RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester : 5/1
Tema 4 :
Sehat Itu Penting
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Lingkungan Sehat /
5
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
Kompetensi
Dasar :
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar,
serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.2 Memahami konsep
variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau
olahraga tradisional bola kecil.
4.2 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil.
Indikator
o Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam permainan
olahraga tradisional bola kecil. (rounders).
o Melakukan berbagai keterampilan dasar (melambungkan, melempar,
menangkap, lari, dan memukul) permainan rounders dengan kontrol yang baik.
o Memukul bola yang dilambungkan/ dilemparkan dengan tepat.
o Memperkirakan kemampuan berlari untuk mencetak angka.
b) Bahasa Indonesia
Kompetensi
Dasar
1.1 Meresapi makna
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana
yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
2.4 Memiliki
kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana alam dan
keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan
manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati,
mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan,
kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan
manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku.
Indikator
o Mengenali bentuk-bentuk gangguan kesehatan (penyakit) pada manusia.
o Mengidentifikasi informasi cara-cara menjaga kesehatan pada manusia.
o Menyebutkan pentingnya kesehatan bagi manusia.
o Menunjukkan bukti pentingnya kesehatan bagi manusia.
c) IPA
Kompetensi
Dasar
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya
dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun
berkelompok.
3.8 Mengenal sistem
pernapasan hewan dan manusia serta penyakit yang berkaitan dengan pernapasan.
4.8 Menyajikan
laporan tentang jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ
tubuh manusia.
Indikator
o Menjelaskan cara-cara merawat organ tubuh pada sistem pernapasan.
o Membuat laporan tentang cara-cara merawat organ tubuh manusia.
.
d) SBdP
Kompetensi
Dasar
1.1 Menerima kekayaan dan
keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.2 Menghargai alam dan
lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin,
tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni.
3.4 Memahami
prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kereatif berdasarkan ciri khas
daerah.
4.16 Membuat apotek
hidup.
Indikator
o Menggunakan sumber alam dan lingkungan sebagai sumber ide dalam berkarya
seni.
o Menggunakan bahan-bahan bersumber dari alam dan lingkungan dalam
berkarya seni.
o Menjelaskan apotek hidup.
o Membuat apotek hidup.
C. Materi Pembelajaran :
1.
Variasi dan
kombinasi pola gerak dasar dalam permainan olahraga tradisional bola kecil.
(rounders)
2.
Pentingnya
kesehatan bagi manusia.
3.
Cara-cara merawat
organ tubuh manusia
4.
Apotek hidup.
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Setiap
kelompok diberikan satu set kartu kartu kartu kata
7.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
8.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Lingkungan sehat”.
9.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
10. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Pada
awal pembelajaran, guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa dengan
memberikan narasi berikut Sehat itu sangatlah penting. Dengan berolahraga,
menjaga organ tubuh, dan menjaga kesehatan lingkungan itu sebagai modal kita
untuk selalu sehat.
o
Berikan
kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa untuk memberikan tanggapan atau
bertanya berkaitan dengan narasi/pernyataan yang terdapat pada buku siswa.
o
Guru mengkonfirmasi
tanggapan dan menjawab setiap pertanyaan siswa.
o
Berikan umpan balik
di sepanjang proses kegiatan, terutama bagi tumbuh dan berkembangnya
keterampilan mengemukakan pendapat dan bertanya.
Kegiatan
MELAKUKAN:
o
Guru mengajak siswa
untuk melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik, atau
berolahraga. Gerakan-gerakan dalam pemanasan ini antara lain lari di tempat, jumping jack, dan gerakan mengangkat satu tangan ke arah kanan
dan tangan lain ke pinggang.
o
Setelah melakukan
pemanasan, guru mengajak siswa memperhatikan gambar gerakan-gerakan dasar
dalam permainan rounders.
o
Guru menunjuk dua
orang untuk mempraktikan semua gerakan seperti melempar, menangkap, dan
memukul bola. Setelah itu semua anak diajak mempraktikkan gerakan secara
berpasangan.
Gunakan rubrik
melakukan gerakan dasar permainan rounders untuk mengetahui tingkat
pencapaian siswa.
o
Guru selalu
menekankan aspek keselamatan diri dan orang lain dalam melakukan
gerakan-gerakan ini.
o
Selesai berlatih
gerakan-gerakan dasar permainan rounders, guru meminta siswa untuk menuliskan
cara melakukan gerakan melempar, menangkap, dan memukul bola dalam permainan
rounders.
o
Guru meminta siswa
untuk melakukan permainan rounders dengan membagi kelas menjadi dua kelompok.
Setiap kelompok terdiri atas 12 anak (atau sesuai dengan kondisi kelas).
Kegiatan
BERCERITA
o
Siswa diminta untuk
menuliskan cara mencetak angka dalam permainan rounders.
-
Alternatif
1 Guru
meminta siswa untuk melakukan studi pustaka dengan menggali informasi
mengenai fungsi jantung dan pembuluh darah melalui buku, majalah, surat
kabar, atau artikel di internet.
-
Alternatif
2 Guru
mengarahkan anak untuk melakukan diskusi dengan membentuk kelompok-kelompok
kecil beranggotakan 3-5 orang. Kemudian hasil dari pembahasan dari setiap
kelompok dipresentasikan untuk kemudian diambil satu kesimpulan tentang
fungsi jantung dan pembuluh darah.
o
Guru
mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap jawaban siswa, termasuk jika ada
jawaban yang nyeleneh.
o
Guru
menjelaskan narasi penghubung antara kompetensi olahraga/permainan rounders
dengan cara merawat organ pernapasan. Adapun kalimat kunci sebagai penghubung
adalah: selain melempar dan memukul, berlari juga merupakan gerak dasar
dalam olahraga rounders. Gerak berlari juga dapat digunakan untuk memelihara
alat pernapasan manusia. Sistem pernapasan sangatlah penting bagi manusia.
Oleh karena itu kesehatan alat pernapasan perlu dipelihara, di antaranya
dengan olahraga secara teratur seperti lari, renang, dan senam.
Kegiatan
MENYEBUTKAN:
o
Siswa diminta untuk
menyebutkan cara memelihara alat pernapasan.
o Guru memberikan narasi sebagai
penghubung antara kompetensi aktivitas olahraga dengan pentingnya kesehatan.
Adapun kalimat kunci yang menjadi penghubung adalah: Bagaimana rasanya
jika kamu sakit? Pasti saat itu tubuhmu atau di antara anggota tubuhmu tidak
enak rasanya. Bahkan, bisa jadi kamu hanya tiduran di atas tempat tidur.
Itulah satu di antara bukti bahwa kesehatan itu sangatlah penting.
Kegiatan MENYEBUTKAN:
o
Siswa diminta untuk
menyebutkan bukti-bukti yang menunjukkan bahwa kesehatan itu penting.
Kegiatan MEMBUAT LAPORAN:
o
Guru meminta
siswa melakukan studi pustaka untuk mencari informasi pada buku, majalah,
surat kabar, atau internet tentang cara merawat organ tubuh agar selalu
sehat.
o
Kemudian, siswa
diminta untuk membuat laporan berdasarkan informasi yang telah diperoleh.
o
Guru meminta
siswa untuk mengerjakannya secara mandiri.
o
Guru memberikan
bantuan kepada siswa yang mengalami kesulitan.
Gunakan rubrik
membuat laporan untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
o
Berikan umpan balik
di sepanjang proses kegiatan, terutama bagi tumbuh dan berkembangnya
keterampilan eksplorasi, pengumpulan data, dan komunikasi.
o Guru memberikan narasi sebagai
penghubung antara kompetensi cara merawat organ tubuh dengan apotek hidup.
Adapun kalimat kunci yang menjadi penghubung adalah: Cara merawat organ
tubuh di antaranya dengan cara melakukan pola makan dan minum yang sehat.
Selain itu, rawatlah organ tubuh dengan minum obat-obatan herbal yang kita
peroleh dengan mengolah sendiri dari hasil tanam sendiri, misalnya dari
apotek hidup yang kita buat di lingkungan rumah. Apotek Hidup merupakan
tempat yang berisikan berbagai tanaman obat yang ditanam dan dimanfaatkan
untuk keperluan pengobatan serta kesehatan.
Kegiatan
MENYEBUTKAN:
o
Siswa diminta untuk
membuat apotek hidup di rumah dengan menuliskan langkah-langkahnya pada kolom
di buku siswa.
o
Berdasarkan
pertanyaan pada buku siswa: Apa yang
telah kamu pelajari hari ini? Dapatkah kamu mengambil manfaat dari yang sudah
kamu pelajari?
-
Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan
pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan
pembelajaran berlangsung.
-
Siswa mengemukakan pendapatnya sesuai dengan
perilaku kesehariannya berkaitan dengan kompetensi-kompetensi yang sudah
dipelajari, dalam hal ini permainan rounders, cara merawat kesehatan organ
tubuh, dan apotek hidup.
o
Siswa diminta
untuk menjawab pertanyaan: Pernahkah anggota keluargamu ada yang sakit? Sakit
apa yang pernah dialami anggota keluargamu itu? Bagaimana cara
menyembuhkannya?
o
Untuk
mengoptimalkan interaksi dengan orang tua, siswa dapat meminta bantuan kepada
orangtuanya dengan berdiskusi dan bertukar pendapat.
REMEDIAL
PENGAYAAN
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
a. Rubrik
melakukan gerakan dasar permainan rounders
No
|
Aspek
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
1
|
Melempar
bola
|
Mampu melempar bola dengan teknik dan kontrol yang baik
pada setiap lemparan dengan tepat kepada teman satu tim.
|
Mampu melempar bola dengan teknik dan kontrol yang baik
pada hampir setiap lemparan dengan tepat kepada teman satu tim.
|
Mampu melempar bola dengan teknik dan kontrol yang cukup
baik pada beberapa lemparan kepada teman satu tim.
|
Melempar bola dengan teknik dan kontrol yang kurang baik
pada setiap lemparan kepada teman satu tim.
|
2
|
Menangkap
bola
|
Mampu menangkap bola dengan teknik dan kontrol yang baik
pada setiap lemparan dari teman satu tim.
|
Mampu menangkap bola dengan teknik dan kontrol yang baik
pada hampir setiap lemparan dari teman satu tim.
|
Mampu menangkap bola dengan teknik dan kontrol yang baik
pada beberapa lemparan dari teman satu tim.
|
Tidak mampu menangkap bola dengan teknik dan kontrol yang
baik pada setiap lemparan dari teman satu tim.
|
3
|
Memukul
bola
|
Mampu memukul bola dengan teknik dan kontrol yang baik pada
setiap pukulan.
|
Mampu memukul bola dengan teknik dan kontrol yang baik pada
hampir setiap pukulan.
|
Mampu memukul bola dengan teknik dan kontrol yang baik pada
beberapa pukulan.
|
Tidak mampu memukul bola dengan teknik dan kontrol yang
baik pada setiap pukulan.
|
4
|
Sikap
/ Sportivitas
|
Bermain tertib sesuai aturan dan sportif selama permainan
berlangsung.
|
Bermain tertib sesuai aturan dan sportif hampir selama
permainan berlangsung.
|
Bermain cukup tertib sesuai aturan dan sportif dalam
beberapa menit permainan berlangsung.
|
Bermain kurang tertib dan tidak sesuai aturan hampir
sepanjang permainan berlangsung.
|
Skor
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 16
Nilai =
b.
Rubrik membuat laporan
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Isi dan Pengetahuan
|
Keseluruhan laporan dibuat dengan baik, lengkap, dan dapat
memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca, serta disajikan
dengan menarik.
|
Keseluruhan laporan dibuat dengan baik, lengkap, dan dapat
memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca.
|
Sebagian besar laporan dibuat dengan baik dan dapat
memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca.
|
Hanya sebagian kecil laporan dibuat dengan baik, lengkap,
dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca.
|
Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan
efisien dan menarik dalam keseluruhan penulisan.
|
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan
efisien dalam keseluruhan penulisan.
|
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan
sangat efisien dalam sebagian besar penulisan.
|
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan
sangat efisien dalam sebagian kecil penulisan.
|
Sikap
|
Kecermatan,
ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan
tugas yang diberikan, disertai juga dengan kreativitas dalam bekerja
menunjukkan kualitas sikap yang sangat baik dan terpuji.
|
Kecermatan,
ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan
tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang sangat baik.
|
Kecermatan,
ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan
tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang masih dapat terus
ditingkatkan.
|
Kecermatan,
ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan
tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang masih harus terus
diperbaiki.
|
Keterampilan Penulisan
|
Keseluruhan hasil penulisan laporan yang sistematis dan
benar menunjukkan keterampilan penulisan yang sangat baik, di atas rata-rata
kelas.
|
Keseluruhan hasil penulisan laporan yang sistematis dan
benar menunjukkan keterampilan penulisan yang baik.
|
Sebagian besar hasil penulisan laporan yang sistematis dan
benar menunjukkan keterampilan penulisan yang terus berkembang.
|
Hanya sebagian kecil hasil penulisan laporan yang
sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang masih perlu
terus ditingkatkan.
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor Maksimal
8
Nilai =
F.
Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Gambar,
peralatan dan perlengkapan rounders
Mengetahui, Beureunuen,
……….…., 2016
Kepala SD Negeri
3 Beureunuen Guru Kelas V,
CHAIRUNNISA, S.Pd ABDULLAH, S.Pd
NIP.19700312
199402 2 002 NIP. 19601231
198202 1 012
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
1.
Salah
satu usaha yang dapat dilakukan untuk memelihara alat pernapasan kita adalah
dengan melakukan pola hidup sehat, seperti olahraga secara teratur. Selain
olahraga secara teratur, cara apa yang kamu ketahui untuk memelihara alat
pernapasan?
Memelihara alat pernapasan, yaitu dengan
cara:
2.
.............................................................................................................................................
3.
.............................................................................................................................................
4.
.............................................................................................................................................
5.
.............................................................................................................................................
6.
.............................................................................................................................................
2.
Sebutkan
bukti yang lain jika kesehatan itu penting!
Memelihara alat pernapasan, yaitu dengan
cara …………………………………………………………………
1.
.............................................................................................................................................
2.
.............................................................................................................................................
3.
.............................................................................................................................................
4.
.............................................................................................................................................
5.
.............................................................................................................................................
3.
Buatlah
apotek hidup di lingkungan rumahmu. Tuliskan langkah-langkah membuat apotek
hidup.
Langkah-langkah membuat apotek hidup
adalah :
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
Media
TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 1
TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 2
TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 3
TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 4
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment