RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Neg. 3 Beureunuen
Kelas/Semester : 4/1
Tema 4 :
Berbagai Pekerjaan
Sub
Tema 1 / Pembelajaran : Jenisi-jenis Pekerjaan/ 3
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
Kompetensi Dasar:
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang
tidak ternilai
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus
dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada Sang Pencipta
2.3 Menghargai perbedaan karakteristik individual
dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam
melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
3.2 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola
gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulative dalam berbagai permainan
dan atau olahraga tradisional bola kecil
4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak
dasarlokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalampermainan bola besar yang
dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional
bola besar.
Indikator:
o Mempraktekkan servis
pada permainan bulu tangkis yang dilandasi oleh pola gerak dasar lokomotor dan
manipulatif
b) PPKn
Kompetensi Dasar:
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah, dan
masyarakat sekitar
2.3 Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan
kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat
sekitar
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam
dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga di
lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
Indikator:
o Menjelaskan kewajiban sebagai seorang pekerja dalam kehidupan sehari-hari
di masyarakat
c) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang
Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern
dan tradisional, perkembangan teknologi, sosial, serta permasalahan sosial
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan
sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3 Menggali informasi dari teks wawancara tentang
jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi dengan bantuan
guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku
4.3 Mengolah dan menyajikan teks wawancara tentang
jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator:
o Membedakan kalimat langsung dan tidak langsung
d) Matematika
Kompetensi Dasar:
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya
2.2 Memiliki rasa ingintahu dan ketertarikan pada
matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar
3.13 Memahami luas
segitiga, persegi panjang, dan persegi
3.14 Menentukan
hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling
persegi panjang
4.9 Mengembangkan dan membuat berbagai pola
numerik dan geometris
Indikator:
o Menjelaskan konsep luas
bangun datar persegi dan persegi panjang
C. Materi Pembelajaran :
o
gerak dasar lokomotor dan manipulatif
o
Kewajiban sebagai
seorang pekerja dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat
o
Kalimat langsung
dan tidak langsung
o
Bangun datar persegi dan persegi panjang
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Setiap
kelompok diberikan satu set kartu kartu kartu kata
7.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
8.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “jenis-jenis pekerjaan”.
9.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa melakukan olahraga permainan bola kecil, yaitu
bulu tangkis. (Penilaian no. 3)
A.
Kegiatan Pemanasan
o
Memukul bola sendiri
o
Memukul bola berpasangan.
B.
Kegiatan Inti
a. Servis Bawah
- tanpa melewati
net
- Siswa melakukan
Siswa melakukan servis bawah servis bawah melewati net
b. Servis atas
- Siswa melakukan
servis tanpa net
- Siswa melakukan
servis menggunakan net
c. Bermain
bulutangkis
- Siswa melakukan
permainan bulutangkis menggunakan peraturan yang
- disederhanakan
- (bola melewati
net dan masuk ke daerah lapangan lawan)
- Siswa melakukan
permainan bulutangkis individu.
- Siswa melakukan
permainan bulutangkis berpasangan
o
Siswa yang sudah bisa bermain bulutangkis, membantu
guru melatih teman-temanya memukul kok.
o
Siswa membaca
senyap percakapan antara wartawan dan Susi Susanti, pastikan siswa memahami
isi bacaan.
o
Siswa diminta
secara berpasangan melakukan percakapan tersebut.
o
Siswa akan
belajar kalimat langsung dan tidak langsung. Siswa diingatkan untuk
memperhatikan penggunaan titik dua (:) pada teks tersebut.
o
Siswa diminta
untuk berperan menjadi Desi Anwar. Siswa yang berperan sebagai Desi Anwar menceritakan
kembali perkataan Susi Susanti kepada teman yang lain.
-
Guru meminta siswa membaca teks laporan Udin kepada ayahnya.
-
Siswa akan membandingkan teks wawancara langsung
dengan teks laporan. Diharapkan siswa akan memahami perbedaan dari dua teks
tersebut.
-
Kegiatan ini merupakan pengantar untuk kegiatan berikutnya
tentang kalimat langsung dan tidak langsung.
o
Siswa membedakan
dua jenis teks tersebut dan menuliskannya di buku.
o
Siswa melakukan
percakapan atau dialog pendek bersama seorang teman.
o
Siswa menuliskan
dialog yang diucapkan pada buku mereka dengan memperhatikan tanda titik dua
(:).
o
Siswa kemudian
menuliskan kembali hasil percakapan bersama teman di buku masing-masing.
(Penilaian no. 1)
o
Siswa mengamati gambar berbagai pekerjaan sebagai
seniman. Siswa diminta untuk menyebutkan jenis pekerjaan seniman lainnya.
o
Siswa menjawab pertanyaan tentang sikap yang harus
dimiliki oleh setiap pekerja (atlet dan seniman).
o
Siswa mengamati foto pekerjaan: pemadam kebakaran,
dokter, dan penjaga rel kereta api.
o
Siswa menuliskan nama pekerjaan dan tugas
masing-masing pekerjaan tersebut.
o
Tugas berpasangan: siswa berdiskusi tentang sikap
yang harus dimiliki oleh semua jenis pekerjaan dan menjelaskan alasannya.
(Penilaian no. 4)
o
Saat diskusi, guru
mengarahkan siswa untuk mendapatkan kesimpulan yang diharapkan
o
Siswa membaca proses mencari luas dan keliling
menggunakan lantai ubin berbentuk persegi. Pastikan siswa memahami
langkah-langkah yang ada di dalam buku.
o
Guru mengingatkan
siswa tentang pelajaran luas di materi sebelumnya.
o
Guru menguatkan teori tentang menghitung luas
permukaan persegi dan persegi panjang.
o
Siswa mengerjakan latihan. (Penilaian no. 2)
Pengayaan:
o
Siswa membuat
soal sendiri: membuat bentuk-bentuk persegi dan persegi panjang, boleh
mengunakan penggaris. Minta siswa untuk menentukan sendiri panjang dan lebar bentuk
yang mereka buat, kemudian menghitung luas dan kelilingnya menggunakan rumus.
Remedial:
o
Siswa yang belum
memahami cara mencari luas persegi panjang, dapat diberikan soal-soal
hitungan.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran
sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan
akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
1.
Daftar periksa
untuk Dialog dan Laporan (Bahasa Indonesia)
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Menulis dialog sesuai dengan konteks
|
|
|
Tanda baca sesuai
|
|
|
Laporan sesuai dengan isi dialog
|
|
|
Menggunakan kata baku
|
|
|
2. Daftar
Periksa untuk eksplorasi Matematika
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Menuliskan konsep luas dengan benar
|
|
|
Menuliskan konsep keliling dengan benar
|
|
|
2. 3.
Daftar periksa untuk permainan bulu tangkis (PJOK)
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Teknik servis
bawah dengan tepat
|
|
|
Teknik servis atas dengan tepat
|
|
|
Memukul bola melewati ne
|
|
|
Memukul bola masuk ke daerah lawan.
|
|
|
Daftar periksa
untuk sikap dimiliki oelh pekerja (PPKn)
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Menuliskan nama
pekerjaan
|
|
|
Menuliskan sikap yang dimiliki dari pekerja
|
|
|
Menjelaskan alasan pentingnya sikap tersebut
|
|
|
Menjelaskan
hal yang terjadi jika tidak memiliki sikap sebagai
pekerja yang baik.
|
|
|
2.
Penilaian sikap
rasa ingin tahu, peduli lingkungan, bertanggung jawab, kreatif, percaya diri.
(Terlampir)
F.
Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Ruang kelas dan
tambahan kertas berpetak jika halaman kertas berpetak yang ada di buku siswa
tidak mencukupi..
Mengetahui,
Kepala SD 3 Beureunuen
CHAIRUNNISA,
S.Pd
NIP 19700312
199402 2 002
|
|
......,
........................ 20 .....
Guru Kelas IV
BACHTIAR,
S.Pd
NIP.19800611 200504 1 001
|
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment