guru juga meminta
siswa untuk menuliskan akibat jika tidak melaksanakan kewajiban.
o
Siswa diminta
untuk menuliskannya pada tabel-tabel yang terdapat di buku siswa.
o
Guru meminta
siswa untuk mengerjakan secara mandiri.
o
Guru berkeliling
dan memandu siswa yang mengalami kesulitan.
o
Guru membangun
suasana yang menyenangkan dan penuh keakraban, sehingga siswa dapat menjawab
pertanyaan sesuai dengan pengalamanya secara mandiri dan percaya diri.
o Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap jawaban
siswa, termasuk jika ada jawaban yang aneh.
Kegiatan
MEMBACA:
o
Siswa diminta membaca bacaan yang berjudul Apotek Hidup
Koleksi 100 Jenis Tanaman Obat.
o Untuk memberikan suasana yang
berbeda, kegiatan ini dapat dilakukan di luar kelas, misalnya di
perpustakaan, halaman, ruang kesenian, aula, dan sebagainya.
Kegiatan
MENYIMPULKAN:
o
Guru memberikan kesempatan bagi setiap siswa untuk membuat
kesimpulan dari bacaan.
o
Guru mengajarkan kepada siswa untuk menemukan ide atau gagasan
utama pada setiap paragraf dan menggunakan kosakata baku dan tanda baca yang
benar.
o
Guru meminta setiap siswa menulis dan membacakan kesimpulan
yang telah dibuat.
o Guru mengkonfirmasi dan
mengapresiasi setiap kesimpulan yang telah dibuat siswa.
-
Guru
memfasilitasi dengan menyediakan Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Kegiatan
MEMBUAT
LAPORAN:
o
Guru meminta siswa melakukan studi pustaka untuk mencari
informasi pada buku, majalah, surat kabar, atau internet tentang keterkaitan
antara aktivitas manusia dengan kondisi geografis lingkungan sekitarnya.
o
Kemudian, siswa diminta membuat laporan berdasarkan
informasi yang telah diperoleh.
o
Guru meminta siswa untuk mengerjakannya secara mandiri.
o
Guru memberikan panduan kepada siswa yang mengalami
kesulitan.
Gunakan rubrik
membuat laporan untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
-
Guru memberikan umpan balik di sepanjang proses kegiatan,
terutama bagi tumbuh dan berkembangnya keterampilan eksplorasi, pengumpulan
data, dan komunikasi.
Kegiatan
MENULIS:
o
Siswa diminta untuk membuat analisa : Apakah pembuatan
apotek hidup merupakan aktivitas manusia yang ada keterikatan dengan kondisi
geografis di lingkungan? Jelaskan!
o
Bangun suasana belajar yang penuh keakraban sehingga siswa
percaya diri menuliskan hasil analisis yang dilakukan.
o Guru mengajarkan siswa untuk menuliskan
secara efektif dan komunikatif.
o
Berdasarkan
pertanyaan pada buku siswa: Apa yang
kamu pelajari pada hari ini? Apakah kamu sudah menerapkan dalam kehidupan
sehari-hari?
-
Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan
pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan
pembelajaran berlangsung.
-
Siswa mengemukakan pendapatnya sesuai dengan
perilaku kesehariannya berkaitan dengan kompetensi-kompetensi yang sudah
dipelajari berkaitan dengan apotek hidup, kewajiban manusia, dan keterkaitan
antara aktivitas manusia dengan kondisi geografis lingkungan sekitarnya.
-
Siswa menindaklanjuti semua
kompetensi yang sudah dipelajari dengan menerapkannya dalam kehidupan
sehari-harinya.
-
siswa
diminta untuk mengemukakan perilaku yang telah dilakukannya dalam rangka
menciptakan lingkungan sehat di rumah dan sekolah.
-
untuk mengoptimalkan interaksi
dengan orang tua, siswa dapat bekerja sama dengan orang tuanya dengan
berdiskusi dan bertukar pendapat.
REMEDIAL
PENGAYAAN
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
a.
Rubrik menemukan letak benda berdasarkan koordinat
No
|
Aspek
|
Baik
Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1
|
Isi dan Pengetahuan
|
Keseluruhan laporan dibuat dengan baik, lengkap, dan dapat
memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca, serta disajikan
dengan menarik.
|
Keseluruhan laporan dibuat dengan baik, lengkap, dan dapat
memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca.
|
Sebagian besar laporan dibuat dengan baik dan dapat
memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca.
|
Hanya sebagian kecil laporan dibuat dengan baik, lengkap,
dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca.
|
2
|
Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan
efisien dan menarik dalam keseluruhan penulisan.
|
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan
efisien dalam keseluruhan penulisan.
|
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan
sangat efisien dalam sebagian besar penulisan.
|
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan
sangat efisien dalam sebagian kecil penulisan.
|
3
|
SIkap
|
Kecermatan,
ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan
tugas yang diberikan, disertai juga dengan kreativitas dalam bekerja
menunjukkan kualitas sikap yang sangat baik dan terpuji.
|
Kecermatan,
ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan
tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang sangat baik.
|
Kecermatan,
ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan
tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang masih dapat terus ditingkatkan.
|
Kecermatan,
ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan
tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang masih harus terus
diperbaiki.
|
4
|
Keterampilan Penulisan
|
Keseluruhan hasil penulisan laporan yang sistematis dan
benar menunjukkan keterampilan penulisan yang sangat baik, di atas rata-rata
kelas.
|
Keseluruhan hasil penulisan laporan yang sistematis dan
benar menunjukkan keterampilan penulisan yang baik.
|
Sebagian besar hasil penulisan laporan yang sistematis dan
benar menunjukkan keterampilan penulisan yang terus berkembang.
|
Hanya sebagian kecil hasil penulisan laporan yang
sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang masih perlu
terus ditingkatkan.
|
Skor
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 16
Nilai =
F.
Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Gambar, teks, tanaman
obat, dan peralatan menanam
Mengetahui, Beureunuen,
……….…., 2016
Kepala SD Negeri
3 Beureunuen Guru Kelas V,
CHAIRUNNISA, S.Pd ABDULLAH, S.Pd
NIP.19700312
199402 2 002 NIP. 19601231
198202 1 012
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Lima gambar di atas merupakan
bentuk-bentuk kewajiban yang dapat kamu lakukan. Tuliskan bentuk kewajiban pada
kelima gambar di atas. Tuliskan juga akibat jika kewajiban pada gambar di atas
tidak dilaksanakan.
Gambar 1Gambar 2
Gambar 3
Gambar 4
Gambar 5
MEDIA
TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 1
TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 2
TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 3
TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 4
TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 5
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment