Home » » TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 4

TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 30 October 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Neg. 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : 4/1
Tema 4                                        : Berbagai Pekerjaan
Sub Tema 1 / Pembelajaran         : Jenisi-jenis Pekerjaan/ 4
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
Kompetensi Dasar:
1.2  Menjalankan ajaran agama dalam berpikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat
1.3  Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3  Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.1 Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antarruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
4.1 Menceriterakan tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya

Indikator:
o    Menjelaskan berbagai sumber daya alam dan hubungannya dengan jenis-jenis pekerjaan.
o    Membedakan sumber daya alam dapat diperbaharuhi dan tak dapat diperbaharuhi

b) SBdP
Kompetensi Dasar:
1.1 Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni
3.1 Mengenal karya dua dan tiga dimensi berdasarkan pengamatan
4.1 Menggambar berdasarkan tema

Indikator:
o    Menggambar alam berdasarkan instruksi yang diberikan

c) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.2  Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, sosial, serta permasalahan sosial
2.4  Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4  Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

Indikator:
o    Menemukan informasi tentang sumber daya alam (bambu, kayu, dan logam)

d) IPA
Kompetensi Dasar:
1.1  Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.7  Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan,   teknologi, dan masyarakat
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan di       kehidupan seharihari serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan       memanfaatkan teknologi tersebut

Indikator:
o   Menjelaskan hubungan antara SDA dengan kondisi lingkungan tempat hidup masyarakat

C. Materi Pembelajaran :
o   Berbagai sumber daya alam
o   Karya dua dan tiga dimensi
o   Informasi tentang sumber daya alam
o   Hubungan antara SDA dengan kondisi lingkungan



 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Setiap kelompok diberikan satu set kartu kartu kartu kata
7.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
8.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “jenis-jenis pekerjaan”.
9.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengamati gambar yang ada di buku. Minta siswa untuk menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan gambar.
-          Guru mengarahkan siswa untuk mendapatkan jawaban sesuai dengan harapan.
-          Bahan dasar meja, kayu, dan lemari adalah kayu dan bambu, sedangkan bahan bakar untuk sepeda motor ayah adalah BBM, dan bahan dasar untuk membuat rangka motor adalah logam
o   Minta siswa berpikir tentang wilayah tempat bahan dasar tersebut serta jenis profesi yang telah mengolah bahan kayu, bambu, dan logam.
o   Siswa berdiskusi dengan teman untuk membedakan jenis profesi yang menghasilkan benda dan jenis profesi yang tidak menghasilkan benda (menghasilkan jasa).
o   Siswa melingkari jenis profesi yang menghasilkan, misalnya tukang kayu, tukang sayur, nelayan, pekerja di kilang minyak, dan pengrajin bambu.
o   Siswa menuliskan alasan dari setiap jawaban mereka.
o   Sebagai pengantar untuk masuk ke materi berikutnya, yaitu tentang SDA (Sumber Daya Alam), ajukan pertanyaan seperti di bawah ini.
-          Di mana wilayah atau lokasi bahan-bahan dasar tersebut bisa ditemukan?
o   Siswa membaca teks tentang tiga jenis SDA (Sumber Daya Alam)
o   Siswa menjawab pertanyaan bacaan dan mengisi tabel berbentuk piramida. (Penilaian no. 2)
-            Bahan tambang dan minyak bumi memiliki usia pengadaan paling lama. Bahan tambang ini tidak terdapat di berbagai tempat sehingga sulit untuk mendapatkannya. Bahan tambang digolongkan ke dalam Sumber Daya Alam yang bisa habis atau tidak bias diperbarui.
-            Sayur dan buah-buahan memiliki usia tanam paling pendek. Ketersediaannya cukup banyak dan tersedia di berbagai tempat. Sayur dan buah-buahan digolongkan ke dalam SDA yang tidak habis atau bisa diperbarui.
-            Pohon berkayu memiliki usia tanam yang cukup lama. Saat menggunakannya, maka harus dipastikan bahwa ada pengganti dari setiap pohon yang ditebang. Walaupun pohon berkayu digolongkan ke dalam SDA yang bisa diperbarui, tetapi bila pemakaiannya lebih cepat dibandingkan usia tanam, maka pohon juga bisa habis.
o   Dari tabel piramida, siswa menyimpulkan hubungan antara usia tanam dan ketersediaan SDA.
o   Pastikan siswa menangkap pesan dari materi Sumber Daya Alam, yaitu sebagai berikut.
-          Ternyata benda-benda di sekitar kita dihasilkan dari berbagai sumber, seperti tumbuhan dan bahan tambang di perut bumi. Tumbuhan dan bahan tambang tersebut diolah oleh berbagai jenis profesi sehingga menjadi berbagai benda untuk keperluan manusia. Berbagai sumber bahan alam tersebut dinamakan Sumber Daya Alam (SDA).
-          Sebagai manusia, kita harus bijaksana dalam mengolah Sumber
-          Daya Alam tersebut, supaya lingkungan hidup kita tetap terjaga kelangsungannya.
o   Siswa menggambar pemandangan alam mengikuti instruksi yang diberikan. (Penilaian no. 1)
o   Ajak siswa keluar kelas atau keluar sekolah untuk mendapatkan objek gambar yang menarik. Siswa dapat menggambar bersama di luar kelas. Kegiatan ini akan member pengalaman berbeda pada siswa.
o   Minta siswa menggambar langsung objek yang mereka lihat di luar kelas.

Pengayaan:
o   Siswa berdiskusi dan membuat daftar tentang jenis-jenis Sumber Daya Alam yang ada di daerah mereka.
o   Siswa bisa menuliskannya dalam bentuk tabel atau tulisan narasi. (Penilaian no. 3)

Remedial:
o   Siswa yang gambarnya belum berbentuk dengan jelas, dapat diberi tugas tambahan untuk menggambar objek yang bentuknya sederhana, seperti gunung, rumah, awan, dan sawah.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan                                  pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan                                  kegiatan akhir.

b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes                                   lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).

           
Penilaian
1. Rubrik gambar objek pemandangan alam
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Bentuk gambar
Gambar jelas dan
proporsional
Gambar proporsional, meski kurang jelas. Atau sebaliknya
Gambar tidak jelas dan tidak proporsional
Pewarnaan
Warna penuh dan tidak keluar objek
Warna kurang penuh, tetapi tidak keluar objek
Warna penuh keluar objek
Sikap dan
Kerapian
Sikap tertib, gambar
rapi, bersih, dan tidak ada coretan lain
Sikap kurang tertib meskipun
gambar rapi, bersih, dan tidak ada coretan lain
Sikap kurang tertib, gambar
tidak rapi, tidak bersih,
ada coretan lain





2. Daftar periksa untuk Mengolah Informasi
Kriteria
Keterangan
Sudah
Belum
Menjawab pertanyaan berdasarkan teks dengan benar


Mengolah informasi dalam bentuk diagram piramida dengan
benar.



3. Daftar Periksa jenis-jenis SDA (Sumber Daya Alam)
Kriteria
Keterangan
Sudah
Belum
Menuliskan jenis-jenis Sumber Daya Alam


Menuliskan penggunaan Sumber Daya Alam


Menuliskan SDA diperbaruhi dan tidak diperbaruhi



4.    Penilaian sikap rasa ingin tahu, peduli lingkungan, bertanggung jawab, kreatif, percaya diri. (terlampir)

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Pemandangan di sekitar sekolah digunakan sebagai objek menggambar pemandangan alam.
-          Kertas tambahan bila siswa ingin menggambar lebih dari satu objek.
-          Pensil, pensil warna, crayon, atau cat air


Mengetahui,
Kepala SD 3 Beureunuen



CHAIRUNNISA, S.Pd
NIP 19700312 199402 2 002

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas IV



BACHTIAR, S.Pd
NIP.19800611 200504 1 001


 
 MEDIA

TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 4

TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 4


TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 1
TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 2
TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 3

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors