(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 1 Beureunuen
Kelas/Semester : I/I
Tema 4 : Keluargaku
Sub
Tema 4/ Pembelajaran :
Kebersamaan dalam Keluarga/
5
Alokasi
Waktu : 1 hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.2 Menerima
keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam
serta benda-benda di alam sekitar.
2.5 Memiliki
perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan
bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.4 Mengenal teks
cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman.
4.4 Menyampaikan
teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
Indikator:
o Menjawab pertanyaan sesuai teks yang dibaca.
o Membaca teks tentang hari raya.
o Menulis ucapan selamat hari raya.
b) PPKn
Kompetensi Dasar:
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam
keberagaman di rumah dan sekolah.
3.4 Mengenal arti bersatu dalam keberagaman di
rumah dan sekolah
4.3 Mengamati dan menceriterakan kebersamaan dalam
keberagaman di rumah dan sekolah
Indikator:
o Menyebutkan hari raya pada berbagai agama.
o Menceritakan kegiatan hari raya.
o Menceritakan kegiatan kebersamaan dalam keberagaman di rumah saat hari
raya.
c) SBdP
1.1 Merasakan keindahan
alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.1 Menunjukkan
rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
3.4 Mengamati
berbagai bahan, alat serta fungsinya dalam membuat prakarya.
4.14 Membuat karya
kerajinan dari bahan alam hasil limbah di lingkungan rumah melalui kegiatan
melipat, menggunting, dan menempel.
Indikator:
o Menjelaskan bahan yang digunakan untuk membuat kartu ucapan hari raya.
o Membuat kartu ucapan hari raya.
C. Materi Pembelajaran :
1.
Teks tentang hari
raya
2.
Kebersamaan dalam
keberagaman di rumah saat hari raya
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Kebersamaan dalam
Keluarga”
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
10 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
1.
Siswa diingatkan
kembali saat-saat berkumpul bersama keluarga besar, biasanya hampir semua keluarga
berkumpul pada hari raya.
2.
Siswa diminta
untuk mengamati teks yang ada pada buku siswa.
3.
Beberapa siswa
diminta menyebutkan apa yang berbeda di hari raya dengan hari biasa misal
baju baru atau bagus, dapat hadiah, banyak makanan, dan bertemu dengan
keluarga.
4.
Siswa diminta
untuk menuliskannya pada kolom yang tersedia.
5.
Guru meminta
siswa untuk menceritakan dan berbagi pengalamannya.
6.
Guru menyampaikan
walaupun berbeda hari rayanya, kita harus tetap saling menghormati.
7.
Siswa menuliskan
hal-hal yang berbeda pada hari raya.
8.
Setelah guru
menjelaskan cara membuat kartu ucapan, siswa diajak untuk membuat kartu
Selamat Hari Raya untuk keluarga masing-masing.
9.
Kartu diberi
bantuan garis untuk menulis.
10. Bagi yang belum dapat membaca dan menulis, bias meniru
kalimat yang ada pada latihan di kegiatan sebelumnya.
11. Beri gambar dan hiasan dengan cara mewarnai serta menghias
dengan tempelan gambar dari koran atau majalah bekas.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian ( Penilaian Sikap, Pengetahuan,
dan Ketrampilan)
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay
(uraian).
PENILAIAN
1. Pengamatan
Sikap.
No
|
Nama Siswa
|
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerja sama
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian
pengetahuan:
Instrumen
penilaian: tes tertulis (lembar kerja) menulis dua sikap yang harus dilakukan
saat memenangkan perlombaan.
3. Penilaian keterampilan:
Unjuk Kerja Membuat Kartu Ucapan
No
|
Kriteria
|
Sangat Baik
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1.
|
Bentuk
dan
kerapian
|
Siswa
mampu
membuat
kartu
ucapan
dengan
bentuk
yang
unik dan rapi
|
Siswa
mampu
membuat
kartu ucapan dengan bentuk yang unik namun kurang rapi
atau sebaliknya
|
Siswa
membuat
kartu
ucapan
dengan
bentuk
yang
kurang unik dan kurang rapi
|
Siswa
belum
mampu
membuat
kartu
ucapan
|
2.
|
Penggunaan
hiasan
|
Siswa
mampu
membuat
kartu
ucapan
dengan
menggunakan
4
atau
lebih benda-benda
di sekitarnya
|
Siswa
mampu
membuat
kartu ucapan dengan
menggunakan
3
benda-benda di sekitarnya
|
Siswa
mampu
membuat
kartu
ucapan
dengan
menggunakan
2
benda-benda
di
sekitarnya
|
Siswa
membuat
kartu
ucapan
dengan
tidak
menggunakan
benda-benda
atau
hanya
|
3.
|
Jumlah
warna yang digunakan
|
Menggunakan
4
warna
atau lebih
|
Menggunakan
3 warna
|
Menggunakan
hanya 2
warna
|
Menggunakan
1 warna
|
F. Sumber dan Media
1. Buku Guru
2. Buku Siswa
3. Karton ukuran 20 cm x 10 cm sebanyak jumlah siswa.
4. Bisa juga menggunakan kolom yang tersedia di buku siswa.
5. Berbagai potongan kertas berwarna untuk menghias, Bisa juga menggunakan
daun dan benda yang tersedia di sekitar..
Mengetahui,
Beureunuen,….
…………….…., 2014
Kepala SD Negeri
1 Beureunuen Guru
Kelas I,
A. Rahman, S.Pd Ainal Mardhiah, S.Pd
NIP. 19590803
198012 1 001 NIP.
19621231 198610 2 007
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment