RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 1 Beureunuen
Kelas/Semester : I/I
Tema 4 : Keluargaku
Sub
Tema 4/ Pembelajaran :
Kebersamaan dalam Keluarga/
6
Alokasi
Waktu : 1 hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas
penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar.
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal
kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau
bahasa daerah.
3.4 Mengenal teks cerita diri/ personal tentang
keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal
tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator:
o Menjawab pertanyaan sesuai teks yang dibaca.
o Membaca teks dengan nyaring
o Menceritakan perasaan saat mengikuti kegiatan.
b) SBdP
Kompetensi Dasar:
1.1 Merasakan keindahan
alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.1 Menunjukkan
rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya
seni.
3.4 Mengamati
berbagai bahan, alat serta fungsinya dalam membuat prakarya
4.14 Membuat karya kerajinan
dari bahan alam hasil limbah di lingkungan rumah melalui kegiatan melipat,
menggunting, dan menempel.
Indikator:
o Menjelaskan alat dan bahan yang digunakan dalam membuat karya topi ulang
tahun.
o Membuat topi ulang tahun melalui kegiatan melipat
c) PJOK
Kompetensi Dasar:
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.1 Berperilaku
sportif dalam bermain.
2.4 Menunjukkan
kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
3.4 Mengetahui
konsep bergerak secara seimbang dan cepat dalam rangka pengembangan kebugaran
jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
4.4 Mempraktikkan
aktivitas pengembangan kebugaran jasmani untuk melatih keseimbangan dan
kecepatan tubuh melalui permainan sederhanadan dan atau tradisional.
Indikator:
o Menjelaskan teknik menjaga keseimbangan saat melakukan permainan.
o
Berlatih menjaga
keseimbangan dan kelincahan tubuh melalui permainan.
d) Matematika
Kompetensi Dasar
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.2 Memiliki rasa
ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman
belajar.
3.3 Mengenal dan
memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan gambar-gambar/ benda
konkrit.
4.4
Mendeskripsikan, mengembangkan, dan membuat pola yang berulang.
Indikator:
o Menjelaskan pola selanjutnya dari barisan pola yang ditunjukkan.
o
Memecahkan masalah
berkaitan dengan pola dari barisan bangun datar.
C. Materi Pembelajaran :
1. Perasaan saat mengikuti kegiatan
2. Topi ulang tahun melalui kegiatan melipat
3. Menjaga keseimbangan dan kelincahan tubuh melalui permainan
4. Masalah berkaitan dengan pola dari barisan bangun datar
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Kebersamaan dalam
Keluarga”
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
10 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
1.
Guru mengajak
siswa membaca teks bacaan.
2.
Siswa menjawab pertanyaan
yang diajukan guru berkaitan dengan bacaan seperti berikut ini.
o Siapa yang sedang
berulang tahun?
o Berapa umur Siti
sekarang?
o Siapa saja yang
diundang oleh Siti?
o Menurutmu
bagaimana perasaan Siti saat itu?
o Siapa yang pernah
merayakan ulang tahun dan bagaimana perasaannya?
3.
Guru melanjutkan
kegiatan dengan menanyakan umur dan tanggal lahir masing-masing siswa. Jika
ada yang berulang tahun pada hari ini, maka ajak seluruh siswa untuk
memberikan ucapan selamat.
4.
Guru mengingatkan
kebiasaan ulang tahun. Ingatkan siswa yang terpenting dalam peringatan ulang
tahun adalah berdoa dan bersyukur.
5.
Siswa
memperhatikan informasi tentang kebiasaan saat perayaan ulang tahun dan
alat-alat yang sering digunakan pada pesta ulang tahun. Pada acara ulang tahun
biasanya ada kegiatan lomba-lomba untuk memeriahkan acara dan benda-benda
khas misalnya topi, kue tart, dan kado.
6.
Siswa diminta
menggunting pola topi yang telah disiapkan guru, lalu ditempel sehingga
membentuk sebuah topi.
7.
Siswa menghias
topi sesuai dengan kreativitas siswa.
8.
Jika sudah
selesai, maka guru memberikan tambahan latihan soal mengenai pola bangun
datar seperti yang ada pada buku siswa.
9.
Setelah selesai
menghias topi, siswa diminta untuk mencoba lomba yang diselenggarakan pada
saat ulang tahun Siti, yaitu lomba berjalan sambil menggigit sendok yang
berisi kelereng. Selama berjalan, kelereng tidak boleh jatuh. Jika kelereng
tersebut jatuh, maka pemain harus mengulang dari titik awal lagi.
10. Guru memberi garis sebagai tanda lintasan lomba.
11. Kegiatan dilakukan secara berkelompok, jumlah kelompok
disesuaikan dengan jumlah siswa yang ada.
12. Guru meminta siswa menentukan siapa yang akan
bermain pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya.
13. Seluruh pemain pertama mulai berjalan menuju garis
yang sudah ditentukan. Siswa berjalan sambil menggigit sendok yang berisi
kelereng. Setelah sampai pada suatu garis, siswa kembali menuju barisannya
dengan tetap menggigit sendok berisi kelereng. Setelah sampai, dilanjutkan
dengan pemain berikutnya.
14. Kegiatan diulang sampai semua siswa mendapat giliran.
15. Kegiatan ini memerlukan keseimbangan dan kelincahan
tubuh.
16. Guru mengingatkan siswa untuk selalu jujur, sportif
, dan selalu bekerja sama dengan temannya.
Remedial :
1.
Untuk siswa yang
belum berhasil membuat cerita sendiri, berikan kata-kata bantuan
2.
untuk siswa, atau
biarkan mereka mengekspresikan cerita melalui gambar. Berikan
3.
tambahan kegiatan
berlatih membaca melalui kartu suku kata.
4.
Bagi siswa yang
belum dapat membandingkan berat, mulai dengan meminta siswa
5.
untuk mengangkat
dua buah benda yang memiliki beda berat yang sangat signifikan.
6.
Lalu, tunjukkan
latihan menimbang menggunakan gantungan baju. Minta siswa
7.
mencoba untuk
mengukur berat dengan alat ukur sederhana.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian ( Penilaian Sikap, Pengetahuan,
dan Ketrampilan)
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay
(uraian).
PENILAIAN
1. Pengamatan
Sikap.
No
|
Nama Siswa
|
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerja sama
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2.
Penilaian pengetahuan:
Instrumen penilaian: tes tertulis (buku siswa)
3.
Penilaian keterampilan:
a. Unjuk Kerja Topi Ulang Tahun
No
|
Kriteria
|
Sangat Baik
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1.
|
Bentuk
dan
kerapian
|
Siswa
mampu
membuat
topi
dari
kertas
karton
dengan
bentuk
yang
unik dan rapi
|
Siswa
mampu
membuat
topi
dari
kertas
karton
dengan
bentuk
yang
unik,
tetapi
tidak
rapi atau
sebaliknya
|
Siswa
membuat
topi dari
kertas
karton,
dengan
bentuk
tidak
unik dan
tidak rapi
|
Siswa
belum
mampu
membuat
topi
dari
kertas
karton
|
2.
|
Hiasan
dari
bangun datar
|
Hiasan
topi
menggunakan
4 bangun datar
|
Hiasan
topi
menggunakan
3 bangun datar
|
Hiasan
topi
menggunakan
2 bangun datar
|
Hiasan
topi
hanya
menggunakan
1 bangun datar
|
3.
|
Jumlah
warna
|
Terdapat
4
warna
atau lebih
|
Terdapat
3
warna
|
Terdapat
2
warna
|
Hanya 1
warna
|
b. Observasi (Pengamatan) kegiatan lomba membawa
kelereng dengan sendok
No
|
Kriteria
|
Baik (√)
|
Kurang (√)
|
1.
|
Kemampuan berjalan sesuai lintasan
|
|
|
2.
|
Kemampuan
menjaga kelereng agar tidak
jatuh dari sendok
|
|
|
3.
|
Kemampuan
bekerjasama
|
|
|
F. Sumber dan Media
1. Buku Guru
2. Buku Siswa
3. Kertas untuk membuat topi.
4. Alat warna untuk menghias topi.
5. 4–6 buah kelereng.
6. 4–6 buah sendok (kalau memungkinkan siswa membawa sendok masing-masing)..
Mengetahui, Beureunuen,…. …………….…., 2014
Kepala SD Negeri 1 Beureunuen Guru Kelas I,
A. Rahman, S.Pd Ainal Mardhiah, S.Pd
NIP. 19590803 198012 1 001 NIP. 19621231 198610 2 007
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment