RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Neg. 3 Beureunuen
Kelas/Semester : 4/1
Tema 4 :
Berbagai Pekerjaan
Sub
Tema 1 / Pembelajaran : Jenisi-jenis Pekerjaan/ 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
Kompetensi Dasar:
1.2 Menjalankan
ajaran agama dalam berpikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat
1.3 Menerima
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan
perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan
dan teman sebaya
3.5 Memahami
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi
4.5 Menceritakan
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi
Indikator:
o Mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan berdasarkan kondisi geografis
daerah tepat tinggal
o Menjelaskan hubungan jenis-jenis pekerjaan dengan kondisi geografis lingkungan
tempat tinggal melalui kegiatan membaca peta
b) IPA
Kompetensi Dasar:
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad
raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan
ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan
berdiskusi
3.7 Mendeskripsikan hubungan antara sumber
daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.7 Menyajikan
laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan di kehidupan sehari- hari dan kemudahan yang diperoleh
oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut
Indikator:
o Menjelasakan sumber daya alam di suatu daerah dan menghubungkannya dengan
jenis-jenis pekerjaan yang ada
c) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang
Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern
dan tradisional, perkembangan teknologi, sosial, serta permasalahan sosial
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan
sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks
cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya
alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata
baku
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya
alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata
baku
Indikator:
o Mengolah informasi tentang proses pembuatan teh
C. Materi Pembelajaran :
o Jenis-jenis pekerjaan berdasarkan kondisi geografis
o Sumber daya alam di suatu daerah
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Setiap
kelompok diberikan satu set kartu kartu kartu kata
7.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
8.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Jenis-jenis pekerjaan”.
9.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa mengamati gambar proses pembuatan teh.
Ingatkan siswa untuk memperhatikan langkah-langkah proses tersebut secara
detail.
-
Guru berkeliling
saat siswa mengamati
-
Guru mengajukan
beberapa pertanyaan tentang proses pengolahan teh
o
Siswa diminta
berdiskusi dengan seorang teman untuk menjawab pertanyaan yang ada di buku
mengenai letak perkebunan teh ,
pekerjaan yang ada di perkebunan tersebut, dan tugas dari setiap pekerja
tersebut
o
Siswa menuliskan
jawaban berdasarkan pertanyaan yang ada
di buku
Jawaban:
-
Di manakah letak perkebunan teh? (di
pegunungan di dataran tinggi)
-
Pekerjaan apa saja yang ada di
perkebunan teh? ( pemetik teh, pengolah teh, dan pengemas teh)
-
Apa tugas dari masing-masing pekerja di
kebun teh? (memetik teh, mengolah teh, dan mengemas teh)
o
Siswa mengamati tiga gambar yang berisi tiga jenis profesi
dari di tiga tempat yang berbeda.
o
Siswa menuliskan keterangan tentang tiga jenis
profesi tersebut di bagian bawah gambar.
o
Siswa diingatkan untuk mengisi keterangan tentang tiga
jenis profesi tersebut dengan teliti.
o
Siswa menganalisis hubungan antara pekerjaan dan tempat
bekerja. Kemudian, menuliskan jawaban dari pertanyaan yang ada di buku
-
Guru menguatkan materi bahwa ada beberapa pekerjaan
yang sangat berhubungan dengan tempat mereka berada, seperti pemetikan teh yang
tinggal di pegunungan yang disebut sebagai dataran tinggi dan nelayan di
pantai yang tinggal di dataran rendah.
o
Siswa melakukan tugas individu yaitu menceritakan
keadaan wilayah tempat tinggal mereka dan jenis-jenis pekerjaan yang ada,
serta menuliskannya di buku.
-
Guru mengingatkan siswa untuk memperhatikan kondisi
wilayah tempat tinggal mereka, apakah di daerah dataran tinggi, dataran
rendah, atau di daerah perairan.
-
Siswa
diharapkan mengetahui hubungan antara kondisi wilayah tempat tinggal dan jenis
pekerjaan yang ada.
-
Guru menutup sesi pembelajaran dengan penguatan
konsep bahwa ada beberapa jenis profesi yang keberadaannya dipengaruhi oleh
kondisi geografis.
o
Siswa mengamati peta sederhana yang ada di buku.
-
Guru mengingatkan siswa untuk memperhatikan secara
rinci gambar-gambar yang ada di dalam pulau dan memahami arti warna yang ada
di kolom legenda.
-
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan siswa
tentang perbedaan warna yang ada di peta.
o
Siswa diingatkan untuk memprediksi jenis-jenis pekerjaan
yang ada di daerah-daerah yang terdapat di peta, misalnya pemetik teh di
dataran tinggi dan nelayan di wilayah perairan
o
Siswa
menuliskan hasil pengamatan peta pada tabel di buku.
o
Siswa membuat kesimpulan tentang isi tabel, bahwa kondisi
geografis tempat tinggal suatu masyarakat akan memengaruhi jenis-jenis
pekerjaan masyarakat yang ada di wilayah tersebut. Siswa menuliskan
kesimpulan mereka di buku.
o
Guru memberikan penguatan tentang materi yang telah dipelajari,
bahwa kenampakan wilayah permukaan bumi itu terdiri atas dataran rendah,
dataran tinggi, dan perairan, yang kemudian memengaruhi jenis-jenis pekerjaan
yang ada di masyarakat tersebut.
o
Siswa membaca senyap, bacaan tentang Ulil Si teh .
o
Siswa menyebutkan sebanyak mungkin pekerjaan yang ada
dalam cerita.
o
Siswa menuliskan proses Ulil Si teh sampai menjadi teh yang dapat dinikmati oleh semua orang dalam
kolom yang tersedia di buku.
(Penilaian no. 2)
Tugas
berpasangan:
o
Siswa bercerita pada teman pasangannya tentang
proses pembuatan daun teh secara singkat.
o
Siswa kemudian saling menilai presentasi pasangannya
dengan memperhatikan criteria yang diharapkan, dalam rubrik penilaian. (Penilaian no. 1)
o
Guru menerangkan
kriteria yang ada dalam rubrik penilaian.
o
Guru juga
menerangkan cara mengisi rubrik.
o
Siswa menuliskan pengalaman belajar tentang materi
yang telah mereka pelajari, yaitu hubungan antara pekerjaan seseorang dengan
lokasi tempat tinggal. Siswa menuliskan di buku. (Penilaian no. 3)
o
Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan
berdasarkan perenungan di halaman 150.
Pengayaan:
•
Siswa menceritakan kelebihan atau keunikan yang
dimiliki masyarakat di daerah tempat
•
tinggal masing-masing. Kelebihan atau keunikan
tersebut berkaitan dengan jenis-jenis profesi atau kekayaan alamnya.
Remedial:
-
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay
(uraian).
Penilaian
1.
Rubrik siswa:
Penilaian Presentasi Proses Pembuatan teh
Beri tanda (√ ) pada kolom sesuai
dengan presentasi temanmu.
No
|
Kriteria
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
bimbingan
1
|
1
|
Bahasa yang
digunakan
|
Kalimat jelas dan
mudah dimengerti.
|
Kalimat cukup jelas,
tetapi ada beberapa kata yang
sulit dimengerti
|
Kalimat sulit
dimengerti
|
2
|
Suara saat
presentasi
|
Jelas terdengar.
|
Kurang jelas
|
Tidak terdengar
|
3
|
Sikap saat
presentasi
|
Berani dan penuh
percaya diri
|
Cukup berani, tetapi
tampak masih ragu
|
Tidak percaya
diri
(malu dan tidak
mau
bicara)
|
Skor
Keterangan :
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 9
Nilai =
2.
Daftar periksa untuk mengolah
informasi (Bahasa Indonesia)
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Menulis semua proses teh menjadi
teh
|
|
|
Menulis secara runtut
|
|
|
Menulis dengan kata baku
|
|
|
3. Daftar periksa untuk cerita siswa di Ayo Renungkan (IPS dan IPA)
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Menulis lokasi tempat tinggal
|
|
|
Menulis pekerjaan yang ada di lokasi tempat tinggal
|
|
|
Menjelaskan hubungan lokasi dengan jenis pekerjaan
|
|
|
4.
Penilaian sikap
rasa ingin tahu, peduli lingkungan, bertanggung jawab, kreatif, percaya diri.
(terlampir)
F. Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Kondisi lingkungan
dan jenis profesi masyarakat
Mengetahui,
Kepala SD 3 Beureunuen
CHAIRUNNISA,
S.Pd
NIP 19700312
199402 2 002
|
|
......,
........................ 20 .....
Guru Kelas IV
BACHTIAR,
S.Pd
NIP.19800611 200504 1 001
|
LEMBAR KERJA SISWA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment