Home » » TEMA 4 KELAS 1 SUB 3 PB 5

TEMA 4 KELAS 1 SUB 3 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 2 November 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 1 Beureunuen
Kelas/Semester                            : I/I
Tema 4                                        : Keluargaku
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Keluarga Besarku/ 5
Alokasi Waktu                            : 1 hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.1  Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.3  Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.5  Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.4  Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.4  Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Indikator:
o    Menyebutkan kosakata yang berhubungan dengan keluarga besar.
o    Membuat kalimat berdasarkan kosakata yang didengar dari teks bacaan.
o    Bermain peran tentang keluarga besar.
o    Membuat silsilah keluarga besar.

b) SBdP
Kompetensi Dasar:
1.1  Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.1  Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
3.4  Mengamati berbagai bahan, alat serta fungsinya dalam membuat prakarya.
4.14 Membuat karya kerajinan dari bahan alam hasil limbah di lingkungan rumah melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel.

Indikator:
o   Menyebutkan alat yang digunakan dalam membuat karya.
o   Menjelaskan cara menggunakan alat yang digunakan dalam membuat karya.
o    Membuat silsilah keluarga dengan teknik menggunting serta menempel potongan gambar bangun datar.

C. Materi Pembelajaran :
1.       Kosakata yang berhubungan dengan keluarga besar
2.       Silsilah keluarga besar
3.       Alat yang digunakan dalam membuat karya.
4.       Gambar bangun datar.

  D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “keluarga besarku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

10 menit
B.Kegiatan Inti
1.      Siswa diminta mengamati percakapan di buku siswa.
2.      Siswa diminta memperagakan percakapan pada buku siswa. Diskusikan bersama-sama isi dari percakapan tersebut.
3.      Siswa diminta mencari pasangan dan memerankan percakapan tersebut.
4.      Siswa memperhatikan penjelasan tentang silsilah keluarga (keturunan dan asal-usul).
5.      Siswa mengamati silsilah keluarga dan menanyakan pada siswa siapa saja anggota keluarga besar dan dimanakah posisinya pada silsilah keluarga.
6.      Siswa yang bisa menjawab dan telah ditunjuk oleh guru, diminta untuk menuliskan jawaban pada silsilah keluarga yang telah disiapkan oleh guru. Demikian seterusnya sampai seluruh diagram terisi.
7.      Siswa berlatih membaca dan menulis kalimat tentang keluarga besar menggunakan kosakata anggota keluarga besar yang terdapat di dalam buku siswa.
8.      Guru meminta siswa membuat silsilah keluarga dengan menggunakan kombinasi berbagai bentuk bangun datar sebagai diagramnya.
9.      Siswa dapat berkreasi dengan menghias silsilah keluarga yang telah disusun.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit


E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian ( Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Ketrampilan)
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).



2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    :  Essay (uraian).


                                                                                               



PENILAIAN

1. Pengamatan Sikap.

No
Nama Siswa
Percaya Diri
Disiplin
Bekerja sama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM





















































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian pengetahuan:
    Instrumen penilaian: tes tertulis (buku siswa)

3. Penilaian keterampilan:

a. Unjuk Kerja Membuat Silsilah Keluarga

No
Kriteria
Sangat Baik
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1.
Ketepatan dalam
mengisi silsilah
keluarga
Seluruh bagian dalam
silsilah keluarga
silsilah keluarga diisi
dengan tepat
Terdapat 1 kesalahan
dalam mengisi
silsilah keluarga
Terdapat 2 kesalahan
dalam mengisi
silsilah keluarga
Siswa belum mampu
mengisi silsilah
keluarga
2.
Jumlah bangun
datar yang
digunakan dalam
silsilah keluarga
4 bangun datar
3 bangun datar
2 bangun datar
1 bangun datar

Kerapian
menggunting
dan menempel
• Pola menggunting
terlihat halus
• Tidak terdapat
bekas lem di
sekitar bidang
penempelan
Pola menggunting
terlihat halus dan terdapat bekas lem
di sekitar bidang
penempelan atau sebaliknya
Pola menggunting
terlihat kasar dan terdapat bekas lem
di sekitar bidang
penempelan
Belum mampu
menggunting
dan menempel

b. Unjuk Kerja bermain peran
No
Kriteria
Sangat Baik
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1.
Ekspresi
Mimik wajah
dan gerak tubuh sesuai dengan dialog secara
konsisten
Mimik wajah
dan gerak tubuh sesuai dengan dialog namun kurang konsisten

Mimik wajah dan gerak tubuh tidak
sesuai dengan
dialog
Monoton, tanpa
ekspresi
2.
Lafal
Semua dialog
dilafalkan dengan tepat dan jelas
Ada 1-2 kata yang kurang tepat pelafalannya
Lebih dari dua kata belum tepat
Pelafalannya

Hampir semua
kata belum tepat
pelafalannya
3.
Intonansi
Intonansi sesuai
dengan dialog
secara konsisten
Intonansi sesuai dengan dialog namun kurang konsisten

Intonansi tidak
sesuai dengan
dialog
Tanpa intonansi
4.
Volume suara
Volume suara
keras dan jelas
Volume suara jelas
Volume suara
kurang jelas
Volume suara
sangat pelan dan
kurang jelas

F. Sumber dan Media
1.      Buku Guru
2.      Buku Siswa
3.      Kertas warna warni, gunting, dan lem.


Mengetahui,                                                                Beureunuen, …, ….………, 2016
Kepala SD 3 Beureunuen                                           Guru Kelas Kelas I B




CHAIRUNNISA S.Pd                                              ZULFARIAH
Nip. 19700312 199402 2 002                                     NIP: 19841109 200904 2 006


                                      




LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

TEMA 4 KELAS 1 SUB 3 PB 5

TEMA 4 KELAS 1 SUB 3 PB 5

MEDIA
TEMA 4 KELAS 1 SUB 3 PB 5

TEMA 4 KELAS 1 SUB 3 PB 5

TEMA 4 KELAS 1 SUB 3 PB 1
TEMA 4 KELAS 1 SUB 3 PB 2
TEMA 4 KELAS 1 SUB 3 PB 3

TEMA 4 KELAS 1 SUB 3 PB 4

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors