RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 1 Beureunuen
Kelas/Semester : I/I
Tema 4 : Keluargaku
Sub
Tema 4/ Pembelajaran :
Kebersamaan dalam Keluarga/
1
Alokasi
Waktu : 1 hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas
penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar.
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal
kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau
bahasa daerah.
3.4 Mengenal teks cerita diri/personal tentang
keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal
tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator:
o Mengurutkan gambar sehingga menjadi sebuah cerita.
o Mewancara pengalaman pergi ke pasar.
o Melakukan kegiatan wawancara
b) Matematika
Kompetensi Dasar:
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.2 Memiliki rasa
ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman
belajar.
3.10 Membandingkan
dengan memperkirakan berat suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih
berat, lebih ringan).
4.9 Mengumpulkan
dan mengelola data pokok kategorikal dan menyajikannya dalam grafik konkrit dan
piktograf tanpa menggunakan urutan label pada sumbu horizontal.
Indikator:
o Mengukur benda menggunakan alat ukur tidak baku.
o Membandingkan berat suatu benda.
c) PPKn
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan
perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
3.4 Mengenal arti
bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
4.3 Mengamati dan
menceriterakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
.
Indikator:
o Menyebutkan contoh kegiatan kebersamaan dalam keluarga.
o Menceritakan pengalaman pergi ke pasar bersama ibu
C. Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengurutkan gambar menjadi sebuah
cerita dengan benar.
2. Dengan mengamati teks, siswa dapat menyebutkan minimal dua contoh
kegiatan kebersamaan dalam keluarga dengan benar.
3. Dengan mengamati contoh, siswa dapat melakukan wawancara dengan baik.
4. Dengan mengamati contoh, siswa dapat melakukan pengukuran benda
menggunakan alat ukur tidak baku.
5. Dengan mengamati data, siswa dapat membandingkan berat benda menggunakan
istilah lebih berat dan lebih ringan dengan benar.
6. Dengan mengamati contoh, siswa dapat menceritakan pengalaman pergi ke
pasar dengan lancar.
D. Materi Pembelajaran :
1. Pengalaman pergi ke pasar.
2. Kegiatan wawancara
3. Berat suatu benda.
4. Pengalaman pergi ke pasar bersama ibu
E. Pendekatan :
1. Pendekatan
: Scientific
2. Strategi : Kooperative learning
3. Teknik : Picture and Picture
4. Matode : Ceramah, tanya jawab,
pemberian tugas dan diskusi
F.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Kebersamaan dalam
Keluarga”
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
10 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
1.
Siswa
memperhatikan informasi yang disampaikan guru bahwa banyak hal yang dapat
dilakukan bersama keluarga, misalnya rekreasi, pergi ke pasar dan
membersihkan rumah.
2.
Siswa diminta mengamati
gambar kegiatan di pasar yang ada pada buku siswa.
3.
Siswa diminta
menceritakan dan mengurutkan gambar.
4.
Guru bertanya
tentang pengalaman saat pergi ke pasar, misalnya:
o
Pernahkah kamu pergi ke pasar?
o
Bersama siapa?
o
Apa saja yang kamu beli?
5.
Siswa berkelompok
sebanyak lima orang, dan mengisi kolom di lembar latihan di buku siswa.
6.
Siswa
menyampaikan hasil wawancara di depan kelas (perwakilan kelompok).
7.
Guru mengingatkan
siswa untuk membantu orang tua atau orang lain yang sedang kesulitan, seperti
yang tergambar pada cerita berseri di atas.
8.
Siswa mengerjakan
latihan menebalkan dan menyalin kata di buku siswa.
9.
Siswa mengamati
barang-barang yang dibeli ibu di pasar berdasarkan bacaan di atas. Siswa
diminta untuk membandingkan massa benda-benda tesebut.
10. Bagi siswa menjadi lima kelompok.
11. Siswa mencoba membandingkan berat bendabenda yang
sudah disiapkan dengan menggunakan timbangan buatan, yaitu gantungan baju.
12. Siswa menuliskan hasil pembandingan berat benda pada
kolom yang tersedia.
13. Perwakilan kelompok menyampaikan hasil kerja kelompok
masing-masing.
14. Sebagai penutup siswa berlatih soal-soal membandingkan
massa benda yang ada di buku siswa.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
G. Sumber dan Media
1. Buku Guru
2. Buku Siswa
3. Lima buah timbangan sederhana buatan sendiri, bisa menggunakan gantungan
baju atau papan dan batu bata untuk titik keseimbangan (seperti jungkat jungkit).
4. Benda-benda yang ingin dibandingkan beratnya (dipersiapkan sebelumnya
oleh guru/dibawa siswa dari rumah sebagai tugas kelompok).
H. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian ( Penilaian Sikap, Pengetahuan,
dan Ketrampilan)
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay
(uraian).
Mengetahui,
Beureunuen,….
…………….…., 2014
Kepala SD Negeri
1 Beureunuen Guru
Kelas I,
A. Rahman, S.Pd Ainal Mardhiah, S.Pd
NIP. 19590803
198012 1 001 NIP.
19621231 198610 2 007
PENILAIAN
1. Pengamatan
Sikap.
No
|
Nama Siswa
|
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerja sama
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2.
Penilaian pengetahuan:
Instrumen penilaian: tes tertulis (buku siswa)
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment