Home » » TEMA 4 KELAS 1 SUB 4 PB 3

TEMA 4 KELAS 1 SUB 4 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 8 November 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 1 Beureunuen
Kelas/Semester                            : I/I
Tema 4                                        : Keluargaku
Sub Tema 4/ Pembelajaran          : Kebersamaan dalam Keluarga/ 3
Alokasi Waktu                            : 1 hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.2  Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar.
2.5  Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.4  Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.4  Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Indikator:
o   Menjawab pertanyaan sesuai teks yang didengar.
o   Mendengarkan cerita guru tentang kebersamaan dalam keluarga.

b) SBdP
Kompetensi Dasar:
1.1 Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni.
3.1 Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi.
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu.

Indikator:
o   Menjelaskan gerakan yang dilakukan saat menyanyikan lagu.
o   Menyanyikan lagu.

c) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
3.3 Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.

Indikator:
o   Menjelaskan cara bermain tarik tambang.
o   Mempraktikkan permainan tarik tambang.


C. Materi Pembelajaran :
1.      Kebersamaan dalam keluarga.
2.      Menyanyikan lagu.
3.      Cara bermain tarik tambang

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Kebersamaan dalam Keluarga”
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

10 menit
B.Kegiatan Inti
1.         Siswa mengikuti guru membaca teks pada buku siswa.
2.         Siswa mendengarkan “Lagu Gembira”.
3.         Siswa bernyanyi sambil melakukan gerakan bertepuk tangan dan bersorak seperti yang ditujukan pada syair.
o   Bersorak..........(oi, oi).
o   Bertepuk..........(bertepuk tangan).
4.         Siswa mengulang-ulang lagu sampai hafal dan dapat menyanyikan lagu tersebut.
5.         Guru bertanya tentang isi lagu, misalnya:
o   Apa yang diceritakan lagu tersebut?
o   Bagaimana perasaanmu saat berkumpul bersama keluarga?
o   Apa yang biasa kamu lakukan saat berkumpul bersama keluarga?
6.         Siswa diminta maju ke depan kelas secara bergiliran untuk menyanyikan lagu.
7.         Siswa mengamati gambar keluarga Udin yang sedang mengikuti lomba tarik tambang pada acara 17 Agustus.
8.         Siswa memperhatikan informasi bahwa Udin dan keluarga memenangkan lomba tarik tambang.
9.         Salah satu kunci kemenangan keluarga Udin adalah kekompakan.
10.     Guru mengajak siswa untuk mencoba bermain tarik tambang dengan teman-teman.
11.     Minta siswa berkumpul di lapangan. Lalu, bagi siswa menjadi dua kelompok.
12.     Guru mengajak siswa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu.
13.     Guru menententukan garis pemisah antardua kelompok yang menunjukkan wilayah masing-masing kelompok.
14.     Jika ada pemain yang masuk ke wilayah lawan, maka kelompok tersebut dinyatakan kalah dan lomba berakhir.
15.     Setelah acara siswa diajak berdiskusi mengenai hasil permainan.
o   Bagaimana perasaanmu saat bermain tarik tambang?
o   Apakah timmu berhasil memenangkan lomba? Mengapa?
o   Apa yang harus dilakukan agar timmu bias menang?
o   Bagaimana sikapmu seharusnya ketika memenangkan pertandingan?
o   Bagaimana sikapmu seharusnya jika kalah dalam pertandingan?
 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian ( Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Ketrampilan)
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    :  Essay (uraian).

PENILAIAN

1. Pengamatan Sikap.

No
Nama Siswa
Percaya Diri
Disiplin
Bekerja sama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
Ade Geubrina Rizki












2
Adira Jelita












3
Alzia Reffa












4
Amira Hasmarani












5
Dzaki Ramadhan












6
Ibra Saputra












7
Lukmanul Hakim












8
Muhammad Hasan












9
Muhammad Husen












10
Muhammad Al-Fatani












11
Muhammad Shufi












12
Muhammad Fuzhari












13
M. Dafa Alif












14
Nabila Keisha












15
Naila












16
Naila Maisyura












17
Rajulul Siddiq Nandeka












18
Ramiz












19
Rifka Munira












20
Rasky Aditya












21
Suhaimi












22
T.Danish Musyaffa












23
Jasmine Raisya Qirani












24
Nadila Ulfa












25
Salman Alfarisi



























Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

 2. Penilaian pengetahuan:
    Instrumen penilaian: tes tertulis (buku siswa)

3. Penilaian Ketrampilan:
a. Observasi (Pengamatan) Memahami lagu
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1.
Siswa mampu menyanyikan lagu


2.
Siswa mampu menceritakan isi lagu



b. Observasi (Pengamatan) Bermain Tarik Tambang
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1.
Antusias dalam permainan tarik tambang


2.
Kekompakan dalam permainan



F. Sumber dan Media
1.      Buku Guru
2.      Buku Siswa
3.      Tambang atau alat lain yang bisa menggantikan.

  

Mengetahui,
Kepala SD 3 Beureunuen



CHAIRUNNISA S.Pd
Nip. 19700312 199402 2 002

Beureunuen, …, ….………, 2016
Guru Kelas Kelas I A



ROHANA, S.Pd
NIP: 19650421 198610 2 001





  
Nyayikan lagu di bawah ini bersama teman-temanmu.



Ayo Bernyanyi
Ciptaan: Ibu Sud

Bernyanyi kita bernyanyi
Karena bergirang hati
Bersorak bertepuk berarak-arak
Bersorak bertepuk berarak-arak
Bersiul kita bersiul
Tandanya kita berkumpul
Bersorak bertepuk berarak-arak
Bersorak bertepuk berarak-arak


MEDIA
TEMA 4 KELAS 1 SUB 4 PB 3

TEMA 4 KELAS 1 SUB 4 PB 3

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors