RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Neg. 3 Beureunuen
Kelas/Semester : 4/1
Tema 4 :
Berbagai Pekerjaan
Sub
Tema 1 / Pembelajaran : Jenisi-jenis Pekerjaan/ 4
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
Kompetensi Dasar:
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berpikir dan
berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial,
budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat
1.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah
menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan
peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.1
Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antarruang, perubahan dan
keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
4.1
Menceriterakan tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas
antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi,
dan pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya
Indikator:
o
Menjelaskan
berbagai sumber daya alam dan hubungannya dengan jenis-jenis pekerjaan.
o
Membedakan sumber
daya alam dapat diperbaharuhi dan tak dapat diperbaharuhi
b) SBdP
Kompetensi Dasar:
1.1 Mengagumi ciri
khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah
Tuhan
2.2 Menunjukkan
rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide
dalam berkarya seni
3.1 Mengenal karya
dua dan tiga dimensi berdasarkan pengamatan
4.1 Menggambar
berdasarkan tema
Indikator:
o Menggambar alam berdasarkan instruksi yang diberikan
c) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang
Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern
dan tradisional, perkembangan teknologi, sosial, serta permasalahan sosial
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan
sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan
tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4 Menyajikan teks
cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam
teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator:
o Menemukan informasi tentang sumber daya alam (bambu, kayu, dan logam)
d) IPA
Kompetensi Dasar:
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari
hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.7 Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya
alam dengan lingkungan, teknologi, dan
masyarakat
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan
di kehidupan seharihari serta kemudahan
yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan
teknologi tersebut
Indikator:
o Menjelaskan hubungan antara SDA dengan kondisi lingkungan tempat hidup
masyarakat
C. Materi Pembelajaran :
o Berbagai sumber daya alam
o Karya dua dan tiga dimensi
o Informasi tentang sumber daya alam
o Hubungan antara SDA dengan kondisi lingkungan
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Setiap
kelompok diberikan satu set kartu kartu kartu kata
7.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
8.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “jenis-jenis pekerjaan”.
9.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa mengamati
gambar yang ada di buku. Minta siswa untuk menjawab pertanyaan yang berkaitan
dengan gambar.
-
Guru mengarahkan siswa untuk mendapatkan jawaban sesuai
dengan harapan.
-
Bahan dasar meja, kayu, dan lemari adalah kayu dan bambu,
sedangkan bahan bakar untuk sepeda motor ayah adalah BBM, dan bahan dasar
untuk membuat rangka motor adalah logam
o
Minta siswa
berpikir tentang wilayah tempat bahan dasar tersebut serta jenis profesi yang
telah mengolah bahan kayu, bambu, dan logam.
o
Siswa berdiskusi dengan teman untuk membedakan jenis
profesi yang menghasilkan benda dan jenis profesi yang tidak menghasilkan
benda (menghasilkan jasa).
o
Siswa melingkari jenis profesi yang menghasilkan,
misalnya tukang kayu, tukang sayur, nelayan, pekerja di kilang minyak, dan pengrajin
bambu.
o
Siswa menuliskan alasan dari setiap jawaban mereka.
o
Sebagai pengantar untuk masuk ke materi berikutnya,
yaitu tentang SDA (Sumber Daya Alam), ajukan pertanyaan seperti di bawah ini.
-
Di mana wilayah atau lokasi bahan-bahan dasar
tersebut bisa ditemukan?
o
Siswa membaca teks tentang tiga jenis SDA (Sumber
Daya Alam)
o
Siswa menjawab pertanyaan bacaan dan mengisi tabel
berbentuk piramida. (Penilaian no. 2)
-
Bahan tambang dan
minyak bumi memiliki usia pengadaan paling lama. Bahan tambang ini tidak terdapat
di berbagai tempat sehingga sulit untuk mendapatkannya. Bahan tambang
digolongkan ke dalam Sumber Daya Alam yang bisa habis atau tidak bias diperbarui.
-
Sayur dan
buah-buahan memiliki usia tanam paling pendek. Ketersediaannya cukup banyak
dan tersedia di berbagai tempat. Sayur dan buah-buahan digolongkan ke dalam SDA
yang tidak habis atau bisa diperbarui.
-
Pohon berkayu
memiliki usia tanam yang cukup lama. Saat menggunakannya, maka harus
dipastikan bahwa ada pengganti dari setiap pohon yang ditebang. Walaupun
pohon berkayu digolongkan ke dalam SDA yang bisa diperbarui, tetapi bila
pemakaiannya lebih cepat dibandingkan usia tanam, maka pohon juga bisa habis.
o
Dari tabel piramida, siswa menyimpulkan hubungan
antara usia tanam dan ketersediaan SDA.
o
Pastikan siswa menangkap pesan dari materi Sumber Daya
Alam, yaitu sebagai berikut.
-
Ternyata benda-benda di sekitar kita dihasilkan dari
berbagai sumber, seperti tumbuhan dan bahan tambang di perut bumi. Tumbuhan
dan bahan tambang tersebut diolah oleh berbagai jenis profesi sehingga
menjadi berbagai benda untuk keperluan manusia. Berbagai sumber bahan
alam tersebut dinamakan Sumber Daya Alam (SDA).
-
Sebagai manusia, kita harus bijaksana dalam
mengolah Sumber
-
Daya Alam tersebut, supaya lingkungan hidup kita
tetap terjaga kelangsungannya.
o
Siswa menggambar pemandangan alam mengikuti
instruksi yang diberikan. (Penilaian no. 1)
o
Ajak siswa keluar kelas atau keluar sekolah untuk
mendapatkan objek gambar yang menarik. Siswa dapat menggambar bersama di luar
kelas. Kegiatan ini akan member pengalaman berbeda pada siswa.
o
Minta siswa menggambar langsung objek yang mereka
lihat di luar kelas.
Pengayaan:
o
Siswa berdiskusi
dan membuat daftar tentang jenis-jenis Sumber Daya Alam yang ada di daerah
mereka.
o
Siswa bisa menuliskannya
dalam bentuk tabel atau tulisan narasi. (Penilaian no. 3)
Remedial:
o
Siswa yang
gambarnya belum berbentuk dengan jelas, dapat diberi tugas tambahan untuk
menggambar objek yang bentuknya sederhana, seperti gunung, rumah, awan, dan
sawah.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran
sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan
akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
1. Rubrik
gambar objek pemandangan alam
Kriteria
|
Baik Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Bentuk gambar
|
Gambar
jelas dan
proporsional
|
Gambar proporsional,
meski kurang jelas. Atau sebaliknya
|
Gambar
tidak jelas dan tidak proporsional
|
Pewarnaan
|
Warna
penuh dan tidak keluar objek
|
Warna
kurang penuh, tetapi tidak keluar objek
|
Warna penuh keluar objek
|
Sikap dan
Kerapian
|
Sikap
tertib, gambar
rapi,
bersih, dan tidak ada coretan lain
|
Sikap
kurang tertib meskipun
gambar
rapi, bersih, dan tidak ada coretan lain
|
Sikap
kurang tertib, gambar
tidak
rapi, tidak bersih,
ada coretan lain
|
|
|
|
|
2. Daftar
periksa untuk Mengolah Informasi
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Menjawab pertanyaan berdasarkan teks dengan benar
|
|
|
Mengolah
informasi dalam bentuk diagram piramida dengan
benar.
|
|
|
3. Daftar
Periksa jenis-jenis SDA (Sumber Daya Alam)
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Menuliskan
jenis-jenis Sumber Daya Alam
|
|
|
Menuliskan penggunaan Sumber Daya Alam
|
|
|
Menuliskan SDA diperbaruhi dan tidak diperbaruhi
|
|
|
4.
Penilaian sikap rasa ingin tahu, peduli lingkungan, bertanggung jawab,
kreatif, percaya diri. (terlampir)
F. Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Pemandangan di sekitar sekolah digunakan sebagai objek
menggambar pemandangan alam.
-
Kertas tambahan bila siswa ingin menggambar lebih dari
satu objek.
-
Pensil, pensil warna, crayon, atau cat air
Mengetahui,
Kepala SD 3 Beureunuen
CHAIRUNNISA,
S.Pd
NIP 19700312
199402 2 002
|
|
......,
........................ 20 .....
Guru Kelas IV
BACHTIAR,
S.Pd
NIP.19800611 200504 1 001
|
MEDIA
TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 2
TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 3
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment