RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 1 Beureunuen
Kelas/Semester : I/I
Tema 4 : Keluargaku
Sub
Tema 4/ Pembelajaran :
Kebersamaan dalam Keluarga/
3
Alokasi
Waktu : 1 hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas
penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar.
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal
kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau
bahasa daerah.
3.4 Mengenal teks cerita diri/ personal tentang
keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal
tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator:
o Menjawab pertanyaan sesuai teks yang didengar.
o Mendengarkan cerita guru tentang kebersamaan dalam keluarga.
b) SBdP
Kompetensi Dasar:
1.1 Merasakan
keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.1 Menunjukkan
rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya
seni.
3.1 Mengenal cara
dan hasil karya seni ekspresi.
4.7 Menyanyikan
lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu.
Indikator:
o Menjelaskan gerakan yang dilakukan saat menyanyikan lagu.
o Menyanyikan lagu.
c) PJOK
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.1 Berperilaku
sportif dalam bermain.
2.4 Menunjukkan kemauan
bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
3.3 Mengetahui
konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan,
arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana
dan atau permainan tradisional.
4.3 Mempraktikkan
pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan,
arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana
dan atau permainan tradisional.
Indikator:
o
Menjelaskan cara
bermain tarik tambang.
o
Mempraktikkan
permainan tarik tambang.
C. Materi Pembelajaran :
1.
Kebersamaan dalam
keluarga.
2.
Menyanyikan lagu.
3.
Cara bermain tarik
tambang
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Kebersamaan dalam Keluarga”
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
10 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
1.
Siswa mengikuti
guru membaca teks pada buku siswa.
2.
Siswa
mendengarkan “Lagu Gembira”.
3.
Siswa bernyanyi
sambil melakukan gerakan bertepuk tangan dan bersorak seperti yang ditujukan
pada syair.
o
Bersorak..........(oi, oi).
o
Bertepuk..........(bertepuk tangan).
4.
Siswa
mengulang-ulang lagu sampai hafal dan dapat menyanyikan lagu tersebut.
5.
Guru bertanya
tentang isi lagu, misalnya:
o
Apa yang diceritakan lagu tersebut?
o
Bagaimana perasaanmu saat berkumpul bersama keluarga?
o
Apa yang biasa kamu lakukan saat berkumpul bersama
keluarga?
6.
Siswa diminta
maju ke depan kelas secara bergiliran untuk menyanyikan lagu.
7.
Siswa mengamati
gambar keluarga Udin yang sedang mengikuti lomba tarik tambang pada acara 17
Agustus.
8.
Siswa
memperhatikan informasi bahwa Udin dan keluarga memenangkan lomba tarik
tambang.
9.
Salah satu kunci
kemenangan keluarga Udin adalah kekompakan.
10.
Guru mengajak
siswa untuk mencoba bermain tarik tambang dengan teman-teman.
11.
Minta siswa
berkumpul di lapangan. Lalu, bagi siswa menjadi dua kelompok.
12.
Guru mengajak
siswa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu.
13.
Guru menententukan
garis pemisah antardua kelompok yang menunjukkan wilayah masing-masing
kelompok.
14.
Jika ada pemain
yang masuk ke wilayah lawan, maka kelompok tersebut dinyatakan kalah dan
lomba berakhir.
15.
Setelah acara
siswa diajak berdiskusi mengenai hasil permainan.
o
Bagaimana perasaanmu saat bermain tarik tambang?
o
Apakah timmu berhasil memenangkan lomba? Mengapa?
o
Apa yang harus dilakukan agar timmu bias menang?
o
Bagaimana sikapmu seharusnya ketika memenangkan
pertandingan?
o
Bagaimana sikapmu seharusnya jika kalah dalam pertandingan?
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian ( Penilaian Sikap, Pengetahuan,
dan Ketrampilan)
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay
(uraian).
PENILAIAN
1. Pengamatan
Sikap.
No
|
Nama Siswa
|
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerja sama
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
Ade Geubrina
Rizki
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Adira Jelita
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Alzia Reffa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Amira Hasmarani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Dzaki Ramadhan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Ibra Saputra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Lukmanul Hakim
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Muhammad Hasan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Muhammad Husen
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Muhammad
Al-Fatani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Muhammad Shufi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Muhammad Fuzhari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
M. Dafa Alif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Nabila Keisha
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Naila
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Naila Maisyura
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Rajulul Siddiq
Nandeka
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Ramiz
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Rifka Munira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Rasky Aditya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Suhaimi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
T.Danish Musyaffa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Jasmine Raisya
Qirani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Nadila Ulfa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Salman Alfarisi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2.
Penilaian pengetahuan:
Instrumen penilaian: tes tertulis (buku siswa)
3.
Penilaian Ketrampilan:
a. Observasi
(Pengamatan) Memahami lagu
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat
(√)
|
1.
|
Siswa
mampu menyanyikan lagu
|
|
|
2.
|
Siswa
mampu menceritakan isi lagu
|
|
|
b. Observasi (Pengamatan) Bermain Tarik
Tambang
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat
(√)
|
1.
|
Antusias dalam permainan tarik tambang
|
|
|
2.
|
Kekompakan dalam permainan
|
|
|
F. Sumber dan Media
1. Buku Guru
2. Buku Siswa
3. Tambang atau alat lain yang bisa menggantikan.
Mengetahui,
Kepala SD 3 Beureunuen
CHAIRUNNISA
S.Pd
Nip. 19700312 199402 2 002
|
|
Beureunuen, …, ….………, 2016
Guru Kelas Kelas
I A
ROHANA, S.Pd
NIP: 19650421
198610 2 001
|
Nyayikan lagu di bawah ini bersama teman-temanmu.
Ayo Bernyanyi
Ciptaan: Ibu Sud
Bernyanyi kita bernyanyi
Karena bergirang hati
Bersorak bertepuk berarak-arak
Bersorak bertepuk berarak-arak
Bersiul kita bersiul
Tandanya kita berkumpul
Bersorak bertepuk berarak-arak
Bersorak bertepuk berarak-arak
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment