Home » » TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 6

TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 30 October 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Neg. 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : 4/1
Tema 4                                        : Berbagai Pekerjaan
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Jenisi-jenis Pekerjaan/ 6
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) EVALUASI
b) IPS
Kompetensi Dasar:
1.2  Menjalankan ajaran agama dalam berpikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat
1.3  Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3  Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.5  Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5  Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi

Indikator:
o    Mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam.

c) Matematika
Kompetensi Dasar:
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.2 Memiliki rasa ingintahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar
3.13 Memahami luas segitiga, persegi panjang, dan persegi
3.14 Menentukan hubungan antarsatuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling persegi panjang
4.9 Mengembangkan, dan membuat berbagai pola numeric dan geometris

Indikator:
o   Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan luas segitiga, persegi panjang, dan persegi.

d) IPA
Kompetensi Dasar:
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.7 Mendeskrisikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan dalam kehidupan sehari- hari serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut

Indikator:
o   Mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam serta hubungannya dengan lingkungan dan masyarakat.

C. Materi Pembelajaran :
o   Dinamika interaksi dengan lingkungan alam.
o   Soal cerita yang berhubungan dengan luas segitiga, persegi panjang, dan persegi
o   Jenis-jenis sumber daya alam serta hubungannya dengan lingkungan dan masyarakat

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Setiap kelompok diberikan satu set kartu kartu kartu kata
7.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
8.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “jenis-jenis pekerjaan”.
9.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
Evaluasi
o   Siswa mengerjakan evaluasi hasil belajar di buku siswa halaman 31-36
o    Siswa menuliskan refleksi hasil belajar selama satu minggu. Guru membuat refleksi hasil pencapaian belajar siswa selama satu minggu.
a.      Apa yang telah berhasil dicapai?
b.      Apa yang belum berhasil dicapai?
c.       Kendala apa sajakah yang dihadapi?
d.       Apa yang perlu dikembangkan lebih lanjut?

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).


2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    :  Essay (uraian).

           
Kunci: Jawaban Evaluasi Pembelajaran 6

A.      Pekerjaan yang ada di kota :
Sopir bis dan taxi, masinis kereta api, pegawai SPBU, karyawan hotel (penerima tamu, pelayan kamar, koki (juru masak), petugas administrasi, petugas keuangan, petugas pencucian), pekerja di bank, pegawai kantor, arsitek, polisi lalu lintas, petugas parkir, guru, dosen, dokter, perawat, pegawai restoran, dll.
-            Pekerjaan yang ada di desa:
Petani di sawah/di perkebunan, peternak ikan, ayam, bebek, sapi, dokter, perawat, polisi, dll.
-          Pekerjaan yang terdapat di desa tetapi tidak terdapat di kota adalah petani.
Alasan mengapa hal itu bisa terjadi adalah karena di kota tidak ada lahan pertanian.
-          Pekerjaan yang ada di kota dan di desa saling membutuhkan. Contohnya pekerja kantor di kota membutuhkan nasi dan bermacam sayuran yang dibuat oleh para petani yang ada di desa. Begitupun juga petani yang di desa membutuhkan pembeli dari kota, sehingga para petani desa dapat membeli berberbagai kebutuhan seperti pakaian yang sebagian besar dihasilkan di kota.
B.       Jika aku ingin membantu pengusaha industri rumah tangga untuk membuat meja dan kursi, aku akan memilih besi sebagai bahan bakunya. Alasannya adalah karena pengusaha itu akan membuat meja dan kursi yang akan disimpan di halaman. Oleh Karena itu, besi dianggap sebagai bahan yang paling cocok. Walaupun pembuatannya akan lebih mahal, namun akan kuat dan tahan lama jika memakai besi untuk menjadi meja dan kursi untuk di halaman.

Catatan: jawaban dari pertanyaan point E dapat bermacam-macam asalkan disertai dengan
alasan yang tepat.

C.       Sikap yang harus dimiliki oleh seorang pekerja adalah jujur karena jika tidak jujur, ia akan merugikan dirinya dan orang lain, selain itu, ia pun tidak akan dipercaya oleh orang lain. Selain jujur, seorang pekerjapun harus harus memiliki sikap bekerja keras, disiplin dan bertanggung jawab. Alasannya karena dengan bekerja keras, disiplin dan bertanggung jawab, maka hasil yang diperoleh akan lebih maksimal.

D.      Bahan bakar minyak di SPBU berasal dari kilang minyak lepas pantai.
-          Ikan dan garam berasal dari pantai.
-          Sayur, wortel, kubis, dan semangka berasal dari dataran tinggi.
-          Baju, mainan, tv, dan sepeda berasal dari wilayah perindustrian.
-          Perhiasan logam berasal dari wilayah pertambangan.
E.       Asal benda-benda yang ada di sekitar kita:
Daerah
Jawa
Sumatera
Kalimantan
Sulawesi
Papua
Dataran Tinggi
• Emas
• Perak
• Granit
• Minyak
bumi
• Nikel
• Intan
• Kapur
• Nikel

Dataran
Rendah
• Minyak
bumi
• Kapur
• Fosfat
• Mika
• Bijih besi
• Minyak
bumi
• Emas perak
• Granit
• Batubara
• Timah
• Minyak
bumi
• Bauksit
• Batubara
• Emas
• Perak
• Aspal
• Asbes
• Minyak bumi
• Nikel
• Emas
• Tembaga

F.        Sumber daya alam tersebut, jika terus menerus digunakan lama kelamaan akan habis. Untuk mengadakannya kembali, memerlukan waktu jutaan tahun. Agar dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lama, maka kita harus menghemat penggunaannya.

G.      43 petak; 62 petak; 58 petak
      76 petak; 48 petak; 72 petak

H.      Luas sawah = 75 m x 40 m = 3.000 m2
Berapa banyak pupuk yang diperlukan = 3.000 : 8 = 375 gram
Kemungkinan panjang dan lebar kebun Pak Tani jika luasnya adalah 120 m2
I.         L = 120 m2 artinya p x l = 120 m2
Kemungkinannya: 2 x 60 = 120 m2
3 x 40 = 120 m2
4 x 30 = 120 m2
6 x 20 = 120 m2
8 x 15 = 120 m2
10 x 12 = 120 m2
J.         Luas A = 12 x 5 = 60 m2
Luas B = 5 x 2 = 10 m2
Total = 70 m2
Jadi luas karpet yang diperlukan adalah 70 m2
Jika harga karpet adalah Rp50.000,00 maka yang harus dibayar oleh sekolah
untuk menutupi seluruh ruangan perpustakaan adalah Rp50.000,00 x 70 = Rp350.000,00
K.      Soal cerita kreasi siswa dinilai dengan memperhatikan kebenaran isi soal dan jawaban


F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Kondisi lingkungan dan jenis profesi masyarakat



Mengetahui,
Kepala SD 3 Beureunuen



CHAIRUNNISA, S.Pd
NIP 19700312 199402 2 002

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas IV



BACHTIAR, S.Pd
NIP.19800611 200504 1 001



MEDIA

TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 6

TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 6


LEMBAR KERJA SISWA
 
TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 6


TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 1
TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 2
TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 3
TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 4

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors