Home » » TEMA 4 KELAS 1 SUB 4 PB 4

TEMA 4 KELAS 1 SUB 4 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 8 November 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 1 Beureunuen
Kelas/Semester                            : I/I
Tema 4                                        : Keluargaku
Sub Tema 4/ Pembelajaran          : Kebersamaan dalam Keluarga/ 4
Alokasi Waktu                            : 1 hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar.
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.4 Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/  personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Indikator:
o    Menjelaskan kosakata yang berkaitan dengan tempat liburan
o    Menulis cerita tentang liburan bersama dengan keluarga.
o    Memberikan pendapat terhadap hasil karya teman..

b) Matematika
Kompetensi Dasar:
1.1  Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.2  Memiliki rasa ingin tahu dan  ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.1  Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi.
4.1  Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.

Indikator:
o    Berlatih menggambar taman yang akan dibuat.
o    Menyebutkan gambar yang harus ada pada tempat liburan yang dipilih.
o    Menggambar tempat berlibur bersama keluarga

C. Materi Pembelajaran :
1.      Hasil karya teman..
2.      Liburan bersama dengan keluarga.
3.      Kosakata yang berkaitan dengan tempat liburan

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Kebersamaan dalam Keluarga”
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

10 menit
B.Kegiatan Inti
1.      Siswa mengamati gambar foto liburan keluarga Siti yang ada pada buku siswa.
2.      Siswa berdiskusi mengenai foto tersebut.
3.      Siswa diminta untuk menceritakan pengalamannya saat liburan dengan mengisi kolom yang sudah disediakan pada buku siswa.
4.      Siswa diminta untuk maju ke depan menceritakan pengalaman liburannya.
5.      Lembar latihan soal mencocokkan tulisan dan gambar.
6.      Siswa diminta untuk menggambarkan pengalaman liburan bersama keluarga.
7.      Gambar harus mencakup tujuan tempat liburan dan anggota keluarga yang ikut.
8.      Hasil gambar diwarnai dengan alat pewarna yang dimiliki siswa.
9.      Siswa diminta untuk saling menilai hasil gambar secara berpasangan.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian ( Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Ketrampilan)
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).


2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    :  Essay (uraian).


                                                                                               



PENILAIAN

1. Pengamatan Sikap.

No
Nama Siswa
Percaya Diri
Disiplin
Bekerja sama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
Ade Geubrina Rizki












2
Adira Jelita












3
Alzia Reffa












4
Amira Hasmarani












5
Dzaki Ramadhan












6
Ibra Saputra












7
Lukmanul Hakim












8
Muhammad Hasan












9
Muhammad Husen












10
Muhammad Al-Fatani












11
Muhammad Shufi












12
Muhammad Fuzhari












13
M. Dafa Alif












14
Nabila Keisha












15
Naila












16
Naila Maisyura












17
Rajulul Siddiq Nandeka












18
Ramiz












19
Rifka Munira












20
Rasky Aditya












21
Suhaimi












22
T.Danish Musyaffa












23
Jasmine Raisya Qirani












24
Nadila Ulfa












25
Salman Alfarisi



























Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

 2. Penilaian pengetahuan:
    Instrumen penilaian: tes tertulis (buku siswa)

3.    Penilaian Ketrampilan:
     Unjuk Kerja Menggambar Tempat Berlibur
No
Kriteria
Sangat Baik
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1.
Kemampuan
menuangkan
objek gambar
tempat berlibur
Siswa mampu
menggambar
objek gambar
(tempat liburan
dan anggota
keluarga)
dengan jelas
Siswa mampu
menggambar
objek gambar
(tempat liburan
dan anggota
keluarga)
meskipun
kurang jelas
Siswa hanya
mampu
menuangkan
salah satu objek gambar (tempat liburan atau anggota keluarga yang ikut liburan)
Semua objek
gambar tidak
sesuai
2.
Pewarnaan
Menggunakan 4
warna atau lebih
Menggunakan
3 warna
Menggunakan
hanya 2 warna
Menggunakan
1 warna

F. Sumber dan Media
1.      Buku Guru
2.      Buku Siswa
3.      Berbagai gambar tempat wisata di lingkungan sekitar sekolah.
       Foto saat berlibur bersama keluarga.

  

Mengetahui,
Kepala SD 3 Beureunuen



CHAIRUNNISA S.Pd
Nip. 19700312 199402 2 002

Beureunuen, …, ….………, 2016
Guru Kelas Kelas I A



ROHANA, S.Pd
NIP: 19650421 198610 2 001






LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

Tempat-tempat mana saja yang pernah kamu kunjungi?
TEMA 4 KELAS 1 SUB 4 PB 4


Gambarkan kegiatan liburan bersama keluargamu.
Warnailah gambar tersebut

TEMA 4 KELAS 1 SUB 4 PB 1
TEMA 4 KELAS 1 SUB 4 PB 2

TEMA 4 KELAS 1 SUB 4 PB 3

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors