Home » » TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 1

TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 10 November 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : 5/1
Tema 4                                        : Sehat Itu Penting
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Lingkungan Sehat / 1
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar :
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
2.4 Memiliki kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana alam dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

Indikator
o   Menyimak bacaan tentang lingkungan sehat.
o   Mengenali jenis-jenis gangguan kesehatan melalui bacaan.
o   Membuat kesimpulan berdasarkan bacaan tentang kesehatan manusia..

b) Matematika
Kompetensi Dasar
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.4 Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan.
3.3 Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola.
4.10 Menyajikan relasi dalam koordinat dan grafik.

Indikator
o   Menyatakan relasi yang terkait kejadian sehari-hari.

C. Materi Pembelajaran :
1.      Jenis-jenis gangguan kesehatan melalui bacaan
2.      Relasi yang terkait kejadian sehari-hari.

D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Setiap kelompok diberikan satu set kartu kartu kartu kata
7.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
8.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Lingkungan sehat”.
9.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
10.  Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Awal pembelajaran dimulai dengan kegiatan motivasi. Guru menggunakan narasi dan pertanyaan-pertanyaan untuk menstimulus ide dan tanggapan siswa. Guru membacakan narasi ini pada anak.
-          Manusia rentan dengan berbagai macam penyakit. Banyak hal yang menyebabkan penyakit itu mengganggu kesehatan manusia, di antaranya karena faktor kebersihan lingkungan, pola makan, pola istirahat, dan kurangnya aktivitas yang menyehatkan, misalnya olahraga.
o   Kegiatan ini digunakan untuk memancing pemahaman awal peserta didik mengenai materi pembelajaran yang akan dilakukan.
-          Tumbuhkan rasa ingin tahu siswa tentang pelajaran yang akan dilalui.
-          Kegiatan ini dimaksudkan sebagai pra-test dan merangsang keingintahuan siswa untuk belajar lebih jauh lagi. Dengan demikian kegiatan awal pembelajaran ini dilakukan secara menarik dan interaktif.
-          Apresiasilah semua tanggapan atau pendapat siswa, termasuk apabila terdapat tanggapan yang aneh.

Kegiatan MENGAMATI;
o   Siswa mengamati dua gambar pada buku siswa tentang lingkungan yang sehat
o   Selesai mengamati gambar, secara mandiri siswa menuliskan pendapatnya terhadap gambar.
o   Alternatif pembelajaran yang dilakukan, antara lain sebagai berikut.
-          Setiap siswa membacakan pendapatnya yang telah ditulis, lalu teman yang lain memberikan umpan balik.
-          Membentuk kelompok diskusi untuk saling bertukar pendapat.

Kegiatan MEMBACA
o   Guru meminta seorang siswa membaca teks yang berjudul Lingkungan Sehat.
o   Siswa yang lain menyimak dengan seksama.
o   Selesai menyimak, secara mandiri semua siswa membuat kesimpulan berdasarkan bacaan yang telah disimaknya.
o   Siswa mencari tahu tentang berbagai penyakit yang mengganggu kesehatan manusia.

Alternatif pembelajaran:
o   Siswa dapat mencari tahu dengan bertanya kepada orang yang memiliki kompetensi dan pengetahuan tentang berbagai penyakit yang mengganggu kesehatan manusia.
o   Siswa dapat mencari melalui buku, artikel di internet, koran, atau majalah.
o   Siswa dapat berdiskusi

Kegiatan MEMBACA:
o   Siswa membaca teks yang berjudul Gejala Asma Pada Anak, Penyebab dan Pencegahan.

Kegiatan MENJAWAB PERTANYAAN:
o   Setelah membaca, siswa menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan.
o   Siswa mengerjakan secara mandiri.
o   Guru berkeliling dan memandu siswa yang mengalami kesulitan.
Penilaian: rubrik menjawab pertanyaan untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.

o   Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap jawaban yang ditulis siswa

Kegiatan MELENGKAPI:
o   Siswa melengkapi diagram yang menunjukkan relasi pada buku siswa dengan memasangkan nama anak dengan olahraga yang disukai berdasarkan narasi pada buku siswa.
o   Selesai melengkapi diagram, siswa diminta menjawab pertanyaan berdasarkan diagram yang telah dikerjakan.
o   Siswa mengerjakan secara mandiri.
Penialaian: rubrik melengkapi diagram yang menunjukkan relasi untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.

o   Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa: Apa yang telah dipelajari?
-          Secara individual siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
-          Guru mengidentifikasi dan menganalisis jawaban setiap siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa mengenai bentuk-bentuk gangguan kesehatan dan relasi.

o   Siswa menuliskan mengenai olahraga yang disukai setiap anggota keluarganya dan diminta untuk membuatnya dalam bentuk diagram relasi.
o   Untuk mengoptimalkan kerja sama, siswa dapat meminta orang tuanya untuk berdiskusi dan saling bertukar pendapat.

REMEDIAL
o   Tuliskan olahraga yang disukai oleh teman-teman sekelasmu.
o   Buatlah diagram yang menunjukkan adanya relasi.
o   Kerjakan secara mandiri.

PENGAYAAN
o   Carilah tulisan tentang contoh-contoh gangguan kesehatan melalui buku, majalah, surat kabar, atau artikel di internet.
o   Tulislah kembali isi tulisan tersebut sesuai dengan bahasa dan pemahamanmu sendiri.
o   Presentasikan di hadapan guru dan teman-temanmu.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit


E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Gambar, teks.

Mengetahui,                                                                Beureunuen, ……,……………...2014
Kepala SD 3 Beureunuen                                           Guru Kelas V,



( Rosmiati, S.Pd )                                                       ( Nuraini Yahya, S.Pd )
NIP. 19581231 198012 2006                                     NIP. 19621231 198309 2 003


Penilaian

a. Rubrik menemukan letak benda berdasarkan koordinat

No
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Melakukan seluruh prosedur
Seluruh langkah pengerjaan dilakukan.
Sebagian besar langkah pengerjaan dilakukan.
Sebagian kecil langkah pengerjaan dilakukan.
Dikerjakan tanpa memperhatikan prosedur pengerjaan.
2
Jawaban lengkap sesuai butir pertanyaan
Seluruh butir pertanyaan diisi.
Sebagian besar pertanyaan diisi.
Sebagian kecil pertanyaan diisi.
Sama sekali tidak diisi.
3
Isi jawaban sesuai pertanyaan
Seluruh jawaban benar sesuai pertanyaan.
Sebagian besar jawaban benar sesuai pertanyaan.
Sebagian kecil jawaban benar sesuai pertanyaan.
Jawaban sama sekali tidak sesuai dengan pertanyaan.
4
Sikap
Percaya diri, mandiri, rasa ingin tahu.
Percaya diri, sesekali meminta bantuan guru, rasa ingin tahu.
Tidak percaya diri, mengandalkan bimbingan guru.
Menyontek

Skor
Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 16

Nilai    =




b. Rubrik Menjawab pertanyaan

Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Hasil kerja
Seluruh pertanyaan dijawab dengan benar.
Sebagian besar pertanyaan dijawab dengan benar.
Sebagian kecil pertanyaan dijawab dengan benar.
Semua pertanyaan dijawab dengan salah.
Sikap
Kerja keras, rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan mandiri.
Kerja keras, rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan sedikit memerlukan bimbingan guru.
Kerja keras, rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan banyak memerlukan bimbingan guru.
Memerlukan bimbingan guru di seluruh proses.

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 8

Nilai    =



MEDIA

TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 1

TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors