Home » » TEMA 4 KELAS 1 SUB 4 PB 2

TEMA 4 KELAS 1 SUB 4 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 7 November 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 1 Beureunuen
Kelas/Semester                            : I/I
Tema 4                                        : Keluargaku
Sub Tema 4/ Pembelajaran          : Kebersamaan dalam Keluarga/ 2
Alokasi Waktu                            : 1 hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.2  Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar.
2.5  Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.3  Mengenal teks terima kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3  Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih saying secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Indikator:
o    Menjawab pertanyaan sesuai teks yang dibaca.
o    Membaca teks tentang kegiatan kebersamaan dalam keluarga..

b) PPKn
Kompetensi Dasar:
1.2  Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3  Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
3.4  Mengenal arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
4.3  Mengamati dan menceriterakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah.

Indikator:
o   Menjelaskan pentingnya kerjasama dalam melaksanakan kegiatan
o   Membuat rencana kegiatan yang membutuhkan kerjasama semua anggota kelompok

c) SBdP
1.1 Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni.
3.1 Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi.
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.

Indikator:
o   Menjelaskan cara menggambar taman.
o   Berlatih menggambar taman yang akan dibuat..

C. Materi Pembelajaran :
1.      Kegiatan kebersamaan dalam keluarga..
2.      Kerjasama dalam melaksanakan kegiatan
3.      Cara menggambar taman

  D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Kebersamaan dalam Keluarga”
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

10 menit
B.Kegiatan Inti
1.      Siswa diingatkan kembali kegiatan-kegiatan bersama keluarga yang bisa dilakukan.
2.      Siswa memperhatikan kegiatan keluarga, salah satunya berkebun atau merawat kebun bersama keluarga.
3.      Siswa diminta membuka buku siswa.
4.      Guru menyampaikan bahwa tanaman dan bunga adalah ciptaan Tuhan yang sangat indah yang harus selalu kita pelihara.
5.      Sebelum membaca teks, Siswa dikenalkan gambar dan artinya
6.      Siswa diminta berlatih membaca teks tentang Berkebun.
7.      Siswa menceritakan kembali bacaan di atas dengan panduan pertanyaan seperti pada kolom di buku siswa dibantu oleh guru.
8.      Siswa membandingkan jawaban dengan temannya.
9.      Lalu Siswa diminta memperhatikan cerita tentang kebun yang ada di rumah.
10.  Siswa diminta membuat rencana kegiatan membuat taman di rumah.
11.  Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
12.  Amati jenis tanaman dan cari informasi siapa yang memelihara taman tersebut.
13.  Siswa berdiskusi mengenai rencana kegiatan berkebun.
14.  Tuliskan hasil diskusi di dalam kolom yang tersedia.
15.  Siswa diingatkan pentingnya menggunakan air secukupnya sebagai bentuk kepedulian kepada lingkungan dan memberi kesempatan hidup lebih lama kepada makhluk lain.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian ( Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Ketrampilan)
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    :  Essay (uraian).


                                                                                               



PENILAIAN

1. Pengamatan Sikap.
No
Nama Siswa
Percaya Diri
Disiplin
Bekerja sama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
Ade Geubrina Rizki












2
Adira Jelita












3
Alzia Reffa












4
Amira Hasmarani












5
Dzaki Ramadhan












6
Ibra Saputra












7
Lukmanul Hakim












8
Muhammad Hasan












9
Muhammad Husen












10
Muhammad Al-Fatani












11
Muhammad Shufi












12
Muhammad Fuzhari












13
M. Dafa Alif












14
Nabila Keisha












15
Naila












16
Naila Maisyura












17
Rajulul Siddiq Nandeka












18
Ramiz












19
Rifka Munira












20
Rasky Aditya












21
Suhaimi












22
T.Danish Musyaffa












23
Jasmine Raisya Qirani












24
Nadila Ulfa












25
Salman Alfarisi









































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

  2. Penilaian pengetahuan:
    Instrumen penilaian: tes tertulis (buku siswa)

3. Penilaian keterampilan:
Observasi (Pengamatan) Cerita Kegiatan Berkebun
No
Kriteria
Baik (√)
Kurang (√)
1.
Kelancaran dalam bercerita



2.
Kesesuaian cerita dengan tema



3.
Kepercayaan diri dalam bercerita




F. Sumber dan Media
1.      Buku Guru
2.      Buku Siswa
3.      Gambar-gambar kebun



  

Mengetahui,
Kepala SD 3 Beureunuen



CHAIRUNNISA S.Pd
Nip. 19700312 199402 2 002

Beureunuen, …, ….………, 2016
Guru Kelas Kelas I A



ROHANA, S.Pd
NIP: 19650421 198610 2 001






 LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)


Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.
1.  Apa yang dilakukan Dayu dan keluarganya?
……………………………………………………………
2.  Apa saja warna bunga yang ada di kebun Dayu?
……………………………………………………………
3.  Apa yang dilakukan Dayu?
……………………………………………………………
4.  Apa yang dilakukan Ayah?
……………………………………………………………
5.  Apa yang dilakukan Ibu?
……………………………………………………………
6.  Bagaimanakah perasaan Dayu?
……………………………………………………………

MEDIA:
TEMA 4 KELAS 1 SUB 4 PB 2

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors