Home » » TEMA 4 KELAS 1 SUB 4 PB 6

TEMA 4 KELAS 1 SUB 4 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 9 November 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 1 Beureunuen
Kelas/Semester                            : I/I
Tema 4                                        : Keluargaku
Sub Tema 4/ Pembelajaran          : Kebersamaan dalam Keluarga/ 6
Alokasi Waktu                            : 1 hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.2  Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar.
2.5  Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.4  Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.4  Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Indikator:
o    Menjawab pertanyaan sesuai teks yang dibaca.
o    Membaca teks dengan nyaring
o    Menceritakan perasaan saat mengikuti kegiatan.

b) SBdP
Kompetensi Dasar:
1.1 Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni.
3.4 Mengamati berbagai bahan, alat serta fungsinya dalam membuat prakarya
4.14 Membuat karya kerajinan dari bahan alam hasil limbah di lingkungan rumah melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel.

Indikator:
o   Menjelaskan alat dan bahan yang digunakan dalam membuat karya topi ulang tahun.
o   Membuat topi ulang tahun melalui kegiatan melipat

c) PJOK
Kompetensi Dasar:
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
3.4 Mengetahui konsep bergerak secara seimbang dan cepat dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
4.4 Mempraktikkan aktivitas pengembangan kebugaran jasmani untuk melatih keseimbangan dan kecepatan tubuh melalui permainan sederhanadan dan atau tradisional.

Indikator:
o   Menjelaskan teknik menjaga keseimbangan saat melakukan permainan.
o   Berlatih menjaga keseimbangan dan kelincahan tubuh melalui permainan.

d) Matematika
Kompetensi Dasar
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.3 Mengenal dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan gambar-gambar/ benda konkrit.
4.4 Mendeskripsikan, mengembangkan, dan membuat pola yang berulang.

Indikator:
o   Menjelaskan pola selanjutnya dari barisan pola yang ditunjukkan.
o   Memecahkan masalah berkaitan dengan pola dari barisan bangun datar.

C. Materi Pembelajaran :
1.      Perasaan saat mengikuti kegiatan
2.      Topi ulang tahun melalui kegiatan melipat
3.      Menjaga keseimbangan dan kelincahan tubuh melalui permainan
4.      Masalah berkaitan dengan pola dari barisan bangun datar

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Kebersamaan dalam Keluarga”
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

10 menit
B.Kegiatan Inti
1.      Guru mengajak siswa membaca teks bacaan.
2.      Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru berkaitan dengan bacaan seperti berikut ini.
o  Siapa yang sedang berulang tahun?
o  Berapa umur Siti sekarang?
o  Siapa saja yang diundang oleh Siti?
o  Menurutmu bagaimana perasaan Siti saat itu?
o  Siapa yang pernah merayakan ulang tahun dan bagaimana perasaannya?
3.      Guru melanjutkan kegiatan dengan menanyakan umur dan tanggal lahir masing-masing siswa. Jika ada yang berulang tahun pada hari ini, maka ajak seluruh siswa untuk memberikan ucapan selamat.
4.      Guru mengingatkan kebiasaan ulang tahun. Ingatkan siswa yang terpenting dalam peringatan ulang tahun adalah berdoa dan bersyukur.
5.      Siswa memperhatikan informasi tentang kebiasaan saat perayaan ulang tahun dan alat-alat yang sering digunakan pada pesta ulang tahun. Pada acara ulang tahun biasanya ada kegiatan lomba-lomba untuk memeriahkan acara dan benda-benda khas misalnya topi, kue tart, dan kado.
6.      Siswa diminta menggunting pola topi yang telah disiapkan guru, lalu ditempel sehingga membentuk sebuah topi.
7.      Siswa menghias topi sesuai dengan kreativitas siswa.
8.      Jika sudah selesai, maka guru memberikan tambahan latihan soal mengenai pola bangun datar seperti yang ada pada buku siswa.
9.      Setelah selesai menghias topi, siswa diminta untuk mencoba lomba yang diselenggarakan pada saat ulang tahun Siti, yaitu lomba berjalan sambil menggigit sendok yang berisi kelereng. Selama berjalan, kelereng tidak boleh jatuh. Jika kelereng tersebut jatuh, maka pemain harus mengulang dari titik awal lagi.
10.  Guru memberi garis sebagai tanda lintasan lomba.
11.  Kegiatan dilakukan secara berkelompok, jumlah kelompok disesuaikan dengan jumlah siswa yang ada.
12.  Guru meminta siswa menentukan siapa yang akan bermain pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya.
13.  Seluruh pemain pertama mulai berjalan menuju garis yang sudah ditentukan. Siswa berjalan sambil menggigit sendok yang berisi kelereng. Setelah sampai pada suatu garis, siswa kembali menuju barisannya dengan tetap menggigit sendok berisi kelereng. Setelah sampai, dilanjutkan dengan pemain berikutnya.
14.  Kegiatan diulang sampai semua siswa mendapat giliran.
15.  Kegiatan ini memerlukan keseimbangan dan kelincahan tubuh.
16.  Guru mengingatkan siswa untuk selalu jujur, sportif , dan selalu bekerja sama dengan temannya.

Remedial :
1.      Untuk siswa yang belum berhasil membuat cerita sendiri, berikan kata-kata bantuan
2.      untuk siswa, atau biarkan mereka mengekspresikan cerita melalui gambar. Berikan
3.      tambahan kegiatan berlatih membaca melalui kartu suku kata.
4.      Bagi siswa yang belum dapat membandingkan berat, mulai dengan meminta siswa
5.      untuk mengangkat dua buah benda yang memiliki beda berat yang sangat signifikan.
6.      Lalu, tunjukkan latihan menimbang menggunakan gantungan baju. Minta siswa
7.      mencoba untuk mengukur berat dengan alat ukur sederhana.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit


E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian ( Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Ketrampilan)
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    :  Essay (uraian).


                                                                                               



PENILAIAN

1. Pengamatan Sikap.

No
Nama Siswa
Percaya Diri
Disiplin
Bekerja sama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM





















































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya
2. Penilaian pengetahuan:
    Instrumen penilaian: tes tertulis (buku siswa)

3. Penilaian keterampilan:
a. Unjuk Kerja Topi Ulang Tahun
No
Kriteria
Sangat Baik
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1.
Bentuk dan
kerapian
Siswa mampu
membuat topi
dari kertas
karton dengan
bentuk yang
unik dan rapi
Siswa mampu
membuat topi
dari kertas
karton dengan
bentuk yang
unik, tetapi
tidak rapi atau
sebaliknya
Siswa membuat
topi dari
kertas karton,
dengan bentuk
tidak unik dan
tidak rapi
Siswa belum
mampu
membuat topi
dari kertas
karton
2.
Hiasan dari
bangun datar
Hiasan topi
menggunakan
4 bangun datar
Hiasan topi
menggunakan
3 bangun datar
Hiasan topi
menggunakan
2 bangun datar
Hiasan
topi hanya
menggunakan
1 bangun datar
3.
Jumlah warna
Terdapat 4
warna atau lebih
Terdapat 3
warna
Terdapat 2
warna
Hanya 1 warna

b. Observasi (Pengamatan) kegiatan lomba membawa kelereng dengan sendok
No
Kriteria
Baik (√)
Kurang (√)
1.
Kemampuan berjalan sesuai lintasan


2.
Kemampuan menjaga kelereng agar tidak
jatuh dari sendok


3.
Kemampuan bekerjasama




FSumber dan Media
1.      Buku Guru
2.      Buku Siswa
3.      Kertas untuk membuat topi.
4.      Alat warna untuk menghias topi.
5.      4–6 buah kelereng.
6.      4–6 buah sendok (kalau memungkinkan siswa membawa sendok masing-masing)..


Mengetahui,                                                               Beureunuen,…. …………….….,  2014
Kepala SD Negeri 1 Beureunuen                              Guru Kelas I,



A. Rahman, S.Pd                                                     Ainal Mardhiah, S.Pd
NIP. 19590803 198012 1 001                                   NIP. 19621231 198610 2 007

MEDIA

TEMA 4 KELAS 1 SUB 4 PB 6

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors