Home » » TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 1

TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 28 October 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Neg. 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : 4/1
Tema 4                                        : Berbagai Pekerjaan
Sub Tema 1 / Pembelajaran         : Jenisi-jenis Pekerjaan/ 1
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
Kompetensi Dasar:
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berpikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat
1.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi

Indikator:
o    Mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan berdasarkan kondisi geografis daerah tepat tinggal
o    Menjelaskan hubungan jenis-jenis pekerjaan dengan kondisi geografis lingkungan tempat tinggal melalui kegiatan membaca peta

b) IPA
Kompetensi Dasar:
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.7 Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan di  kehidupan sehari- hari dan kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut      

Indikator:
o    Menjelasakan sumber daya alam di suatu daerah dan menghubungkannya dengan jenis-jenis pekerjaan yang ada

c) Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.2  Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, sosial, serta permasalahan sosial
2.4  Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4  Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber       daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
      dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam       secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan       memilah kosakata baku

Indikator:
o   Mengolah informasi tentang proses pembuatan  teh

C. Materi Pembelajaran :
o   Jenis-jenis pekerjaan berdasarkan kondisi geografis
o   Sumber daya alam di suatu daerah

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Setiap kelompok diberikan satu set kartu kartu kartu kata
7.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
8.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Jenis-jenis pekerjaan”.
9.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengamati gambar proses pembuatan teh. Ingatkan siswa untuk memperhatikan langkah-langkah proses tersebut secara detail.
-          Guru berkeliling saat siswa mengamati
-          Guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang proses pengolahan  teh
o   Siswa diminta berdiskusi dengan seorang teman untuk menjawab pertanyaan yang ada di buku mengenai letak perkebunan  teh , pekerjaan yang ada di perkebunan tersebut, dan tugas dari setiap pekerja tersebut
o   Siswa menuliskan jawaban berdasarkan pertanyaan yang ada  di buku
Jawaban:
-          Di manakah letak perkebunan teh? (di pegunungan di dataran tinggi)
-          Pekerjaan apa saja yang ada di perkebunan teh? ( pemetik teh, pengolah teh, dan pengemas teh)
-          Apa tugas dari masing-masing pekerja di kebun teh? (memetik teh, mengolah teh, dan mengemas teh)
o   Siswa mengamati tiga gambar yang berisi tiga jenis profesi dari di tiga tempat yang berbeda.
o   Siswa menuliskan keterangan tentang tiga jenis profesi tersebut di bagian bawah gambar.
o   Siswa diingatkan untuk mengisi keterangan tentang tiga jenis profesi tersebut dengan teliti.
o   Siswa menganalisis hubungan antara pekerjaan dan tempat bekerja. Kemudian, menuliskan jawaban dari pertanyaan yang ada di buku
-          Guru menguatkan materi bahwa ada beberapa pekerjaan yang sangat berhubungan dengan tempat mereka berada, seperti pemetikan  teh  yang tinggal di pegunungan yang disebut sebagai dataran tinggi dan nelayan di pantai yang tinggal di dataran rendah.
o   Siswa melakukan tugas individu yaitu menceritakan keadaan wilayah tempat tinggal mereka dan jenis-jenis pekerjaan yang ada, serta menuliskannya di buku.
-          Guru mengingatkan siswa untuk memperhatikan kondisi wilayah tempat tinggal mereka, apakah di daerah dataran tinggi, dataran rendah, atau di daerah perairan.
-           Siswa diharapkan mengetahui hubungan antara kondisi wilayah tempat tinggal dan jenis pekerjaan yang ada.
-          Guru menutup sesi pembelajaran dengan penguatan konsep bahwa ada beberapa jenis profesi yang keberadaannya dipengaruhi oleh kondisi geografis.
o   Siswa mengamati peta sederhana yang ada di buku.
-          Guru mengingatkan siswa untuk memperhatikan secara rinci gambar-gambar yang ada di dalam pulau dan memahami arti warna yang ada di kolom legenda.
-          Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan siswa tentang perbedaan warna yang ada di peta.
o   Siswa diingatkan untuk memprediksi jenis-jenis pekerjaan yang ada di daerah-daerah yang terdapat di peta, misalnya pemetik teh di dataran tinggi dan nelayan di wilayah perairan
o    Siswa menuliskan hasil pengamatan peta pada tabel di buku.
o   Siswa membuat kesimpulan tentang isi tabel, bahwa kondisi geografis tempat tinggal suatu masyarakat akan memengaruhi jenis-jenis pekerjaan masyarakat yang ada di wilayah tersebut. Siswa menuliskan kesimpulan mereka di buku.
o   Guru memberikan penguatan tentang materi yang telah dipelajari, bahwa kenampakan wilayah permukaan bumi itu terdiri atas dataran rendah, dataran tinggi, dan perairan, yang kemudian memengaruhi jenis-jenis pekerjaan yang ada di masyarakat tersebut.
o   Siswa membaca senyap, bacaan tentang Ulil Si  teh .
o   Siswa menyebutkan sebanyak mungkin pekerjaan yang ada dalam cerita.
o   Siswa menuliskan proses Ulil Si  teh  sampai menjadi  teh  yang dapat dinikmati oleh semua orang dalam kolom yang tersedia di buku. (Penilaian no. 2)

Tugas berpasangan:
o   Siswa bercerita pada teman pasangannya tentang proses pembuatan daun teh secara singkat.
o   Siswa kemudian saling menilai presentasi pasangannya dengan memperhatikan criteria yang diharapkan, dalam rubrik penilaian. (Penilaian no. 1)

o   Guru menerangkan kriteria yang ada dalam rubrik penilaian.
o   Guru juga menerangkan cara mengisi rubrik.
o   Siswa menuliskan pengalaman belajar tentang materi yang telah mereka pelajari, yaitu hubungan antara pekerjaan seseorang dengan lokasi tempat tinggal. Siswa menuliskan di buku. (Penilaian no. 3)
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.

Pengayaan:
         Siswa menceritakan kelebihan atau keunikan yang dimiliki masyarakat di daerah tempat
         tinggal masing-masing. Kelebihan atau keunikan tersebut berkaitan dengan jenis-jenis profesi atau kekayaan alamnya.

Remedial:
-
 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    :  Essay (uraian).

           
Penilaian
1.        Rubrik siswa: Penilaian Presentasi Proses Pembuatan  teh
Beri tanda () pada kolom sesuai dengan presentasi temanmu.

No
Kriteria
Baik
3
Cukup
2
Perlu bimbingan
1
1
Bahasa yang
digunakan
Kalimat jelas dan
mudah dimengerti.
Kalimat cukup jelas, tetapi ada beberapa kata yang
sulit dimengerti
Kalimat sulit
dimengerti
2
Suara saat
presentasi
Jelas terdengar.
Kurang jelas
Tidak terdengar
3
Sikap saat
presentasi
Berani dan penuh
percaya diri
Cukup berani, tetapi tampak masih ragu
Tidak percaya diri
(malu dan tidak mau
bicara)

Skor
Keterangan :   
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 9

Nilai    =

2.        Daftar periksa untuk mengolah informasi (Bahasa Indonesia)
Kriteria
Keterangan
Sudah
Belum
Menulis semua proses  teh  menjadi  teh   


Menulis secara runtut


Menulis dengan kata baku



3.    Daftar periksa untuk cerita siswa di Ayo Renungkan (IPS dan IPA)
Kriteria
Keterangan
Sudah
Belum
Menulis lokasi tempat tinggal


Menulis pekerjaan yang ada di lokasi tempat tinggal


Menjelaskan hubungan lokasi dengan jenis pekerjaan



4.    Penilaian sikap rasa ingin tahu, peduli lingkungan, bertanggung jawab, kreatif, percaya diri. (terlampir)


F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Kondisi lingkungan dan jenis profesi masyarakat



Mengetahui,
Kepala SD 3 Beureunuen



CHAIRUNNISA, S.Pd
NIP 19700312 199402 2 002

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas IV



BACHTIAR, S.Pd
NIP.19800611 200504 1 001



 
MEDIA

TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 (Jenis-Jenis Pekerjaan) PB 1

TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 (Jenis-Jenis Pekerjaan) PB 1




LEMBAR KERJA SISWA
 


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors