Home » » TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 5

TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 30 October 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Neg. 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : 4/1
Tema 4                                        : Berbagai Pekerjaan
Sub Tema 1 / Pembelajaran         : Jenisi-jenis Pekerjaan/ 5
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
Kompetensi Dasar:
1.2  Menjalankan ajaran agama dalam berpikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat
1.3  Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3  Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.5  Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5  Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi

Indikator:
o    Menjelaskan hubungan timbal balik antara manusia dalam proses distribusi teh

b) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.2 Memiliki rasa ingintahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar
3.13 Memahami luas segitiga, persegi panjang, dan persegi.
3.14 Menentukan hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling persegipanjang
4.10 Mengembangkan, dan membuat berbagai pola numerik dan geometris

Indikator:
o   Mengaplikasikan konsep luas dan keliling persegi panjang

c) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.2  Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, sosial, serta permasalahan sosial
2.4  Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3   Menggali informasi dari teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.3   Mengolah dan menyajikan teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

Indikator:
o   Membedakan kalimat langsung dan tidak langsung

C. Materi Pembelajaran :
o   Hubungan timbal balik antara manusia
o   Konsep luas dan keliling persegi panjang
o   Kalimat langsung dan tidak langsung

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Setiap kelompok diberikan satu set kartu kartu kartu kata
7.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
8.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “jenis-jenis pekerjaan”.
9.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengamati gambar tentang kisah teh yang berasal dari gunung hingga sampai ke berbagai daerah.
o   Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan gambar
-          Saat siswa mengerjakan tugas, guru berkeliling untuk memastikan siswa memahami dan mengerjakan tugas, dan membantu siswa yang mengalami kesulitan.
o   Siswa membuat peta pikiran untuk menggambarkan hubungan antarprofesi.
o   Siswa memilih sebuah benda yang ada di kelas.
o    Siswa menganalisis benda tersebut dan menceritakan dalam bentuk tulisan tentang proses perjalanan benda dari awal produksi hingga sampai ke ruang kelas di sekolah.
o   Siswa mengerjakan langkah-langkah menyelesaikan luas menggunakan kertas berpetak berdasarkan instruksi.
o   Siswa mengerjakan soal cerita berdasarkan instruksi. (Penilaian no. 1 dan 2)
-          Saat siswa mengerjakan tugas, guru berkeliling memastikan siswa memahami tugasnya.
o   Siswa membaca kisah petambak ikan.
o   Siswa bisa membaca dialog tersebut berpasangan dengan teman.
o   Siswa membaca bentuk narasi dari teks percakapan.
o   Siswa mengamati perbedaan cara penulisan dua jenis teks tersebut dan menuliskannya. (Penilaian no. 3)
o   Siswa menuliskan refleksi harian.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman150.

Pengayaan:
o   Siswa membuat soal sendiri: membuat bentuk-bentuk persegi dan persegi panjang, boleh mengunakan penggaris. Minta siswa untuk menentukan sendiri panjang dan lebar bentuk yang mereka buat. Kemudian, menghitung luasnya menggunakan rumus.

Remedial:
-
 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan                                  pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan                                  kegiatan akhir.

b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes                                   lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).

Penilaian
1.        Daftar periksa untuk membuat soal cerita
Kriteria
Keterangan
Sudah
Belum
Soal berhubungan dengan luas dan keliling.


Angka dalam soal sesuai dan bisa dihitung


Ada jawaban


Soal bisa dimengerti



2.        Jawaban siswa pada tugas matematika mencari luas permukaan, diskoring dengan angka

3.        Daftar Periksa untuk Bahasa Indonesia Jawaban siswa pada pertanyaan tentang perbedaan penulisan bentuk narasi dan naskah dialog, dinilai dengan menggunakan daftar periksa:
Kriteria
Keterangan
Sudah
Belum
Perbedaan cara penulisan:
-          Naskah dialog: berbentuk tanya jawab
-          - Narasi : berbentuk cerita


Perbedaan penggunaan tanda baca:
-          Naskah dialog : menggunakan tanda titik dua (:)
-          - Narasi : kalimat percakapan menggunakan tanda petik ( “…”)


Kesimpulan:
-          Penulisan dalam bentuk naskah dialog(naskah drama), biasanya digunakan untuk tulisan yang berisi percakapan yang berupa kalimat langsung.
-          Penulisan dalam bentuk narasi, biasanya digunakan untuk tulisan berbentuk cerita (cerpen, novel )




4.    Penilaian sikap rasa ingin tahu, peduli lingkungan, bertanggung jawab, kreatif, percaya diri. (terlampir)

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Lingkungan kelas


Mengetahui,
Kepala SD 3 Beureunuen



CHAIRUNNISA, S.Pd
NIP 19700312 199402 2 002

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas IV



BACHTIAR, S.Pd
NIP.19800611 200504 1 001

MEDIA
TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 5

LEMBAR KERJA SISWA


TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 5

 
Buatlah teks wawancara antara kamu dengan petani jagung berikut ini:
………………..            : ………………………………………………………………..……..
Pengrajin                   : ………………………………………………………………..……..
: ………………………………………………………………..……..
………………..            : ………………………………………………………………..……..
Pengrajin                   : ………………………………………………………………..……..
: ………………………………………………………………..……..
………………..            : ………………………………………………………………..……..
Pengrajin                   : ………………………………………………………………..……..
: ………………………………………………………………..……..
………………..            : ………………………………………………………………..……..
Pengrajin                   : ………………………………………………………………..……..
: ………………………………………………………………..……..
………………..            : ………………………………………………………………..……..
Pengrajin                   : ………………………………………………………………..……..
: ………………………………………………………………..……..
  ………………..            : ………………………………………………………………..……..

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors