RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 1 Beureunuen
Kelas/Semester : I/I
Tema 4 : Keluargaku
Sub
Tema 3/ Pembelajaran :
Keluarga Besarku/ 2
Alokasi
Waktu : 1 hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa
bahasa Indonesia yang dikenalsebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di
tengah keberagaman bahasa daerah
2.3 Memiliki perilaku santun dan sikap kasih
sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal
kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau
bahasa daerah
3.4 Mengenal teks cerita diri/ personal tentang
keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal
tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator:
o Mengidentifikasi kegiatan keluarga besar berdasarkan teks.
o Mengidentifikasi anggota keluarga besar berdasarkan teks lagu.
b) Matematika
Kompetensi Dasar:
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta
tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.2 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan
menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
4.3 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri
dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait
dengan aktivitas sehari-hari serta memeriksa kebenarannya.
Indikator:
o Menyatakan bilangan dari 11 sampai 20.
o Menyesaikan soal penjumlahan..
c) SBdP
1.1 Merasakan
keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.1 Menunjukkan
rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
3.2 Mengenal pola
irama lagu bervariasi menggunakan alat musik ritmis.
4.7 Menyanyikan
lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu.
4.10 Menirukan
gerak alam di lingkungan sekitar melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan
rangsangan bunyi.
Indikator:
o Bergerak sesuai irama lagu “Paman Datang”
o Menyanyikan lagu
C. Materi Pembelajaran :
1. Kegiatan keluarga besar berdasarkan teks.
2. Bilangan dari 11 sampai 20.
3. Soal penjumlahan..
4. Irama lagu “Paman Datang
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “keluarga besarku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
10 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
1.
Siswa
diperkenalkan lagu “Paman Datang” karya A. T. Mahmud dengan cara memutar
kaset lagu anak-anak atau guru menyanyikan lagu tersebut di depan siswa.
2.
Siswa diminta
bernyanyi bersama dengan bimbingan guru.
3.
Setelah siswa
menguasai isi lagu, ajak siswa untuk bergerak seiring irama mengikuti gerakan
petani (paman diasumsikan sebagai petani karena dating dari desa).
4.
Siswa diminta
untuk bernyanyi di depan kelas dengan kelompok berdasarkan pilihan siswa.
5.
Setelah seluruh
siswa bernyanyi di depan kelas, ajukan pertanyaan yang berkaitan dengan lagu
yang telah dibawakan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap isi lagu.
6.
Siswa diminta
menuliskan jawaban pada buku siswa.
7.
Ajukan pertanyaan
pada siswa mengenai buah apa saja yang dibawakan paman dari desa.
8.
Guru mengajukan
pertanyaan pada siswa, “Berapakah
rambutan yang dibawakan oleh paman?”
9.
Siswa diminta
menyebutkan angka untuk dijadikan referensi latihan berhitung.
10. Mantapkan pemahaman siswa melalui tanya jawab dengan
siswa.
11. Siswa diminta berlatih soal cerita penjumlahan dan
pengurangan pada buku siswa.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian ( Penilaian Sikap, Pengetahuan,
dan Ketrampilan)
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay
(uraian).
PENILAIAN
1. Pengamatan
Sikap.
No
|
Nama Siswa
|
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerja sama
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2.
Penilaian pengetahuan:
Instrumen penilaian: tes tertulis (buku siswa)
3.
Penilaian keterampilan:
Observasi
(Pengamatan) Bernyanyi, Bergerak Mengikuti Irama, dan Memahami Isi
Lagu
No
|
Kriteria
|
Telihat (√)
|
BelumTerlihat
(√)
|
1.
|
Siswa
dapat menyanyikan lagu dengan lancar dan percaya diri
|
|
|
2.
|
Siswa dapat memahami isi lagu
|
|
|
3.
|
Siswa menyanyikan lagu dengan penuh ekspresi
|
|
|
F. Sumber dan Media
1. Buku Guru
2. Buku Siswa
3. Kaset lagu anak-anak jika ingin memperkenalkan
4.
lagu lengkap dengan
iringan musik.
Mengetahui, Beureunuen,
…, ….………, 2016
Kepala SD 3 Beureunuen Guru Kelas Kelas I B
CHAIRUNNISA S.Pd
ZULFARIAH
Nip. 19700312
199402 2 002 NIP: 19841109 200904 2 006
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Contoh:
Ada 10 buah pisang di lantai.
Ada 3 buah pisang di atas meja.
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment