Home » » TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 2

TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 29 October 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Neg. 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : 4/1
Tema 4                                        : Berbagai Pekerjaan
Sub Tema1 / Pembelajaran          : Jenisi-jenis Pekerjaan/ 2
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
Kompetensi Dasar:
1.2  Menjalankan ajaran agama dalam berpikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat
1.3  Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3  Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.1  Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antarruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
4.1  Menceritakan tentang hasil bacaan mengenai definisi ruang, konektivitas antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya

Indikator:
o    Mengidentifikasi hubungan antara benda-benda dalam kehidupan sehari-hari dengan jenis pekerjaan

b) Matematika
Kompetensi Dasar:
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.2 Memiliki rasa ingintahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar
3.13 Memahami luas segitiga, persegi panjang, dan persegi
4.9 Mengembangkan, dan membuat berbagai pola numerik dan geometris
Indikator:
o   Menghitung luas bangun datar menggunakan alat ukur tidak baku

c) PPKn
Kompetensi Dasar:
1.2  Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar
2.3  Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2  Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat
4.2  Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat

Indikator:
o   Menjelaskan kewajiban sebagai seorang pekerja di masyarakat

d) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.2  Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, sosial, serta permasalahan sosial
2.4  Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber       daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
      dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam       secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan       memilah kosakata baku

Indikator:
o   Menemukan unsur unsur cerita dari teks cerita petualangan “Semut dan Belalang”

C. Materi Pembelajaran :
1.      Hubungan antara benda-benda dalam kehidupan sehari-hari
2.      Luas bangun datar menggunakan alat ukur tidak baku
3.      Kewajiban sebagai seorang pekerja di masyarakat
4.      Unsur unsur cerita dari teks cerita
 
 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Setiap kelompok diberikan satu set kartu kartu kartu kata
7.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
8.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Jenis-jenis pekerjaan”.
9.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengamati gambar makanan yang ada di buku.
-          Jika siswa membawa bekal makanan ke sekolah,maka guru bisa meminta siswa untuk menunjukkan makanannya di depan kelas.

-          Guru bertanya:
-          Bagaimana makanan ini bisa ada dan siap dimakan?
-          Pekerjaan apakah yang dimiliki oleh orang-orang yang berjasa mengadakan bahan-bahan dasar dari makanan kalian?

o   Siswa mengamati gambar sepuluh jenis profesi yang ada di buku
o   Guru berdiskusi tentang gambar sepuluh jenis profesi yang ada di buku. Minta siswa memberikan gambaran tentang tugas-tugas dari sepuluh jenis profesi tersebut.
o   Siswa mencocokkan antara profesi dan bahan makanan yang dihasilkan.
o   Guru menyimpulkan hasil belajar bahwa setiap benda di sekitar kita dihasilkan oleh orang-orang dengan berbagai jenis pekerjaan.
o   Siswa membaca materi tentang luas bangun datar yang ada di buku. Siswa diberi waktu sekitar 10 menit untuk memahami tugas yang akan mereka lakukan
o   Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kecil, setiap kelompok terdiri atas 3–5 siswa.
o   Setiap kelompok akan menggunakan dua buah meja kelas. Mereka akan melakukan eksplorasi untuk memahami konsep dasar luas.
o   Siswa menutupi meja 1 menggunakan daun dan meja 2 menggunakan buku.
o   Pastikan posisi daun dan buku tidak bertumpuk karena jumlah daun dan buku tersebut akan dihitung, yang merupakan representasi dari luas meja yang diukur.
o   Pastikan semua siswa meletakkan daun dan buku dengan rapi.
o   Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di buku.
o   Pertanyaan-pertanyaan di buku siswa akan membimbing siswa untuk memahami bahwa luas permukaan adalah bidang area di bagian tengahnya (untuk membedakan dengan konsep keliling).
o   Di akhir pembelajaran, siswa diharapkan akan memahami bahwa daun, meja, atau benda-benda lain yang merupakan alat ukur tidak baku. Tidak bisa dijadikan alat ukur yang standar, karena memiliki kelemahan bentuk dan ukuran yang berbeda, yang bisa dipakai untuk mengukur semua benda dan akan menghasilkan ukuran yang sama, walaupun dipakai di mana saja.
o   Siswa melakukan eksplorasi yaitu mengukur luas beberapa permukaan benda menggunakan pengukur yang ada di kelas atau di sekitar sekolah.
o   Saat menutupi bidang benda yang akan diukur luasnya, pastikan siswa memilih benda pengukur dengan ukuran yang mirip dan jumlahnya cukup untuk menutupi semua bidang.
o   Berikan tantangan pada siswa untuk mengukur area-area yang luas, seperti ruang kelas atau lapangan olahraga. Siswa bisa menggunakan baju olahraga atau tubuh mereka untuk menutupi area tersebut.
o   Siswa menuliskan hasil eksplorasi di tabel.
o   Siswa menyimpulkan hasil eksplorasi mereka tentang luas permukaan bidang datar persegi panjang atau persegi di buku.
o   Siswa membaca senyap (dalam hati) tentang kisah “Semut dan Belalang” yang ada di buku.
o   Siswa menjawab pertanyaan di buku. (Penilaian no. 2)
o   Siswa diperbolehkan untuk berdiskusi saat menjawab pertanyaan tentang cerita Si Semut.
o   Di akhir pembelajaran, diharapkan siswa dapat mengambil kesimpulan bahwa bekerja adalah satu cara manusia untuk bisa memenuhi kebutuhannya.
o   Dengan bekerja, manusia juga bisa saling menolong antarsesama yang membutuhkan.
o   Siswa bersama guru menyimpulkan arti pekerjaan dan manfaat bekerja.
o   Siswa menuliskan pengalaman belajar tentang materi yang telah mereka pelajari.

Pengayaan:
o   Siswa diberikan soal-soal latihan tentang luas.

Remedial:
Siswa yang belum memahami konsep luas, bisa mengulang eksplorasi mengukur luas permukaan benda yang lebih kecil, seperti luas buku atau luas saputangan menggunakan benda-benda yang ada di kelas.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan                                  pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan                                  kegiatan akhir.

b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes                                   lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).

           
Penilaian
1.    Daftar Periksa
Kriteria
Keterangan
Sudah
Belum
Menuliskan maksud dari pekerjaan dengan benar


Menuliskan alasan orang bekerja


Menuliskan sikap yang harus dimiliki oleh pekerja



2.    Daftar periksa untuk menjawab pertanyaan

Kriteria
Keterangan
Sudah
Belum
Menjawab pertanyaan berdasarkan teks


Dapat menyimpulkan isi teks yang dibaca


Menuliskan pesan moral dari teks yang dibaca



3.    Penilaian sikap rasa ingin tahu, peduli lingkungan, bertanggung jawab, kreatif, percaya diri.


F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Benda-benda dan lingkungan di sekitar sekolah atau kelas.



Mengetahui,
Kepala SD 3 Beureunuen



CHAIRUNNISA, S.Pd
NIP 19700312 199402 2 002

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas IV



BACHTIAR, S.Pd
NIP.19800611 200504 1 001



MEDIA
TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 2

TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 2

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors