RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Neg. 3 Beureunuen
Kelas/Semester : 4/1
Tema 4 :
Berbagai Pekerjaan
Sub
Tema1 / Pembelajaran : Jenisi-jenis
Pekerjaan/ 2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
Kompetensi Dasar:
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berpikir dan
berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial,
budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat
1.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah
menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan
peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.1 Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antarruang, perubahan dan
keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
4.1 Menceritakan tentang hasil bacaan mengenai definisi ruang, konektivitas
antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial,
ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya
Indikator:
o Mengidentifikasi hubungan antara benda-benda dalam kehidupan sehari-hari
dengan jenis pekerjaan
b) Matematika
Kompetensi Dasar:
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.2 Memiliki rasa
ingintahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman
belajar
3.13 Memahami luas
segitiga, persegi panjang, dan persegi
4.9 Mengembangkan,
dan membuat berbagai pola numerik dan geometris
Indikator:
o Menghitung luas
bangun datar menggunakan alat ukur tidak baku
c) PPKn
Kompetensi Dasar:
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah, dan
masyarakat sekitar
2.3 Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan
kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat
sekitar
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam
kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga di
lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
Indikator:
o Menjelaskan kewajiban sebagai seorang pekerja di masyarakat
d) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang
Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern
dan tradisional, perkembangan teknologi, sosial, serta permasalahan sosial
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan
sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan
sumber daya alam dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata
baku
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya
alam secara mandiri dalam teks bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
Indikator:
o Menemukan unsur unsur cerita dari teks cerita petualangan “Semut dan
Belalang”
C. Materi Pembelajaran :
1.
Hubungan antara
benda-benda dalam kehidupan sehari-hari
2.
Luas bangun datar menggunakan alat ukur tidak baku
3.
Kewajiban sebagai
seorang pekerja di masyarakat
4.
Unsur unsur cerita
dari teks cerita
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Setiap kelompok diberikan satu set kartu kartu kartu
kata
7. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
8. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Jenis-jenis pekerjaan”.
9. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa mengamati gambar makanan yang ada
di buku.
-
Jika
siswa membawa bekal makanan ke sekolah,maka guru bisa meminta siswa untuk
menunjukkan makanannya di depan kelas.
-
Guru
bertanya:
-
Bagaimana
makanan ini bisa ada dan siap dimakan?
-
Pekerjaan
apakah yang dimiliki oleh orang-orang yang berjasa mengadakan bahan-bahan
dasar dari makanan kalian?
o
Siswa mengamati gambar sepuluh jenis profesi yang
ada di buku
o
Guru berdiskusi
tentang gambar sepuluh jenis profesi yang ada di buku. Minta siswa memberikan
gambaran tentang tugas-tugas dari sepuluh jenis profesi tersebut.
o
Siswa mencocokkan antara profesi dan bahan makanan
yang dihasilkan.
o
Guru menyimpulkan hasil belajar bahwa setiap benda
di sekitar kita dihasilkan oleh orang-orang dengan berbagai jenis pekerjaan.
o
Siswa membaca materi tentang luas bangun datar yang
ada di buku. Siswa diberi waktu sekitar 10 menit untuk memahami tugas yang
akan mereka lakukan
o
Siswa dibagi
dalam beberapa kelompok kecil, setiap kelompok terdiri atas 3–5 siswa.
o
Setiap kelompok
akan menggunakan dua buah meja kelas. Mereka akan melakukan eksplorasi untuk
memahami konsep dasar luas.
o
Siswa menutupi
meja 1 menggunakan daun dan meja 2 menggunakan buku.
o
Pastikan posisi
daun dan buku tidak bertumpuk karena jumlah daun dan buku tersebut akan dihitung,
yang merupakan representasi dari luas meja yang diukur.
o
Pastikan semua
siswa meletakkan daun dan buku dengan rapi.
o
Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di
buku.
o
Pertanyaan-pertanyaan di buku siswa akan membimbing
siswa untuk memahami bahwa luas permukaan adalah bidang area di bagian
tengahnya (untuk membedakan dengan konsep keliling).
o
Di akhir pembelajaran, siswa diharapkan akan
memahami bahwa daun, meja, atau benda-benda lain yang merupakan alat ukur
tidak baku. Tidak bisa dijadikan alat ukur yang standar, karena memiliki
kelemahan bentuk dan ukuran yang berbeda, yang bisa dipakai untuk mengukur
semua benda dan akan menghasilkan ukuran yang sama, walaupun dipakai di mana
saja.
o
Siswa melakukan eksplorasi yaitu mengukur luas
beberapa permukaan benda menggunakan pengukur yang ada di kelas atau di
sekitar sekolah.
o
Saat menutupi
bidang benda yang akan diukur luasnya, pastikan siswa memilih benda pengukur
dengan ukuran yang mirip dan jumlahnya cukup untuk menutupi semua bidang.
o
Berikan tantangan
pada siswa untuk mengukur area-area yang luas, seperti ruang kelas atau
lapangan olahraga. Siswa bisa menggunakan baju olahraga atau tubuh mereka
untuk menutupi area tersebut.
o
Siswa menuliskan hasil eksplorasi di tabel.
o
Siswa menyimpulkan hasil eksplorasi mereka tentang
luas permukaan bidang datar persegi panjang atau persegi di buku.
o
Siswa membaca senyap (dalam hati) tentang kisah “Semut
dan Belalang” yang ada di buku.
o
Siswa menjawab pertanyaan di buku. (Penilaian no. 2)
o
Siswa
diperbolehkan untuk berdiskusi saat menjawab pertanyaan tentang cerita Si
Semut.
o
Di akhir
pembelajaran, diharapkan siswa dapat mengambil kesimpulan bahwa bekerja
adalah satu cara manusia untuk bisa memenuhi kebutuhannya.
o
Dengan bekerja,
manusia juga bisa saling menolong antarsesama yang membutuhkan.
o
Siswa bersama guru menyimpulkan arti pekerjaan dan
manfaat bekerja.
o
Siswa menuliskan pengalaman belajar tentang materi
yang telah mereka pelajari.
Pengayaan:
o
Siswa diberikan
soal-soal latihan tentang luas.
Remedial:
Siswa yang belum memahami konsep luas, bisa mengulang eksplorasi
mengukur luas permukaan benda yang lebih kecil, seperti luas buku atau luas
saputangan menggunakan benda-benda yang ada di kelas.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran
sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan
akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
1.
Daftar Periksa
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Menuliskan maksud dari pekerjaan dengan benar
|
|
|
Menuliskan alasan orang bekerja
|
|
|
Menuliskan sikap yang harus dimiliki oleh pekerja
|
|
|
2.
Daftar periksa untuk menjawab pertanyaan
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Menjawab pertanyaan berdasarkan teks
|
|
|
Dapat menyimpulkan isi teks yang dibaca
|
|
|
Menuliskan pesan moral dari teks yang dibaca
|
|
|
3.
Penilaian sikap
rasa ingin tahu, peduli lingkungan, bertanggung jawab, kreatif, percaya diri.
F. Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Benda-benda dan
lingkungan di sekitar sekolah atau kelas.
Mengetahui,
Kepala SD 3 Beureunuen
CHAIRUNNISA,
S.Pd
NIP 19700312
199402 2 002
|
|
......,
........................ 20 .....
Guru Kelas IV
BACHTIAR, S.Pd
NIP.19800611 200504 1 001
|
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment