Home » » TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 3

TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 30 October 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Neg. 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : 4/1
Tema 4                                        : Berbagai Pekerjaan
Sub Tema 1 / Pembelajaran         : Jenisi-jenis Pekerjaan/ 3
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
Kompetensi Dasar:
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang tidak ternilai
1.2  Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada Sang Pencipta
2.3  Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
2.4  Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
3.2  Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulative dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil
4.1  Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasarlokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalampermainan bola besar yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar.

Indikator:
o   Mempraktekkan servis pada permainan bulu tangkis yang dilandasi oleh pola gerak dasar lokomotor dan manipulatif

b) PPKn
Kompetensi Dasar:
1.2  Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar
2.3  Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2  Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat
4.2  Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat

Indikator:
o    Menjelaskan kewajiban sebagai seorang pekerja dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat

c) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.2  Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, sosial, serta permasalahan sosial
2.4  Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3  Menggali informasi dari teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.3  Mengolah dan menyajikan teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

Indikator:
o    Membedakan kalimat langsung dan tidak langsung

d) Matematika
Kompetensi Dasar:
1.1  Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.2  Memiliki rasa ingintahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar
3.13 Memahami luas segitiga, persegi panjang, dan persegi
3.14 Menentukan hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling persegi panjang
4.9  Mengembangkan dan membuat berbagai pola numerik dan geometris

Indikator:
o   Menjelaskan konsep luas bangun datar persegi dan persegi panjang

C. Materi Pembelajaran :
o   gerak dasar lokomotor dan manipulatif
o   Kewajiban sebagai seorang pekerja dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat
o   Kalimat langsung dan tidak langsung
o   Bangun datar persegi dan persegi panjang
 
 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Setiap kelompok diberikan satu set kartu kartu kartu kata
7.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
8.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “jenis-jenis pekerjaan”.
9.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa melakukan olahraga permainan bola kecil, yaitu bulu tangkis. (Penilaian no. 3)
A.     Kegiatan Pemanasan
o   Memukul bola sendiri
o   Memukul bola berpasangan.
B.     Kegiatan Inti
a.      Servis Bawah
-       tanpa melewati net
-       Siswa melakukan Siswa melakukan servis bawah servis bawah melewati net
b.      Servis atas
-       Siswa melakukan servis tanpa net
-       Siswa melakukan servis menggunakan net
c.       Bermain bulutangkis
-       Siswa melakukan permainan bulutangkis menggunakan peraturan yang
-       disederhanakan
-       (bola melewati net dan masuk ke daerah lapangan lawan)
-       Siswa melakukan permainan bulutangkis individu.
-       Siswa melakukan permainan bulutangkis berpasangan
o   Siswa yang sudah bisa bermain bulutangkis, membantu guru melatih teman-temanya memukul kok.
o   Siswa membaca senyap percakapan antara wartawan dan Susi Susanti, pastikan siswa memahami isi bacaan.
o   Siswa diminta secara berpasangan melakukan percakapan tersebut.
o   Siswa akan belajar kalimat langsung dan tidak langsung. Siswa diingatkan untuk memperhatikan penggunaan titik dua (:) pada teks tersebut.
o   Siswa diminta untuk berperan menjadi Desi Anwar. Siswa yang berperan sebagai Desi Anwar menceritakan kembali perkataan Susi Susanti kepada teman yang lain.
-          Guru meminta siswa membaca teks laporan Udin kepada ayahnya.
-          Siswa akan membandingkan teks wawancara langsung dengan teks laporan. Diharapkan siswa akan memahami perbedaan dari dua teks tersebut.
-          Kegiatan ini merupakan pengantar untuk kegiatan berikutnya tentang kalimat langsung dan tidak langsung.

o   Siswa membedakan dua jenis teks tersebut dan menuliskannya di buku.
o   Siswa melakukan percakapan atau dialog pendek bersama seorang teman.
o   Siswa menuliskan dialog yang diucapkan pada buku mereka dengan memperhatikan tanda titik dua (:).
o   Siswa kemudian menuliskan kembali hasil percakapan bersama teman di buku masing-masing. (Penilaian no. 1)
o   Siswa mengamati gambar berbagai pekerjaan sebagai seniman. Siswa diminta untuk menyebutkan jenis pekerjaan seniman lainnya.
o   Siswa menjawab pertanyaan tentang sikap yang harus dimiliki oleh setiap pekerja (atlet dan seniman).
o   Siswa mengamati foto pekerjaan: pemadam kebakaran, dokter, dan penjaga rel kereta api.
o   Siswa menuliskan nama pekerjaan dan tugas masing-masing pekerjaan tersebut.
o   Tugas berpasangan: siswa berdiskusi tentang sikap yang harus dimiliki oleh semua jenis pekerjaan dan menjelaskan alasannya. (Penilaian no. 4)
o   Saat diskusi, guru mengarahkan siswa untuk mendapatkan kesimpulan yang diharapkan
o   Siswa membaca proses mencari luas dan keliling menggunakan lantai ubin berbentuk persegi. Pastikan siswa memahami langkah-langkah yang ada di dalam buku.
o   Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran luas di materi sebelumnya.
o   Guru menguatkan teori tentang menghitung luas permukaan persegi dan persegi panjang.
o   Siswa mengerjakan latihan. (Penilaian no. 2)

Pengayaan:
o   Siswa membuat soal sendiri: membuat bentuk-bentuk persegi dan persegi panjang, boleh mengunakan penggaris. Minta siswa untuk menentukan sendiri panjang dan lebar bentuk yang mereka buat, kemudian menghitung luas dan kelilingnya menggunakan rumus.


Remedial:
o   Siswa yang belum memahami cara mencari luas persegi panjang, dapat diberikan soal-soal hitungan.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan                                  pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan                                  kegiatan akhir.

b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes                                   lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).

           
Penilaian
1.    Daftar periksa untuk Dialog dan Laporan (Bahasa Indonesia)
Kriteria
Keterangan
Sudah
Belum
Menulis dialog sesuai dengan konteks


Tanda baca sesuai


Laporan sesuai dengan isi dialog


Menggunakan kata baku



2. Daftar Periksa untuk eksplorasi Matematika
Kriteria
Keterangan
Sudah
Belum
Menuliskan konsep luas dengan benar


Menuliskan konsep keliling dengan benar



2. 3. Daftar periksa untuk permainan bulu tangkis (PJOK)
Kriteria
Keterangan
Sudah
Belum
Teknik servis bawah dengan tepat       


Teknik servis atas dengan tepat


Memukul bola melewati ne


Memukul bola masuk ke daerah lawan.



Daftar periksa untuk sikap dimiliki oelh pekerja (PPKn)
Kriteria
Keterangan
Sudah
Belum
Menuliskan nama pekerjaan


Menuliskan sikap yang dimiliki dari pekerja


Menjelaskan alasan pentingnya sikap tersebut


Menjelaskan hal yang terjadi jika tidak memiliki sikap sebagai
pekerja yang baik.



2.    Penilaian sikap rasa ingin tahu, peduli lingkungan, bertanggung jawab, kreatif, percaya diri. (Terlampir)

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Ruang kelas dan tambahan kertas berpetak jika halaman kertas berpetak yang ada di buku siswa tidak mencukupi..



Mengetahui,
Kepala SD 3 Beureunuen



CHAIRUNNISA, S.Pd
NIP 19700312 199402 2 002

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas IV



BACHTIAR, S.Pd
NIP.19800611 200504 1 001



MEDIA

TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 3

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors