RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester : 5/1
Tema 4 :
Sehat Itu Penting
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Lingkungan Sehat /
1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
Kompetensi
Dasar :
1.1 Meresapi makna
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana
yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
2.4 Memiliki
kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana alam dan
keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan
manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati,
mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan,
kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan
manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku.
Indikator
o Menyimak bacaan tentang lingkungan sehat.
o Mengenali jenis-jenis gangguan kesehatan melalui bacaan.
o Membuat kesimpulan berdasarkan bacaan tentang kesehatan manusia..
b) Matematika
Kompetensi
Dasar
1.1
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.4 Memiliki sikap menghargai
kegunaan matematika dalam kehidupan.
3.3 Memilih
prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi
yang relevan, dan mengamati pola.
4.10 Menyajikan
relasi dalam koordinat dan grafik.
Indikator
o Menyatakan relasi yang terkait kejadian sehari-hari.
C. Materi Pembelajaran :
1. Jenis-jenis gangguan kesehatan melalui bacaan
2. Relasi yang terkait kejadian sehari-hari.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Setiap
kelompok diberikan satu set kartu kartu kartu kata
7.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
8.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Lingkungan sehat”.
9.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
10. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Awal
pembelajaran dimulai dengan kegiatan motivasi. Guru menggunakan narasi dan
pertanyaan-pertanyaan untuk menstimulus ide dan tanggapan siswa. Guru membacakan
narasi ini pada anak.
-
Manusia
rentan dengan berbagai macam penyakit. Banyak hal yang menyebabkan penyakit
itu mengganggu kesehatan manusia, di antaranya karena faktor kebersihan
lingkungan, pola makan, pola istirahat, dan kurangnya aktivitas yang
menyehatkan, misalnya olahraga.
o
Kegiatan
ini digunakan untuk memancing pemahaman awal peserta didik mengenai materi
pembelajaran yang akan dilakukan.
-
Tumbuhkan
rasa ingin tahu siswa tentang pelajaran yang akan dilalui.
-
Kegiatan
ini dimaksudkan sebagai pra-test dan merangsang keingintahuan siswa untuk
belajar lebih jauh lagi. Dengan demikian kegiatan awal pembelajaran ini
dilakukan secara menarik dan interaktif.
-
Apresiasilah
semua tanggapan atau pendapat siswa, termasuk apabila terdapat tanggapan yang
aneh.
Kegiatan MENGAMATI;
o
Siswa mengamati
dua gambar pada buku siswa tentang lingkungan yang sehat
o
Selesai mengamati
gambar, secara mandiri siswa menuliskan pendapatnya terhadap gambar.
o
Alternatif
pembelajaran yang dilakukan, antara lain sebagai berikut.
-
Setiap siswa membacakan pendapatnya yang telah
ditulis, lalu teman yang lain memberikan umpan balik.
-
Membentuk kelompok diskusi untuk saling bertukar
pendapat.
Kegiatan MEMBACA
o
Guru meminta
seorang siswa membaca teks yang berjudul Lingkungan Sehat.
o
Siswa yang lain
menyimak dengan seksama.
o
Selesai menyimak,
secara mandiri semua siswa membuat kesimpulan berdasarkan bacaan yang telah
disimaknya.
o
Siswa mencari
tahu tentang berbagai penyakit yang mengganggu kesehatan manusia.
Alternatif pembelajaran:
o
Siswa dapat
mencari tahu dengan bertanya kepada orang yang memiliki kompetensi dan
pengetahuan tentang berbagai penyakit yang mengganggu kesehatan manusia.
o
Siswa dapat
mencari melalui buku, artikel di internet, koran, atau majalah.
o
Siswa dapat
berdiskusi
Kegiatan
MEMBACA:
o Siswa
membaca teks yang berjudul Gejala Asma Pada Anak, Penyebab dan Pencegahan.
Kegiatan MENJAWAB
PERTANYAAN:
o
Setelah membaca,
siswa menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan.
o
Siswa mengerjakan
secara mandiri.
o
Guru berkeliling
dan memandu siswa yang mengalami kesulitan.
Penilaian: rubrik
menjawab pertanyaan untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
o
Guru mengkonfirmasi
dan mengapresiasi setiap jawaban yang ditulis siswa
Kegiatan MELENGKAPI:
o
Siswa melengkapi
diagram yang menunjukkan relasi pada buku siswa dengan memasangkan nama anak
dengan olahraga yang disukai berdasarkan narasi pada buku siswa.
o
Selesai
melengkapi diagram, siswa diminta menjawab pertanyaan berdasarkan diagram
yang telah dikerjakan.
o
Siswa mengerjakan
secara mandiri.
Penialaian: rubrik
melengkapi diagram yang menunjukkan relasi untuk mengetahui tingkat
pencapaian siswa.
o
Berdasarkan
pertanyaan pada buku siswa: Apa yang
telah dipelajari?
-
Secara individual siswa diminta
untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya
selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
-
Guru
mengidentifikasi dan menganalisis jawaban setiap siswa untuk mengetahui
tingkat pemahaman siswa mengenai bentuk-bentuk gangguan kesehatan dan relasi.
o
Siswa menuliskan
mengenai olahraga yang disukai setiap anggota keluarganya dan diminta untuk
membuatnya dalam bentuk diagram relasi.
o
Untuk
mengoptimalkan kerja sama, siswa dapat meminta orang tuanya untuk berdiskusi
dan saling bertukar pendapat.
REMEDIAL
o
Tuliskan olahraga
yang disukai oleh teman-teman sekelasmu.
o
Buatlah diagram
yang menunjukkan adanya relasi.
o
Kerjakan secara
mandiri.
PENGAYAAN
o
Carilah tulisan
tentang contoh-contoh gangguan kesehatan melalui buku, majalah, surat kabar,
atau artikel di internet.
o
Tulislah kembali
isi tulisan tersebut sesuai dengan bahasa dan pemahamanmu sendiri.
o
Presentasikan di
hadapan guru dan teman-temanmu.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
F.
Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Gambar, teks.
Mengetahui, Beureunuen,
……,……………...2014
Kepala SD 3 Beureunuen Guru Kelas V,
(
Rosmiati, S.Pd ) ( Nuraini Yahya, S.Pd )
NIP.
19581231 198012 2006 NIP.
19621231 198309 2 003
Penilaian
a.
Rubrik menemukan letak benda berdasarkan koordinat
No
|
Aspek
|
Baik
Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1
|
Melakukan
seluruh prosedur
|
Seluruh
langkah pengerjaan dilakukan.
|
Sebagian
besar langkah pengerjaan dilakukan.
|
Sebagian
kecil langkah pengerjaan dilakukan.
|
Dikerjakan
tanpa memperhatikan prosedur pengerjaan.
|
2
|
Jawaban
lengkap sesuai butir pertanyaan
|
Seluruh
butir pertanyaan diisi.
|
Sebagian
besar pertanyaan diisi.
|
Sebagian
kecil pertanyaan diisi.
|
Sama sekali
tidak diisi.
|
3
|
Isi jawaban
sesuai pertanyaan
|
Seluruh
jawaban benar sesuai pertanyaan.
|
Sebagian
besar jawaban benar sesuai pertanyaan.
|
Sebagian
kecil jawaban benar sesuai pertanyaan.
|
Jawaban
sama sekali tidak sesuai dengan pertanyaan.
|
4
|
Sikap
|
Percaya
diri, mandiri, rasa ingin tahu.
|
Percaya
diri, sesekali meminta bantuan guru, rasa ingin tahu.
|
Tidak
percaya diri, mengandalkan bimbingan guru.
|
Menyontek
|
Skor
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 16
Nilai =
b.
Rubrik
Menjawab pertanyaan
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Hasil kerja
|
Seluruh
pertanyaan dijawab dengan benar.
|
Sebagian
besar pertanyaan dijawab dengan benar.
|
Sebagian
kecil pertanyaan dijawab dengan benar.
|
Semua
pertanyaan dijawab dengan salah.
|
Sikap
|
Kerja
keras, rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan mandiri.
|
Kerja
keras, rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan sedikit memerlukan bimbingan
guru.
|
Kerja
keras, rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan banyak memerlukan bimbingan guru.
|
Memerlukan
bimbingan guru di seluruh proses.
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 8
Nilai =
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment