Home » » TEMA 4 KELAS 4 SUB 3 PB 1

TEMA 4 KELAS 4 SUB 3 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 3 November 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Neg. 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : 4/1
Tema 4                                        : Berbagai Pekerjaan
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Pekerjaan Orang Tuaku/ 1
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
Kompetensi Dasar:
1.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran, dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.1 Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
4.1 Menceriterakan tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya

Indikator:
o   Membandingkan alat-alat yang digunakan untuk pekerjaan dari masa ke masa
o   Memprediksi alat-alat yang digunakan untuk pekerjaannya di masa mendatang

b) Matematika
Kompetensi Dasar:
2.1  Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan mengikuti prosedur dalam melakukan operasi hitung campuran.
3.14 Menentukan hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling persegi panjang
4.9  Mengembangkan dan membuat berbagai pola numerik dan geometris

Indikator:
o   Menyelesaikan masalah yang tekait dengan luas bangun datar.
c) IPA
Kompetensi Dasar:
1.1  Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
2.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas seharihari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.7  Mendeskrisikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.6 Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan di kehidupan sehari-hari serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut

Indikator:
o   Membandingkan penggunaan teknologi dalam hal membantu pekerjaan dari masa ke masa.
o   Memberikan ide cara menjaga kesuburan tanah

d) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
2.3 Memiliki perilaku santun dan jujur tentang jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3 Menggali informasi dari teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.3 Mengolah dan menyajikan teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

Indikator:
o   Mendesain kalimat pertanyaan untuk wawancara tentang pekerjaan orang tua di rumah

C. Materi Pembelajaran :
o   Alat-alat yang digunakan untuk pekerjaan dari masa ke masa
o   Masalah yang tekait dengan luas bangun datar
o   Cara menjaga kesuburan tanah
o   Wawancara tentang pekerjaan orang tua di rumah

  D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Setiap kelompok diberikan satu set kartu kartu kartu kata
7.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
8.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “pekerjaan orang tuaku”.
9.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa diminta mengamati gambar perkembangan teknologi yang digunakan untuk membajak sawah.
o   Siswa mengamati perbedaan teknologi yang digunakan pada kedua masa tersebut.
o   Siswa membuat pertanyaan berdasarkan gambar yang diamati. Guru secara klasikal mendiskusikan pertanyaan yang siswa buat
-          Guru berkeliling untuk mengetahui apakah siswa
-          memiliki kesulitan dalam menyelesaikan tugas.
-          Guru dan siswa menyimpulkan perkembangan
-          teknologi.
o   Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan gambar.
o   Siswa mendiskusikan jawaban secara berkelompok (satu kelompok terdiri atas 5 siswa).
o   Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
o   Berikan motivasi agar siswa berani mengungkapkan pendapatnya. Guru memotivasi kelompok lain untuk memberikan pendapat/komentar saat presentasi selesai. Guru menguatkan tentang perubahan teknologi dari masa ke masa.
o   Siswa menganalisis perkembangan teknologi telekomunikasi.
o   Siswa memprediksi jenis telepon yang bias digunakan di masa depan.
o   Pada saat menganalisis gambar, guru memberikan pertanyaan kepada siswa:
-          Apakah ada perbedaan bentuk dari telepon?
-          Mana yang lebih memudahkan penggunaannya?
o   Semua siswa menceritakan perubahan teknologi yang digunakan oleh orang tuanya. (Penilaian no. 3)
o   Misalkan ketika masa lalu menggunakan kompor tungku sekarang menggunakan kompor gas.
o   Guru meminta setiap siswa untuk menyampaikan tulisannya kepada temannya.
o   Siswa membaca teks “Penggunaan Pupuk” . Siswa mengambil informasi penting dari teks yang dibacanya.
o   Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang diberikan. Guru mendiskusikan hasil jawaban tersebut di depan kelas. (Penilaian no. 4)
o   Guru memberikan penguatan tentang dampak dari penggunaan pupuk buatan dan pestisida terhadap lingkungan.
o   Siswa bereksplorasi tentang luas dan keliling bangun gabungan.
o   Guru menguatkan bahwa luas bangun gabungan didapatkan dengan menjumlahkan luas tiap bangun pembentuknya. Sementara keliling didapatkan dengan menjumlahkan sisi terluarnya.
o   Siswa mengerjakan soal tentang luas gabungan bangun datar.
o   Guru mengingatkan siswa untuk mengerjakan sesuai dengan langkah problem solving (diberikan di tema 3)
o   Guru bisa meminta siswa untuk memotong bangun gabungan tersebut dan menulis panjang setiap sisinya. Guru berkeliling untuk memeriksa pekerjaan siswa.
o   Guru meminta siswa untuk menukar jawaban kepada teman sebelahnya.
o   Guru membahas jawaban. Guru memberi penguatan tentang konsep luas bangun gabungan
o   Guru meminta siswa mencari informasi tentang pekerjaan orang tua. Awalnya siswa membuat pertanyaan. (Penilaian no. 2)
o   Siswa membuat kesimpulan hasil wawancara di pertemuan selanjutnya.
o   Guru mengingatkan siswa untuk menanyakan nama pekerjaan, jenisnya, kegitan yang dilakukan, teknologi yang digunakan dulu dan sekarang.
o   Siswa menuliskan hal-hal yang sudah dipelajari (sesuai dengan kegiatan perenungan yang ada di buku siswa).
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.

Pengayaan
o   Siswa mengerjakan soal matematika tentang menghitung luas

Remedial
o   Siswa yang belum paham tentang luas bangunan akan mendapatkan latihan tambahan dari guru selama 30 menit.
o   Guru menyiapkan potongan-potongan bangun datar untuk membantu siswa memahami konsep.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit


E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.    Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan                   pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.

b.   Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes                   lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).



Penilaian
1.      Lembar kerja: Soal-soal bangun gabungan dinilai dengan nilai angka (Matematika)
2.      Daftar periksa untuk produk daftar pertanyaan (Bahasa Indonesia)

Kriteria
Keterangan
Sudah
Belum
Pertanyaan yang dibuat memuat jenis pekerjaan orang tua


Pertanyaan yang dibuat memuat kegiatan yang dilakukan
pekerjaan orang tua


Pertanyaan yang dibuat memuat perkembangan teknologi


Kalimat tanya yang digunakan memuat kata tanya


Tanda baca tepat



3.      Daftar periksa untuk produk cerita peralatan yang digunakan oleh orang tua (IPS)
Kriteria
Keterangan
Sudah
Belum
Menuliskan perkembangan teknologi yang digunakan orang tua


Menuliskan dampak dampak dari perkembangan



4.        Daftar periksa lembar kerja penggunaan pupuk dan pestisida (IPA)

Kriteria
Keterangan
Sudah
Belum
Menuliskan dampak dari penggunaan pupuk buatan berlebihan


Menuliskan dampak dari penggunaan pestisida berlebihan


Menuliskan hal-hal yang bisa dilakukan untuk menjaga
kesuburan tanah



5. Penilaian Sikap (cinta lingkungan, rasa ingin tahu, dan teliti). terlampir

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Kertas bekas.


Mengetahui,
Kepala SD 3 Beureunuen



CHAIRUNNISA, S.Pd
NIP 19700312 199402 2 002

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas IV



BACHTIAR, S.Pd
NIP.19800611 200504 1 001


MEDIA

TEMA 4 KELAS 4 SUB 3 PB 1

TEMA 4 KELAS 4 SUB 3 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors