Home » » TEMA 4 KELAS 4 SUB 3 PB 2

TEMA 4 KELAS 4 SUB 3 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 3 November 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Neg. 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : 4/1
Tema 4                                        : Berbagai Pekerjaan
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Pekerjaan Orang Tuaku/ 2
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
2.3  Memiliki perilaku santun dan jujur tentang jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.4  Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3  Menggali informasi dari teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi dengan bantuan guru serta teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.3  Mengolah dan menyajikan teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

Indikator:
o   Menyimpulkan hasil wawancara dengan orang tuanya mengenai pekerjaan (jenis pekerjaan, kegiatan, dan teknologi yang digunakan)

b) IPS
Kompetensi Dasar:
1.3  Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3  Menunjukkan perilaku santun, toleran, dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.1  Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
4.1  Menceriterakan tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya

Indikator:
o   Membandingkan pekerjaan nelayan tradisional dan modern dalam bentuk diagram venn
o   Menjelaskan kegiatan ekonomi yang terjadi pada jual beli ikan

c) Matematika
Kompetensi Dasar:
2.1 Menunjukkan perilaku patuh,  tertib dan mengikuti prosedur dalam melakukan operasi hitung campuran.
3.14 Menentukan hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling persegi panjang
4.9 Mengembangkan, dan membuat berbagai pola numerik dan geometris

Indikator:
o    Menyelesaikan masalah yang tekait dengan luas bangun datar

d) IPA
Kompetensi Dasar:
1.1  Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
2.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.7  Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.6  Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat

Indikator:
o   Menjelaskan akibat eksplorasi ikan tidak ramah lingkungan

C. Materi Pembelajaran :
o   Diagram venn
o   Masalah yang tekait dengan luas bangun datar

  D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Setiap kelompok diberikan satu set kartu kartu kartu kata
7.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
8.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “pekerjaan orang tuaku”.
9.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa membaca teks tentang cerita nelayan.
o   Siswa menjawab pertanyaan tentang teks.
o   Siswa membuat diagram venn persamaan dan perbedaan nelayan tradisional dan modern. (Penilaian no. 1)
o   Awalnya berikan contoh yang mudah kepada siswa tentang pembuatan diagram Venn.
o   Siswa memberikan pendapatnya tentang penangkapan ikan dengan menggunakan peralatan modern.
o   Guru berkeliling untuk mengetahui apakah siswa memiliki kesulitan dalam menyelesaikan tugas.
o   Guru menguatkan bahwa pengambilan sumber daya alam tidak baik jika berlebihan.
o   Siswa menganalisis kegiatan ekonomi yang terjadi pada proses jual beli ikan.
o   Guru menguatkan bahwa ikan bisa sampai ke meja makan melalui rangkaian yang panjang. Siswa diharapkan bisa menghargai makanan (ikan) yang mereka makan.
o   Siswa mengerjakan soal-soal matematika di buku siswa. (Penilaian no. 2)
o   Siswa mengamati gambar bom ikan dan pukat harimau.
o   Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan berdasarkan gambar yang mereka amati.
o   Guru mendiskusikan pertanyaan siswa secara klasikal
o   Siswa akan menganalisis penggunaan pukat harimau dan bahan peledak dari teks yang dibaca. Siswa akan memberikan pendapatnya tentang penggunaan alat tersebut. (Penilaian no. 3)
o   Siswa saling bertukar pendapat dengan temannya.
o   Guru menguatkan bahwa pukat harimau dan bahan peledak tidak boleh digunakan karena dapat merusak sumber daya laut.
o   Siswa menceritakan pekerjaan orang tuanya. Siswa menulis dari hasil wawancara dengan orang tua. Hal-hal yang harus ada di dalam cerita adalah jenis pekerjaan, kegiatan, dan teknologi yang digunakan dengan menggunakan kata-kata baku. (Penilaian no. 1)
o   Siswa mengerjakan soal-soal perenungan yang ada di buku siswa.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.

Pengayaan
o   Siswa mengerjakan luas dan keliling dari bangun gabungan.
o   Hitunglah luas dan keliling bangun berikut jika panjang sisi setiap persegi kecil 5 cm.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit


E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.  Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan         pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.

b.   Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).


2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).

           
Penilaian
1.      Daftar periksa untuk produk diagram Venn (IPS)

Kriteria
Keterangan
Sudah
Belum
Menuliskan persamaan dari nelayan tradisional dan modern
dengan benar


Menuliskan perbedaan dari nelayan tradisional dan modern
dengan benar.



2.      Lembar kerja: Soal-soal bangun gabungan dinilai dengan nilai angka (Matematika)
3.      Daftar periksa lembar kerja tentang kerusakan lingkungan (IPA)
Kriteria
Keterangan
Sudah
Belum
Menjelaskan dampak dari pengambilan ikan dengan pukat
harimau.


Menjelaskan dampak dari pengambilan ikan dengan bom ikan


Memberikan ide cara penangkapan ikan yang tidak merusak
lingkungan.



4. Daftar periksa untuk produk cerita pekerjaan orang tua (Bahasa Indonesia)

Kriteria
Keterangan
Sudah
Belum
Menuliskan jenis pekerjaan


Kegiatan yang dilakukan


Teknologi yang digunakan


Menggunakan kata baku dan tidak baku.



5. Penilaian Sikap (cinta lingkungan, rasa ingin tahu, dan teliti). terlampir


F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa


Mengetahui,
Kepala SD 3 Beureunuen



CHAIRUNNISA, S.Pd
NIP 19700312 199402 2 002

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas IV



BACHTIAR, S.Pd
NIP.19800611 200504 1 001





MEDIA

TEMA 4 KELAS 4 SUB 3 PB 2

TEMA 4 KELAS 4 SUB 3 PB 2



Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors