Home » » TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 2

TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 10 November 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : 5/1
Tema 4                                        : Sehat Itu Penting
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Lingkungan Sehat / 2
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
Kompetensi Dasar :

1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.2 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil.
4.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil.

Indikator
o    Melakukan berbagai keterampilan dasar (melambungkan, melempar, menangkap, lari dan memukul) permainan kasti dengan kontrol baik.

b) IPA
Kompetensi Dasar
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok.
3.8 Mengenal sistem pernapasan hewan dan manusia serta penyakit yang berkaitan dengan pernapasan.
4.8 Menyajikan laporan tentang jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh manusia.

Indikator
o   Mengenal organ tubuh pada sistem pernapasan manusia.
o   Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia.
o   Menjelaskan beberapa penyakit pada alat pernapasan.

c) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
2.4 Memiliki kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana alam dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

Indikator
o   Mengenali lingkungan sehat melalui menyimak bacaan.
o   Mengenali bentuk-bentuk gangguan kesehatan (penyakit) pada manusia melalui bacaan.
o   Membuat kesimpulan berdasarkan bacaan tentang lingkungan sehat.
o   Mencari tahu mengenai berbagai penyakit melalui bacaan.

d) SBdP
Kompetensi Dasar
1.1 Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.2 Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni.
3.4 Memahami prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan ciri khas daerah.
4.16 Membuat apotik hidup.

Indikator
o    Menggunakan sumber alam dan lingkungan sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
o    Menggunakan bahan-bahan bersumber dari alam dan lingkungan dalam berkarya seni.
o    Menjelaskan apotik hidup.

  
C. Materi Pembelajaran :
1.      keterampilan dasar (melambungkan, melempar, menangkap, lari dan memukul) permainan kasti
2.      organ tubuh pada sistem pernapasan manusia.
3.      berbagai penyakit melalui bacaan.
4.      apotik hidup.

  D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Setiap kelompok diberikan satu set kartu kartu kartu kata
7.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
8.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Lingkungan sehat”.
9.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
10.  Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Awal pembelajaran, guru merangsang rasa keingintahuan siswa dengan mengajukan pertanyaan: Olahraga dan lingkungan sehat selalu berhubungan dengan kesehatan manusia. Dapatkah kamu olahraga berupa permainan rounders? Pernahkah kamu membuat apotek hidup di lingkungan rumahmu? Guru menciptakan suasana belajar yang interaktif dengan memberikan kesempatan kepada seluruh siswa untuk memberikan tanggapannya.
o   Guru mengapresiasikan semua tanggapan siswa, termasuk jika ada tanggapan yang nyeleneh.
o   Guru memulaii kegiatan PJOK dengan kegiatan pemanasan, dan sosialisasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, yakni keterampilan bermain rounders.


Kegiatan MENYEBUTKAN
o   Secara mandiri, siswa diminta untuk menjawab pertanyaan pada buku siswa mengenai peralatan dan perlengkapan yang digunakan dalam permainan rounders serta gerak dasar permainan rounders.
o   Siswa diminta untuk menyajikan dan mengkomunikasikan hasilnya secara tertulis ke dalam kolom yang tersedia pada buku siswa.
-          Guru memberikan umpan balik di sepanjang proses kegiatan, terutama bagi tumbuh dan berkembangnya keterampilan mengamati.
-          Kegiatan ini dijadikan sebagai salah satu alternatif penilaian, dengan melihat ketepatan jawaban siswa
o   Guru meminta siswa untuk berdiri berkeliling, berikan penjelasan tentang cara melempar bola rounders yang tepat.
o   Guru membimbing siswa untuk berlatih melempar bola rounders secara bergantian, dan berikan umpan balik.
-          Agar kegiatan lebih menyenangkan, guru dapat membuat kreasi pembelajaran. Misalnya dengan bergantian, berpasangan, atau dengan dikombinasikan dengan permainan.
Penilaian: “Rubrik Melempar Bola Rounders” untuk mengetahui tingkat pemahaman dan pengetahuan, serta keterampilan siswa berkaitan dengan teknik-teknik dasar bermain rounders

o   Guru memadukan kegiatan sebelumnya, mengenai rounders dengan organ pernapasan. Kalimat kunci yang digunakan sebagai penghubung, yakni “Pada saat berhenti setelah berlari dalam permainan rounders, Edo kelihatan kelelahan. Edo tampak terengah-engah dalam bernapas.”
o   Setelah siswa dapat memahami keterkaitan kompetensi ini, guru menjelaskan mengenai organ pernapasan manusia.
o   Siswa mengamati gambar bagian-bagian organ pernapapasan manusia.
o   Siswa diminta untuk menulis hasil pengamatan gambarnya berkaitan dengan organ pernapasan manusia ke dalam tabel pada buku siswa.
-                        Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi semua jawaban siswa, termasuk jika ada jawaban yang nyeleneh.
-                        selama kegiatan, guru memberikan porsi yang lebih kepada siswa untuk mengeksplorasi gambar bagian-bagian organ pernapasan manusia.
-                        Guru memberikan keleluasaan siswa untuk bertanya.
-                        Untuk merangsang keingintahuan siswa, guru memberikan rangsangan dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan organ pernapasan manusia.

Kegiatan MENCARI TAHU:
o   Siswa diminta untuk melakukan studi pustaka dengan menggali informasi dan data melalui artikel yang ada di koran, majalah, atau internet berkaitan dengan penyakit-penyakit pada organ pernapasan manusia.
o   Setelah data terkumpul, siswa diminta untuk menuliskan pada kolom yang ada di buku siswa.
Penilaian: rubrik menulis untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.

-          Guru menarasikan kalimat penghubung antarkompetensi, yakni organ pernapasan dengan apotek hidup. Adapun kalimat kuncinya adalah Edo anak yang sehat, meskipun napasnya tampak terengah-engah itu hanya akibat dari lari cepat. Sesudah bermain rounders, Edo dan teman-teman beristirahat. Waktu beristirahat Siti menawarkan minuman kunir asem. Ibu Siti membuat sendiri minuman itu, karena di rumah Siti terdapat apotek hidup. Edo dan teman-teman yang lain tampak senang, kunir asem yang dibawa Siti sangat segar.

Kegiatan MENULIS:
o   Siswa diminta untuk menulis hal-hal berkaitan dengan apotek hidup sesuai dengan pemahamannya sendiri.
o   Guru menciptakan suasana belajar yang memungkinkan timbulnya rasa percaya diri pada setiap siswa untuk mengungkapkan pendapatnya.
o   Setelah semua siswa menuliskan pendapatnya tentang apotek hidup, guru dapat menunjuk beberapa siswa untuk membacakan hasilnya. Siswa lain diminta untuk menyimak dan memberikan tanggapannya.
o   Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi jawaban siswa, termasuk jika ada jawaban yang aneh.
-          Berikan member umpan balik di sepanjang proses kegiatan, terutama bagi tumbuh dan berkembangnya keterampilan eksplorasi, pengumpulan data, dan komunikasi.
-          Kegiatan ini dijadikan sebagai salah satu alternatif penilaian, dengan melihat kedalaman dan kebenaran jawaban siswa serta kelengkapan data/informasi yang dikumpulkan siswa.
o   Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa: Apa yang kamu pelajari pada hari ini?
o   Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
o   Guru mengidentifikasi dan menganalisis jawaban setiap siswa untuk mengetahui mana tingkat pemahaman siswa mengenai alat dan gerak dasar permainan rounders, organ pernapasan, dan apotek hidup.
o   Siswa diminta untuk mengungkapkan mengenai keberadaan apotek hidup di rumahnya.
o   Siswa meminta orang tuanya untuk membuat apotek hidup (jika di rumahnya belum ada apotek hidup) dan untuk menambah jenis tanaman dalam apotek hidup (jika di rumahnya sudah ada apotek hidup).
o   Untuk mengoptimalkan kerja sama, siswa dapat berbagai peran dan tugas dengan orang tuanya

REMEDIAL

PENGAYAAN

150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).




Penilaian

a. Rubrik Menulis

No
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Isi dan Pengetahuan
Keseluruhan jawaban yang ditulis siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan benar mengelompokkan jawaban.
Keseluruhan jawaban yang ditulis siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan sebagian besar benar dalam mengelompokkan jawaban.
Sebagian besar jawaban yang ditulis siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan sebagian besar benar dalam mengelompokkan jawaban.
Hanya sebagian kecil jawaban yang ditulis siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan hanya sebagian kecil benar dalam mengelompokkan jawaban.
2
Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dan menarik dalam keseluruhan penulisan
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dalam keseluruhan penulisan
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian besar penulisan
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian kecil penulisan
3
Sikap
Kecermatan,
ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan, disertai juga dengan kreativitas dalam bekerja menunjukkan kualitas sikap yang sangat baik dan terpuji
Kecermatan,
ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang sangat baik
Kecermatan,
ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang masih dapat terus ditingkatkan
Kecermatan,
ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang masih harus terus diperbaiki
4
Keterampilan Penulisan
Keseluruhan hasil penulisan hasil pengamatan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang sangat baik, di atas rata-rata kelas
Keseluruhan hasil penulisan hasil pengamatan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang baik
Sebagian besar hasil penulisan hasil pengamatan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang terus berkembang
Hanya sebagian kecil hasil penulisan hasil pengamatan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang masih perlu terus ditingkatkan

Skor
Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 16

Nilai    =

b. Rubrik Melempar Bola Rounders

Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Ketepatan Melempar bola
Mampu melempar bola dengan teknik dan kontrol yang baik pada setiap lemparan dengan tepat kepada teman satu tim
Mampu melempar bola dengan teknik dan kontrol yang baik pada hampir setiap lemparan dengan tepat kepada teman satu tim
Mampu melempar bola dengan teknik dan kontrol yang cukup baik pada beberapa lemparan kepada teman satu tim
Melempar bola dengan teknik dan kontrol yang kurang baik pada setiap lemparan kepada teman satu tim
Sikap / Sportifitas
Bermain tertib sesuai aturan dan sportif selama permainan berlangsung
Bermain tertib sesuai aturan dan sportif hampir selama permainan berlangsung
Bermain cukup tertib sesuai aturan dan sportif dalam beberapa menit permainan berlangsung
Bermain kurang tertib dan tidak sesuai aturan hampir sepanjang permainan berlangsung

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Gambar Apotik Hidup, gambar organ pernafasan manusia


Mengetahui,                                                                        Beureunuen, ……….….,  2016
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas V,



CHAIRUNNISA, S.Pd                                                     NURAINI YAHYA, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002                                               NIP. 19621231 198309 2 003


LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 2

Sebutkan organ-organ pernapasan beserta fungsinya
TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 2

TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 2

TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 2

TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 2

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors