RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/1
Tema 5 :
Hidup Bersih dan Sehat
Sub Tema 3/ Pembelajaran : Hidup
Bersih dan Sehat di Tempat Bermain/
1
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.1
Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku
bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1
Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan
guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.2 Memahami tata
tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di
sekolah.
3.2.1
Mengidentifikasi tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di tempat
bermain.
3.2.3 Menjelaskan
tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di tempat bermain
4.2 Melaksanakan
tata tertib di rumah dan sekolah.
4.2.1 Melaksanakan
tata tertib di lingkungan keluarga.
4.2.2 Melaksanakan
aturan di lingkungan keluarga.
b) Matematika
1.1
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1
Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan,
peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.9 Mengenal bangun
datar dan bangun ruang, serta mengelompokkan berdasarkan sifat geometrisnya.
3.9.1
Mengelompokkan benda-benda di sekitar sebagai bangun datar dan bangun ruang.
4.6 Mengurai
unsur-unsur bangun ruang sederhana dari bendabenda di sekitar.
4.6.1 Mengurai
unsur-unsur bangun ruang yaitu sisi, sudut, dan rusuk.
4.6.2 Menggambar
bangun datar dan bangun ruang.
d) Bahasa
Indonesia
1.1
Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal
sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.2
Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2
Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1
Mengidentifikasi berbagai kegiatan di lingkungan sekitar.
4.2
Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2.1
Menulis cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan sekitar dengan EYD
yang benar
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Tata tertib dan
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
2.
Bangun datar dan
bangun ruang, serta mengelompokkan berdasarkan sifat geometrisnya.
3.
Berbagai
kegiatan di lingkungan sekitar
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Hidup Bersih dan Sehat”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan menerangkan maksud isi teks bacaan yang merangkum kompetensi-kompetensi
yang akan dipelajari dalam subtema 1.
o
Siswa mengamati
gambar yang menunjukkan perilaku hidup bersih dan sehat yang merupakan dari
tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di tempat bermain.
o
Siswa diberi
kesempatan mengamati dan menganalisis gambar secara cermat.
o
Gunakan rubrik
pengamatan gambar untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa
o
Guru membimbing
siswa untuk mengamati gambar Siti dan Ali bermain balok mainan (mengamati).
o
Siswa mengamati
gambar alas tikar di atas lantai (mengamati).
o
Siswa mengamati
teks “Hidup Bersih dan Sehat di tempat bermain” (mengamati).
o
Guru memberikan
pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
·
Apa yang sedang
dilakukan Siti dan Ali?
·
Bangun ruang apa
yang dijadikan mainan Siti dan Ali?
·
Mengapa lantainya
dilapisi alas tikar saat bermain?
o
Pertanyaan-pertanyaan
tersebut mengarahkan pemahaman tentang perilaku hidup bersih dan sehat di
tempat bermain.
o Guru
membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o Kegiatan
ini melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
o Siswa
diminta menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan
pertanyaan.
o Guru
mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal
o
Siswa mengamati
gambar Siti menyapu lantai ruang keluarga.
o
Siswa mengamati
gambar Siti menggelar tikar
o
Siswa menuliskan
tata tertib yang berlaku di tempat bermain.
o
Guru membimbing
siswa untuk menulis tata tertib yang berlaku di tempat bermain.
o
Menyapu dan
memakai alas yang bersih merupakan salah satu aturan menjaga kebersihan dan
kesehatan tempat bermain
o
Siswa mengamati
balok berbentuk segiempat dan segienam
o
Guru menunjukkan
sisi-sisi dan sudut-sudut bangun ruang dengan benda langsung
o
Siswa mengisi
tabel tentang banyak sudut dan banyak sisi pada segiempat dan segienam.
o
Gunakan rubrik
menyelesaikan soal latihan untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
o
Berdasarkan tabel
di atas, siswa dapat menyimpulkan bahwa segienam mempunyai 6 sudut dan 6
sisi.
o
Siswa mencari
mainan yang berbentuk bangun ruang.
o
Setelah siswa
menemukan mainan yang berbentuk bangun ruang, siswa dapat mengisi table
o
Dengan dibimbing
guru, siswa dapat menggambar bentuk mainan yang berbentuk bangun ruang.
o
Siswa mengamati
bentuk bangun ruang yang telah digambar, sehingga siswa dapat menggambar sisi
mainan tersebut dan menentukan banyaknya sudut dan sisi dari gambar sisi
mainan.
o
Siswa mengisi
rubrik dengan menuliskan bangun datar yang telah ditemukan
Belajar hidup
bersih dan sehat
o
Setelah bermain
sambil belajar, siswa merapikan kembali mainannya.
o
Kemudian guru
membimbing siswa untuk mencuci tangan dengan sabun.
o
Pada kegiatan:
AYO BERDISKUSI: siswa membentuk kelompok diskusi untuk menemukan perilaku
Siti yang sesuai dengan perilaku hidup bersih dan sehat.
o
Siswa diminta
untuk menyampaikan pendapatnya tentang perilaku Siti yang sesuai dengan
perilaku hidup bersih dan sehat.
o
Hasil diskusi
kelompok disampaikan ke kelas, kelompok yang lain menanggapi.
o
Guru mengamati
proses diskusi dengan mengisi lembar observasi diskusi.
o
Guru membimbing
siswa untuk menulis cerita sederhana tentang pengalaman bermain di rumah
Kegiatan
Pengayaan:
o
Jika siswa sudah
bisa menentukan banyak sisi dan sudut pada benda mainan dengan benar, siswa
diberi tugas menentukan banyak sisi dan sudut pada benda yang lain.
o
Jika siswa sudah
bisa memahami cara menjaga kebersihan lingkungan bermain, maka guru dapat
menugaskan siswa untuk membuat mading kelas tentang kebersihan tempat bermain.
o
Jika siswa sudah
bisa menulis cerita dengan baik, maka guru dapat memberikan penugasan dalam
membuat cerita di lembar kertas dan hasilnya dapat dipajang di dinding kelas.
Kegiatan
Remedial:
o
Jika siswa
kesulitan menentukan banyak sisi dan sudut pada benda mainan dengan benar, guru
memberi bimbingan dalam menentukan sisi dan sudut bangun ruang.
o
Jika siswa
kesulitan memahami cara menjaga kebersihan lingkungan bermain, maka guru dapat
membimbing siswa lebih itensif.
o
Jika siswa
kesulitan menulis cerita dengan baik, maka guru membimbing siswa dengan
intensif.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian
Pengetahuan
a. Instrumen penilaian: Tes Tertulis (isian)
b. Menulis Bangun Datar dari Mainan
|
Kriteria
|
Bobot
|
1.
|
Menulis dengan dengan benar dan sesuai
EYD.
|
4
|
2.
|
Menulis dengan benar tidak sesuai EYD.
|
3
|
3.
|
Menulis salah satu benar sesuai EYD
|
2
|
4
|
Menulis salah satu benar tidak sesuai
EYD.
|
1
|
3. Penilaian Keterampilan
a. Membuat pertanyaan dari
gambar yang diamati.
Penilaian: Observasi
(Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan
Bertanya
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1.
|
Menggunakan kata tanya yang
sesuai
|
|
|
2.
|
Penggunaan
tanda tanya pada kalimat tanya
|
|
|
3.
|
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati
|
|
|
4
|
Menggunakan kata tanya yang bervariasi
|
|
|
b. Berdiskusi Tentang Perilaku PHBS
Hasil Pengamatan Berdiskusi
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Berdiskusi
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1.
|
Keaktifan dalam berdiskusi
|
|
|
2.
|
Kemampuan menguasai alasan akibat tidak mencuci
tangan
|
|
|
3.
|
Kemampuan mengeluarkan pendapat
|
|
|
c.
Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
Penilaian:
Unjuk Kerja
Rubrik Menulis Cerita
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Penggunaan EYD yang tepat
|
Menggunakan
huruf kapital,
kata
depan, dan
tanda
baca yang
tepat
tanpa
bimbingan
guru.
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan, dan
tanda baca kurang
digunakan dengan
tepat namun
dilakukan tanpa
bimbingan guru
|
Ada
beberapa
penggunaan
huruf
kapital,
kata
depan,
dan
tanda baca
kurang
digunakan
dengan
tepat dan
dilakukan
dengan
bimbingan
guru
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
tidak digunakan
dengan tepat dan
dilakukan dengan
bimbingan guru
|
2
|
Kelengkapan
penulisan kata
|
Seluruh kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang lengkap
|
Terdapat sebagian
kecil penulisan
kata yang kurang
lengkap
|
Terdapat setengah
dari teks penulisan
kata yang belum
lengkap
|
Sebagian
besar kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang belum lengkap
|
3
|
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema
|
Seluruh isi teks
yang ditulis sesuai judul atau tema
|
Setengah atau
lebih isi karangan
sesuai judul atau tema
|
Kurang dari
setengah isi
karangan sesuai judul atau tema
|
Seluruh isi
karangan belum
sesuai
|
4
|
Penggunaan
kalimat yang
efektif
|
Mengandung
unsur kalimat yang lengkap dengan susunan yang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat yang lengkap namun susunannya
kurang tepat
|
Mengandung
unsur
kalimat yang kurang lengkap dan
susunannya
juga
kurang tepa
|
Mengandung
unsur
kalimat
yang
kurang
lengkap
dan tidak
jelas
susunannya
juga
kurang sulit
dipahami
|
F. Sumber dan Media
1.
Buku Siswa Tema 5 “Hidup
Bersih dan Sehat”.
2.
Mainan berbentuk bangun ruang.
Mengetahui, Tijue,
…. …………….…., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
Hasil Penilaian pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Kriteria
|
||
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Mencari Bangun datar pada bangun ruang |
Carilah mainan yang berbentuk bangun
ruang!
Gambarlah bentuk sisi mainan tersebut!
Gambar
Bentuk Mainan
|
Gambar Sisi
Mainan
|
Banyak
Sudut
|
Banyak
Sisi
|
|
|
..............................
|
..............................
|
|
|
..............................
|
..............................
|
|
|
..............................
|
.............................
|
|
|
..............................
|
..............................
|
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment