Home » » TEMA 4 KELAS 1 SUB 4 PB 1

TEMA 4 KELAS 1 SUB 4 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 7 November 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 1 Beureunuen
Kelas/Semester                            : I/I
Tema 4                                        : Keluargaku
Sub Tema 4/ Pembelajaran          : Kebersamaan dalam Keluarga/ 1
Alokasi Waktu                            : 1 hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.2  Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar.
2.5  Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.4  Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.4  Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Indikator:
o    Mengurutkan gambar sehingga menjadi sebuah cerita.
o    Mewancara pengalaman pergi ke pasar.
o    Melakukan kegiatan wawancara

b) Matematika
Kompetensi Dasar:
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.10 Membandingkan dengan memperkirakan berat suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih berat, lebih ringan).
4.9 Mengumpulkan dan mengelola data pokok kategorikal dan menyajikannya dalam grafik konkrit dan piktograf tanpa menggunakan urutan label pada sumbu horizontal.

Indikator:
o   Mengukur benda menggunakan alat ukur tidak baku.
o   Membandingkan berat suatu benda.

c) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
3.4 Mengenal arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
4.3 Mengamati dan menceriterakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
.
Indikator:
o   Menyebutkan contoh kegiatan kebersamaan dalam keluarga.
o   Menceritakan pengalaman pergi ke pasar bersama ibu


C. Tujuan Pembelajaran :
1.      Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengurutkan gambar menjadi sebuah cerita dengan benar.
2.      Dengan mengamati teks, siswa dapat menyebutkan minimal dua contoh kegiatan kebersamaan dalam keluarga dengan benar.
3.      Dengan mengamati contoh, siswa dapat melakukan wawancara dengan baik.
4.      Dengan mengamati contoh, siswa dapat melakukan pengukuran benda menggunakan alat ukur tidak baku.
5.      Dengan mengamati data, siswa dapat membandingkan berat benda menggunakan istilah lebih berat dan lebih ringan dengan benar.
6.      Dengan mengamati contoh, siswa dapat menceritakan pengalaman pergi ke pasar dengan lancar.

D. Materi Pembelajaran :
1.       Pengalaman pergi ke pasar.
2.       Kegiatan wawancara
3.       Berat suatu benda.
4.       Pengalaman pergi ke pasar bersama ibu

E. Pendekatan :
  1. Pendekatan           : Scientific
  2. Strategi                  : Kooperative learning
  3. Teknik                   : Picture and Picture
  4. Matode                  : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi 

 F. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Kebersamaan dalam Keluarga”
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

10 menit
B.Kegiatan Inti
1.      Siswa memperhatikan informasi yang disampaikan guru bahwa banyak hal yang dapat dilakukan bersama keluarga, misalnya rekreasi, pergi ke pasar dan membersihkan rumah.
2.      Siswa diminta mengamati gambar kegiatan di pasar yang ada pada buku siswa.
3.      Siswa diminta menceritakan dan mengurutkan gambar.
4.      Guru bertanya tentang pengalaman saat pergi ke pasar, misalnya:
o   Pernahkah kamu pergi ke pasar?
o   Bersama siapa?
o   Apa saja yang kamu beli?
5.      Siswa berkelompok sebanyak lima orang, dan mengisi kolom di lembar latihan di buku siswa.
6.      Siswa menyampaikan hasil wawancara di depan kelas (perwakilan kelompok).
7.      Guru mengingatkan siswa untuk membantu orang tua atau orang lain yang sedang kesulitan, seperti yang tergambar pada cerita berseri di atas.
8.      Siswa mengerjakan latihan menebalkan dan menyalin kata di buku siswa.
9.      Siswa mengamati barang-barang yang dibeli ibu di pasar berdasarkan bacaan di atas. Siswa diminta untuk membandingkan massa benda-benda tesebut.
10.  Bagi siswa menjadi lima kelompok.
11.  Siswa mencoba membandingkan berat bendabenda yang sudah disiapkan dengan menggunakan timbangan buatan, yaitu gantungan baju.
12.  Siswa menuliskan hasil pembandingan berat benda pada kolom yang tersedia.
13.  Perwakilan kelompok menyampaikan hasil kerja kelompok masing-masing.
14.  Sebagai penutup siswa berlatih soal-soal membandingkan massa benda yang ada di buku siswa.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit

G. Sumber dan Media
1.      Buku Guru
2.      Buku Siswa
3.      Lima buah timbangan sederhana buatan sendiri, bisa menggunakan gantungan baju atau papan dan batu bata untuk titik keseimbangan (seperti jungkat jungkit).
4.      Benda-benda yang ingin dibandingkan beratnya (dipersiapkan sebelumnya oleh guru/dibawa siswa dari rumah sebagai tugas kelompok).

H. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian ( Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Ketrampilan)
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    :  Essay (uraian).



Mengetahui,                                                               Beureunuen,…. …………….….,  2014
Kepala SD Negeri 1 Beureunuen                              Guru Kelas I,



A. Rahman, S.Pd                                                     Ainal Mardhiah, S.Pd
NIP. 19590803 198012 1 001                                   NIP. 19621231 198610 2 007
                                                                                               



PENILAIAN

1. Pengamatan Sikap.

No
Nama Siswa
Percaya Diri
Disiplin
Bekerja sama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM





















































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian pengetahuan:
    Instrumen penilaian: tes tertulis (buku siswa)



  

MEDIA
TEMA 4 KELAS 1 SUB 4 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors