RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/1
Tema 5 :
Hidup Bersih dan Sehat
Sub Tema 3/ Pembelajaran : Hidup
Bersih dan Sehat di Tempat Bermain/
2
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.1 Berprilaku
sportif dalam bermain.
2.6 Disiplin selama
melakukan berbagai aktivitas fisik
3.10 Mengetahui apa
yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
3.5.6
Mengidentifikasi pola gerak dasar mengayun dalam aktivitas bermain berburu kijang.
3.5.7
Mengidentifikasi pola gerak dasar melayang di udara.
4.10 Menceritakan
tentang apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan
aktivitas fisik.
4.5.7 Melakukan
gerakan mengayun dengan tangan.
4.5.9 Melakukan
gerakan melayang di udara.
b) PPKn
1.1
Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku
bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1
Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan
guru sebagai perwujudan moral Pancasila
3.2
Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
dan di sekolah.
3.2.11
Mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di tempat
bermain.
3.2.12
Mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di tempat bermain
4.2
Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah. Indikator
4.2.3
Melaksanakan tata tertib di lingkungan sekolah.
4.2.5
Melaksanakan aturan di lingkungan sekolah
d) Bahasa
Indonesia
1.1
Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal
sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.2
Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2
Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.2
Menceritakan berbagai jenis kegiatan di lingkungan sekitar.
4.2
Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2.3
Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang
jelas.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Pola gerak dasar
melayang di udara
2.
Tata
tertib di rumah dan sekolah.
3.
Teks
cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru
atau teman dalam bahasa indonesia
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang
lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Hidup Bersih dan Sehat”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan menerangkan maksud isi teks bacaan yang merangkum kompetensi-kompetensi
yang akan dipelajari
o
Guru membimbing
siswa untuk mengamati gambar 2 anak melakukan olahraga (mengamati).
o
Siswa mengamati
gambar 2 anak melempar bola dengan ayunan bawah sedangkan anak yang lain
berkumpul berusaha menghindari lemparan bola (mengamati).
o
Siswa mengamati
teks bacaan kegiatan olahraga (mengamati).
o
Guru memberikan
pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
·
Apa yang
dilakukan 2 anak pada gambar?
·
Gerakan apa yang
dilakukan 2 anak yang berdiri pada satu garis?
o
Pertanyaan-pertanyaan
tersebut mengarahkan pemahaman tentang kegiatan olahraga
o
Guru membimbing
siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o
Kegiatan ini
melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
o
Siswa diminta
menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan
pertanyaan.
o
Guru mencatat
pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
o
Guru membimbing
siswa untuk mengamati gambar anak bermain berburu kijang (mengamati).
o
Siswa mengamati
gambar berbagai gerakan mengayun (mengamati).
o
Guru memberikan
pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
·
Gerakan apa yang
dilakukan Lani?
·
Gerakan apa yang
dilakukan Siti?
·
Gerakan apa yang
dilakukan Dayu?
·
Gerakan apa yang
dilakukan Beni?
·
Gerakan apa yang
dilakukan Edo?
Alternatif
Pembelajaran
Alternatif 1.
o
Guru memberikan
contoh gerakan mengayun untuk melempar bola dengan berbagai gerakan, kemudian
diikuti siswa satu persatu
o
Guru
mengelompokkan siswa menjadi 2 kelompok. 1 kelompok melakukan gerakan
mengayun. 1 kelompok yang lain melakukan gerakan melayang di udara.
o
Dengan dibimbing
guru, siswa memainkan peran menjadi pemburu kijang.
o
Setiap siswa melakukan
gerakan dasar mengayun dan melayang.
o
Membiasakan hidup
bersih dan sehat
o
Setelah
beraktivitas, siswa dibimbing untuk mencuci tangan dan kaki.
o
Siswa memilih
kegiatan yang sesuai dengan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah,
kemudian memberi tanda centang (V) dan untuk kegiatan yang tidak sesuai
dengan perilaku hidup bersih dan sehat di tempat bermain diberi tanda (V).
o
Setelah siswa
memilih dan memberi tanda pada empat kegiatan tersebut, guru bersama siswa
membahas masing-masing kegiatan.
o
Membuang sampah
plastik jajanan di halaman dan membuang air limbah dapur (bekas cuci piring)
ke halaman sekolah merupakan contoh yang tidak sesuai dengan perilaku hidup
bersih dan sehat.
o
Sedangkan menyapu
halaman sekolah dan mengambil batu dan sampah di halaman adalah contoh
perilaku hidup bersih dan sehat.
o
Siswa menulis
cerita tentang cara membersihkan dan menjaga kebersihan halaman sekolah.
o
Ada bebera hal
penting dalam menulis cerita sederhana.
o
Membuat kerangka
cerita.
o
Mengembangkan
kerangka cerita.
o
Guru melakukan
bimbingan, jika siswa mendapat kesulitan guru dapat memberikan arahan atau
bantuan
o
Guru memberikan
penjelasan cara bercerita yang baik. Guru menyampaikan kriteria penilaian
sebelum siswa bercerita satu persatu.
o
Ada beberapa hal
yang perlu ditekankan seperti keberanian dan suara yang jelas.
Penilaian
Pengetahuan
o
Instrumen
penilaian: Tes Tertulis (isian)
o
Mengelompokkan
kegiatan yang sesuai dan tidak sesuai perilaku hidup bersih dan sehat di
o
tempat bermain.
o
Jawaban:
o
Membuang sampah
plastik jajanan di halaman dan membuang air limbah dapur (bekas
o
cuci piring) ke
halaman sekolah merupakan contoh yang tidak sesuai dengan perilaku
o
hidup bersih dan
sehat. Sedangkan menyapu halaman sekolah dan mengambil batu dan
o
sampah di halaman
adalah contoh perilaku hidup bersih dan sehat.
o
Kegiatan
Pengayaan:
o
Jika siswa sudah
bisa melakukan gerakan dasar mengayun dan melayang, maka guru dapat memberikan
penugasan dalam melakukan gerakan bertumpu pada tangan dan lengan dan gerakan
dasar melayang yang lebih intensif.
o
Jika siswa sudah
bisa mengelompokkan kegiatan sesuai perilaku hidup bersih dan sehat dan tidak
sesuai perilaku hidup bersih dan sehat, maka guru dapat memberikan latihan lanjutan
yaitu siswa diminta mencari contoh lain.
Kegiatan
Remedial:
o
Jika siswa masih
kesulitan untuk bisa melakukan gerakan dasar mengayun dan melayang, maka guru
dapat memberikan latihan gerakan terbimbing. Seorang siswa dijadikan contoh model
untuk melakukan gerakan.
o
Jika siswa masih
kesulitan untuk mengelompokkan kegiatan sesuai tata tertib dan tidak sesuai
tata tertib, maka guru dapat memberikan bimbingan dalam membedakan yang tertib
dengan yang tidak tertib dengan menjelaskan dampak kegiatan tersebut.
o
Jika siswa masih
kesulitan untuk menceritakan berbagai kegiatan, maka guru dapat membimbing
siswa dalam menyampaikan cerita dengan lebih intensif.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Melakukan
repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
3. Penilaian Keterampilan
a.
Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian:
Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1.
|
Menggunakan kata tanya yang
sesuai
|
|
|
2.
|
Penggunaan
tanda tanya pada kalimat tanya
|
|
|
3.
|
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar
yang diamati
|
|
|
4
|
Menggunakan kata tanya yang bervariasi
|
|
|
b.
Berperilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam gerakan.
Penilaian:
Observasi (Pengamatan)
Lembar
Pengamatan Berperilaku yang Sesuai dengan Aturan yang Berlaku dalam
Gerakan.
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1.
|
Keterampilan melakukan gerakan
bertumpu pada tangan dan lengan
|
|
|
2.
|
Ketaatan pada
aturan melakukan gerakan dasar bertumpu pada tangan dan lengan
|
|
|
3.
|
Keterampilan melakukan gerakan
bergantung
|
|
|
4.
|
Ketaatan pada aturan gerakan
bergantung.
|
|
|
c. Menulis cerita tentang kegiatan olahraga di rumah
sesuai dengan EYD yang tepat.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menulis Cerita
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Penggunaan
EYD yang tepat
|
Menggunakan
huruf kapital,
kata
depan, dan
tanda
baca yang
tepat
tanpa
bimbingan
guru.
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan, dan
tanda baca kurang digunakan dengan tepat namun dilakukan tanpa
bimbingan guru
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
kurang digunakan
dengan tepat dan dilakukan dengan bimbingan guru
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan, dan tanda baca
tidak digunakan
dengan tepat dan
dilakukan dengan
bimbingan guru
|
2
|
Kelengkapan
penulisan kata
|
Seluruh kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang lengkap
|
Terdapat sebagian
kecil penulisan
kata yang kurang lengkap
|
Terdapat
setengah
dari teks
penulisan
kata yang
belum lengkap
|
Sebagian
besar kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang belum lengkap
|
3
|
Kesesuaian isi
teks yang ditulis dengan tema
mencuci tangan
|
Seluruh isi teks
yang ditulis sesuai judul atau tema
|
Setengah atau
lebih isi karangan
sesuai judul atau
tema
|
Kurang dari
setengah isi
karangan sesuai
judul atau tema
|
Seluruh isi
karangan belum
sesuai
|
4
|
Penggunaan
kalimat yang
efektif
|
Mengandung
unsur kalimat yang lengkap dengan susunan yang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat yang lengkap namun susunannya
kurang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat yang kurang lengkap
dan msusunannya
juga kurang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan tidak
jelas susunannya
juga kurang sulit
dipahami
|
d.
Menceritakan kegiatan olahraga di rumah.
Penilaian:
Unjuk Kerja
Rubrik
Menceritakan Berbagai Kegiatan
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
Bercerita
|
Mampu
bercerita
dengan lancar
|
Sebagian
besar cerita
disampaikan
dengan lancar
|
Sebagian
kecil cerita
disampaikan
dengan lancar
|
Belum mampu
bercerita
|
2
|
Volume Suara
|
Terdengar
sampai seluruh
ruang kelas
|
Terdengar sampai setengah ruang kelas
|
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
|
Suara sangat
pelan atau tidak
terdengar
|
F. Sumber dan Media
1.
Buku Siswa Tema 5 “Hidup
Bersih dan Sehat”.
2.
Mainan berbentuk bangun ruang.
Mengetahui, Tijue,
…. …………….…., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
Hasil Penilaian pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Kriteria
|
||
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Berilah tanda centang (v) untuk kegiatan yang sesuai atau tanda silang (x) untuk kegiatan yang tidak sesuai dengan hidup bersih
dan sehat! selanjutnya berikan alasanmu
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment