RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Neg. 3 Beureunuen
Kelas/Semester : 4/1
Tema 4 :
Berbagai Pekerjaan
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Pekerjaan
Orang Tuaku/ 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
Kompetensi Dasar:
1.3 Menerima
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan
perilaku santun, toleran, dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan
lingkungan dan teman sebaya
3.1 Mengenal
manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan
dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
4.1 Menceriterakan
tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas antar ruang, perubahan,
dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat
di sekitarnya
Indikator:
o Membandingkan
alat-alat yang digunakan untuk pekerjaan dari masa ke masa
o Memprediksi alat-alat
yang digunakan untuk pekerjaannya di masa mendatang
b) Matematika
Kompetensi Dasar:
2.1 Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan
mengikuti prosedur dalam melakukan operasi hitung campuran.
3.14 Menentukan
hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling
persegi panjang
4.9 Mengembangkan dan membuat berbagai pola
numerik dan geometris
Indikator:
o Menyelesaikan masalah
yang tekait dengan luas bangun datar.
c) IPA
Kompetensi Dasar:
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari
hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran
Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama
yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung
jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas seharihari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan
fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.7 Mendeskrisikan hubungan antara sumber daya
alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.6 Menyajikan
laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
4.7 Menyajikan
laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan di kehidupan sehari-hari
serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut
Indikator:
o Membandingkan
penggunaan teknologi dalam hal membantu pekerjaan dari masa ke masa.
o Memberikan ide cara
menjaga kesuburan tanah
d) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
2.3 Memiliki
perilaku santun dan jujur tentang jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.4 Memiliki
kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3 Menggali
informasi dari teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta
kegiatan ekonomi dan koperasi dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.3 Mengolah dan
menyajikan teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta
kegiatan ekonomi dan koperasi secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator:
o Mendesain kalimat pertanyaan untuk wawancara tentang pekerjaan orang tua
di rumah
C. Materi Pembelajaran :
o
Alat-alat yang digunakan untuk pekerjaan dari masa ke
masa
o
Masalah yang tekait dengan luas bangun datar
o
Cara menjaga kesuburan tanah
o
Wawancara tentang
pekerjaan orang tua di rumah
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Setiap
kelompok diberikan satu set kartu kartu kartu kata
7.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
8.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “pekerjaan orang tuaku”.
9.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa diminta mengamati gambar perkembangan teknologi
yang digunakan untuk membajak sawah.
o
Siswa mengamati perbedaan teknologi yang digunakan pada
kedua masa tersebut.
o
Siswa membuat pertanyaan berdasarkan gambar yang
diamati. Guru secara klasikal mendiskusikan pertanyaan yang siswa buat
-
Guru berkeliling
untuk mengetahui apakah siswa
-
memiliki kesulitan
dalam menyelesaikan tugas.
-
Guru dan siswa
menyimpulkan perkembangan
-
teknologi.
o
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan gambar.
o
Siswa mendiskusikan jawaban secara berkelompok (satu
kelompok terdiri atas 5 siswa).
o
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
o
Berikan motivasi agar siswa berani mengungkapkan
pendapatnya. Guru memotivasi kelompok
lain untuk memberikan pendapat/komentar saat presentasi selesai. Guru
menguatkan tentang perubahan teknologi dari masa ke masa.
o
Siswa menganalisis perkembangan teknologi telekomunikasi.
o
Siswa memprediksi jenis telepon yang bias digunakan
di masa depan.
o
Pada saat menganalisis gambar, guru memberikan pertanyaan
kepada siswa:
-
Apakah ada
perbedaan bentuk dari telepon?
-
Mana yang lebih
memudahkan penggunaannya?
o
Semua siswa menceritakan perubahan teknologi yang
digunakan oleh orang tuanya. (Penilaian no. 3)
o
Misalkan ketika masa lalu menggunakan kompor tungku
sekarang menggunakan kompor gas.
o
Guru meminta setiap siswa untuk menyampaikan tulisannya
kepada temannya.
o
Siswa membaca teks “Penggunaan Pupuk” . Siswa
mengambil informasi penting dari teks yang dibacanya.
o
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang
diberikan. Guru mendiskusikan hasil jawaban tersebut di depan kelas.
(Penilaian no. 4)
o
Guru memberikan penguatan tentang dampak dari
penggunaan pupuk buatan dan pestisida terhadap lingkungan.
o
Siswa bereksplorasi tentang luas dan keliling bangun
gabungan.
o
Guru menguatkan bahwa luas bangun gabungan
didapatkan dengan menjumlahkan luas tiap bangun pembentuknya. Sementara
keliling didapatkan dengan menjumlahkan sisi terluarnya.
o Siswa mengerjakan
soal tentang luas gabungan bangun datar.
o
Guru mengingatkan siswa untuk mengerjakan sesuai
dengan langkah problem solving (diberikan di tema 3)
o
Guru bisa meminta siswa untuk memotong bangun
gabungan tersebut dan menulis panjang setiap sisinya. Guru berkeliling untuk
memeriksa pekerjaan siswa.
o
Guru meminta siswa untuk menukar jawaban kepada
teman sebelahnya.
o
Guru membahas jawaban. Guru memberi penguatan
tentang konsep luas bangun gabungan
o
Guru meminta siswa mencari informasi tentang pekerjaan
orang tua. Awalnya siswa membuat pertanyaan. (Penilaian no. 2)
o
Siswa membuat kesimpulan hasil wawancara di pertemuan
selanjutnya.
o
Guru mengingatkan siswa untuk menanyakan nama
pekerjaan, jenisnya, kegitan yang dilakukan, teknologi yang digunakan dulu
dan sekarang.
o
Siswa menuliskan
hal-hal yang sudah dipelajari (sesuai dengan kegiatan perenungan yang ada di
buku siswa).
o
Guru dapat
menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.
Pengayaan
o
Siswa mengerjakan
soal matematika tentang menghitung luas
Remedial
o
Siswa yang belum
paham tentang luas bangunan akan mendapatkan latihan tambahan dari guru
selama 30 menit.
o
Guru menyiapkan
potongan-potongan bangun datar untuk membantu siswa memahami konsep.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran
sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan
akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
1.
Lembar kerja: Soal-soal
bangun gabungan dinilai dengan nilai angka (Matematika)
2.
Daftar periksa
untuk produk daftar pertanyaan (Bahasa Indonesia)
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Pertanyaan yang dibuat memuat jenis pekerjaan orang
tua
|
|
|
Pertanyaan
yang dibuat memuat kegiatan yang dilakukan
pekerjaan orang tua
|
|
|
Pertanyaan
yang dibuat memuat perkembangan teknologi
|
|
|
Kalimat
tanya yang digunakan memuat kata tanya
|
|
|
Tanda
baca tepat
|
|
|
3. Daftar periksa untuk produk cerita peralatan yang digunakan oleh orang
tua (IPS)
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Menuliskan
perkembangan teknologi yang digunakan orang tua
|
|
|
Menuliskan dampak dampak dari perkembangan
|
|
|
4.
Daftar periksa
lembar kerja penggunaan pupuk dan pestisida (IPA)
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Menuliskan dampak dari penggunaan pupuk buatan
berlebihan
|
|
|
Menuliskan dampak dari penggunaan pestisida
berlebihan
|
|
|
Menuliskan
hal-hal yang bisa dilakukan untuk menjaga
kesuburan tanah
|
|
|
5.
Penilaian Sikap (cinta lingkungan, rasa ingin tahu, dan teliti). terlampir
F. Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Kertas bekas.
Mengetahui,
Kepala SD 3 Beureunuen
CHAIRUNNISA,
S.Pd
NIP 19700312
199402 2 002
|
|
......,
........................ 20 .....
Guru Kelas IV
BACHTIAR,
S.Pd
NIP.19800611 200504 1 001
|
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment