RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 1 Beureunuen
Kelas/Semester : I/I
Tema 4 : Keluargaku
Sub
Tema 3/ Pembelajaran :
Keluarga Besarku/ 4
Alokasi
Waktu : 1 hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa
bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di
tengah keberagaman bahasa daerah
2.3 Memiliki perilaku santun dan sikap kasih
sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal
kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau
bahasa daerah
3.4 Mengenal teks cerita diri/ personal tentang
keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal
tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator:
o Menyebutkan istilah panggilan untuk kakek yang biasa digunakan.
o Menulis kosakata panggilan untuk kakek.
o Mewawancara teman tentang nama
panggilan untuk kakek.
b) PPKn
Kompetensi Dasar:
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah
2.3 Menunjukkan
perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
3.3 Mengenal
keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.4 Mengamati dan
menceriterakan keberagaman karateristik individu di rumah dan sekolah.
Indikator:
o Memasangkan kalimat dan gambar sesuai dengan karakteristik individu yang
disebutkan.
o Menceritakan pengalaman bermain bersama saudara yang berbeda secara
individu..
c) Matematika
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta
tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.5 Mengenal bangun
datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah,
sekolah, atau tempat bermain.
4.7 Membentuk dan
menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang
sudah ada.
.
Indikator:
o Menyebutkan nama bangun datar.
o Membuat bangun baru dari bangun datar yang disediakan
C. Materi Pembelajaran :
1. Kosakata panggilan untuk kakek
2. Kalimat dan gambar sesuai dengan karakteristik individu
3. Nama bangun datar.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “keluarga besarku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
10 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
1.
Tunjukkan gambar
kakek dan nenek pada siswa.
2.
Tanyakan pada
siswa, siapa kakek dan/atau neneknyayang masih ada(hidup) dan siapa kakek
dan/atau neneknya yang sudah tiada (meninggal).
3.
Gali perasaan
yang siswa rasakan saat berkumpul bersama dengan nenek dan kakek.
4.
Siswa
bersama-sama membaca nyaring teks pada buku siswa.
5.
Berikan
kesempatan pada seluruh siswa untuk menceritakan tentang kakek dan nenek
mereka secara bergiliran di depan kelas.
6.
Siswa diminta
menggunakan bahasa yang santun dalam mengekspresikan rasa sayang mereka terhadap
kakek dan nenek.
4.
Siswa dapat
menggunakan media foto sebagai alat bantu pada saat becerita.
5.
Siswa yang belum
tampil, dapat mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan kakek dan nenek temannya.
6.
Selain kakek dan
nenek, siswa diminta untuk menyebutkan anggota keluarga lainnya jika sedang berkumpul
dengan keluarga besar (paman, bibi dan sepupu).
7.
Tanyakan pada
siswa “Apakah mereka memiliki saudara sepupu?” dan pertanyaan-pertanyaan
lainnya untuk menggali informasi mengenai keberadaan saudara sepupu.
8.
Guru meminta
siswa mengamati buku siswa.
9.
Guru mendiskusikan
dengan siswa mengenai pengalaman bermain mereka.
10. Guru menanyakan pada siswa apakah mereka menyayangi saudara
sepupu mereka.
11. Jika ada yang mempunyai pengalaman lain (misal bertengkar),
maka sampaikan bahwa itu merupakan bagian dari belajar mengenal keberagaman karakteristik.
Belajar memahami perbedaan, mengalah, dan mau menerima perbedaan merupakan sikap
yang harus dikembangkan.
12. Setelah selesai guru mengajak siswa berkeliling
sekolah untuk mengamati bentuk-bentuk apa saja yang mereka temukan.
13. Selesai berkeliling, guru mengajak siswa kembali ke
dalam kelas dan bertanya pada siswa, apakah ada yang melihat benda dengan
bentuk lingkaran (sambil menunjukkan bentuk lingkaran) hingga bentuk-bentuk
bangun datar lain seperti persegi, persegi panjang, dan segitiga.
14. Guru meminta siswa menggunting bentuk keempat bangun
datar yang sudah diperkenalkan dari koran.
15. Guru meminta siswa untuk menyusun dan menempel
gambargambar yang sudah digunting hingga membentuk bangun baru (seperti rumah
dan lain-lain).
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian ( Penilaian Sikap, Pengetahuan,
dan Ketrampilan)
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay
(uraian).
PENILAIAN
1. Pengamatan
Sikap.
No
|
Nama Siswa
|
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerja sama
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2.
Penilaian pengetahuan:
Instrumen penilaian: tes tertulis (buku siswa)
3.
Penilaian keterampilan:
a. Observasi
(Pengamatan) Menggunting dan Menempel Gambar
No
|
Kriteria
|
Baik (√)
|
Kurang (√)
|
1.
|
Ketepatan
menggunting bangun datar
|
|
|
2.
|
Kerapian menempel
|
|
|
b. Observasi (Pengamatan) Kegiatan
Wawancara
No
|
Kriteria
|
Baik (√)
|
Kurang (√)
|
1.
|
Percaya
diri saat mewawancara teman
|
|
|
2.
|
Kemampuan
menulis hasil wawancara
|
|
|
3.
|
Ketepatan
dalam melaksanakan wawancara
|
|
|
F. Sumber dan Media
1. Buku Guru
2. Buku Siswa
3. Foto kakek dan nenek siswa yang diminta dibawa sebelum hari kegiatan pembelajaran berlangsung.
4. Berbagai bangun datar seperti lingkaran, persegi panjang, segitiga, dan persegi
5. Koran bekas.
Mengetahui, Beureunuen,…. …………….…., 2014
Kepala SD Negeri 1 Beureunuen Guru Kelas I,
A. Rahman, S.Pd Ainal Mardhiah, S.Pd
NIP. 19590803 198012 1 001 NIP. 19621231 198610 2 007
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment