RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 1 Beureunuen
Kelas/Semester : I/I
Tema 4 : Keluargaku
Sub
Tema 3/ Pembelajaran :
Keluarga Besarku/ 1
Alokasi
Waktu : 1 hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.1 Menerima
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenalsebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.3 Memiliki
perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau
bahasa daerah
2.5 Memiliki
perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan
bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.4 Mengenal teks cerita diri/ personal tentang
keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosa-kata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal
tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator:
o Mengidentifikasi anggota keluarga besar berdasarkan teks.
o Membaca teks tentang keluarga besar
o Memberi tanggapan terhadap gambar kegiatan keluarga besar.
b) PPKn
Kompetensi Dasar:
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah
2.3 Menunjukkan
perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
3.3 Mengenal
keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah
4.3 Mengamati dan
menceriterakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
.
Indikator:
o Menyebutkan anggota keluarga besar
o Memasangkan gambar dan nama anggota keluarga besar
o Menceritakan pengalaman dalam mengikuti kegiatan di keluarga besar
c) Matematika
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap
cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta
tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.2 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan
menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.3 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri
dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait
dengan aktivitas sehari-hari serta memeriksa kebenarannya
Indikator:
o Menyatakan bilangan 11 sampai dengan 20 melalui teknik nilai tempat
o Menyelesaikan soal penjumlahan
C. Materi Pembelajaran :
1.
Teks tentang
keluarga besar
2.
Bilangan 11 sampai
dengan 20 melalui teknik nilai tempat
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
||||||||
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “keluarga besarku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
10 menit
|
||||||||
B.Kegiatan Inti
|
1.
Siswa
mendengarkan cerita yang dibacakan guru.
2.
Siswa diingatkan
kembali mengenai anggota keluarga selain ayah, ibu, kakak, dan adik.
3.
Siswa diminta
mengamati gambar yang terdapat dalam buku siswa.
4.
Siswa diajak berdiskusi
mengenai isi gambar.
5.
Siswa diminta
memberikan tanggapan mengenai isi gambar secara bergiliran.
6.
Guru merangkum
jawaban siswa dan mengajak siswa untuk membuat kesimpulan dari gambar yang
telah diamati.
1.
Jika siswa sudah
memperoleh kesimpulan bahwa topik diskusi adalah mengenai keluarga besar,
maka tanyakan pada siswa siapa saja keluarga yang dikenal selain ayah, ibu,
kakak, atau adik.
2.
Siswa mengamati
kartu kosakata anggota keluarga besar yang diperlihatkan guru.
3.
Siswa membaca
nyaring kata-kata pada kartu yang diperlihatkan guru.
4.
Siswa memasangkan
kartu kosakata dengan kartu gambar secara berkelompok.
5.
Siswa diminta
menceritakan anggota keluarga besar yang siswa ketahui.
6.
Guru menyampaikan
bahwa dengan semakin banyak keluarga yang dimiliki merupakan suatu hal yang patut
disyukuri.
7.
Siswa diminta
mengerjakan latihan di buku siswa.
8.
Selanjutnya siswa
diminta mengamati berbagai benda sebagai alat bantu berhitung.
9.
Siswa diminta
menghitung jumlah dua bilangan yang diberikan oleh guru dengan bantuan benda,
contohnya 11 + 5.
10. Siswa diperkenalkan tabel nilai tempat sebagai alat bantu
yang dapat digunakan dalam melakukan operasi hitung.
11. Siswa diperkenalkan arti dari kata satuan dan puluhan.
12. Aplikasikan penggunaan tabel nilai tempat untuk menghitung
jumlah dua bilangan yang diberikan oleh guru.
13. Siswa berlatih penjumlahan di buku siswa.
Contoh:
11= 1 puluhan dan
1 satuan
5 = 0 puluhan dan 5 satuan
11 + 5 = 15
|
150 menit
|
||||||||
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian ( Penilaian Sikap, Pengetahuan,
dan Ketrampilan)
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay
(uraian).
PENILAIAN
1. Pengamatan
Sikap.
No
|
Nama Siswa
|
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerja sama
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2.
Penilaian pengetahuan:
Instrumen penilaian: tes tertulis (buku siswa)
3.
Penilaian keterampilan:
Unjuk Kerja
Memberikan Tanggapan Berdasarkan Gambar
No
|
Kriteria
|
Sangat Baik
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1.
|
Kemampuan
memberikan
tanggapan
|
Tanggapan
siswa sesuai
dengan
fakta
yang ada
di
gambar.
Siswa
menambahkan
informasi
di
luar gambar
|
Tanggapan
siswa
sesuai
dengan
fakta
yang ada
di gambar
|
Tanggapan
siswa
tidak
sesuai
dengan
fakta yang
ada di gambar
|
Belum
mampu
memberikan
tanggapan
|
2.
|
Kepercayaan
diri
dalam
memberikan
tanggapan
|
Tidak
terlihat
ragu-ragu
|
Terlihat
ragu-ragu
|
Memerlukan
bantuan
guru
|
Belum
menunjukkan
kepercayaan diri
|
F. Sumber dan Media
1. Buku Guru
2. Buku Siswa
3. Kartu kosakata bergambar ayah, ibu, nenek, kakek,
4. paman, dan bibi.
5.
Tabel nilai tempat
Mengetahui, Beureunuen,
…, ….………, 2016
Kepala SD 3 Beureunuen Guru Kelas Kelas I B
CHAIRUNNISA S.Pd
ZULFARIAH
Nip. 19700312
199402 2 002 NIP: 19841109 200904 2 006
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
MEDIA:
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment