Home » » TEMA 4 KELAS 4 SUB 3 PB 6

TEMA 4 KELAS 4 SUB 3 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 5 November 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Neg. 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : 4/1
Tema 4                                        : Berbagai Pekerjaan
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Pekerjaan Orang Tuaku/ 6
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
2.3  Memiliki perilaku santun dan jujur tentang jenis-jenis usahadan kegiatan ekonomi melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.4  Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4  Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4  Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

Indikator:
o   Menceritakan apa cita-citanya, alasan memilih cita-cita, dan hal baik yang akan dilakukan untuk lingkungan

b) SBdP
Kompetensi Dasar:
1.1 Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing- masing daerah sebagai anugerah Tuhan
2.3 Menunjukkan perilaku mengenal sikap disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
3.4 Mengetahui berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif
4.1 Menggambar berdasarkan tema

Indikator:
o   Membuat gambar diri di masa depan dengan menggunakan berbagai bentuk bangun yang diberikan..

c) EVALUASI

C. Materi Pembelajaran :
o   Cita-cita, dan hal baik yang akan dilakukan untuk lingkungan

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Setiap kelompok diberikan satu set kartu kartu kartu kata
7.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
8.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “pekerjaan orang tuaku”.
9.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa menuliskan hal yang menjadi cita-citanya.
o   Siswa juga menuliskan alasannya. (Penilaian no. 1)
o   Hal-hal yang harus ada dalam tulisan siswa adalah:
-          Cita-cita
-          Alasan memilih cita-cita.
-          Pekerjaan yang akan mereka lakukan ketika cita-cita tercapai
o   Hal yang akan dilakukan untuk lingkungan:
-          Beri pemahaman kepada siswa bahwa setiap orang mempunyai cita-cita yang berbeda. Setiap orang harus berusaha keras untuk mencapai cita-citanya.
o   Siswa berkreasi dengan bangun datar untuk menggambarkan dirinya di masa depan.
o   Siswa menceritakan hasil pekerjaannya kepada rekannya. (Penilaian no. 2)
o   Siswa mengerjakan soal-soal. Guru memeriksa pekerjaan siswa. (Penilaian no. 3)
o   Siswa menuliskan hal-hal yang sudah dipelajari (sesuai dengan kegiatan perenunganyang ada di buku siswa).
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.

Pengayaan:
-
Remedial:
-
 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.    Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan  kegiatan akhir.

b.  Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


           
Penilaian
1. Rubrik unjuk kerja menulis cita-citaku (Bahasa Indonesia)
Kriteria
Baik Sekali
 Baik
Cukup
Perlu berlatih lagi
Rencana
masa depan
Cerita berisi
paling sedikit 4
rencana yang
akan dilakukan
untuk kelestarian
alam Indonesia
Cerita berisi
paling sedikit 3
rencana yang akan
dilakukan untuk
kelestarian alam
Indonesia
Cerita berisi
paling sedikit 2
rencana yang
akan dilakukan
untuk kelestarian
alam Indonesia
Cerita berisi paling
sedikit 1 rencana yang
akan dilakukan untuk
kelestarian alam
Indonesi
Kelengkapan
cerita
Mencantumkan
jenis pekerjaan,
tugas-tugas serta
alasan pemilihan
pekerjaan tersebut
dengan tepat.
Hanya
mencantumkan
2 dari 3 hal yang
diminta.
Hanya
mencantumkan
1 dari 3 hal yang
diminta.
Tidak mencantumkan
semua hal-hal yang
diminta
Pengunan
huruf besar
dan tanda
baca
Seluruh tulisan
menggunakan
huruf besar, tanda
titik, tanda koma
dengan tepat
Sebagian
besar tulisan
menggunakan
huruf besar, tanda
titik, tanda koma
dengan tepat
Setengah
bagian tulisan
menggunakan
huruf besar,
tanda titik, tanda
koma dengan
tepat
Hanya sebagian kecil
tulisan menggunakan
huruf besar, tanda titik,
tanda koma dengan
tepat
Pemilihan
kata
Seluruh tulisan
menggunakan
kosakata baku.
Sebagian
besar tulisan
menggunakan
kosakata baku
Setengah
bagian tulisan
menggunakan
kosakata baku.
Hanya sebagian kecil
tulisan menggunakan
kosakata baku
                           
Skor Maksimal 16
Nilai    =

2. Rubrik unjuk kerja menggambar gambar diri SBdP
Kriteria
Baik Sekali
 Baik
Cukup
Perlu berlatih lagi
Teknik
menggunting
Semuan bagian
bentuk digunting
dengan teknik
menggunting
yang benar
Sebagian besar
bentuk digunting
dengan teknik
menggunting yang
benar.
Setengah bagian
bentuk digunting
dengan teknik
menggunting
yang benar
Sebagian kecil
bentuk digunting
dengan teknik
menggunting yang
benar.
Teknik
Pengeleman
Seluruh media
kerja sudah
menggunakan
lem sesuai
kebutuhan.
Sebagian besar
media kerja sudah
menggunakan lem
sesuai kebutuhan
Setengah
bagian media
kerja sudah
menggunakan
lem sesuai
kebutuhan
Sebagian kecil
media kerja sudah
menggunakan lem
sesuai kebutuhan
Ketepatan
Waktu
Bekerja
Menyelesaikan
pekerjaan sesuai
dengan waktu
yang telah
ditentukan.
Sebagian besar
pekerjaan dapat
diselesaikan
sesuai dengan
waktu yang telah
ditentukan
Setengah
pekerjaan dapat
diselesaikan
sesuai dengan
waktu yang telah
ditentukan
Sebagian kecil
pekerjaan dapat
diselesaikan sesuai
dengan waktu yang
telah ditentukan





                           
Skor Maksimal 16
Nilai    =


3. Evaluasi dinilai dengan angka
4. Penilaian Sikap (cinta lingkungan dan kreatif). terlampir

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa


Mengetahui,
Kepala SD 3 Beureunuen



CHAIRUNNISA, S.Pd
NIP 19700312 199402 2 002

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas IV



BACHTIAR, S.Pd
NIP.19800611 200504 1 001








Evaluasi

Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang paling kamu anggap benar.
1.      Orang yang bekerja mencari ikan di laut disebut ....
a.    petani                           c. buruh
b.    nelayan                        d. pelayan

2.      Beternak sapi dapat menghasilkan ....
a.    taring c. tanduk
b.    daging d. telur

3.      Alat komunikasi modern adalah ....
a.    telepon selular             c. kentongan
b.    obor                             d. faksimili

4.      Bahan baku membuat pakaian masa kini, yaitu ....
a.    rami                             c. kapas
b.    goni                             d. daun

5.      Alat transportasi modern adalah ....
a.    delman                         c. sepeda
b.    pesawat terbang          d. jalan kaki

Jawablah pertanyaan berikut dengan jelas!

1.      Mengapa setiap orang perlu bekerja?
2.      Apakah yang dimaksud dengan sumber daya alam?
3.      Apa yang akan terjadi jika bahan tambang terus-menerus diambil?
4.      Jelaskan perkembangan teknologi telpon yang kamu ketahui!
5.      Bagaimana sikap kita untuk menjaga kelestariaan lingkungan?
6.      Jelaskan bagaimana kegiatan ekonomi pada proses pembuatan pakaian!
7.      Hitunglah luas bangun berikut!

8.        Hitunglah luas bangun berikut!


9.        Keliling sebuah persegi kecil adalah 12 cm. Hitunglah keliling persegi ABCD berikut!


A
 
 






C
 



B
 
 




D
 

10.    Hitunglah keliling bangun berikut!






























MEDIA

TEMA 4 KELAS 4 SUB 3 PB 6

TEMA 4 KELAS 4 SUB 3 PB 6


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors