Home » » TEMA 4 KELAS 1 SUB 3 PB 1

TEMA 4 KELAS 1 SUB 3 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 30 October 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 1 Beureunuen
Kelas/Semester                           : I/I
Tema 4                                      : Keluargaku
Sub Tema 3/ Pembelajaran           : Keluarga Besarku/ 1
Alokasi Waktu                            : 1 hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenalsebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.3 Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.4  Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa-kata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4  Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

Indikator:
o    Mengidentifikasi anggota keluarga besar berdasarkan teks.
o    Membaca teks tentang keluarga besar
o    Memberi tanggapan terhadap gambar kegiatan keluarga besar.

b) PPKn
Kompetensi Dasar:
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.3 Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
3.3 Mengenal keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah
4.3 Mengamati dan menceriterakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
.
Indikator:
o    Menyebutkan anggota keluarga besar
o    Memasangkan gambar dan nama anggota keluarga besar
o    Menceritakan pengalaman dalam mengikuti kegiatan di keluarga besar

c) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.2  Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.3  Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari serta memeriksa kebenarannya

Indikator:
o   Menyatakan bilangan 11 sampai dengan 20 melalui teknik nilai tempat
o    Menyelesaikan soal penjumlahan


C. Materi Pembelajaran :
1.       Teks tentang keluarga besar
2.       Bilangan 11 sampai dengan 20 melalui teknik nilai tempat

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “keluarga besarku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

10 menit
B.Kegiatan Inti
1.      Siswa mendengarkan cerita yang dibacakan guru.
2.      Siswa diingatkan kembali mengenai anggota keluarga selain ayah, ibu, kakak, dan adik.
3.      Siswa diminta mengamati gambar yang terdapat dalam buku siswa.
4.      Siswa diajak berdiskusi mengenai isi gambar.
5.      Siswa diminta memberikan tanggapan mengenai isi gambar secara bergiliran.
6.      Guru merangkum jawaban siswa dan mengajak siswa untuk membuat kesimpulan dari gambar yang telah diamati.
1.      Jika siswa sudah memperoleh kesimpulan bahwa topik diskusi adalah mengenai keluarga besar, maka tanyakan pada siswa siapa saja keluarga yang dikenal selain ayah, ibu, kakak, atau adik.
2.      Siswa mengamati kartu kosakata anggota keluarga besar yang diperlihatkan guru.
3.      Siswa membaca nyaring kata-kata pada kartu yang diperlihatkan guru.
4.      Siswa memasangkan kartu kosakata dengan kartu gambar secara berkelompok.
5.      Siswa diminta menceritakan anggota keluarga besar yang siswa ketahui.
6.      Guru menyampaikan bahwa dengan semakin banyak keluarga yang dimiliki merupakan suatu hal yang patut disyukuri.
7.      Siswa diminta mengerjakan latihan di buku siswa.
8.      Selanjutnya siswa diminta mengamati berbagai benda sebagai alat bantu berhitung.
9.      Siswa diminta menghitung jumlah dua bilangan yang diberikan oleh guru dengan bantuan benda, contohnya 11 + 5.
10.  Siswa diperkenalkan tabel nilai tempat sebagai alat bantu yang dapat digunakan dalam melakukan operasi hitung.
11.  Siswa diperkenalkan arti dari kata satuan dan puluhan.
12.  Aplikasikan penggunaan tabel nilai tempat untuk menghitung jumlah dua bilangan yang diberikan oleh guru.
13.  Siswa berlatih penjumlahan di buku siswa.

Contoh:
11= 1 puluhan dan 1 satuan
5   = 0 puluhan dan 5 satuan
11 + 5 = 15

1.      Puluhan
2.      Satuan
3.      1
4.      1
5.      0
6.      5
7.      1
8.      6


 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit


E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian ( Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Ketrampilan)
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses           : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    :  Essay (uraian).


 PENILAIAN

1. Pengamatan Sikap.

No
Nama Siswa
Percaya Diri
Disiplin
Bekerja sama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM





















































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian pengetahuan:
    Instrumen penilaian: tes tertulis (buku siswa)

3. Penilaian keterampilan:

Unjuk Kerja Memberikan Tanggapan Berdasarkan Gambar

No
Kriteria
Sangat Baik
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1.
Kemampuan
memberikan
tanggapan
Tanggapan
siswa sesuai
dengan fakta
yang ada di
gambar.
Siswa
menambahkan
informasi di
luar gambar

Tanggapan siswa
sesuai dengan
fakta yang ada
di gambar
Tanggapan siswa
tidak sesuai
dengan fakta yang
ada di gambar
Belum mampu
memberikan
tanggapan
2.
Kepercayaan diri
dalam memberikan
tanggapan
Tidak terlihat
ragu-ragu
Terlihat ragu-ragu
Memerlukan
bantuan guru
Belum
menunjukkan
kepercayaan diri

F. Sumber dan Media
1.      Buku Guru
2.      Buku Siswa
3.      Kartu kosakata bergambar ayah, ibu, nenek, kakek,
4.      paman, dan bibi.
5.      Tabel nilai tempat


Mengetahui,                                                             Beureunuen, …, ….………, 2016
Kepala SD 3 Beureunuen                                           Guru Kelas Kelas I B




CHAIRUNNISA S.Pd                                              ZULFARIAH
Nip. 19700312 199402 2 002                                     NIP: 19841109 200904 2 006
           





LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

Pasangkan



MEDIA:
TEMA 4 KELAS 1 SUB 3 PB 1
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors