Home » » TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 5

TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 12 November 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : 5/1
Tema 4                                        : Sehat Itu Penting
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Lingkungan Sehat / 5
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
Kompetensi Dasar :
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.2 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil.
4.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil.

Indikator
o    Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam permainan olahraga tradisional bola kecil. (rounders).
o    Melakukan berbagai keterampilan dasar (melambungkan, melempar, menangkap, lari, dan memukul) permainan rounders dengan kontrol yang baik.
o    Memukul bola yang dilambungkan/ dilemparkan dengan tepat.
o    Memperkirakan kemampuan berlari untuk mencetak angka.

b) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
2.4 Memiliki kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana alam dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

Indikator
o  Mengenali bentuk-bentuk gangguan kesehatan (penyakit) pada manusia.
o  Mengidentifikasi informasi cara-cara menjaga kesehatan pada manusia.
o  Menyebutkan pentingnya kesehatan bagi manusia.
o  Menunjukkan bukti pentingnya kesehatan bagi manusia.

c) IPA
Kompetensi Dasar
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok.
3.8 Mengenal sistem pernapasan hewan dan manusia serta penyakit yang berkaitan dengan pernapasan.
4.8 Menyajikan laporan tentang jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh manusia.

Indikator
o    Menjelaskan cara-cara merawat organ tubuh pada sistem pernapasan.
o    Membuat laporan tentang cara-cara merawat organ tubuh manusia.
            .
d) SBdP
Kompetensi Dasar
1.1 Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.2 Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni.
3.4 Memahami prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kereatif berdasarkan ciri khas daerah.
4.16 Membuat apotek hidup.

Indikator
o   Menggunakan sumber alam dan lingkungan sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
o   Menggunakan bahan-bahan bersumber dari alam dan lingkungan dalam berkarya seni.
o   Menjelaskan apotek hidup.
o   Membuat apotek hidup.

C. Materi Pembelajaran :
1.      Variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam permainan olahraga tradisional bola kecil. (rounders)
2.      Pentingnya kesehatan bagi manusia.
3.      Cara-cara merawat organ tubuh manusia
4.      Apotek hidup.

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Setiap kelompok diberikan satu set kartu kartu kartu kata
7.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
8.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Lingkungan sehat”.
9.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
10.  Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Pada awal pembelajaran, guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa dengan memberikan narasi berikut Sehat itu sangatlah penting. Dengan berolahraga, menjaga organ tubuh, dan menjaga kesehatan lingkungan itu sebagai modal kita untuk selalu sehat.
o   Berikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa untuk memberikan tanggapan atau bertanya berkaitan dengan narasi/pernyataan yang terdapat pada buku siswa.
o   Guru mengkonfirmasi tanggapan dan menjawab setiap pertanyaan siswa.
o   Berikan umpan balik di sepanjang proses kegiatan, terutama bagi tumbuh dan berkembangnya keterampilan mengemukakan pendapat dan bertanya.

Kegiatan MELAKUKAN:
o   Guru mengajak siswa untuk melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik, atau berolahraga. Gerakan-gerakan dalam pemanasan ini antara lain lari di tempat, jumping jack, dan gerakan mengangkat satu tangan ke arah kanan dan tangan lain ke pinggang.
o   Setelah melakukan pemanasan, guru mengajak siswa memperhatikan gambar gerakan-gerakan dasar dalam permainan rounders.
o   Guru menunjuk dua orang untuk mempraktikan semua gerakan seperti melempar, menangkap, dan memukul bola. Setelah itu semua anak diajak mempraktikkan gerakan secara berpasangan.
Gunakan rubrik melakukan gerakan dasar permainan rounders untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.

o   Guru selalu menekankan aspek keselamatan diri dan orang lain dalam melakukan gerakan-gerakan ini.
o   Selesai berlatih gerakan-gerakan dasar permainan rounders, guru meminta siswa untuk menuliskan cara melakukan gerakan melempar, menangkap, dan memukul bola dalam permainan rounders.
o   Guru meminta siswa untuk melakukan permainan rounders dengan membagi kelas menjadi dua kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 12 anak (atau sesuai dengan kondisi kelas).

Kegiatan BERCERITA
o   Siswa diminta untuk menuliskan cara mencetak angka dalam permainan rounders.
-          Alternatif 1 Guru meminta siswa untuk melakukan studi pustaka dengan menggali informasi mengenai fungsi jantung dan pembuluh darah melalui buku, majalah, surat kabar, atau artikel di internet.
-          Alternatif 2 Guru mengarahkan anak untuk melakukan diskusi dengan membentuk kelompok-kelompok kecil beranggotakan 3-5 orang. Kemudian hasil dari pembahasan dari setiap kelompok dipresentasikan untuk kemudian diambil satu kesimpulan tentang fungsi jantung dan pembuluh darah.
o   Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap jawaban siswa, termasuk jika ada jawaban yang nyeleneh.
o   Guru menjelaskan narasi penghubung antara kompetensi olahraga/permainan rounders dengan cara merawat organ pernapasan. Adapun kalimat kunci sebagai penghubung adalah: selain melempar dan memukul, berlari juga merupakan gerak dasar dalam olahraga rounders. Gerak berlari juga dapat digunakan untuk memelihara alat pernapasan manusia. Sistem pernapasan sangatlah penting bagi manusia. Oleh karena itu kesehatan alat pernapasan perlu dipelihara, di antaranya dengan olahraga secara teratur seperti lari, renang, dan senam.

Kegiatan MENYEBUTKAN:
o   Siswa diminta untuk menyebutkan cara memelihara alat pernapasan.
o   Guru memberikan narasi sebagai penghubung antara kompetensi aktivitas olahraga dengan pentingnya kesehatan. Adapun kalimat kunci yang menjadi penghubung adalah: Bagaimana rasanya jika kamu sakit? Pasti saat itu tubuhmu atau di antara anggota tubuhmu tidak enak rasanya. Bahkan, bisa jadi kamu hanya tiduran di atas tempat tidur. Itulah satu di antara bukti bahwa kesehatan itu sangatlah penting.

Kegiatan MENYEBUTKAN:
o   Siswa diminta untuk menyebutkan bukti-bukti yang menunjukkan bahwa kesehatan itu penting.

Kegiatan MEMBUAT LAPORAN:
o   Guru meminta siswa melakukan studi pustaka untuk mencari informasi pada buku, majalah, surat kabar, atau internet tentang cara merawat organ tubuh agar selalu sehat.
o   Kemudian, siswa diminta untuk membuat laporan berdasarkan informasi yang telah diperoleh.
o   Guru meminta siswa untuk mengerjakannya secara mandiri.
o   Guru memberikan bantuan kepada siswa yang mengalami kesulitan.
Gunakan rubrik membuat laporan untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.

o   Berikan umpan balik di sepanjang proses kegiatan, terutama bagi tumbuh dan berkembangnya keterampilan eksplorasi, pengumpulan data, dan komunikasi.
o   Guru memberikan narasi sebagai penghubung antara kompetensi cara merawat organ tubuh dengan apotek hidup. Adapun kalimat kunci yang menjadi penghubung adalah: Cara merawat organ tubuh di antaranya dengan cara melakukan pola makan dan minum yang sehat. Selain itu, rawatlah organ tubuh dengan minum obat-obatan herbal yang kita peroleh dengan mengolah sendiri dari hasil tanam sendiri, misalnya dari apotek hidup yang kita buat di lingkungan rumah. Apotek Hidup merupakan tempat yang berisikan berbagai tanaman obat yang ditanam dan dimanfaatkan untuk keperluan pengobatan serta kesehatan.

Kegiatan MENYEBUTKAN:
o   Siswa diminta untuk membuat apotek hidup di rumah dengan menuliskan langkah-langkahnya pada kolom di buku siswa.
o   Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa: Apa yang telah kamu pelajari hari ini? Dapatkah kamu mengambil manfaat dari yang sudah kamu pelajari?
-          Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
-          Siswa mengemukakan pendapatnya sesuai dengan perilaku kesehariannya berkaitan dengan kompetensi-kompetensi yang sudah dipelajari, dalam hal ini permainan rounders, cara merawat kesehatan organ tubuh, dan apotek hidup.
o   Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan: Pernahkah anggota keluargamu ada yang sakit? Sakit apa yang pernah dialami anggota keluargamu itu? Bagaimana cara menyembuhkannya?
o   Untuk mengoptimalkan interaksi dengan orang tua, siswa dapat meminta bantuan kepada orangtuanya dengan berdiskusi dan bertukar pendapat.

REMEDIAL

PENGAYAAN

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).




Penilaian

a. Rubrik melakukan gerakan dasar permainan rounders
No
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Melempar bola
Mampu melempar bola dengan teknik dan kontrol yang baik pada setiap lemparan dengan tepat kepada teman satu tim.
Mampu melempar bola dengan teknik dan kontrol yang baik pada hampir setiap lemparan dengan tepat kepada teman satu tim.
Mampu melempar bola dengan teknik dan kontrol yang cukup baik pada beberapa lemparan kepada teman satu tim.
Melempar bola dengan teknik dan kontrol yang kurang baik pada setiap lemparan kepada teman satu tim.
2
Menangkap bola
Mampu menangkap bola dengan teknik dan kontrol yang baik pada setiap lemparan dari teman satu tim.
Mampu menangkap bola dengan teknik dan kontrol yang baik pada hampir setiap lemparan dari teman satu tim.
Mampu menangkap bola dengan teknik dan kontrol yang baik pada beberapa lemparan dari teman satu tim.
Tidak mampu menangkap bola dengan teknik dan kontrol yang baik pada setiap lemparan dari teman satu tim.
3
Memukul bola
Mampu memukul bola dengan teknik dan kontrol yang baik pada setiap pukulan.
Mampu memukul bola dengan teknik dan kontrol yang baik pada hampir setiap pukulan.
Mampu memukul bola dengan teknik dan kontrol yang baik pada beberapa pukulan.
Tidak mampu memukul bola dengan teknik dan kontrol yang baik pada setiap pukulan.
4
Sikap / Sportivitas
Bermain tertib sesuai aturan dan sportif selama permainan berlangsung.
Bermain tertib sesuai aturan dan sportif hampir selama permainan berlangsung.
Bermain cukup tertib sesuai aturan dan sportif dalam beberapa menit permainan berlangsung.
Bermain kurang tertib dan tidak sesuai aturan hampir sepanjang permainan berlangsung.

Skor
Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 16

Nilai    =



b. Rubrik membuat laporan
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Isi dan Pengetahuan
Keseluruhan laporan dibuat dengan baik, lengkap, dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca, serta disajikan dengan menarik.
Keseluruhan laporan dibuat dengan baik, lengkap, dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca.
Sebagian besar laporan dibuat dengan baik dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca.
Hanya sebagian kecil laporan dibuat dengan baik, lengkap, dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca.
Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dan menarik dalam keseluruhan penulisan.
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dalam keseluruhan penulisan.
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian besar penulisan.
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian kecil penulisan.
Sikap
Kecermatan,
ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan, disertai juga dengan kreativitas dalam bekerja menunjukkan kualitas sikap yang sangat baik dan terpuji.
Kecermatan,
ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang sangat baik.
Kecermatan,
ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang masih dapat terus ditingkatkan.
Kecermatan,
ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang masih harus terus diperbaiki.
Keterampilan Penulisan
Keseluruhan hasil penulisan laporan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang sangat baik, di atas rata-rata kelas.
Keseluruhan hasil penulisan laporan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang baik.
Sebagian besar hasil penulisan laporan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang terus berkembang.
Hanya sebagian kecil hasil penulisan laporan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang masih perlu terus ditingkatkan.

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 8

Nilai    =

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Gambar, peralatan dan perlengkapan rounders


Mengetahui,                                                                        Beureunuen, ……….….,  2016
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas V,




CHAIRUNNISA, S.Pd                                                     ABDULLAH, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002                                               NIP. 19601231 198202 1 012





LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

1.        Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk memelihara alat pernapasan kita adalah dengan melakukan pola hidup sehat, seperti olahraga secara teratur. Selain olahraga secara teratur, cara apa yang kamu ketahui untuk memelihara alat pernapasan?
Memelihara alat pernapasan, yaitu dengan cara:
2.      .............................................................................................................................................
3.      .............................................................................................................................................
4.      .............................................................................................................................................
5.      .............................................................................................................................................
6.      .............................................................................................................................................

2.        Sebutkan bukti yang lain jika kesehatan itu penting!
Memelihara alat pernapasan, yaitu dengan cara …………………………………………………………………
1.      .............................................................................................................................................
2.      .............................................................................................................................................
3.      .............................................................................................................................................
4.      .............................................................................................................................................
5.      .............................................................................................................................................

3.        Buatlah apotek hidup di lingkungan rumahmu. Tuliskan langkah-langkah membuat apotek hidup.
Langkah-langkah membuat apotek hidup adalah :
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................


Media
TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 5

TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 1
TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 2
TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 3

TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 4

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors