Home » » TEMA 4 KELAS 1 SUB 3 PB 6

TEMA 4 KELAS 1 SUB 3 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 2 November 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 1 Beureunuen
Kelas/Semester                            : I/I
Tema 4                                        : Keluargaku
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Keluarga Besarku/ 6
Alokasi Waktu                            : 1 hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) Matematika
Kompetensi Dasar:
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.5 Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
4.7 Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada.

Indikator:
o    Menyebutkan nama berbagai bangun datar.
o    Membuat bangun baru dari bangun datar yang disediakan.

b) PJOK
Kompetensi Dasar:
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.1  Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1  Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
Indikator:
o    Mengidentifikasi gerak lokomotor pada permainan sederhana.
o    Mempraktikkan gerak lokomotor melalui permainan sederhana..

c) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.3 Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
3.3 Mengenal keberagaman karateristik individu di rumah dan di sekolah.
4.4 Mengamati dan menceriterakan keberagaman karateristik individu di rumah dan sekolah.

Indikator:
o   Mengidentifikasi cara bekerjasama untuk memenangkan pertandingan secara berkelompok.
o   Menceritakan pengalaman saat mengikuti permainan bersama teman

C. Materi Pembelajaran :
1.       Nama berbagai bangun datar.
2.       Gerak lokomotor pada permainan sederhana.
3.       Permainan bersama teman

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “keluarga besarku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

10 menit
B.Kegiatan Inti
1.      Guru mengajak siswa bermain di lapangan.
2.      Siapkan empat buah lintasan untuk berlari dan empat buah ember berisi benda-benda berbentuk bangun datar lingkaran, persegi, segitiga, dan persegi panjang
3.      Bagi siswa menjadi empat kelompok besar.
4.      Setiap kelompok menempati satu lintasan.
5.      Siswa harus mengumpulkan benda-benda berbentuk lingkaran, persegi, segitiga dan persegi panjang sebanyak-banyaknya dalam waktu 10 menit.
6.      Siswa pertama berjalan mengambil benda berbentuk lingkaran dan berlari menuju tempat semula.
7.      Siswa kedua berjalan mengambil benda berbentuk persegi dan berlari menuju tempat semula.
8.      Siswa ketiga berjalan mengambil benda berbentuk segitiga dan berlari menuju tempat semula.
9.      Siswa keempat berjalan mengambil benda berbentuk persegi panjang dan berlari menuju tempat semula.
10.  Demikian seterusnya siswa melakukan bergiliran hingga semua peserta mendapatkan giliran dan kartu yang disediakan habis.
11.  Setiap kelompok diminta untuk mencoba menyusun semua bangun datar yang dikumpulkan membentuk bangan baru.
12.  Kelompok yang mengumpulkan benda paling banyak dan dapat membentuk bangun baru menggunakan semua kartu yang diperoleh, menjadi pemenang.
13.  Setelah selesai bermain, ajak siswa untuk berkumpul melepas lelah.
14.  Siswa menyampaikan pendapat mengenai hasil perlombaan sebelumnya. Bagi yang menang diminta pendapatnya kenapa mereka bisa menang, dan seterusnya.
15.  Diskusi diarahkan pada tema bahwa kita harus menghargai berbagai kemampuan teman, dan harus meningkatkan kerjasama dalam setiap kelompok jika ingin mendapatkan hasil yang terbaik.
16.  Siswa diminta menceritakan pengalaman saat mengikuti permainan bersama teman

Kegiatan remedial:
1.      Semua siswa peserta remedial dikumpulkan berdasarkan materi yang akan diremedialkan.
2.      Untuk remedial soal cerita penjumlahan dan pengurangan siswa diberi soal latihan dan diberi penjelasan terlebih dahulu.
3.      Untuk remedial latihan mengenal kosakata anggota keluarga besar, gunakan kartu kata untuk membantu siswa berlatih membaca.
 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian ( Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Ketrampilan)
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    :  Essay (uraian).
PENILAIAN

1. Pengamatan Sikap.

No
Nama Siswa
Percaya Diri
Disiplin
Bekerja sama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM





















































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian pengetahuan:
    Instrumen penilaian: tes tertulis (buku siswa)

3. Penilaian keterampilan:

a. Observasi (Pengamatan) Berolahraga Bersama Teman

No
Kriteria
Baik (√)
Kurang (√)
1.
Kemampuan berlari



2.
Kemampuan berjalan


3.
Kemampuan menentukan bentukbenda



4.
Kemampuan bekerjasama




b. Observasi (Pengamatan) Kegiatan Diskusi
No
Kriteria
Baik (√)
Kurang (√)
1.
Antusias dalam diskusi



2.
Kemampuan bertanya jawab




F. Sumber dan Media
1.      Buku Guru
2.      Buku Siswa
3.      Berbagai bentuk bangun datar lingkaran, persegi, segitiga, dan persegi panjang
4.      Empat buah ember.


Mengetahui,                                                                Beureunuen, …, ….………, 2016
Kepala SD 3 Beureunuen                                           Guru Kelas Kelas I B




CHAIRUNNISA S.Pd                                              ZULFARIAH
Nip. 19700312 199402 2 002                                     NIP: 19841109 200904 2 006








LEMBAR KERJA SISWA

(LKS)

TEMA 4 KELAS 1 SUB 3 PB 6

Tuliskan dua sikap yang harus dilakukan saat
memenangkan perlombaan.
1. ........................................................
2. ........................................................


LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

Susunlah huruf-huruf di bawah ini menjadi kata.
Kata itu harus berhubungan dengan keluarga besar.


TEMA 4 KELAS 1 SUB 3 PB 6

TEMA 4 KELAS 1 SUB 3 PB 6

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors