Home » » TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 1

TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday, 9 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                       : 2/1
Tema 5                                    : Hidup Bersih  dan Sehat
Sub Tema 3/ Pembelajaran     : Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Bermain/ 1
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
3.2.1 Mengidentifikasi tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di tempat bermain.
3.2.3 Menjelaskan tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di tempat bermain
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
4.2.1 Melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga.
4.2.2 Melaksanakan aturan di lingkungan keluarga.

b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.9 Mengenal bangun datar dan bangun ruang, serta mengelompokkan berdasarkan sifat geometrisnya.
3.9.1 Mengelompokkan benda-benda di sekitar sebagai bangun datar dan bangun ruang.
4.6 Mengurai unsur-unsur bangun ruang sederhana dari bendabenda di sekitar.
4.6.1 Mengurai unsur-unsur bangun ruang yaitu sisi, sudut, dan rusuk.
4.6.2 Menggambar bangun datar dan bangun ruang.

d) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.2 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1 Mengidentifikasi berbagai kegiatan di lingkungan sekitar.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2.1 Menulis cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan sekitar dengan EYD yang benar

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
2.      Bangun datar dan bangun ruang, serta mengelompokkan berdasarkan sifat geometrisnya.
3.      Berbagai kegiatan di lingkungan sekitar

D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih  dan Sehat”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan menerangkan maksud isi teks bacaan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari dalam subtema 1.
o   Siswa mengamati gambar yang menunjukkan perilaku hidup bersih dan sehat yang merupakan dari tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di tempat bermain.
o   Siswa diberi kesempatan mengamati dan menganalisis gambar secara cermat.
o   Gunakan rubrik pengamatan gambar untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa
o   Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar Siti dan Ali bermain balok mainan (mengamati).
o   Siswa mengamati gambar alas tikar di atas lantai (mengamati).
o   Siswa mengamati teks “Hidup Bersih dan Sehat di tempat bermain” (mengamati).
o   Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
·         Apa yang sedang dilakukan Siti dan Ali?
·         Bangun ruang apa yang dijadikan mainan Siti dan Ali?
·         Mengapa lantainya dilapisi alas tikar saat bermain?
o   Pertanyaan-pertanyaan tersebut mengarahkan pemahaman tentang perilaku hidup bersih dan sehat di tempat bermain.
o   Guru membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o   Kegiatan ini melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
o   Siswa diminta menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan pertanyaan.
o   Guru mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal
o   Siswa mengamati gambar Siti menyapu lantai ruang keluarga.
o   Siswa mengamati gambar Siti menggelar tikar
o   Siswa menuliskan tata tertib yang berlaku di tempat bermain.
o   Guru membimbing siswa untuk menulis tata tertib yang berlaku di tempat bermain.
o   Menyapu dan memakai alas yang bersih merupakan salah satu aturan menjaga kebersihan dan kesehatan tempat bermain
o   Siswa mengamati balok berbentuk segiempat dan segienam

o   Guru menunjukkan sisi-sisi dan sudut-sudut bangun ruang dengan benda langsung
o   Siswa mengisi tabel tentang banyak sudut dan banyak sisi pada segiempat dan segienam.
o   Gunakan rubrik menyelesaikan soal latihan untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
o   Berdasarkan tabel di atas, siswa dapat menyimpulkan bahwa segienam mempunyai 6 sudut dan 6 sisi.
o   Siswa mencari mainan yang berbentuk bangun ruang.
o   Setelah siswa menemukan mainan yang berbentuk bangun ruang, siswa dapat mengisi table
o   Dengan dibimbing guru, siswa dapat menggambar bentuk mainan yang berbentuk bangun ruang.
o   Siswa mengamati bentuk bangun ruang yang telah digambar, sehingga siswa dapat menggambar sisi mainan tersebut dan menentukan banyaknya sudut dan sisi dari gambar sisi mainan.
o   Siswa mengisi rubrik dengan menuliskan bangun datar yang telah ditemukan

Belajar hidup bersih dan sehat
o   Setelah bermain sambil belajar, siswa merapikan kembali mainannya.
o   Kemudian guru membimbing siswa untuk mencuci tangan dengan sabun.
o   Pada kegiatan: AYO BERDISKUSI: siswa membentuk kelompok diskusi untuk menemukan perilaku Siti yang sesuai dengan perilaku hidup bersih dan sehat.
o   Siswa diminta untuk menyampaikan pendapatnya tentang perilaku Siti yang sesuai dengan perilaku hidup bersih dan sehat.
o   Hasil diskusi kelompok disampaikan ke kelas, kelompok yang lain menanggapi.
o   Guru mengamati proses diskusi dengan mengisi lembar observasi diskusi.
o   Guru membimbing siswa untuk menulis cerita sederhana tentang pengalaman bermain di rumah

Kegiatan Pengayaan:
o   Jika siswa sudah bisa menentukan banyak sisi dan sudut pada benda mainan dengan benar, siswa diberi tugas menentukan banyak sisi dan sudut pada benda yang lain.
o   Jika siswa sudah bisa memahami cara menjaga kebersihan lingkungan bermain, maka guru dapat menugaskan siswa untuk membuat mading kelas tentang kebersihan tempat bermain.
o   Jika siswa sudah bisa menulis cerita dengan baik, maka guru dapat memberikan penugasan dalam membuat cerita di lembar kertas dan hasilnya dapat dipajang di dinding kelas.

Kegiatan Remedial:
o   Jika siswa kesulitan menentukan banyak sisi dan sudut pada benda mainan dengan benar, guru memberi bimbingan dalam menentukan sisi dan sudut bangun ruang.
o   Jika siswa kesulitan memahami cara menjaga kebersihan lingkungan bermain, maka guru dapat membimbing siswa lebih itensif.
o   Jika siswa kesulitan menulis cerita dengan baik, maka guru membimbing siswa dengan intensif.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
a. Instrumen penilaian: Tes Tertulis (isian)
b. Menulis Bangun Datar dari Mainan


Kriteria
Bobot
1.
Menulis dengan dengan benar dan sesuai EYD.
4
2.
Menulis dengan benar tidak sesuai EYD.
3
3.
Menulis salah satu benar sesuai EYD
2
4
Menulis salah satu benar tidak sesuai EYD.
1

3. Penilaian Keterampilan
a. Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya

No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat  (√)
1.
Menggunakan kata tanya yang sesuai


2.
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya


3.
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati


4
Menggunakan kata tanya yang bervariasi



b. Berdiskusi Tentang Perilaku PHBS
Hasil Pengamatan Berdiskusi
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Berdiskusi

No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat  (√)
1.
Keaktifan dalam berdiskusi


2.
Kemampuan menguasai alasan akibat tidak mencuci
tangan


3.
Kemampuan mengeluarkan pendapat



c. Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menulis Cerita

No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Penggunaan EYD yang tepat
Menggunakan
huruf kapital, kata
depan, dan tanda
baca yang tepat
tanpa bimbingan
guru.
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan, dan
tanda baca kurang
digunakan dengan
tepat namun
dilakukan tanpa
bimbingan guru

Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
kurang digunakan
dengan tepat dan
dilakukan dengan
bimbingan guru
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
tidak digunakan
dengan tepat dan
dilakukan dengan
bimbingan guru
2
Kelengkapan
penulisan kata
Seluruh kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang lengkap
Terdapat sebagian
kecil penulisan
kata yang kurang
lengkap
Terdapat setengah
dari teks penulisan
kata yang belum
lengkap
Sebagian
besar kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang belum lengkap
3
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema
Seluruh isi teks
yang ditulis sesuai judul atau tema
Setengah atau
lebih isi karangan
sesuai judul atau tema
Kurang dari
setengah isi
karangan sesuai judul atau tema
Seluruh isi
karangan belum
sesuai
4
Penggunaan
kalimat yang
efektif
Mengandung
unsur kalimat yang lengkap dengan susunan yang tepat
Mengandung
unsur kalimat yang lengkap namun susunannya
kurang tepat
Mengandung
unsur kalimat yang kurang lengkap dan susunannya
juga kurang tepa
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan tidak
jelas susunannya
juga kurang sulit
dipahami

F. Sumber dan Media
1.      Buku Siswa Tema 5 “Hidup Bersih dan Sehat”.
2.      Mainan berbentuk bangun ruang.



Mengetahui,                                                                        Tijue, …. …………….….,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19611124 198309 2 001



Hasil Penilaian pengamatan
No
Nama Siswa
Kriteria
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat

























































































































































































































































































Lembar Kerja Siswa 
(LKS)


 
TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 1
Mencari Bangun datar pada bangun ruang



Carilah mainan yang berbentuk bangun ruang!
Gambarlah bentuk sisi mainan tersebut!
Gambar
Bentuk Mainan
Gambar Sisi
Mainan
Banyak
Sudut
Banyak
Sisi



..............................


..............................




..............................


..............................







..............................


.............................







..............................


..............................


 

TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 1

TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 1

TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors