RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 1 Beureunuen
Kelas/Semester : I/I
Tema 4 : Keluargaku
Sub
Tema 3/ Pembelajaran :
Keluarga Besarku/ 3
Alokasi
Waktu : 1 hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa
bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di
tengah keberagaman bahasa daerah
2.3 Memiliki perilaku santun dan sikap kasih
sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal
kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau
bahasa daerah
3.4 Mengenal teks cerita diri/ personal tentang
keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal
tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator:
o Mengidentifikasi kegiatan yang dilakukan saat berkumpul dengan keluarga
besar sesuai isi teks.
o Membaca teks tentang keluarga besar.
o Menceritakan kegiatan yang dilakukan saat berkumpul besama keluarga.
b) PPKn
Kompetensi Dasar:
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah
2.3 Menunjukkan
perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
3.4 Menunjukkan pemahaman tentang besaran dengan
menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20.
4.3 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri
dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait
aktivitas sehari-hari serta memeriksa kebenarannya.
.
Indikator:
o Menentukan nilai dan tempat bilangan 11 sampai dengan 20.
o Menyelesaikan soal pengurangan menggunakan teknik berhitung mundur.
C. Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan mendengarkan contoh guru, siswa dapat membaca dengan lancar.
2. Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi kegiatan saat berkumpul bersama
keluarga besar sesuai teks yang dibaca dengan teliti.
3. Dengan berdiskusi, siswa dapat menceritakan kegiatan bersama keluarga dengan
percaya diri
4. Dengan memperhatikan contoh, siswa dapat menyatakan bilangan 11-20 menggunakan
teknik nilai tempat dengan teliti.
5. Dengan memperhatikan contoh, siswa dapat menyelesaikan soal pengurangan menggunakan
teknik berhitung mundur dengan benar.
D. Materi Pembelajaran :
1. Teks tentang keluarga besar
2. Nilai dan tempat bilangan 11 sampai dengan 20.
3. Soal pengurangan menggunakan teknik berhitung mundur.
E. Pendekatan :
1. Pendekatan
: Scientific
2. Strategi : Kooperative learning
3. Teknik : Picture and Picture
4. Matode : Ceramah, tanya jawab,
pemberian tugas dan diskusi
F.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “keluarga besarku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
10 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
1.
Siswa diingatkan
kembali bahwa kakek dan nenek juga merupakan keluarga besar kita. Usia mereka
lebih tua dibandingkan dengan ayah dan ibu juga anak-anak sekalian. Kita
harus selalu menghormati kakek dan nenek kita.
2.
Siswa
membandingkan siapa yang lebih tua dan yang lebih muda antara kakek dan ayah,
nenek dan ibu, serta kakak dan adik.
3.
Siswa mengamati
gambar dan berdiskusi mengenai isi gambar, dan tanyakan pada mereka apakah
siswa pernah mengalami hal yang sama seperti yang terdapat pada gambar?
4.
Guru meminta
siswa untuk menceritakan pengalaman menarik mereka saat berkumpul bersama
keluarga besar.
5.
Sampaikan pada
siswa berkunjung ke rumah nenek atau kakek sangatlah menyenangkan.
6.
Guru mengajak
siswa belatih membandingkan usia anggota keluarga besar.
7.
Guru menyampaikan
konsep mengenai nilai tempat puluhan dan satuan pada suatu bilangan.
8.
Siswa diminta
menggunakan potongan lidi atau tusuk gigi untuk menunjukkan nilai tempat pada
suatu bilangan (siswa dapat diminta membawa dari rumah sebelum kegiatan
dilaksanakan). Jelaskan pada siswa bahwa dalam berhitung, kita dapat
memanfaatkan berbagai benda di sekitar sebagai alat bantu, salah satunya
adalah sapu lidi yang sering dipakai ibu untuk menyapu halaman di rumah.
9.
Untuk memancing
daya nalar siswa, guru mengajukan pertanyaan, jika satu batang lidi atau tusuk
gigi menunjukkan satuan, maka bagaimanakah caranya siswa menentukan nilai
puluhan?
10. Simpulkan bersama-sama setelah siswa memberikan
pendapat.
11. Guru mengajak siswa berlatih operasi hitung
pengurangan dengan mengerjakan soal di buku siswa.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
G. Sumber dan Media
1. Buku Guru
2. Buku Siswa
3. Tabel nilai tempat.
4. Lidi atau tusuk gigi.
5.
Karet gelang.
H. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian ( Penilaian Sikap, Pengetahuan,
dan Ketrampilan)
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay
(uraian).
Mengetahui,
Beureunuen,….
…………….…., 2014
Kepala SD Negeri
1 Beureunuen Guru
Kelas I,
A. Rahman, S.Pd Ainal Mardhiah, S.Pd
NIP. 19590803
198012 1 001 NIP.
19621231 198610 2 007
PENILAIAN
1. Pengamatan
Sikap.
No
|
Nama Siswa
|
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerja sama
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2.
Penilaian pengetahuan:
Instrumen penilaian: tes tertulis (buku siswa)
3.
Penilaian keterampilan:
Unjuk Kerja
Memberikan Tanggapan Berdasarkan Gambar
No
|
Kriteria
|
Sangat Baik
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1.
|
Vokal
|
Sangat jelas
|
Jelas
|
kurang jelas
|
tidak jelas
|
2.
|
kelancaran
|
Sangat lancar
|
Lancar
|
Kurang
lancar
|
Tidak lancar
|
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment