Home » » TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 3

TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 11 November 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : 5/1
Tema 4                                        : Sehat Itu Penting
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Lingkungan Sehat / 3
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
Kompetensi Dasar :
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.
2.1 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI dalam semangat perjuangan cinta tanah air, dan rela berkorban senagai perwujudan nilai dan moral Pancasila.
3.2 Memahami hak kewajiban, dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan kewajiban dan menegakkan aturan di lingkungan rumah dan sekolah

Indikator
o   Menjelaskan akibat tidak dilaksanakannya kewajiban dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
o   Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap lingkungan dalam kehidupan sehari-hari di rumah...

b) Matematika
Kompetensi Dasar
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.4 Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan.
3.3 Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola.
4.10 Menyajikan relasi dalam koordinat dan grafik.

Indikator
o   Menyajikan relasi dalam koordinat..

c) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
2.4 Memiliki kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana alam dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

Indikator
o   Mengidentifikasi informasi cara-cara menjaga kesehatan pada manusia

C. Materi Pembelajaran :
1.       Kewajiban dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
2.       Relasi dalam koordinat
3.       Informasi cara-cara menjaga kesehatan pada manusia

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Setiap kelompok diberikan satu set kartu kartu kartu kata
7.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
8.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Lingkungan sehat”.
9.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
10.  Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Pada awal pembelajaran secara klasikal, guru mengajukan pertanyaan panduan seperti terdapat pada buku siswa berkaitan dengan kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari dan dicapai selama proses KBM.
o   Guru mengajak siswa agar mampu menjadikan benda-benda atau peristiwa-peristiwa yang ada dan terjadi di sekitarnya berkaitan dengan subtema yang dipelajari sebagai sumber inspirasi dan bahan belajar.
-          Kegiatan ini dimaksudkan sebagai pra-test dan merangsang keingintahuan siswa untuk belajar lebih jauh lagi. Dengan demikian kegiatan awal pembelajaran awal ini dilakukan secara menarik dan interaktif.
-          Guru mengapresiasikan semua tanggapan atau pendapat siswa, termasuk apabila terdapat tanggapan yang aneh.

Kegiatan MENGAMATI:
o   Siswa diminta untuk mengamati bunga-bunga yang terdapat di taman sekolah, di sekitar rumah, atau kebun bunga.
o   Guru memfokuskan pengamatan siswa pada warna-warna bunga.

Kegiatan MENULIS:
o   Siswa diminta untuk menuliskan hasil pengamatannya.
o   Siswa diminta untuk mengelompokkan jenis bunga dan warna bunga.
o   Siswa diminta untuk membuat relasi antara kelompok jenis bunga dan kelompok warna bunga.
o   Setelah mengetahui relasi antarkelompok, siswa diminta untuk melengkapi diagram kartesius dengan menentukan titik koordinat relasi antarkelompok.
o   Guru meminta siswa mengerjakan secara mandiri.
o   Guru berkeliling dan memandu siswa yang mengalami kesulitan.
o   Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap jawaban siswa.
Penilaian: rubrik menulis relasi dan melengkapi diagram kartesius.

Kegiatan MENYEBUTKAN:
o   Siswa diminta menyebutkan kewajiban terhadap lingkungan rumah dan akibatnya jika tidak menjalani kewajiban tersebut.
o   Alternatif kegiatan pembelajaran berikut:
-          Guru menciptakan suasana interaktif dan atraktif dengan mengajak siswa melaksanakan diskusi secara klasikal.
-          Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih para petugas diskusi, seperti pembawa acara, sekretaris/notulis, dan lain-lain. siswa-siswa yang lain bertindak sebagai peserta diskusi.
-          Pembawa acara bertanggung jawab atas jalannya diskusi. Pembawa acara juga bertugas untuk membacakan pertanyaan-pertanyaan untuk didiskusikan oleh peserta.
-          Notulis bertugas untuk mencatat kejadian-kejadian yang terjadi saat diskusi berlangsung, seperti pendapat-pendapat yang disampaikan oleh peserta diskusi. Notulis juga bertugas untuk membuat laporan dan kesimpulan hasil diskusi.
-          Setiap peserta diskusi berhak mengemukakan pendapatnya berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pembawa acara.
-          Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap jawaban pendapat siswa.
-          Pada akhir diskusi, notulis membacakan hasil diskusi.
-          Siswa lain menulis jawaban/pendapat yang telah dikonfirmasi guru pada buku siswa.

Kegiatan Menulis:
o   Kegiatan menulis, siswa menuliskan pengalamannya dalam menanam dan merawat tanaman di rumah.
o   Guru memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk mengemukakan pengalamannya dengan percaya diri.

Kegiatan MEMBACA:
o   Siswa diminta membaca teks berjudul Cara Menjaga Kesehatan Tubuh dan Badan
o   Selesai membaca, siswa diminta untuk menjawab pertanyaan pada buku siswa berdasarkan isi bacaan.
o   Siswa juga diminta untuk mengidentifikasi kata baku dan kata tidak baku yang terdapat pada bacaan.
o   Guru membangun suasana belajar yang penuh keakraban, sehingga siswa percaya diri dalam mengerjakan tugas.
o   Guru berkeliling dan memandu siswa yang mengalami kesulitan serta mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap jawaban siswa.
-          Guru memfasilitasi siswa dengan menyediakan Kamus Besar Bahasa Indonesia sebagai sumber referensi dan konfirmasi kata baku dan kata tidak baku yang ditulis siswa
o   Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa: Apa yang kamu pelajari pada hari ini? Apakah kamu sudah menerapkan dalam kehidupan sehari-hari?
-          Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
-          Guru mengidentifikasi dan menganalisis jawaban setiap siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa tentang kewajiban terhadap lingkungan rumah, menunjukkan relasi dalam kehidupan sehari-hari, dan cara menjaga kesehatan tubuh dan badan.
-          Siswa diminta mengamati keadaan lungkungan rumahnya. Siswa diminta mengidentifikasi jenis taaman yang ditanam dan menceritakan cara menjaga dan merawat tanaman tersebut.
-          Untuk mengoptimalkan kerja sama dengan orang tua, siswa dapat membuat check list untuk ditunjukkan kepada orang tuanya.

REMEDIAL

PENGAYAAN

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian

a. Rubrik menulis relasi dan melengkapi diagram kartesius

No
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Melakukan seluruh prosedur
Seluruh langkah pengerjaan dilakukan
Sebagian besar langkah pengerjaan dilakukan
Sebagian kecil langkah pengerjaan dilakukan
Dikerjakan tanpa memperhatikan prosedur pengerjaan
2
Jawaban lengkap sesuai butir pertanyaan
Seluruh butir pertanyaan diisi
Sebagian besar pertanyaan diisi
Sebagian kecil pertanyaan diisi
Sama sekali tidak diisi
3
Isi jawaban sesuai pertanyaan
Seluruh jawaban benar sesuai pertanyaan
Sebagian besar jawaban benar sesuai pertanyaan
Sebagian kecil jawaban benar sesuai pertanyaan
Jawaban sama sekali tidak sesuai dengan pertanyaan
4
Sikap
Percaya diri, mandiri, rasa ingin tahu
Percaya diri, sesekali meminta bantuan guru, rasa ingin tahu
Tidak percaya diri, mengandalkan bimbingan guru
Menyontek

Skor
Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 16

Nilai    =



b. Rubrik Menjawab pertanyaan

Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Hasil kerja
Seluruh pertanyaan dijawab dengan benar.
Sebagian besar pertanyaan dijawab dengan benar.
Sebagian kecil pertanyaan dijawab dengan benar.
Semua pertanyaan dijawab dengan salah.
Sikap
Kerja keras, rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan mandiri.
Kerja keras, rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan sedikit memerlukan bimbingan guru.
Kerja keras, rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan banyak memerlukan bimbingan guru.
Memerlukan bimbingan guru di seluruh proses.

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 8

Nilai    =

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Gambar, teks.


Mengetahui,                                                                Beureunuen, ……,……………...2014
Kepala SD 3 Beureunuen                                           Guru Kelas V,



( Rosmiati, S.Pd )                                                       ( Nuraini Yahya, S.Pd )
NIP. 19581231 198012 2006                                     NIP. 19621231 198309 2 003



MEDIA

TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 3

TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 1

TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 2

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors