RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 1 Beureunuen
Kelas/Semester : I/I
Tema 4 : Keluargaku
Sub
Tema 3/ Pembelajaran :
Keluarga Besarku/ 6
Alokasi
Waktu : 1 hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) Matematika
Kompetensi Dasar:
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap
cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta
tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.5 Mengenal bangun
datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah,
sekolah, atau tempat bermain.
4.7 Membentuk dan
menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang
sudah ada.
Indikator:
o Menyebutkan nama berbagai bangun datar.
o Membuat bangun baru dari bangun datar yang disediakan.
b) PJOK
Kompetensi Dasar:
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.1 Berperilaku
sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta
dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai
dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan
usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai
dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan
usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
Indikator:
o Mengidentifikasi gerak lokomotor pada permainan sederhana.
o Mempraktikkan gerak lokomotor melalui permainan sederhana..
c) PPKn
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah
2.3 Menunjukkan
perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
3.3 Mengenal
keberagaman karateristik individu di rumah dan di sekolah.
4.4 Mengamati dan
menceriterakan keberagaman karateristik individu di rumah dan sekolah.
Indikator:
o Mengidentifikasi cara bekerjasama untuk memenangkan pertandingan secara
berkelompok.
o Menceritakan pengalaman saat mengikuti permainan bersama teman
C. Materi Pembelajaran :
1. Nama berbagai bangun datar.
2. Gerak lokomotor pada permainan sederhana.
3. Permainan bersama teman
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “keluarga besarku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
10 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
1.
Guru mengajak
siswa bermain di lapangan.
2.
Siapkan empat
buah lintasan untuk berlari dan empat buah ember berisi benda-benda berbentuk
bangun datar lingkaran, persegi, segitiga, dan persegi panjang
3.
Bagi siswa
menjadi empat kelompok besar.
4.
Setiap kelompok
menempati satu lintasan.
5.
Siswa harus
mengumpulkan benda-benda berbentuk lingkaran, persegi, segitiga dan persegi
panjang sebanyak-banyaknya dalam waktu 10 menit.
6.
Siswa pertama
berjalan mengambil benda berbentuk lingkaran dan berlari menuju tempat
semula.
7.
Siswa kedua
berjalan mengambil benda berbentuk persegi dan berlari menuju tempat semula.
8.
Siswa ketiga
berjalan mengambil benda berbentuk segitiga dan berlari menuju tempat semula.
9.
Siswa keempat
berjalan mengambil benda berbentuk persegi panjang dan berlari menuju tempat
semula.
10. Demikian seterusnya siswa melakukan bergiliran
hingga semua peserta mendapatkan giliran dan kartu yang disediakan habis.
11. Setiap kelompok diminta untuk mencoba menyusun semua
bangun datar yang dikumpulkan membentuk bangan baru.
12. Kelompok yang mengumpulkan benda paling banyak dan
dapat membentuk bangun baru menggunakan semua kartu yang diperoleh, menjadi
pemenang.
13. Setelah selesai bermain, ajak siswa untuk berkumpul melepas
lelah.
14. Siswa menyampaikan pendapat mengenai hasil perlombaan
sebelumnya. Bagi yang menang diminta pendapatnya kenapa mereka bisa menang,
dan seterusnya.
15. Diskusi diarahkan pada tema bahwa kita harus menghargai
berbagai kemampuan teman, dan harus meningkatkan kerjasama dalam setiap
kelompok jika ingin mendapatkan hasil yang terbaik.
16. Siswa diminta menceritakan pengalaman saat mengikuti
permainan bersama teman
Kegiatan
remedial:
1.
Semua siswa
peserta remedial dikumpulkan berdasarkan materi yang akan diremedialkan.
2.
Untuk remedial soal
cerita penjumlahan dan pengurangan siswa diberi soal latihan dan diberi
penjelasan terlebih dahulu.
3.
Untuk remedial
latihan mengenal kosakata anggota keluarga besar, gunakan kartu kata untuk
membantu siswa berlatih membaca.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian ( Penilaian Sikap, Pengetahuan,
dan Ketrampilan)
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay
(uraian).
PENILAIAN
1. Pengamatan Sikap.
No
|
Nama Siswa
|
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerja sama
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian
pengetahuan:
Instrumen penilaian: tes tertulis (buku siswa)
3.
Penilaian keterampilan:
a. Observasi
(Pengamatan) Berolahraga Bersama Teman
No
|
Kriteria
|
Baik (√)
|
Kurang (√)
|
1.
|
Kemampuan berlari
|
|
|
2.
|
Kemampuan berjalan
|
|
|
3.
|
Kemampuan
menentukan bentukbenda
|
|
|
4.
|
Kemampuan bekerjasama
|
|
|
b. Observasi (Pengamatan) Kegiatan Diskusi
No
|
Kriteria
|
Baik (√)
|
Kurang (√)
|
1.
|
Antusias dalam diskusi
|
|
|
2.
|
Kemampuan bertanya jawab
|
|
|
F. Sumber dan Media
1. Buku Guru
2. Buku Siswa
3. Berbagai bentuk bangun datar lingkaran, persegi, segitiga, dan persegi
panjang
4. Empat buah ember.
Mengetahui, Beureunuen,
…, ….………, 2016
Kepala SD 3 Beureunuen Guru Kelas Kelas I B
CHAIRUNNISA S.Pd
ZULFARIAH
Nip. 19700312
199402 2 002 NIP:
19841109 200904 2 006
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Tuliskan dua sikap yang
harus dilakukan saat
memenangkan perlombaan.
1.
........................................................
2.
........................................................
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Susunlah
huruf-huruf di bawah ini menjadi kata.
Kata itu
harus berhubungan dengan keluarga besar.
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment