RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Neg. 3 Beureunuen
Kelas/Semester : 4/1
Tema 4 :
Berbagai Pekerjaan
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Pekerjaan
Orang Tuaku/ 3
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
Kompetensi Dasar:
1.2 Tumbuhnya
kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang
Pencipta
2.1 Menunjukkan disiplin, kerja sama, toleransi,
belajar menerima kekalahan dan kemenangan, sportif dan tanggung jawab,
menghargai perbedaan
3.2 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola
gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam berbagai permainan
dan atau olahraga tradisional bola kecil
4.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak
dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif yang dilandasi konsep gerak
dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil
Indikator:
o Mendemonstrasikan keterampilan melempar bola dalam permainan kasti,
serta memahami cara bermainnya
b) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
2.3 Memiliki perilaku santun dan jujur tentang
jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan
sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas,
bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati,
mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi
panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku
Indikator:
o Membuat peta pikiran dari teks yang dibacanya
c) IPA
Kompetensi Dasar:
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari
hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran
Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama
yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan
fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.7 Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya
alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.6 Menyajikan laporan tentang sumber daya alam
dan pemanfaatannya oleh masyarakat
Indikator:
o Memberikan contoh pemanfaatan sampah dalam kehidupan sehari-hari
d) SBdP
Kompetensi Dasar:
1.1 Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan
karya kreatif masing- masing daerah sebagai anugerah Tuhan
2.3 Menunjukkan perilaku mengenal sikap disiplin,
tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
3.4 Mengetahui
berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif
4.14 Membuat karya
kerajinan asesoris dengan berbagai bahan dan teknik
Indikator:
o Membuat bunga kertas
C. Materi Pembelajaran :
1. Keterampilan melempar bola dalam permainan kasti
2. Peta pikiran dari teks yang dibacanya
3. Bunga kertas
4. Pemanfaatan sampah dalam kehidupan seharihari
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Setiap kelompok diberikan satu set kartu kartu kartu
kata
7. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
8. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “pekerjaan orang tuaku”.
9. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa pergi ke lapangan untuk melakukan kegiatan
olahraga.
o
Guru mendampingi
siswa menuju ke lapangan, kemudian memberi instruksi untuk pemanasan.
Pemanasan dilakukan minimal 10 menit, ditekankan pada dominasi anggota tubuh
yang akan dilatih.
o
Siswa memeragakan aktivitas lempar tangkap bola
kecil berdasarkan contoh yang diberikan guru. Bola bisa dibuat dengan
menggunakan kertas bekas yang diremas menjadi bulat dan diperkuat dengan karet.
o
Siswa mempraktikkan keterampilan melempar dan
menangkap bola dalam permainan kasti. (Penilaian no. 3)
-
Permainan kasti merupakan salah satu permainan bola
kecil. Permainan ini dimainkan oleh dua regu, yakni regu pemukul dan regu
penjaga. Regu pemukul berusaha mendapat nilai dengan memukul bola, kemudian
berlari mengelilingi lapangan.
-
Sebaliknya, regu penjaga berusaha menangkap bola
serta mematikan regu pemukul.
-
Regu yang banyak mengumpulkan nilai menjadi
pemenangnya. Permainan sederhana ini dapat dimainkan di lapangan yang tidak
begitu luas. Alat yang dibutuhkan dalam permainan kasti adalah bola karet dan
pemukul kayu.
o
Setelah
mempraktikkan permainan kasti, guru bertanya kepada siswa:
-
Bagaimana
perasaanmu setelah bermain kasti?
-
Keterampilan apa
yang dibutuhkan dalam bermain kasti? (melempar dan memukul bola, berlari
cepat)
-
Sikap apa yang
dibutuhkan dalam bermain kasti? (pantang menyerah, berusaha)
-
Jika kamu anggota
regu kasti dan anggota-anggota yang lain memiliki perbedaan sifat dan
kemampuan dengan anggota lain, bagaimana kamu menyikapi perbedaan tersebut?
o
Siswa membaca
teks tentang pekerjaan seorang tentang seorang pekerja pengrajin barang
bekas.
o
Guru menguatkan
kepada siswa tentang nilai-nilai yang dapat dicontoh dari pengrajin barang
bekas.
o
Siswa akan
membaca teks tentang pengolahan sampah.
o
Siswa membuat
peta pikiran dari teks yang dibacanya. (Penilaian no. 2)
o
Siswa membuat bunga dari kertas bekas. (Penilaian
no. 1)
o
Siswa membaca terlebih dahulu langkah-langkah
pembuatannya. Bunga dari Kertas
Koran/Majalah
o
Siswa mengerjakan
soal-soal perenungan yang ada di buku siswa.
o
Guru dapat
menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.
Pengayaan:
o
Siswa membuat
bunga kertas tadi di rumah.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan
akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
1. Daftar periksa untuk produk bunga kertas (SBdP)
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Menggunting dengan teknik yang benar
|
|
|
Membuat bunga dengan teknik yang benar
|
|
|
Kerapian
kerja
|
|
|
Ketepatan
penyelesaian
|
|
|
2. Daftar periksa
untuk produk peta pikiran (Bahasa Indonesia dan IPA)
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Menjelaskan
tentang reduce dan contohnya
|
|
|
Menjelaskan tentang reuse dan contohnya
|
|
|
Menjelaskan tentang recycle dan contohnya
|
|
|
Menjelaskan tentang replace dan contohnya
|
|
|
3. Daftar
periksa untuk produk lempar tangkap bola (PJOK)
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Melempar bola melambung dengan teknik yang benar.
|
|
|
Melempar bola mendatar dan lurus dengan teknik yang
benar
|
|
|
Melempar bola rendah dengan teknik yang benar.
|
|
|
Menangkap bola datar dengan teknik benar.
|
|
|
Menangkap bola melengkung dengan teknik benar.
|
|
|
Menangkap bola rata tanah dengan teknik benar.
|
|
|
Menangkap bola lurus rata dada dengan teknik benar
|
|
|
4. Penilaian Sikap (cinta lingkungan, rasa ingin tahu, dan kreatif).
terlampir
F. Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Kertas bekas.
Mengetahui,
Kepala SD 3 Beureunuen
CHAIRUNNISA,
S.Pd
NIP 19700312
199402 2 002
|
|
......,
........................ 20 .....
Guru Kelas IV
BACHTIAR,
S.Pd
NIP.19800611 200504 1 001
|
MEDIA
TEMA 4 KELAS 4 SUB 3 PB 1
TEMA 4 KELAS 4 SUB 3 PB 2
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment