Home » » TEMA 4 KELAS 1 SUB 4 PB 5

TEMA 4 KELAS 1 SUB 4 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 9 November 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 1 Beureunuen
Kelas/Semester                            : I/I
Tema 4                                        : Keluargaku
Sub Tema 4/ Pembelajaran          : Kebersamaan dalam Keluarga/ 5
Alokasi Waktu                            : 1 hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar.
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.4 Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Indikator:
o   Menjawab pertanyaan sesuai teks yang dibaca.
o   Membaca teks tentang hari raya.
o   Menulis ucapan selamat hari raya.

b) PPKn
Kompetensi Dasar:
1.2  Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3  Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
3.4  Mengenal arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah
4.3  Mengamati dan menceriterakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah

Indikator:
o   Menyebutkan hari raya pada berbagai agama.
o   Menceritakan kegiatan hari raya.
o   Menceritakan kegiatan kebersamaan dalam keberagaman di rumah saat hari raya.

c) SBdP
1.1 Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
3.4 Mengamati berbagai bahan, alat serta fungsinya dalam membuat prakarya.
4.14 Membuat karya kerajinan dari bahan alam hasil limbah di lingkungan rumah melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel.

Indikator:
o   Menjelaskan bahan yang digunakan untuk membuat kartu ucapan hari raya.
o   Membuat kartu ucapan hari raya.

C. Materi Pembelajaran :
1.      Teks tentang hari raya
2.       Kebersamaan dalam keberagaman di rumah saat hari raya

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Kebersamaan dalam Keluarga”
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

10 menit
B.Kegiatan Inti
1.      Siswa diingatkan kembali saat-saat berkumpul bersama keluarga besar, biasanya hampir semua keluarga berkumpul pada hari raya.
2.      Siswa diminta untuk mengamati teks yang ada pada buku siswa.
3.      Beberapa siswa diminta menyebutkan apa yang berbeda di hari raya dengan hari biasa misal baju baru atau bagus, dapat hadiah, banyak makanan, dan bertemu dengan keluarga.
4.      Siswa diminta untuk menuliskannya pada kolom yang tersedia.
5.      Guru meminta siswa untuk menceritakan dan berbagi pengalamannya.
6.      Guru menyampaikan walaupun berbeda hari rayanya, kita harus tetap saling menghormati.
7.      Siswa menuliskan hal-hal yang berbeda pada hari raya.
8.      Setelah guru menjelaskan cara membuat kartu ucapan, siswa diajak untuk membuat kartu Selamat Hari Raya untuk keluarga masing-masing.
9.      Kartu diberi bantuan garis untuk menulis.
10.  Bagi yang belum dapat membaca dan menulis, bias meniru kalimat yang ada pada latihan di kegiatan sebelumnya.
11.  Beri gambar dan hiasan dengan cara mewarnai serta menghias dengan tempelan gambar dari koran atau majalah bekas.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit


E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian ( Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Ketrampilan)
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    :  Essay (uraian).

                                                                                               



PENILAIAN

1. Pengamatan Sikap.

No
Nama Siswa
Percaya Diri
Disiplin
Bekerja sama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM





















































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya
2. Penilaian pengetahuan:
Instrumen penilaian: tes tertulis (lembar kerja) menulis dua sikap yang harus dilakukan                                   saat memenangkan perlombaan.

3. Penilaian keterampilan:
Unjuk Kerja Membuat Kartu Ucapan

No
Kriteria
Sangat Baik
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1.
Bentuk dan
kerapian
Siswa mampu
membuat kartu
ucapan dengan
bentuk yang
unik dan rapi
Siswa mampu
membuat kartu ucapan dengan bentuk yang unik namun kurang rapi
atau sebaliknya
Siswa membuat
kartu ucapan
dengan bentuk
yang kurang unik dan kurang rapi
Siswa belum
mampu membuat
kartu ucapan
2.
Penggunaan
hiasan
Siswa mampu
membuat kartu
ucapan dengan
menggunakan 4
atau lebih benda-benda
di sekitarnya
Siswa mampu
membuat kartu ucapan dengan
menggunakan
3 benda-benda di sekitarnya
Siswa mampu
membuat kartu
ucapan dengan
menggunakan
2 benda-benda
di sekitarnya
Siswa membuat
kartu ucapan
dengan tidak
menggunakan
benda-benda
atau hanya
3.
Jumlah warna yang digunakan
Menggunakan 4
warna atau lebih
Menggunakan
3 warna
Menggunakan
hanya 2 warna
Menggunakan
1 warna

F. Sumber dan Media
1.      Buku Guru
2.      Buku Siswa
3.      Karton ukuran 20 cm x 10 cm sebanyak jumlah siswa.
4.      Bisa juga menggunakan kolom yang tersedia di buku siswa.
5.      Berbagai potongan kertas berwarna untuk menghias, Bisa juga menggunakan daun dan benda yang tersedia di sekitar..


Mengetahui,                                                               Beureunuen,…. …………….….,  2014
Kepala SD Negeri 1 Beureunuen                              Guru Kelas I,



A. Rahman, S.Pd                                                     Ainal Mardhiah, S.Pd

NIP. 19590803 198012 1 001                                   NIP. 19621231 198610 2 007



MEDIA

TEMA 4 KELAS 1 SUB 4 PB 5

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors