Home » » TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 4

TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 11 November 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : 5/1
Tema 4                                        : Sehat Itu Penting
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Lingkungan Sehat / 4
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
Kompetensi Dasar :
1.3 Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya.
2.3 Menunjukkan perilaku peduli, gotongroyong, tanggungjawab dalam berpartisipasi penanggulangan permasalahan lingkungan hidup.
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
4.3 Menyajikan pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.

Indikator
o   Menunjukkan perilaku manusia yang selaras dan tidak selaras dengan lingkungan alam.
o   Menyusun sebuah laporan tertulis tentang aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya.

b) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
2.4 Memiliki kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana alam dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

Indikator
o  Mengenali bentuk-bentuk gangguan kesehatan (penyakit) pada manusia.
o  Mengidentifikasi informasi cara-cara menjaga kesehatan pada manusia.
o  Menyebutkan pentingnya kesehatan bagi manusia.
.
c) PPKn
Kompetensi Dasar
1.2  Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.
2.1  Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI dalam semangat perjuangan cinta tanah air, dan rela berkorban senagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.2  Memahami hak, kewajiban, dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
4.2  Melaksanakan kewajiban dan menegakkan aturan di lingkungan rumah dan sekolah.

Indikator
o   Menjelaskan akibat tidak dilaksanakannya kewajiban dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan rumah.
o   Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap lingkungan dalam kehidupan sehari-hari di rumah..

d) Matematika
Kompetensi Dasar
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.4 Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan.
3.3 Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan dan mengamati pola.
4.10 Menyajikan relasi dalam koordinat dan grafik.

Indikator
o  Menyajikan relasi dalam grafik 

C. Materi Pembelajaran :
1.       Gangguan kesehatan (penyakit) pada manusia.
2.      Kewajiban dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan rumah.
3.       Relasi dalam grafik 

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Setiap kelompok diberikan satu set kartu kartu kartu kata
7.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
8.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Lingkungan sehat”.
9.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
10.  Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Pada awal pembelajaran, guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa dengan menunjukkan sebuah gambar orang yang membuang sampah ke sungai. Kemudian, siswa disuruh mengamati secara seksama. Secara individual, siswa diminta untuk mencoba menganalisis peristiwa atau kejadian yang tampak pada gambar.
o   Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan berdasarkan gambar yang diamati siswa.
o   Guru meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya secara percaya diri
o   Guru membangun suasana belajar yang menyenangkan dan menantang dengan pendekatan interaktif.
o   Agar lebih menarik dan menyenangkan, guru dapat mengkreasi kegiatan pembelajaran dengan memadukannya dengan sebuah permainan.
o   Alternatif permainan LEMPAR-TANGKAP DAN JAWAB
-          Siswa diminta melempar-tangkap bola kertas sambil menyanyikan sebuah lagu.
-          Di akhir lagu, siswa yang terakhir memegang kertas harus menjawab pertanyaan guru sesuai dengan pernyataaan yang ada di buku siswa.
-          Lakukan berulang-ulang hingga semua pernyataan di buku siswa terjawab.
-          Permainan ini lebih menunjukkan efek keterkejutan sehingga jawaban siswa cenderung akan jujur sesuai dengan tingkat pengetahuan dan pemahaman siswa
o   Guru memberikan narasi yang menghubungkan kompetensi antara perilaku menjaga lingkungan dengan relasi dalam kehidupan sehari-hari. Adapun yang menjadi kata kunci adalah “pengelompokkan jenis-jenis sampah”.

Kegiatan LATIHAN:
o   Siswa diminta untuk mengerjakan soal latihan secara mandiri berkaitan dengan melengkapi kelompok relasi “kurang dari” dan menggambarnya pada diagram kartesius.
o   Guru berkeliling dan membantu siswa yang mengalami kesulitan.
Penilaian: rubrik melengkapi kelompok relasi “kurang dari” dan gambar diagram kartesius untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.

o   Guru memberikan narasi sebagai penghubung antara kompetensi kelompok relasi dengan pentingnya menjaga kesehatan. Adapun kalimat kunci yang menjadi penghubung adalah Setiap kelompok yang telah dibentuk bertugas memungut sampah dan membersihkan daerah sekitarnya sesuai ketentuan. Siti dan teman-temannya semangat dalam membersihkan lingkungan. Mereka menyadari bahwa lingkungan kotor sumber penyakit dan akan mengganggu kesehatan manusia. Oleh karena itu, Siti dan teman-temannya semangat untuk selalu hidup sehat.
o   Kesehatan merupakan harta yang terpenting bagi kehidupan manusia. Mengapa demikian? Dengan kondisi yang sehat, manusia bisa melakukan banyak aktivitas misalnya bekerja.

Kegiatan MENULIS:
o   Guru meminta siswa untuk menuliskan pentingnya kesehatan bagi diri sendiri.
o   Agar lebih menarik dan berkesan lakukan kegiatan ini di luar kelas, seperti di halaman atau taman sekolah.
o   Guru meminta setiap siswa mempresentasikan hasil tulisannya di hadapan guru dan teman-temannya.
o   Guru memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk memberikan tanggapan.
o   Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap jawaban siswa.
o   Gunakan rubrik menulis pentingnya kesehatan bagi diri sendiri.
-          Guru berkeliling dan memberikan panduan bagi siswa yang mengalami kesulitan.
-          Guru membangun suasana yang penuh keakraban sehingga setiap siswa memiliki kepercayaan diri untuk mengerjakan tugas sesuai dengan perintah.
o   Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa: Sikap apa yang kamu pelajari pada hari ini? Apakah kamu sudah menerapkan dalam kehidupan sehari-hari?
-          Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman dan pengalaman yang sudah diperolehnya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
-          Guru mengidentifikasi dan menganalisis jawaban setiap siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa berkaitan dengan perilaku yang selaras dengan lingkungan, kelompok relasi, dan pentingnya kesehatan bagi diri sendiri.
-          Siswa diminta untuk menceritakan pengalamannya dan keluarganya berkaitan dengan perilaku yang selaras dengan lingkungan.
-          Untuk mengoptimalkan hasilnya, siswa bekerja sama kepada orang tuanya dengan berdiskusi dan tukar pendapat.

REMEDIAL

PENGAYAAN

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).





Penilaian

a. Rubrik melengkapi kelompok relasi “kurang dari” dan gambar diagram kartesius

No
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Melakukan seluruh prosedur
Seluruh langkah pengerjaan dilakukan.
Sebagian besar langkah pengerjaan dilakukan.
Sebagian kecil langkah pengerjaan dilakukan.
Dikerjakan tanpa memperhatikan prosedur pengerjaan.
2
Jawaban lengkap sesuai butir pertanyaan
Seluruh butir pertanyaan diisi.
Sebagian besar pertanyaan diisi.
Sebagian kecil pertanyaan diisi.
Sama sekali tidak diisi.
3
Isi jawaban sesuai pertanyaan
Seluruh jawaban benar sesuai pertanyaan.
Sebagian besar jawaban benar sesuai pertanyaan.
Sebagian kecil jawaban benar sesuai pertanyaan.
Jawaban sama sekali tidak sesuai dengan pertanyaan.
4
Sikap
Percaya diri, mandiri, rasa ingin tahu.
Percaya diri, sesekali meminta bantuan guru, rasa ingin tahu.
Tidak percaya diri, mengandalkan bimbingan guru.
Menyontek .

Skor
Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 16

Nilai    =




b. Rubrik menulis pentingnya kesehatan bagi diri sendiri

Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Isi dan Pengetahuan
Keseluruhan tulisan dibuat dengan baik, lengkap, dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca, serta disajikan dengan menarik.
Keseluruhan tulisan dibuat dengan baik, lengkap dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca.
Sebagian besar tulisan dibuat dengan baik dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca.
Hanya sebagian kecil tulisan dibuat dengan baik, lengkap dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca.
Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dan menarik dalam keseluruhan penulisan.
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dalam keseluruhan penulisan.
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian besar penulisan.
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian kecil penulisan.
Sikap
Kecermatan,
ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan, disertai juga dengan kreativitas dalam bekerja menunjukkan kualitas sikap yang sangat baik dan terpuji.
Kecermatan,
ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang sangat baik.
Kecermatan,
ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang masih dapat terus ditingkatkan.
Kecermatan,
ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang masih harus terus diperbaiki.
Keterampilan penulisan
Keseluruhan hasil penulisan tulisan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang sangat baik, di atas rata-rata kelas.
Keseluruhan hasil penulisan tulisan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang baik.
Sebagian besar hasil penulisan tulisan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang terus berkembang.
Hanya sebagian kecil hasil penulisan tulisan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang masih perlu terus ditingkatkan.

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 16

Nilai    =

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Gambar, teks.

Mengetahui,                                                                        Beureunuen, ……….….,  2016
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas V,




CHAIRUNNISA, S.Pd                                                     ABDULLAH, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002                                              NIP. 19601231 198202 1 012


LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Amatilah gambar di bawah ini!
Berdasarkan Gambar di atas, jawablah pertanyaan berikut!

TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 4

1.      Apakah yang dimaksud hidup tidak selaras dengan alam?
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………

2.       Bagaimana menurut kamu mengenai gambar di atas? Apakah gambar tersebut yang dikatakan hidup tidak selaras dengan alam?
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………

3.       Bagaimana dampak terhadap kesehatan manusia dan lingkungan jika perilaku pada gambar di atas dilakukan secara terus-menerus?
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………

4.       Selain gambar di atas, pernahkah kamu melihat peristiwa serupa? Di daerah manakah peristiwa itu?
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………

5.       Apa kewajibanmu terhadap alam lingkungan sekitar rumah kamu supaya sehat? Apakah kamu akan melakukan hal yang sama seperti gambar di atas?
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………


MEDIA
TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 4




Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors