RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 1 Beureunuen
Kelas/Semester : I/I
Tema 4 : Keluargaku
Sub
Tema 3/ Pembelajaran :
Keluarga Besarku/ 5
Alokasi
Waktu : 1 hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa
bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di
tengah keberagaman bahasa daerah
2.3 Memiliki perilaku santun dan sikap kasih
sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal
kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau
bahasa daerah
3.4 Mengenal teks cerita diri/ personal tentang
keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal
tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator:
o Menyebutkan kosakata yang berhubungan dengan keluarga besar.
o Membuat kalimat berdasarkan kosakata yang didengar dari teks bacaan.
o Bermain peran tentang keluarga besar.
o Membuat silsilah keluarga besar.
b) SBdP
Kompetensi Dasar:
1.1 Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda
kekuasaan Tuhan
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih
mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
3.4 Mengamati berbagai bahan, alat serta fungsinya
dalam membuat prakarya.
4.14 Membuat karya
kerajinan dari bahan alam hasil limbah di lingkungan rumah melalui kegiatan
melipat, menggunting, dan menempel.
Indikator:
o Menyebutkan alat yang digunakan dalam membuat karya.
o Menjelaskan cara menggunakan alat yang digunakan dalam membuat karya.
o Membuat silsilah keluarga dengan teknik menggunting serta menempel
potongan gambar bangun datar.
C. Materi Pembelajaran :
1. Kosakata yang berhubungan dengan keluarga besar
2. Silsilah keluarga besar
3. Alat yang digunakan dalam membuat karya.
4. Gambar bangun datar.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “keluarga besarku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
10 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
1.
Siswa diminta
mengamati percakapan di buku siswa.
2.
Siswa diminta
memperagakan percakapan pada buku siswa. Diskusikan bersama-sama isi dari
percakapan tersebut.
3.
Siswa diminta
mencari pasangan dan memerankan percakapan tersebut.
4.
Siswa
memperhatikan penjelasan tentang silsilah keluarga (keturunan dan asal-usul).
5.
Siswa mengamati
silsilah keluarga dan menanyakan pada siswa siapa saja anggota keluarga besar
dan dimanakah posisinya pada silsilah keluarga.
6.
Siswa yang bisa
menjawab dan telah ditunjuk oleh guru, diminta untuk menuliskan jawaban pada
silsilah keluarga yang telah disiapkan oleh guru. Demikian seterusnya sampai
seluruh diagram terisi.
7.
Siswa berlatih
membaca dan menulis kalimat tentang keluarga besar menggunakan kosakata
anggota keluarga besar yang terdapat di dalam buku siswa.
8.
Guru meminta
siswa membuat silsilah keluarga dengan menggunakan kombinasi berbagai bentuk
bangun datar sebagai diagramnya.
9.
Siswa dapat
berkreasi dengan menghias silsilah keluarga yang telah disusun.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian ( Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Ketrampilan)
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay
(uraian).
PENILAIAN
1. Pengamatan
Sikap.
No
|
Nama Siswa
|
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerja sama
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2.
Penilaian pengetahuan:
Instrumen penilaian: tes tertulis (buku siswa)
3.
Penilaian keterampilan:
a. Unjuk Kerja
Membuat Silsilah Keluarga
No
|
Kriteria
|
Sangat Baik
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1.
|
Ketepatan
dalam
mengisi
silsilah
keluarga
|
Seluruh
bagian dalam
silsilah
keluarga
silsilah
keluarga diisi
dengan tepat
|
Terdapat
1 kesalahan
dalam
mengisi
silsilah keluarga
|
Terdapat
2 kesalahan
dalam
mengisi
silsilah keluarga
|
Siswa
belum mampu
mengisi
silsilah
keluarga
|
2.
|
Jumlah
bangun
datar
yang
digunakan
dalam
silsilah keluarga
|
4 bangun datar
|
3 bangun
datar
|
2 bangun
datar
|
1 bangun datar
|
|
Kerapian
menggunting
dan
menempel
|
• Pola menggunting
terlihat
halus
• Tidak terdapat
bekas lem
di
sekitar
bidang
penempelan
|
Pola
menggunting
terlihat
halus dan terdapat bekas lem
di
sekitar bidang
penempelan
atau sebaliknya
|
Pola
menggunting
terlihat
kasar dan terdapat bekas lem
di
sekitar bidang
penempelan
|
Belum
mampu
menggunting
dan menempel
|
b. Unjuk Kerja bermain peran
No
|
Kriteria
|
Sangat Baik
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1.
|
Ekspresi
|
Mimik
wajah
dan gerak
tubuh sesuai dengan dialog secara
konsisten
|
Mimik
wajah
dan gerak
tubuh sesuai dengan dialog namun kurang konsisten
|
Mimik
wajah dan gerak tubuh tidak
sesuai
dengan
dialog
|
Monoton,
tanpa
ekspresi
|
2.
|
Lafal
|
Semua
dialog
dilafalkan
dengan tepat dan jelas
|
Ada 1-2
kata yang kurang tepat pelafalannya
|
Lebih
dari dua kata belum tepat
Pelafalannya
|
Hampir
semua
kata
belum tepat
pelafalannya
|
3.
|
Intonansi
|
Intonansi
sesuai
dengan
dialog
secara konsisten
|
Intonansi
sesuai dengan dialog namun kurang konsisten
|
Intonansi
tidak
sesuai
dengan
dialog
|
Tanpa intonansi
|
4.
|
Volume suara
|
Volume suara
keras dan jelas
|
Volume suara jelas
|
Volume suara
kurang jelas
|
Volume suara
sangat pelan dan
kurang jelas
|
F. Sumber dan Media
1. Buku Guru
2. Buku Siswa
3. Kertas warna warni, gunting, dan lem.
Mengetahui, Beureunuen,
…, ….………, 2016
Kepala SD 3 Beureunuen Guru
Kelas Kelas I B
CHAIRUNNISA S.Pd
ZULFARIAH
Nip. 19700312
199402 2 002 NIP:
19841109 200904 2 006
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
MEDIA
TEMA 4 KELAS 1 SUB 3 PB 2
TEMA 4 KELAS 1 SUB 3 PB 3
TEMA 4 KELAS 1 SUB 3 PB 4
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment