Home » » TEMA 4 KELAS 4 SUB 3 PB 3

TEMA 4 KELAS 4 SUB 3 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 4 November 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Neg. 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : 4/1
Tema 4                                        : Berbagai Pekerjaan
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Pekerjaan Orang Tuaku/ 3
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
Kompetensi Dasar:
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta
2.1  Menunjukkan disiplin, kerja sama, toleransi, belajar menerima kekalahan dan kemenangan, sportif dan tanggung jawab, menghargai perbedaan
3.2  Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil
4.2  Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil

Indikator:
o   Mendemonstrasikan keterampilan melempar bola dalam permainan kasti, serta memahami cara bermainnya

b) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
2.3  Memiliki perilaku santun dan jujur tentang jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.4  Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

Indikator:
o   Membuat peta pikiran dari teks yang dibacanya

c) IPA
Kompetensi Dasar:
1.1  Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
2.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.7  Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.6  Menyajikan laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat

Indikator:
o   Memberikan contoh pemanfaatan sampah dalam kehidupan sehari-hari

d) SBdP
Kompetensi Dasar:
1.1  Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing- masing daerah sebagai anugerah Tuhan
2.3  Menunjukkan perilaku mengenal sikap disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
3.4 Mengetahui berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif
4.14 Membuat karya kerajinan asesoris dengan berbagai bahan dan teknik

Indikator:
o   Membuat bunga kertas

C. Materi Pembelajaran :
1.       Keterampilan melempar bola dalam permainan kasti
2.       Peta pikiran dari teks yang dibacanya
3.       Bunga kertas
4.       Pemanfaatan sampah dalam kehidupan seharihari

  D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Setiap kelompok diberikan satu set kartu kartu kartu kata
7.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
8.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “pekerjaan orang tuaku”.
9.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa pergi ke lapangan untuk melakukan kegiatan olahraga.
o   Guru mendampingi siswa menuju ke lapangan, kemudian memberi instruksi untuk pemanasan. Pemanasan dilakukan minimal 10 menit, ditekankan pada dominasi anggota tubuh yang akan dilatih.
o   Siswa memeragakan aktivitas lempar tangkap bola kecil berdasarkan contoh yang diberikan guru. Bola bisa dibuat dengan menggunakan kertas bekas yang diremas menjadi bulat dan diperkuat dengan karet.
o   Siswa mempraktikkan keterampilan melempar dan menangkap bola dalam permainan kasti. (Penilaian no. 3)
-          Permainan kasti merupakan salah satu permainan bola kecil. Permainan ini dimainkan oleh dua regu, yakni regu pemukul dan regu penjaga. Regu pemukul berusaha mendapat nilai dengan memukul bola, kemudian berlari mengelilingi lapangan.
-          Sebaliknya, regu penjaga berusaha menangkap bola serta mematikan regu pemukul.
-          Regu yang banyak mengumpulkan nilai menjadi pemenangnya. Permainan sederhana ini dapat dimainkan di lapangan yang tidak begitu luas. Alat yang dibutuhkan dalam permainan kasti adalah bola karet dan pemukul kayu.
o   Setelah mempraktikkan permainan kasti, guru bertanya kepada siswa:
-          Bagaimana perasaanmu setelah bermain kasti?
-          Keterampilan apa yang dibutuhkan dalam bermain kasti? (melempar dan memukul bola, berlari cepat)
-          Sikap apa yang dibutuhkan dalam bermain kasti? (pantang menyerah, berusaha)
-          Jika kamu anggota regu kasti dan anggota-anggota yang lain memiliki perbedaan sifat dan kemampuan dengan anggota lain, bagaimana kamu menyikapi perbedaan tersebut?
o   Siswa membaca teks tentang pekerjaan seorang tentang seorang pekerja pengrajin barang bekas.
o   Guru menguatkan kepada siswa tentang nilai-nilai yang dapat dicontoh dari pengrajin barang bekas.
o   Siswa akan membaca teks tentang pengolahan sampah.
o   Siswa membuat peta pikiran dari teks yang dibacanya. (Penilaian no. 2)
o   Siswa membuat bunga dari kertas bekas. (Penilaian no. 1)
o   Siswa membaca terlebih dahulu langkah-langkah pembuatannya. Bunga dari Kertas Koran/Majalah
o   Siswa mengerjakan soal-soal perenungan yang ada di buku siswa.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.

Pengayaan:
o   Siswa membuat bunga kertas tadi di rumah.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.

b.  Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


           
Penilaian
1. Daftar periksa untuk produk bunga kertas (SBdP)
Kriteria
Keterangan
Sudah
Belum
Menggunting dengan teknik yang benar


Membuat bunga dengan teknik yang benar


Kerapian kerja


Ketepatan penyelesaian


2. Daftar periksa untuk produk peta pikiran (Bahasa Indonesia dan IPA)
Kriteria
Keterangan
Sudah
Belum
Menjelaskan tentang reduce dan contohnya


Menjelaskan tentang reuse dan contohnya


Menjelaskan tentang recycle dan contohnya


Menjelaskan tentang replace dan contohnya



3. Daftar periksa untuk produk lempar tangkap bola (PJOK)
Kriteria
Keterangan
Sudah
Belum
Melempar bola melambung dengan teknik yang benar.


Melempar bola mendatar dan lurus dengan teknik yang benar


Melempar bola rendah dengan teknik yang benar.


Menangkap bola datar dengan teknik benar.


Menangkap bola melengkung dengan teknik benar.


Menangkap bola rata tanah dengan teknik benar.


Menangkap bola lurus rata dada dengan teknik benar



4. Penilaian Sikap (cinta lingkungan, rasa ingin tahu, dan kreatif). terlampir

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Kertas bekas.

Mengetahui,
Kepala SD 3 Beureunuen



CHAIRUNNISA, S.Pd
NIP 19700312 199402 2 002

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas IV



BACHTIAR, S.Pd
NIP.19800611 200504 1 001


MEDIA
TEMA 4 KELAS 4 SUB 3 PB 3

TEMA 4 KELAS 4 SUB 3 PB 1

TEMA 4 KELAS 4 SUB 3 PB 2

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors