Home » » TEMA 4 KELAS 4 SUB 3 PB 5

TEMA 4 KELAS 4 SUB 3 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 5 November 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Neg. 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : 4/1
Tema 4                                        : Berbagai Pekerjaan
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Pekerjaan Orang Tuaku/ 5
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
Kompetensi Dasar:
1.3  Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3  Menunjukkan perilaku santun, toleran, dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.1  Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan.
4.1  Menceriterakan tentang hasil bacaan mengenai pengertianruang, konektivitas antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya

Indikator:
o   Menjelaskan kegiatan ekonomi yang terjadi pada proses pembuatan baju.

b) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
2.3 Memiliki perilaku santun dan jujur tentang jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1  Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

Indikator:
o   Menjawab pertanyaan berdasarkan teks laporan yang disajikan

c) Matematika
Kompetensi Dasar:
2.1  Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan mengikuti prosedur dalam melakukan operasi hitung campuran.
3.14 Menentukan hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling persegi panjang
4.9  Mengembangkan, dan membuat berbagai pola numerik dan geometris

Indikator:
o   Membuat pola geometris

C. Materi Pembelajaran :
1.       Ekonomi yang terjadi pada proses pembuatan baju.
2.       Pertanyaan berdasarkan teks laporan
3.      Membuat pola geometris

  D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Setiap kelompok diberikan satu set kartu kartu kartu kata
7.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
8.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “pekerjaan orang tuaku”.
9.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa membaca teks tentang pekerjaan seorang perancang busana.
o   Siswa menjawab pertanyaan berdasar teks yang diberikan.
o   Beri siswa motivasi kepada siswa untuk menganalisa dengan detail. Guru menguatkan pesan moral yang bisa didapatkan dari seorang perancang busana.
o   Siswa menganalisis proses pembuatan kain dan baju.
o   Siswa diminta untuk menganalisis setiap proses yang terjadi, pekerjaan yang terlibat, dan kegiatan ekonomi yang ada di dalamnya. (Penilaian no. 3)
o   Guru menguatkan betapa panjang proses yang harus dilalui dari kapas hingga menjadi sebuah baju yang bisa dipakai.
o   Guru mengingatkan siswa sikap yang harus siswa lakukan terhadap baju yang mereka pakai. Misalkan, menjaga kebersihannya.
o   Siswa membaca teks tentang museum tekstil. Setelah mendapatkan informasi darimuseum tekstil, siswa menjawab pertanyaan dari teks yang diberikan. (Penilaian no. 2)
o   Siswa diminta mengamati kain dan menemukan pola dari kain yang mereka amati.
o   Siswa menganalisis pola geometri yang ada pada kain.
o   Guru menguatkan tentang pola geometri dan bukan pola geometri
o   Siswa menggambar desain kain dengan menggunakan pola geometri. (Penilaian no. 1)
-          Guru membahas tentang pola geometri yang ada pada kain.
-          Pola geometri merupakan bentuk yang berulang-ulang.
o   Siswa mengerjakan soal-soal perenungan yang ada di buku siswa.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.

Pengayaan:
o   Desain geometri yang dihasilkan di komunikasikan melalui tulisan.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.     Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.

b.     Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes   lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).




Penilaian
1. Daftar periksa produk pola geometri (Matematika)
Kriteria
Keterangan
Sudah
Belum
Pola bentuk dihasilkan dengan benar.


Menjelaskan dengan detail gambar yang dihasilkan



2. Daftar periksa untuk lembar kerja mengolah informasi (Bahasa Indonesia)
Kriteria
Keterangan
Sudah
Belum
Letak museum tekstil


Koleksi museum tekstil


Manfaat museum tekstil.



3. Daftar periksa untuk produk proses pembuatan baju (IPS)
Kriteria
Keterangan
Sudah
Belum
Proses dari pembuatan baju dengan lengkap


Teknologi yang digunakan dalam pembuatan baju



4. Penilaian Sikap (rasa ingin tahu dan kreatif). terlampir

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa


Mengetahui,
Kepala SD 3 Beureunuen



CHAIRUNNISA, S.Pd
NIP 19700312 199402 2 002

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas IV



BACHTIAR, S.Pd
NIP.19800611 200504 1 001










MEDIA
TEMA 4 KELAS 4 SUB 3 PB 5

TEMA 4 KELAS 4 SUB 3 PB 5

TEMA 4 KELAS 4 SUB 3 PB 5



Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors