Home » » TEMA 4 KELAS 1 SUB 3 PB 4

TEMA 4 KELAS 1 SUB 3 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 2 November 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 1 Beureunuen
Kelas/Semester                            : I/I
Tema 4                                        : Keluargaku
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Keluarga Besarku/ 4
Alokasi Waktu                            : 1 hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.1  Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.3  Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.5  Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.4  Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.4  Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Indikator:
o    Menyebutkan istilah panggilan untuk kakek yang biasa digunakan.
o    Menulis kosakata panggilan untuk kakek.
o    Mewawancara teman tentang  nama panggilan untuk kakek.

b) PPKn
Kompetensi Dasar:
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.3 Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
3.3 Mengenal keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.4 Mengamati dan menceriterakan keberagaman karateristik individu di rumah dan sekolah.

Indikator:
o    Memasangkan kalimat dan gambar sesuai dengan karakteristik individu yang disebutkan.
o    Menceritakan pengalaman bermain bersama saudara yang berbeda secara individu..

c) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.5 Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
4.7 Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada.
.
Indikator:
o   Menyebutkan nama bangun datar.
o   Membuat bangun baru dari bangun datar yang disediakan

C. Materi Pembelajaran :
1.       Kosakata panggilan untuk kakek
2.       Kalimat dan gambar sesuai dengan karakteristik individu
3.       Nama bangun datar.

D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “keluarga besarku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

10 menit
B.Kegiatan Inti
1.      Tunjukkan gambar kakek dan nenek pada siswa.
2.      Tanyakan pada siswa, siapa kakek dan/atau neneknyayang masih ada(hidup) dan siapa kakek dan/atau neneknya yang sudah tiada (meninggal).
3.      Gali perasaan yang siswa rasakan saat berkumpul bersama dengan nenek dan kakek.
4.      Siswa bersama-sama membaca nyaring teks pada buku siswa.
5.      Berikan kesempatan pada seluruh siswa untuk menceritakan tentang kakek dan nenek mereka secara bergiliran di depan kelas.
6.      Siswa diminta menggunakan bahasa yang santun dalam mengekspresikan rasa sayang mereka terhadap kakek dan nenek.
4.      Siswa dapat menggunakan media foto sebagai alat bantu pada saat becerita.
5.      Siswa yang belum tampil, dapat mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan kakek dan nenek temannya.
6.      Selain kakek dan nenek, siswa diminta untuk menyebutkan anggota keluarga lainnya jika sedang berkumpul dengan keluarga besar (paman, bibi dan sepupu).
7.      Tanyakan pada siswa “Apakah mereka memiliki saudara sepupu?” dan pertanyaan-pertanyaan lainnya untuk menggali informasi mengenai keberadaan saudara sepupu.
8.      Guru meminta siswa mengamati buku siswa.
9.      Guru mendiskusikan dengan siswa mengenai pengalaman bermain mereka.
10.  Guru menanyakan pada siswa apakah mereka menyayangi saudara sepupu mereka.
11.  Jika ada yang mempunyai pengalaman lain (misal bertengkar), maka sampaikan bahwa itu merupakan bagian dari belajar mengenal keberagaman karakteristik. Belajar memahami perbedaan, mengalah, dan mau menerima perbedaan merupakan sikap yang harus dikembangkan.
12.  Setelah selesai guru mengajak siswa berkeliling sekolah untuk mengamati bentuk-bentuk apa saja yang mereka temukan.
13.  Selesai berkeliling, guru mengajak siswa kembali ke dalam kelas dan bertanya pada siswa, apakah ada yang melihat benda dengan bentuk lingkaran (sambil menunjukkan bentuk lingkaran) hingga bentuk-bentuk bangun datar lain seperti persegi, persegi panjang, dan segitiga.
14.  Guru meminta siswa menggunting bentuk keempat bangun datar yang sudah diperkenalkan dari koran.
15.  Guru meminta siswa untuk menyusun dan menempel gambargambar yang sudah digunting hingga membentuk bangun baru (seperti rumah dan lain-lain).

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit


E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian ( Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Ketrampilan)
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    :  Essay (uraian).




                                                                                               
PENILAIAN

1. Pengamatan Sikap.

No
Nama Siswa
Percaya Diri
Disiplin
Bekerja sama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM





















































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian pengetahuan:
    Instrumen penilaian: tes tertulis (buku siswa)

3. Penilaian keterampilan:

a. Observasi (Pengamatan) Menggunting dan Menempel Gambar

No
Kriteria
Baik (√)
Kurang (√)
1.
Ketepatan menggunting bangun datar



2.
Kerapian menempel



b. Observasi (Pengamatan) Kegiatan Wawancara
No
Kriteria
Baik (√)
Kurang (√)
1.
Percaya diri saat mewawancara teman



2.
Kemampuan menulis hasil wawancara



3.
Ketepatan dalam melaksanakan wawancara





F. Sumber dan Media
1.      Buku Guru
2.      Buku Siswa
3.      Foto kakek dan nenek siswa yang diminta dibawa sebelum hari kegiatan pembelajaran berlangsung.
4.      Berbagai bangun datar seperti lingkaran, persegi panjang, segitiga, dan persegi
5.      Koran bekas.


Mengetahui,                                                               Beureunuen,…. …………….….,  2014
Kepala SD Negeri 1 Beureunuen                              Guru Kelas I,



A. Rahman, S.Pd                                                     Ainal Mardhiah, S.Pd
NIP. 19590803 198012 1 001                                   NIP. 19621231 198610 2 007

MEDIA

TEMA 4 KELAS 1 SUB 3 PB 4


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors