Home » » TEMA 4 KELAS 1 SUB 3 PB 3

TEMA 4 KELAS 1 SUB 3 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 31 October 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 1 Beureunuen
Kelas/Semester                            : I/I
Tema 4                                        : Keluargaku
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Keluarga Besarku/ 3
Alokasi Waktu                            : 1 hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.1  Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.3  Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.5  Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.4  Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.4  Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Indikator:
o    Mengidentifikasi kegiatan yang dilakukan saat berkumpul dengan keluarga besar sesuai isi teks.
o    Membaca teks tentang keluarga besar.
o    Menceritakan kegiatan yang dilakukan saat berkumpul besama keluarga.

b) PPKn
Kompetensi Dasar:
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.3 Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
3.4  Menunjukkan pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20.
4.3  Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait aktivitas sehari-hari serta memeriksa kebenarannya.
.
Indikator:
o   Menentukan nilai dan tempat bilangan 11 sampai dengan 20.
o   Menyelesaikan soal pengurangan menggunakan teknik berhitung mundur.

C. Tujuan Pembelajaran :
1.      Dengan mendengarkan contoh guru, siswa dapat membaca dengan lancar.
2.      Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi kegiatan saat berkumpul bersama keluarga besar sesuai teks yang dibaca dengan teliti.
3.      Dengan berdiskusi, siswa dapat menceritakan kegiatan bersama keluarga dengan percaya diri
4.      Dengan memperhatikan contoh, siswa dapat menyatakan bilangan 11-20 menggunakan teknik nilai tempat dengan teliti.
5.      Dengan memperhatikan contoh, siswa dapat menyelesaikan soal pengurangan menggunakan teknik berhitung mundur dengan benar.

D. Materi Pembelajaran :
1.       Teks tentang keluarga besar
2.       Nilai dan tempat bilangan 11 sampai dengan 20.
3.       Soal pengurangan menggunakan teknik berhitung mundur.

E. Pendekatan :
  1. Pendekatan           : Scientific
  2. Strategi                  : Kooperative learning
  3. Teknik                   : Picture and Picture
  4. Matode                  : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi 

 F. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “keluarga besarku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

10 menit
B.Kegiatan Inti
1.      Siswa diingatkan kembali bahwa kakek dan nenek juga merupakan keluarga besar kita. Usia mereka lebih tua dibandingkan dengan ayah dan ibu juga anak-anak sekalian. Kita harus selalu menghormati kakek dan nenek kita.
2.      Siswa membandingkan siapa yang lebih tua dan yang lebih muda antara kakek dan ayah, nenek dan ibu, serta kakak dan adik.
3.      Siswa mengamati gambar dan berdiskusi mengenai isi gambar, dan tanyakan pada mereka apakah siswa pernah mengalami hal yang sama seperti yang terdapat pada gambar?
4.      Guru meminta siswa untuk menceritakan pengalaman menarik mereka saat berkumpul bersama keluarga besar.
5.      Sampaikan pada siswa berkunjung ke rumah nenek atau kakek sangatlah menyenangkan.
6.      Guru mengajak siswa belatih membandingkan usia anggota keluarga besar.
7.      Guru menyampaikan konsep mengenai nilai tempat puluhan dan satuan pada suatu bilangan.
8.      Siswa diminta menggunakan potongan lidi atau tusuk gigi untuk menunjukkan nilai tempat pada suatu bilangan (siswa dapat diminta membawa dari rumah sebelum kegiatan dilaksanakan). Jelaskan pada siswa bahwa dalam berhitung, kita dapat memanfaatkan berbagai benda di sekitar sebagai alat bantu, salah satunya adalah sapu lidi yang sering dipakai ibu untuk menyapu halaman di rumah.
9.      Untuk memancing daya nalar siswa, guru mengajukan pertanyaan, jika satu batang lidi atau tusuk gigi menunjukkan satuan, maka bagaimanakah caranya siswa menentukan nilai puluhan?
10.  Simpulkan bersama-sama setelah siswa memberikan pendapat.
11.  Guru mengajak siswa berlatih operasi hitung pengurangan dengan mengerjakan soal di buku siswa.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit

G. Sumber dan Media
1.      Buku Guru
2.      Buku Siswa
3.      Tabel nilai tempat.
4.      Lidi atau tusuk gigi.
5.      Karet gelang.


H. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian ( Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Ketrampilan)
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    :  Essay (uraian).



Mengetahui,                                                               Beureunuen,…. …………….….,  2014
Kepala SD Negeri 1 Beureunuen                              Guru Kelas I,



A. Rahman, S.Pd                                                     Ainal Mardhiah, S.Pd
NIP. 19590803 198012 1 001                                   NIP. 19621231 198610 2 007
                                                                                               



PENILAIAN

1. Pengamatan Sikap.

No
Nama Siswa
Percaya Diri
Disiplin
Bekerja sama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM





















































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya
2. Penilaian pengetahuan:
    Instrumen penilaian: tes tertulis (buku siswa)

3. Penilaian keterampilan:


Unjuk Kerja Memberikan Tanggapan Berdasarkan Gambar

No
Kriteria
Sangat Baik
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1.
Vokal
Sangat jelas
Jelas
kurang jelas
tidak jelas
2.
kelancaran
Sangat lancar
Lancar
Kurang lancar
Tidak lancar


MEDIA
TEMA 4 KELAS 1 SUB 3 PB 3




Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors