(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester : 5/1
Tema 4 :
Sehat Itu Penting
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Lingkungan Sehat /
4
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
Kompetensi
Dasar :
1.3 Menghargai
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya.
2.3 Menunjukkan
perilaku peduli, gotongroyong, tanggungjawab dalam berpartisipasi
penanggulangan permasalahan lingkungan hidup.
3.3 Memahami
manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
4.3 Menyajikan
pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah
Indonesia.
Indikator
o Menunjukkan perilaku manusia yang selaras dan tidak selaras dengan
lingkungan alam.
o
Menyusun sebuah laporan tertulis tentang aktivitas manusia
yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya.
b) Bahasa Indonesia
Kompetensi
Dasar
1.1 Meresapi makna
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana
yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
2.4 Memiliki
kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana alam dan
keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan
manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati,
mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan,
kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan
manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku.
Indikator
o Mengenali bentuk-bentuk gangguan kesehatan (penyakit) pada manusia.
o Mengidentifikasi informasi cara-cara menjaga kesehatan pada manusia.
o Menyebutkan pentingnya kesehatan bagi manusia.
.
c) PPKn
Kompetensi
Dasar
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat dan
berbangsa.
2.1 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab,
percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf yang
dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI dalam semangat perjuangan cinta
tanah air, dan rela berkorban senagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.2 Memahami hak, kewajiban, dan tanggungjawab
sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
4.2 Melaksanakan kewajiban dan menegakkan aturan
di lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator
o Menjelaskan akibat tidak dilaksanakannya kewajiban dalam kehidupan
sehari-hari di lingkungan rumah.
o Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap lingkungan dalam kehidupan
sehari-hari di rumah..
d) Matematika
Kompetensi
Dasar
1.1
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.4 Memiliki sikap menghargai
kegunaan matematika dalam kehidupan.
3.3 Memilih
prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi
yang relevan dan mengamati pola.
4.10 Menyajikan
relasi dalam koordinat dan grafik.
Indikator
o Menyajikan relasi dalam grafik
C. Materi Pembelajaran :
1. Gangguan kesehatan (penyakit) pada manusia.
2.
Kewajiban dalam
kehidupan sehari-hari di lingkungan rumah.
3. Relasi dalam grafik
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Setiap kelompok diberikan satu set kartu kartu kartu
kata
7. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
8. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Lingkungan sehat”.
9. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
10. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Pada
awal pembelajaran, guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa dengan
menunjukkan sebuah gambar orang yang membuang sampah ke sungai. Kemudian,
siswa disuruh mengamati secara seksama. Secara individual, siswa diminta
untuk mencoba menganalisis peristiwa atau kejadian yang tampak pada gambar.
o
Siswa
diminta untuk menjawab pertanyaan berdasarkan gambar yang diamati siswa.
o
Guru meminta siswa
untuk mengungkapkan pendapatnya secara percaya diri
o Guru
membangun suasana belajar yang menyenangkan dan menantang dengan pendekatan
interaktif.
o
Agar lebih menarik
dan menyenangkan, guru dapat mengkreasi kegiatan pembelajaran dengan
memadukannya dengan sebuah permainan.
o
Alternatif permainan
LEMPAR-TANGKAP DAN JAWAB
-
Siswa
diminta melempar-tangkap bola kertas sambil menyanyikan sebuah lagu.
-
Di
akhir lagu, siswa yang terakhir memegang kertas harus menjawab pertanyaan
guru sesuai dengan pernyataaan yang ada di buku siswa.
-
Lakukan
berulang-ulang hingga semua pernyataan di buku siswa terjawab.
-
Permainan
ini lebih menunjukkan efek keterkejutan sehingga jawaban siswa cenderung akan
jujur sesuai dengan tingkat pengetahuan dan pemahaman siswa
o
Guru memberikan
narasi yang menghubungkan kompetensi antara perilaku menjaga lingkungan
dengan relasi dalam kehidupan sehari-hari. Adapun yang menjadi kata kunci
adalah “pengelompokkan jenis-jenis sampah”.
Kegiatan LATIHAN:
o
Siswa diminta
untuk mengerjakan soal latihan secara mandiri berkaitan dengan melengkapi
kelompok relasi “kurang dari” dan menggambarnya pada diagram kartesius.
o
Guru berkeliling
dan membantu siswa yang mengalami kesulitan.
Penilaian: rubrik melengkapi kelompok relasi “kurang
dari” dan gambar diagram kartesius untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
o Guru memberikan narasi sebagai
penghubung antara kompetensi kelompok relasi dengan pentingnya menjaga
kesehatan. Adapun kalimat kunci yang menjadi penghubung adalah Setiap
kelompok yang telah dibentuk bertugas memungut sampah dan membersihkan daerah
sekitarnya sesuai ketentuan. Siti dan teman-temannya semangat dalam
membersihkan lingkungan. Mereka menyadari bahwa lingkungan kotor sumber
penyakit dan akan mengganggu kesehatan manusia. Oleh karena itu, Siti dan
teman-temannya semangat untuk selalu hidup sehat.
o Kesehatan
merupakan harta yang terpenting bagi kehidupan manusia. Mengapa demikian?
Dengan kondisi yang sehat, manusia bisa melakukan banyak aktivitas misalnya
bekerja.
Kegiatan MENULIS:
o
Guru meminta
siswa untuk menuliskan pentingnya kesehatan bagi diri sendiri.
o
Agar lebih
menarik dan berkesan lakukan kegiatan ini di luar kelas, seperti di halaman
atau taman sekolah.
o
Guru meminta
setiap siswa mempresentasikan hasil tulisannya di hadapan guru dan
teman-temannya.
o
Guru memberikan
kesempatan kepada siswa lain untuk memberikan tanggapan.
o
Guru
mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap jawaban siswa.
o
Gunakan rubrik
menulis pentingnya kesehatan bagi diri sendiri.
-
Guru
berkeliling dan memberikan panduan bagi siswa yang mengalami kesulitan.
-
Guru
membangun suasana yang penuh keakraban sehingga setiap siswa memiliki
kepercayaan diri untuk mengerjakan tugas sesuai dengan perintah.
o
Berdasarkan
pertanyaan pada buku siswa: Sikap apa
yang kamu pelajari pada hari ini? Apakah kamu sudah menerapkan dalam
kehidupan sehari-hari?
-
Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan
pendapatnya berdasarkan pemahaman dan pengalaman yang sudah diperolehnya
selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
-
Guru mengidentifikasi dan menganalisis jawaban
setiap siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa berkaitan dengan
perilaku yang selaras dengan lingkungan, kelompok relasi, dan pentingnya
kesehatan bagi diri sendiri.
-
Siswa diminta untuk
menceritakan pengalamannya dan keluarganya berkaitan dengan perilaku yang
selaras dengan lingkungan.
-
Untuk
mengoptimalkan hasilnya, siswa bekerja sama kepada orang tuanya dengan
berdiskusi dan tukar pendapat.
REMEDIAL
PENGAYAAN
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
a.
Rubrik melengkapi kelompok relasi “kurang dari” dan gambar diagram kartesius
No
|
Aspek
|
Baik
Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1
|
Melakukan seluruh prosedur
|
Seluruh langkah pengerjaan dilakukan.
|
Sebagian besar langkah pengerjaan dilakukan.
|
Sebagian kecil langkah pengerjaan dilakukan.
|
Dikerjakan tanpa memperhatikan prosedur pengerjaan.
|
2
|
Jawaban lengkap sesuai butir pertanyaan
|
Seluruh butir pertanyaan diisi.
|
Sebagian besar pertanyaan diisi.
|
Sebagian kecil pertanyaan diisi.
|
Sama sekali tidak diisi.
|
3
|
Isi jawaban sesuai pertanyaan
|
Seluruh jawaban benar sesuai pertanyaan.
|
Sebagian besar jawaban benar sesuai pertanyaan.
|
Sebagian kecil jawaban benar sesuai pertanyaan.
|
Jawaban sama sekali tidak sesuai dengan pertanyaan.
|
4
|
Sikap
|
Percaya diri, mandiri, rasa ingin tahu.
|
Percaya diri, sesekali meminta bantuan guru, rasa ingin
tahu.
|
Tidak percaya diri, mengandalkan bimbingan guru.
|
Menyontek .
|
Skor
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 16
Nilai =
b. Rubrik
menulis pentingnya kesehatan bagi diri sendiri
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Isi dan Pengetahuan
|
Keseluruhan tulisan dibuat dengan baik, lengkap, dan dapat
memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca, serta disajikan
dengan menarik.
|
Keseluruhan tulisan dibuat dengan baik, lengkap dan dapat
memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca.
|
Sebagian besar tulisan dibuat dengan baik dan dapat
memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca.
|
Hanya sebagian kecil tulisan dibuat dengan baik, lengkap
dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca.
|
Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan
efisien dan menarik dalam keseluruhan penulisan.
|
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan
efisien dalam keseluruhan penulisan.
|
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan
sangat efisien dalam sebagian besar penulisan.
|
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan
sangat efisien dalam sebagian kecil penulisan.
|
Sikap
|
Kecermatan,
ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan
tugas yang diberikan, disertai juga dengan kreativitas dalam bekerja
menunjukkan kualitas sikap yang sangat baik dan terpuji.
|
Kecermatan,
ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan
tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang sangat baik.
|
Kecermatan,
ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan
tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang masih dapat terus
ditingkatkan.
|
Kecermatan,
ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan
tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang masih harus terus
diperbaiki.
|
Keterampilan penulisan
|
Keseluruhan hasil penulisan tulisan yang sistematis dan
benar menunjukkan keterampilan penulisan yang sangat baik, di atas rata-rata
kelas.
|
Keseluruhan hasil penulisan tulisan yang sistematis dan
benar menunjukkan keterampilan penulisan yang baik.
|
Sebagian besar hasil penulisan tulisan yang sistematis dan
benar menunjukkan keterampilan penulisan yang terus berkembang.
|
Hanya sebagian kecil hasil penulisan tulisan yang
sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang masih perlu
terus ditingkatkan.
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 16
Nilai =
F.
Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Gambar, teks.
Mengetahui, Beureunuen,
……….…., 2016
Kepala SD Negeri
3 Beureunuen Guru Kelas V,
CHAIRUNNISA, S.Pd ABDULLAH, S.Pd
NIP.19700312
199402 2 002 NIP. 19601231
198202 1 012
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Amatilah gambar di
bawah ini!
Berdasarkan Gambar di atas, jawablah pertanyaan berikut!
1.
Apakah yang
dimaksud hidup tidak selaras dengan alam?
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
2.
Bagaimana
menurut kamu mengenai gambar di atas? Apakah gambar tersebut yang dikatakan
hidup tidak selaras dengan alam?
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
3.
Bagaimana
dampak terhadap kesehatan manusia dan lingkungan jika perilaku pada gambar di
atas dilakukan secara terus-menerus?
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
4.
Selain
gambar di atas, pernahkah kamu melihat peristiwa serupa? Di daerah manakah
peristiwa itu?
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
5.
Apa
kewajibanmu terhadap alam lingkungan sekitar rumah kamu supaya sehat? Apakah
kamu akan melakukan hal yang sama seperti gambar di atas?
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment