Home » » TEMA 4 KELAS 1 SUB 3 PB 2

TEMA 4 KELAS 1 SUB 3 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 30 October 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 1 Beureunuen
Kelas/Semester                            : I/I
Tema 4                                        : Keluargaku
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Keluarga Besarku/ 2
Alokasi Waktu                            : 1 hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.1  Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenalsebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.3  Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.5  Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.4  Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.4  Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

Indikator:
o    Mengidentifikasi kegiatan keluarga besar berdasarkan teks.
o    Mengidentifikasi anggota keluarga besar berdasarkan teks lagu.

b) Matematika
Kompetensi Dasar:
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.2  Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
4.3  Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari serta memeriksa kebenarannya.

Indikator:
o    Menyatakan bilangan dari 11 sampai 20.
o    Menyesaikan soal penjumlahan..

c) SBdP
1.1 Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
3.2 Mengenal pola irama lagu bervariasi menggunakan alat musik ritmis.
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu.
4.10 Menirukan gerak alam di lingkungan sekitar melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan rangsangan bunyi.

Indikator:
o   Bergerak sesuai irama lagu “Paman Datang”
o   Menyanyikan lagu

C. Materi Pembelajaran :
1.       Kegiatan keluarga besar berdasarkan teks.
2.       Bilangan dari 11 sampai 20.
3.       Soal penjumlahan..
4.       Irama lagu “Paman Datang

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “keluarga besarku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

10 menit
B.Kegiatan Inti
1.      Siswa diperkenalkan lagu “Paman Datang” karya A. T. Mahmud dengan cara memutar kaset lagu anak-anak atau guru menyanyikan lagu tersebut di depan siswa.
2.      Siswa diminta bernyanyi bersama dengan bimbingan guru.
3.      Setelah siswa menguasai isi lagu, ajak siswa untuk bergerak seiring irama mengikuti gerakan petani (paman diasumsikan sebagai petani karena dating dari desa).
4.      Siswa diminta untuk bernyanyi di depan kelas dengan kelompok berdasarkan pilihan siswa.
5.      Setelah seluruh siswa bernyanyi di depan kelas, ajukan pertanyaan yang berkaitan dengan lagu yang telah dibawakan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap isi lagu.
6.      Siswa diminta menuliskan jawaban pada buku siswa.
7.      Ajukan pertanyaan pada siswa mengenai buah apa saja yang dibawakan paman dari desa.
8.      Guru mengajukan pertanyaan pada siswa, “Berapakah rambutan yang dibawakan oleh paman?”
9.      Siswa diminta menyebutkan angka untuk dijadikan referensi latihan berhitung.
10.  Mantapkan pemahaman siswa melalui tanya jawab dengan siswa.
11.  Siswa diminta berlatih soal cerita penjumlahan dan pengurangan pada buku siswa.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit


E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian ( Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Ketrampilan)
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    :  Essay (uraian).

                                                                                               


PENILAIAN

1. Pengamatan Sikap.

No
Nama Siswa
Percaya Diri
Disiplin
Bekerja sama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM





















































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya
2. Penilaian pengetahuan:
    Instrumen penilaian: tes tertulis (buku siswa)

3. Penilaian keterampilan:

Observasi (Pengamatan) Bernyanyi, Bergerak Mengikuti Irama, dan Memahami Isi
Lagu
No
Kriteria
Telihat (√)
BelumTerlihat (√)
1.
Siswa dapat menyanyikan lagu dengan lancar dan percaya diri



2.
Siswa dapat memahami isi lagu



3.
Siswa menyanyikan lagu dengan penuh ekspresi



F. Sumber dan Media
1.      Buku Guru
2.      Buku Siswa
3.      Kaset lagu anak-anak jika ingin memperkenalkan
4.      lagu lengkap dengan iringan musik.


Mengetahui,                                                             Beureunuen, …, ….………, 2016
Kepala SD 3 Beureunuen                                           Guru Kelas Kelas I B




CHAIRUNNISA S.Pd                                              ZULFARIAH
Nip. 19700312 199402 2 002                                     NIP: 19841109 200904 2 006









                                                                



LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

Contoh:

Ada 10 buah pisang di lantai.

Ada 3 buah pisang di atas meja.

Buah pisang seluruhnya:







MEDIA
TEMA 4 KELAS 1 SUB 3 PB 2

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors