RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Neg. 3 Beureunuen
Kelas/Semester : 4/1
Tema 4 :
Berbagai Pekerjaan
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Pekerjaan
Orang Tuaku/ 2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
2.3 Memiliki perilaku santun dan jujur tentang
jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan
sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3 Menggali informasi dari teks wawancara tentang
jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi dengan bantuan
guru serta teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku
4.3 Mengolah dan menyajikan teks wawancara tentang
jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator:
o Menyimpulkan hasil wawancara dengan orang tuanya mengenai pekerjaan
(jenis pekerjaan, kegiatan, dan teknologi yang digunakan)
b) IPS
Kompetensi Dasar:
1.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah
menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran, dan
peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.1 Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas
antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan
pendidikan
4.1 Menceriterakan tentang hasil bacaan mengenai
pengertian ruang, konektivitas antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam
waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya
Indikator:
o Membandingkan pekerjaan nelayan tradisional dan modern dalam bentuk
diagram venn
o Menjelaskan kegiatan ekonomi yang terjadi pada jual beli ikan
c) Matematika
Kompetensi Dasar:
2.1 Menunjukkan
perilaku patuh, tertib dan mengikuti
prosedur dalam melakukan operasi hitung campuran.
3.14 Menentukan
hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling
persegi panjang
4.9 Mengembangkan,
dan membuat berbagai pola numerik dan geometris
Indikator:
o Menyelesaikan masalah yang tekait dengan luas bangun datar
d) IPA
Kompetensi Dasar:
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari
hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran
Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama
yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung
jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan
fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.7 Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya
alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.6 Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan
pemanfaatannya oleh masyarakat
Indikator:
o Menjelaskan akibat eksplorasi ikan tidak ramah lingkungan
C. Materi Pembelajaran :
o Diagram venn
o Masalah yang tekait dengan luas bangun datar
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Setiap kelompok diberikan satu set kartu kartu kartu
kata
7. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
8. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “pekerjaan orang tuaku”.
9. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa membaca teks tentang cerita nelayan.
o
Siswa menjawab pertanyaan tentang teks.
o
Siswa membuat diagram venn persamaan dan perbedaan
nelayan tradisional dan modern. (Penilaian no. 1)
o
Awalnya berikan
contoh yang mudah kepada siswa tentang pembuatan diagram Venn.
o
Siswa memberikan pendapatnya tentang penangkapan ikan
dengan menggunakan peralatan modern.
o
Guru berkeliling
untuk mengetahui apakah siswa memiliki kesulitan dalam menyelesaikan tugas.
o
Guru menguatkan
bahwa pengambilan sumber daya alam tidak baik jika berlebihan.
o
Siswa
menganalisis kegiatan ekonomi yang terjadi pada proses jual beli ikan.
o
Guru menguatkan
bahwa ikan bisa sampai ke meja makan melalui rangkaian yang panjang. Siswa
diharapkan bisa menghargai makanan (ikan) yang mereka makan.
o
Siswa mengerjakan soal-soal matematika di buku siswa.
(Penilaian no. 2)
o
Siswa mengamati gambar bom ikan dan pukat harimau.
o
Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan
berdasarkan gambar yang mereka amati.
o
Guru mendiskusikan pertanyaan siswa secara klasikal
o
Siswa akan menganalisis penggunaan pukat harimau dan
bahan peledak dari teks yang dibaca. Siswa akan memberikan pendapatnya
tentang penggunaan alat tersebut. (Penilaian no. 3)
o
Siswa saling bertukar pendapat dengan temannya.
o
Guru menguatkan bahwa pukat harimau dan bahan
peledak tidak boleh digunakan karena dapat merusak sumber daya laut.
o
Siswa menceritakan pekerjaan orang tuanya. Siswa
menulis dari hasil wawancara dengan orang tua. Hal-hal yang harus ada di
dalam cerita adalah jenis pekerjaan, kegiatan, dan teknologi yang digunakan
dengan menggunakan kata-kata baku. (Penilaian no. 1)
o
Siswa mengerjakan
soal-soal perenungan yang ada di buku siswa.
o
Guru dapat
menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.
Pengayaan
o
Siswa mengerjakan
luas dan keliling dari bangun gabungan.
o
Hitunglah luas
dan keliling bangun berikut jika panjang sisi setiap persegi kecil 5 cm.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran
sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan
akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
1. Daftar periksa untuk produk diagram Venn (IPS)
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Menuliskan
persamaan dari nelayan tradisional dan modern
dengan benar
|
||
Menuliskan
perbedaan dari nelayan tradisional dan modern
dengan benar.
|
2.
Lembar kerja: Soal-soal bangun gabungan dinilai dengan nilai angka (Matematika)
3.
Daftar periksa
lembar kerja tentang kerusakan lingkungan (IPA)
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Menjelaskan
dampak dari pengambilan ikan dengan pukat
harimau.
|
||
Menjelaskan dampak dari pengambilan ikan dengan bom ikan
|
||
Memberikan
ide cara penangkapan ikan yang tidak merusak
lingkungan.
|
4. Daftar periksa untuk produk cerita pekerjaan orang tua (Bahasa
Indonesia)
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Menuliskan jenis pekerjaan
|
||
Kegiatan yang dilakukan
|
||
Teknologi yang digunakan
|
||
Menggunakan kata baku dan tidak baku.
|
5. Penilaian Sikap
(cinta lingkungan, rasa ingin tahu, dan teliti). terlampir
F. Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
Mengetahui,
Kepala SD 3 Beureunuen
CHAIRUNNISA,
S.Pd
NIP 19700312
199402 2 002
|
......,
........................ 20 .....
Guru Kelas IV
BACHTIAR,
S.Pd
NIP.19800611 200504 1 001
|
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment