RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester : 5/1
Tema 4 :
Sehat Itu Penting
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Lingkungan Sehat /
2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
Kompetensi
Dasar :
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar,
serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.2 Memahami konsep
variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau
olahraga tradisional bola kecil.
4.2 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil.
Indikator
o Melakukan berbagai keterampilan dasar (melambungkan, melempar,
menangkap, lari dan memukul) permainan kasti dengan kontrol baik.
b) IPA
Kompetensi
Dasar
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya
dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun
berkelompok.
3.8 Mengenal sistem
pernapasan hewan dan manusia serta penyakit yang berkaitan dengan pernapasan.
4.8 Menyajikan
laporan tentang jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ
tubuh manusia.
Indikator
o Mengenal organ tubuh pada sistem pernapasan manusia.
o Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia.
o Menjelaskan beberapa penyakit pada alat pernapasan.
c) Bahasa Indonesia
Kompetensi
Dasar
1.1 Meresapi makna
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana
yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
2.4 Memiliki
kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana alam dan
keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan
manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati,
mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan,
kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan
manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku.
Indikator
o Mengenali lingkungan sehat melalui menyimak bacaan.
o Mengenali bentuk-bentuk gangguan kesehatan (penyakit) pada manusia
melalui bacaan.
o Membuat kesimpulan berdasarkan bacaan tentang lingkungan sehat.
o Mencari tahu mengenai berbagai penyakit melalui bacaan.
d) SBdP
Kompetensi
Dasar
1.1 Menerima kekayaan dan
keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.2 Menghargai alam dan
lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin,
tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni.
3.4 Memahami
prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan ciri khas daerah.
4.16 Membuat apotik
hidup.
Indikator
o Menggunakan sumber alam dan lingkungan sebagai sumber ide dalam berkarya
seni.
o Menggunakan bahan-bahan bersumber dari alam dan lingkungan dalam
berkarya seni.
o Menjelaskan apotik hidup.
C. Materi Pembelajaran :
1. keterampilan dasar (melambungkan, melempar, menangkap, lari dan memukul)
permainan kasti
2. organ tubuh pada sistem pernapasan manusia.
3. berbagai penyakit melalui bacaan.
4. apotik hidup.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Setiap kelompok diberikan satu set kartu kartu kartu
kata
7. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
8. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Lingkungan sehat”.
9. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
10. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Awal
pembelajaran, guru merangsang rasa keingintahuan siswa dengan mengajukan
pertanyaan: Olahraga dan lingkungan sehat selalu berhubungan dengan kesehatan
manusia. Dapatkah kamu olahraga berupa permainan rounders? Pernahkah kamu
membuat apotek hidup di lingkungan rumahmu? Guru menciptakan suasana
belajar yang interaktif dengan memberikan kesempatan kepada seluruh siswa
untuk memberikan tanggapannya.
o
Guru
mengapresiasikan semua tanggapan siswa, termasuk jika ada tanggapan yang nyeleneh.
o
Guru memulaii
kegiatan PJOK dengan kegiatan pemanasan, dan sosialisasikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai, yakni keterampilan bermain rounders.
Kegiatan MENYEBUTKAN
o
Secara mandiri,
siswa diminta untuk menjawab pertanyaan pada buku siswa mengenai peralatan
dan perlengkapan yang digunakan dalam permainan rounders serta gerak dasar
permainan rounders.
o
Siswa diminta
untuk menyajikan dan mengkomunikasikan hasilnya secara tertulis ke dalam
kolom yang tersedia pada buku siswa.
-
Guru memberikan umpan balik di sepanjang proses kegiatan,
terutama bagi tumbuh dan berkembangnya keterampilan mengamati.
-
Kegiatan
ini dijadikan sebagai salah satu alternatif penilaian, dengan melihat ketepatan
jawaban siswa
o
Guru
meminta siswa untuk berdiri berkeliling, berikan penjelasan tentang cara
melempar bola rounders yang tepat.
o
Guru membimbing
siswa untuk berlatih melempar bola rounders secara bergantian, dan berikan
umpan balik.
-
Agar
kegiatan lebih menyenangkan, guru dapat membuat kreasi pembelajaran. Misalnya
dengan bergantian, berpasangan, atau dengan dikombinasikan dengan permainan.
Penilaian: “Rubrik
Melempar Bola Rounders” untuk mengetahui tingkat
pemahaman dan pengetahuan, serta keterampilan siswa berkaitan dengan
teknik-teknik dasar bermain rounders
o Guru
memadukan kegiatan sebelumnya, mengenai rounders dengan organ pernapasan.
Kalimat kunci yang digunakan sebagai penghubung, yakni “Pada saat berhenti setelah berlari dalam permainan
rounders, Edo kelihatan kelelahan. Edo tampak terengah-engah dalam bernapas.”
o
Setelah
siswa dapat memahami keterkaitan kompetensi ini, guru menjelaskan mengenai
organ pernapasan manusia.
o
Siswa
mengamati gambar bagian-bagian organ pernapapasan manusia.
o
Siswa
diminta untuk menulis hasil pengamatan gambarnya berkaitan dengan organ
pernapasan manusia ke dalam tabel pada buku siswa.
-
Guru
mengkonfirmasi dan mengapresiasi semua jawaban siswa, termasuk jika ada
jawaban yang nyeleneh.
-
selama
kegiatan, guru memberikan porsi yang lebih kepada siswa untuk mengeksplorasi
gambar bagian-bagian organ pernapasan manusia.
-
Guru memberikan keleluasaan siswa untuk bertanya.
-
Untuk
merangsang keingintahuan siswa, guru memberikan rangsangan dengan mengajukan
pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan organ pernapasan manusia.
Kegiatan MENCARI TAHU:
o
Siswa diminta
untuk melakukan studi pustaka dengan menggali informasi dan data melalui
artikel yang ada di koran, majalah, atau internet berkaitan dengan
penyakit-penyakit pada organ pernapasan manusia.
o
Setelah data
terkumpul, siswa diminta untuk menuliskan pada kolom yang ada di buku siswa.
Penilaian: rubrik
menulis untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
-
Guru
menarasikan kalimat penghubung antarkompetensi, yakni organ pernapasan dengan
apotek hidup. Adapun kalimat kuncinya adalah Edo anak yang sehat, meskipun
napasnya tampak terengah-engah itu hanya akibat dari lari cepat. Sesudah
bermain rounders, Edo dan teman-teman beristirahat. Waktu beristirahat Siti
menawarkan minuman kunir asem. Ibu Siti membuat sendiri minuman itu, karena di
rumah Siti terdapat apotek hidup. Edo dan teman-teman yang lain tampak
senang, kunir asem yang dibawa Siti sangat segar.
Kegiatan
MENULIS:
o
Siswa
diminta untuk menulis hal-hal berkaitan dengan apotek hidup sesuai dengan
pemahamannya sendiri.
o
Guru
menciptakan suasana belajar yang memungkinkan timbulnya rasa percaya diri
pada setiap siswa untuk mengungkapkan pendapatnya.
o
Setelah
semua siswa menuliskan pendapatnya tentang apotek hidup, guru dapat menunjuk
beberapa siswa untuk membacakan hasilnya. Siswa lain diminta untuk menyimak
dan memberikan tanggapannya.
o Guru
mengkonfirmasi dan mengapresiasi jawaban siswa, termasuk jika ada jawaban
yang aneh.
-
Berikan
member umpan
balik di sepanjang proses kegiatan, terutama bagi tumbuh dan berkembangnya
keterampilan eksplorasi, pengumpulan data, dan komunikasi.
-
Kegiatan
ini dijadikan sebagai salah satu alternatif penilaian, dengan melihat
kedalaman dan kebenaran jawaban siswa serta kelengkapan data/informasi yang
dikumpulkan siswa.
o
Berdasarkan
pertanyaan pada buku siswa: Apa yang kamu pelajari pada hari ini?
o Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan
pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan
pembelajaran berlangsung.
o
Guru
mengidentifikasi dan menganalisis jawaban setiap siswa untuk mengetahui mana
tingkat pemahaman siswa mengenai alat dan gerak dasar permainan rounders,
organ pernapasan, dan apotek hidup.
o
Siswa diminta untuk mengungkapkan mengenai keberadaan
apotek hidup di rumahnya.
o
Siswa meminta orang tuanya untuk membuat apotek hidup (jika
di rumahnya belum ada apotek hidup) dan untuk menambah jenis tanaman dalam
apotek hidup (jika di rumahnya sudah ada apotek hidup).
o
Untuk mengoptimalkan kerja sama, siswa dapat berbagai peran
dan tugas dengan orang tuanya
REMEDIAL
PENGAYAAN
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
a. Rubrik Menulis
No
|
Aspek
|
Baik
Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1
|
Isi dan Pengetahuan
|
Keseluruhan jawaban yang ditulis siswa sesuai dengan gambar
yang diamati dan benar mengelompokkan jawaban.
|
Keseluruhan jawaban yang ditulis siswa sesuai dengan gambar
yang diamati dan sebagian besar benar dalam mengelompokkan jawaban.
|
Sebagian besar jawaban yang ditulis siswa sesuai dengan
gambar yang diamati dan sebagian besar benar dalam mengelompokkan jawaban.
|
Hanya sebagian kecil jawaban yang ditulis siswa sesuai
dengan gambar yang diamati dan hanya sebagian kecil benar dalam
mengelompokkan jawaban.
|
2
|
Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan
efisien dan menarik dalam keseluruhan penulisan
|
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan
efisien dalam keseluruhan penulisan
|
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan
sangat efisien dalam sebagian besar penulisan
|
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan
sangat efisien dalam sebagian kecil penulisan
|
3
|
Sikap
|
Kecermatan,
ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan
tugas yang diberikan, disertai juga dengan kreativitas dalam bekerja
menunjukkan kualitas sikap yang sangat baik dan terpuji
|
Kecermatan,
ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan
tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang sangat baik
|
Kecermatan,
ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan
tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang masih dapat terus
ditingkatkan
|
Kecermatan,
ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan
tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang masih harus terus
diperbaiki
|
4
|
Keterampilan Penulisan
|
Keseluruhan hasil penulisan hasil pengamatan yang
sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang sangat baik, di
atas rata-rata kelas
|
Keseluruhan hasil penulisan hasil pengamatan yang
sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang baik
|
Sebagian besar hasil penulisan hasil pengamatan yang
sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang terus berkembang
|
Hanya sebagian kecil hasil penulisan hasil pengamatan yang
sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang masih perlu
terus ditingkatkan
|
Skor
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 16
Nilai =
b. Rubrik Melempar Bola Rounders
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Ketepatan Melempar bola
|
Mampu melempar bola dengan teknik dan kontrol yang baik
pada setiap lemparan dengan tepat kepada teman satu tim
|
Mampu melempar bola dengan teknik dan kontrol yang baik
pada hampir setiap lemparan dengan tepat kepada teman satu tim
|
Mampu melempar bola dengan teknik dan kontrol yang cukup
baik pada beberapa lemparan kepada teman satu tim
|
Melempar bola dengan teknik dan kontrol yang kurang baik
pada setiap lemparan kepada teman satu tim
|
Sikap / Sportifitas
|
Bermain tertib sesuai aturan dan sportif selama permainan
berlangsung
|
Bermain tertib sesuai aturan dan sportif hampir selama
permainan berlangsung
|
Bermain cukup tertib sesuai aturan dan sportif dalam
beberapa menit permainan berlangsung
|
Bermain kurang tertib dan tidak sesuai aturan hampir
sepanjang permainan berlangsung
|
F. Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Gambar Apotik Hidup, gambar organ pernafasan manusia
Mengetahui, Beureunuen,
……….…., 2016
Kepala SD Negeri
3 Beureunuen Guru Kelas V,
CHAIRUNNISA, S.Pd NURAINI YAHYA, S.Pd
NIP.19700312
199402 2 002 NIP. 19621231 198309 2 003
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Sebutkan organ-organ pernapasan beserta fungsinya
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment