(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Neg. 3 Beureunuen
Kelas/Semester : 4/1
Tema 4 :
Berbagai Pekerjaan
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Pekerjaan
Orang Tuaku/ 4
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
Kompetensi Dasar:
1.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah
menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran, dan
peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.1 Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas
antarruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan
pendidikan
4.1 Menceritrakan tentang hasil bacaan mengenai
pengertian ruang, konektivitas antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam
waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya
Indikator:
o Menjelaskan kegiatan ekonomi yang terjadi pada pembuatan kursi.
o Membandingkan perubahan yang terjadi dari tahun ke tahun atas sumber
daya hutan yang ada.
o Memprediksi kenampakan hutan di tahun 2030
b) PPKn
Kompetensi Dasar:
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
sekitar
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.6 Memahami
keberagaman alam dan sumber daya di berbagai daerah
4.6 Memetakan
keberagaman sumber daya alam di berbagai daerah untuk menumbuhkan kebanggaan nasional
Indikator:
o Menjelaskan kenampakan hutan yang ada di Kalimantan
c) IPA
Kompetensi Dasar:
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari
hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran
Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama
yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif;jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan
fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.7 Mendeskripsikan
hubungan antarasumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.6 Menyajikan
laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
Indikator:
o Menjelaskan tentang manfaat hutan yang ada di Indonesia
o Memberikan contoh sikap yang harus dilakukan untuk menjaga kelestarian
hutan
o Memberikan pendapat tentang kerusakan hutan
d) Matematika
Kompetensi Dasar:
2.1 Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan
mengikuti prosedur dalam melakukan operasi hitung campuran.
3.14 Menentukan
hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling
persegi panjang
4.9 Mengembangkan, dan membuat berbagai pola
numerik dan geometris
Indikator:
o Menyelesaikan masalah yang tekait dengan luas bangun datar
C. Materi Pembelajaran :
1.
Ekonomi yang terjadi
pada pembuatan kursi.
2.
Kenampakan hutan
3.
Manfaat hutan yang
ada di Indonesia
4.
Masalah yang tekait
dengan luas bangun datar
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Setiap
kelompok diberikan satu set kartu kartu kartu kata
7.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
8.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “pekerjaan orang tuaku”.
9.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa membaca teks tentang cerita pengrajin kayu.
o
Siswa menjawab pertanyaan tentang teks.
o
Guru dan siswa
berdiskusi tentang pengrajin kayu, mulai dari pekerjaannya, apa yang dikerjakan,
sumber daya alam yang digunakan dan sikap yang dapat dicontoh dari seorang pengrajin
kayu.
o
Guru menekankan
nilai kerja keras, ulet dan pantang menyerah dari seorang pengrajin kayu yang
dapat dicontoh oleh siswa.
o
Siswa dibagi ke dalam kelompok-kelompok. Setiap
kelompok terdiri atas 5 siswa. Siswa menganalisis gambar yang ada di buku
siswa.
o
Siswa menganalisis proses kegiatan ekonomi yang
terjadimulai dari pohon di hutan ditebang sampai meja bisa dibeli oleh
konsumen.
o
Dalam proses ini ingatkan siswa untuk menganalisis
gambar dengan cermat, apakah dalam gambar bertindak sebagai konsumen,
produsen atau distributor. Setiap orang bisa mempunyai peran yang ganda.
-
Misalkan pengrajin kayu, ia bertindak sebagai
konsumen karena ia membeli kayu dari orang lain sebagai bahan baku. Ia juga
bertindak sebagai produsen karena ia menjual mebelnya kepada toko mebel.
o
Siswa menukar jawaban dengan kelompok lainnya dan
memberikan catatan dari hasil
o
pekerjaan kelompok lain jika ada masukan.
o
Guru membahas hasil jawaban siswa di depan kelas
o
Dari proses
kegiatan ekonomi yang ada diharapkan siswa paham bahwa untuk menghasilkan sebuah
barang, seperti kursi tidak mudah, perlu proses yang panjang untuk
mendapatkannya.
o
Dengan demikian,
diharapkan siswa menghargai dan memanfatkan dengan baik barang yang ada.
o
Siswa menganalisis peta perkembangan hutan
Kalimantan.
o
Siswa mengamati dengan detail warna hijau yang
menunjukkan banyaknya pohon yang ada.
o
Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan berdasarkan
gambar yang mereka amati.
o
Dari tahun ke
tahun warna hijau di peta semakin berkurang.
o
Hal ini
menunjukkan bahwa pohon yang ada di hutan semakin berkurang.
o
Siswa menuliskan
pengetahuannya dalam bentuk lini
o
masa yang
disediakan. (Penilaian no. 1)
o
Siswa membuat perkembangan keadaan hutan Kalimantan
yang terjadi tahun 2013.
o
Prediksi gambar hutan Kalimantan pada tahun 2030.
Siswa juga menjawab pertanyaan di Buku Siswa. (Penilaian no. 2)
o
Siswa mengamati gambar kursi yang disediakan.
o
Siswa menyebutkan nama bangun segi banyak yang ada pada
kursi tersebut.
o
Guru mengingatkan siswa untuk mengobservasi setiap bagian
kursi yang ada.
o
Siswa mengerjakan masalah yang terkait dengan kursi.
o
Guru mengingatkan kepada siswa, langkah-langkah penyelesaian
soal dengan problem solving
o
Siswa mendesain
kursi impian mereka. Saat mendesain, siswa memperhatikan penggunaan bangun-bangun
geometri yang ada.
o
Siswa menuliskan
hal-hal yang sudah dipelajari sesuai dengan kegiatan perenungan yang ada di
buku siswa.
o
Guru dapat
menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.
Pengayaan:
o
Lini masa yang
dibuat siswa dipajang agar dapat dibaca teman-temannya. Siswa dapat
o
melihat persamaan
dan perbedaan lini masa yang dibuat dengan milik temannya.
Remedial:
-
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
-
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan
akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay
(uraian).
Penilaian
1. Rubrik tentang produk lini masa (IPA dan IPS)
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Menjelaskan peristiwa secara runtut
|
||
menjelaskan keterangan dari peristiwa dengan detail
|
2. Rubrik Penilaian Diskusi Siswa
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Mendengarkan
|
Selalu
mendengarkan
teman
yang sedang
berbicara
|
Mendengarkan
teman yang berbicara,
Tetapi sesekali
masih perlu
diingatkan.
|
Masih
perlu diingatkan
untuk
mendengarkan
teman yang
sedang
berbicara.
|
Komunikasi
non
verbal
(kontak mata,
bahasa
tubuh, postur,
ekspresi
wajah,
suara)
|
Merespons
dan
menerapkan
komunikasi
nonverbal
dengan tepat.
|
Merespon
dengan
tepat
terhadap
komunikasi
non verbal yang ditunjukkan
teman
|
Membutuhkan
bantuan
dalam
memahami
bentuk
komunikasi
nonverbal
yang
ditunjukkan teman.
|
Partisipasi
(menyampaikan
ide,
perasaan, pikiran)
|
Isi
pembicaraan
menginspirasi
teman.
Selalu
mendukung
dan
memimpin
lainnya saat diskusi.
|
Berbicara
dan
menerangkan
secara
rinci,
merespons
sesuai dengan topik
|
Jarang
berbicara
selama
proses diskusi
berlangsung.
|
Keruntutan berbicara
|
Menyampaikan
pendapatnya
secara
runtut
dari awal
hingga akhir.
|
Menyampaikan
pendapatnya
secara
runtut,
tetapi belum
konsisten
|
Menyampaikan
pendapatnya
belum
runtut, tetapi konsisten.
|
Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian = x 100
3. Daftar
periksa untuk lembar kerja pertanyaan tentang hutan (IPA)
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Menuliskan kondisi hutan jika terus ditebang
|
||
Dampak dari penebangan hutan
|
||
Hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kelestarian
hutan
|
4. Lembar kerja
matematika di nilai dengan angka.
5. Penilaian Sikap
(cinta lingkungan, rasa ingin tahu, dan kreatif). terlampir
F. Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
Mengetahui,
Kepala SD 3 Beureunuen
CHAIRUNNISA,
S.Pd
NIP 19700312
199402 2 002
|
......,
........................ 20 .....
Guru Kelas IV
BACHTIAR,
S.Pd
NIP.19800611 200504 1 001
|
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment