RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Neg. 3 Beureunuen
Kelas/Semester : 4/1
Tema 4 :
Berbagai Pekerjaan
Sub
Tema 1 / Pembelajaran : Jenisi-jenis Pekerjaan/ 5
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
Kompetensi Dasar:
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berpikir dan
berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial,
budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat
1.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah
menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan
peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
Indikator:
o Menjelaskan hubungan timbal balik antara manusia dalam proses distribusi
teh
b) Matematika
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.2 Memiliki rasa
ingintahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman
belajar
3.13 Memahami luas
segitiga, persegi panjang, dan persegi.
3.14 Menentukan
hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling persegipanjang
4.10 Mengembangkan,
dan membuat berbagai pola numerik dan geometris
Indikator:
o Mengaplikasikan konsep luas dan keliling persegi panjang
c) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang
Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern
dan tradisional, perkembangan teknologi, sosial, serta permasalahan sosial
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan
sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3 Menggali informasi dari teks wawancara
tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
4.3 Mengolah dan menyajikan teks wawancara
tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
Indikator:
o Membedakan kalimat langsung dan tidak langsung
C. Materi Pembelajaran :
o Hubungan timbal balik antara manusia
o Konsep luas dan keliling persegi panjang
o Kalimat langsung dan tidak langsung
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya jawab
tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Setiap
kelompok diberikan satu set kartu kartu kartu kata
7.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
8.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “jenis-jenis pekerjaan”.
9.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa mengamati
gambar tentang kisah teh yang berasal dari gunung hingga sampai ke berbagai daerah.
o
Siswa menjawab
pertanyaan berdasarkan gambar
-
Saat siswa mengerjakan tugas, guru berkeliling untuk
memastikan siswa memahami dan mengerjakan tugas, dan membantu siswa yang
mengalami kesulitan.
o
Siswa membuat
peta pikiran untuk menggambarkan hubungan antarprofesi.
o
Siswa memilih
sebuah benda yang ada di kelas.
o
Siswa menganalisis benda tersebut dan menceritakan
dalam bentuk tulisan tentang proses perjalanan benda dari awal produksi
hingga sampai ke ruang kelas di sekolah.
o
Siswa mengerjakan
langkah-langkah menyelesaikan luas menggunakan kertas berpetak berdasarkan
instruksi.
o
Siswa mengerjakan
soal cerita berdasarkan instruksi. (Penilaian no. 1 dan 2)
-
Saat siswa mengerjakan tugas, guru berkeliling memastikan
siswa memahami tugasnya.
o
Siswa membaca
kisah petambak ikan.
o
Siswa bisa
membaca dialog tersebut berpasangan dengan teman.
o
Siswa membaca bentuk narasi dari teks percakapan.
o
Siswa mengamati perbedaan cara penulisan dua jenis
teks tersebut dan menuliskannya. (Penilaian no. 3)
o
Siswa menuliskan refleksi harian.
o
Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan
berdasarkan perenungan di halaman150.
Pengayaan:
o
Siswa membuat soal sendiri: membuat bentuk-bentuk
persegi dan persegi panjang, boleh mengunakan penggaris. Minta siswa untuk
menentukan sendiri panjang dan lebar bentuk yang mereka buat. Kemudian,
menghitung luasnya menggunakan rumus.
Remedial:
-
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan
dalam kegiatan pembelajaran
sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan
akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
1.
Daftar periksa
untuk membuat soal cerita
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Soal berhubungan dengan luas dan keliling.
|
|
|
Angka dalam soal sesuai dan bisa dihitung
|
|
|
Ada jawaban
|
|
|
Soal bisa dimengerti
|
|
|
2.
Jawaban siswa pada tugas matematika mencari luas permukaan, diskoring
dengan angka
3.
Daftar Periksa untuk Bahasa Indonesia Jawaban siswa pada pertanyaan
tentang perbedaan penulisan bentuk narasi dan naskah dialog, dinilai dengan
menggunakan daftar periksa:
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Perbedaan
cara penulisan:
-
Naskah dialog: berbentuk tanya jawab
-
- Narasi :
berbentuk cerita
|
|
|
Perbedaan
penggunaan tanda baca:
-
Naskah dialog : menggunakan tanda titik
dua (:)
-
- Narasi :
kalimat percakapan menggunakan tanda petik ( “…”)
|
|
|
Kesimpulan:
-
Penulisan dalam bentuk naskah
dialog(naskah drama), biasanya digunakan untuk tulisan yang berisi percakapan
yang berupa kalimat langsung.
-
Penulisan dalam bentuk narasi, biasanya
digunakan untuk tulisan berbentuk cerita (cerpen, novel )
|
|
|
4.
Penilaian sikap
rasa ingin tahu, peduli lingkungan, bertanggung jawab, kreatif, percaya diri.
(terlampir)
F. Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Lingkungan kelas
Mengetahui,
Kepala SD 3 Beureunuen
CHAIRUNNISA,
S.Pd
NIP 19700312
199402 2 002
|
|
......,
........................ 20 .....
Guru Kelas IV
BACHTIAR,
S.Pd
NIP.19800611 200504 1 001
|
MEDIA
LEMBAR KERJA SISWA
Buatlah teks wawancara antara kamu dengan
petani jagung berikut ini:
|
TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 1
TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 2
TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 3
TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 4
TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 2
TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 3
TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 4
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment