Home » » TEMA 4 KELAS 4 SUB 3 PB 4

TEMA 4 KELAS 4 SUB 3 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 5 November 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Neg. 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : 4/1
Tema 4                                        : Berbagai Pekerjaan
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Pekerjaan Orang Tuaku/ 4
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
Kompetensi Dasar:
1.3  Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3  Menunjukkan perilaku santun, toleran, dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.1  Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antarruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
4.1  Menceritrakan tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya

Indikator:
o   Menjelaskan kegiatan ekonomi yang terjadi pada pembuatan kursi.
o   Membandingkan perubahan yang terjadi dari tahun ke tahun atas sumber daya hutan yang ada.
o   Memprediksi kenampakan hutan di tahun 2030

b) PPKn
Kompetensi Dasar:
1.2  Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.6 Memahami keberagaman alam dan sumber daya di berbagai daerah
4.6 Memetakan keberagaman sumber daya alam di berbagai daerah untuk menumbuhkan kebanggaan nasional

Indikator:
o   Menjelaskan kenampakan hutan yang ada di Kalimantan

c) IPA
Kompetensi Dasar:
1.1  Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif;jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
2.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.7 Mendeskripsikan hubungan antarasumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.6 Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat

Indikator:
o   Menjelaskan tentang manfaat hutan yang ada di Indonesia
o   Memberikan contoh sikap yang harus dilakukan untuk menjaga kelestarian hutan
o   Memberikan pendapat tentang kerusakan hutan

d) Matematika
Kompetensi Dasar:
2.1  Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan mengikuti prosedur dalam melakukan operasi hitung campuran.
3.14 Menentukan hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling persegi panjang
4.9  Mengembangkan, dan membuat berbagai pola numerik dan geometris

Indikator:
o   Menyelesaikan masalah yang tekait dengan luas bangun datar

C. Materi Pembelajaran :
1.      Ekonomi yang terjadi pada pembuatan kursi.
2.      Kenampakan hutan
3.      Manfaat hutan yang ada di Indonesia
4.      Masalah yang tekait dengan luas bangun datar

  D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Setiap kelompok diberikan satu set kartu kartu kartu kata
7.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
8.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “pekerjaan orang tuaku”.
9.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa membaca teks tentang cerita pengrajin kayu.
o   Siswa menjawab pertanyaan tentang teks.
o   Guru dan siswa berdiskusi tentang pengrajin kayu, mulai dari pekerjaannya, apa yang dikerjakan, sumber daya alam yang digunakan dan sikap yang dapat dicontoh dari seorang pengrajin kayu.
o   Guru menekankan nilai kerja keras, ulet dan pantang menyerah dari seorang pengrajin kayu yang dapat dicontoh oleh siswa.
o   Siswa dibagi ke dalam kelompok-kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 5 siswa. Siswa menganalisis gambar yang ada di buku siswa.
o   Siswa menganalisis proses kegiatan ekonomi yang terjadimulai dari pohon di hutan ditebang sampai meja bisa dibeli oleh konsumen.
o   Dalam proses ini ingatkan siswa untuk menganalisis gambar dengan cermat, apakah dalam gambar bertindak sebagai konsumen, produsen atau distributor. Setiap orang bisa mempunyai peran yang ganda.
-          Misalkan pengrajin kayu, ia bertindak sebagai konsumen karena ia membeli kayu dari orang lain sebagai bahan baku. Ia juga bertindak sebagai produsen karena ia menjual mebelnya kepada toko mebel.
o   Siswa menukar jawaban dengan kelompok lainnya dan memberikan catatan dari hasil
o   pekerjaan kelompok lain jika ada masukan.
o   Guru membahas hasil jawaban siswa di depan kelas
o   Dari proses kegiatan ekonomi yang ada diharapkan siswa paham bahwa untuk menghasilkan sebuah barang, seperti kursi tidak mudah, perlu proses yang panjang untuk mendapatkannya.
o   Dengan demikian, diharapkan siswa menghargai dan memanfatkan dengan baik barang yang ada.
o   Siswa menganalisis peta perkembangan hutan Kalimantan.
o   Siswa mengamati dengan detail warna hijau yang menunjukkan banyaknya pohon yang ada.
o   Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan berdasarkan gambar yang mereka amati.
o   Dari tahun ke tahun warna hijau di peta semakin berkurang.
o   Hal ini menunjukkan bahwa pohon yang ada di hutan semakin berkurang.
o   Siswa menuliskan pengetahuannya dalam bentuk lini
o   masa yang disediakan. (Penilaian no. 1)
o   Siswa membuat perkembangan keadaan hutan Kalimantan yang terjadi tahun 2013.
o   Prediksi gambar hutan Kalimantan pada tahun 2030. Siswa juga menjawab pertanyaan di Buku Siswa. (Penilaian no. 2)
o   Siswa mengamati gambar kursi yang disediakan.
o   Siswa menyebutkan nama bangun segi banyak yang ada pada kursi tersebut.
o   Guru mengingatkan siswa untuk mengobservasi setiap bagian kursi yang ada.
o   Siswa mengerjakan masalah yang terkait dengan kursi.
o   Guru mengingatkan kepada siswa, langkah-langkah penyelesaian soal dengan problem solving
o   Siswa mendesain kursi impian mereka. Saat mendesain, siswa memperhatikan penggunaan bangun-bangun geometri yang ada.
o   Siswa menuliskan hal-hal yang sudah dipelajari sesuai dengan kegiatan perenungan yang ada di buku siswa.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.

Pengayaan:
o   Lini masa yang dibuat siswa dipajang agar dapat dibaca teman-temannya. Siswa dapat
o   melihat persamaan dan perbedaan lini masa yang dibuat dengan milik temannya.

Remedial:
-
 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit

-           

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.  Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan         pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.

b.  Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    :  Essay (uraian).

Penilaian
1. Rubrik tentang produk lini masa (IPA dan IPS)
Kriteria
Keterangan
Sudah
Belum
Menjelaskan peristiwa secara runtut


menjelaskan keterangan dari peristiwa dengan detail



2. Rubrik Penilaian Diskusi Siswa
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Mendengarkan
Selalu mendengarkan
teman yang sedang
berbicara
Mendengarkan teman yang berbicara,
Tetapi sesekali masih perlu
diingatkan.

Masih perlu diingatkan
untuk mendengarkan
teman yang sedang
berbicara.
Komunikasi non
verbal (kontak mata,
bahasa tubuh, postur,
ekspresi wajah,
suara)
Merespons dan
menerapkan
komunikasi nonverbal
dengan tepat.
Merespon dengan
tepat terhadap
komunikasi non verbal yang ditunjukkan
teman
Membutuhkan bantuan
dalam memahami
bentuk komunikasi
nonverbal yang
ditunjukkan teman.
Partisipasi
(menyampaikan ide,
perasaan, pikiran)
Isi pembicaraan
menginspirasi
teman.
Selalu mendukung
dan memimpin
lainnya saat diskusi.
Berbicara dan
menerangkan secara
rinci, merespons
sesuai dengan topik
Jarang berbicara
selama proses diskusi
berlangsung.
Keruntutan berbicara
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut dari awal
hingga akhir.
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut, tetapi belum
konsisten
Menyampaikan
pendapatnya belum
runtut, tetapi konsisten.

Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian =   x 100

3. Daftar periksa untuk lembar kerja pertanyaan tentang hutan (IPA)
Kriteria
Keterangan
Sudah
Belum
Menuliskan kondisi hutan jika terus ditebang


Dampak dari penebangan hutan


Hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kelestarian hutan



4. Lembar kerja matematika di nilai dengan angka.
5. Penilaian Sikap (cinta lingkungan, rasa ingin tahu, dan kreatif). terlampir

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa

Mengetahui,
Kepala SD 3 Beureunuen



CHAIRUNNISA, S.Pd
NIP 19700312 199402 2 002

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas IV



BACHTIAR, S.Pd
NIP.19800611 200504 1 001




 MEDIA
TEMA 4 KELAS 4 SUB 3 PB 4

TEMA 4 KELAS 4 SUB 3 PB 4

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors