Home » » TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 2

TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday, 9 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                       : 2/1
Tema 5                                    : Hidup Bersih  dan Sehat
Sub Tema 3/ Pembelajaran     : Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Bermain/ 2
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.1 Berprilaku sportif dalam bermain.
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik
3.10 Mengetahui apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
3.5.6 Mengidentifikasi pola gerak dasar mengayun dalam aktivitas bermain berburu kijang.
3.5.7 Mengidentifikasi pola gerak dasar melayang di udara.
4.10 Menceritakan tentang apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
4.5.7 Melakukan gerakan mengayun dengan tangan.
4.5.9 Melakukan gerakan melayang di udara.

b) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
3.2.11 Mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di tempat bermain.
3.2.12 Mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di tempat bermain
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah. Indikator
4.2.3 Melaksanakan tata tertib di lingkungan sekolah.
4.2.5 Melaksanakan aturan di lingkungan sekolah

d) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.2 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.2 Menceritakan berbagai jenis kegiatan di lingkungan sekitar.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2.3 Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Pola gerak dasar melayang di udara
2.      Tata tertib di rumah dan sekolah.
3.      Teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa indonesia

D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih  dan Sehat”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan menerangkan maksud isi teks bacaan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
o   Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar 2 anak melakukan olahraga (mengamati).
o   Siswa mengamati gambar 2 anak melempar bola dengan ayunan bawah sedangkan anak yang lain berkumpul berusaha menghindari lemparan bola (mengamati).
o   Siswa mengamati teks bacaan kegiatan olahraga (mengamati).
o   Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
·         Apa yang dilakukan 2 anak pada gambar?
·         Gerakan apa yang dilakukan 2 anak yang berdiri pada satu garis?
o   Pertanyaan-pertanyaan tersebut mengarahkan pemahaman tentang kegiatan olahraga
o   Guru membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o   Kegiatan ini melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
o   Siswa diminta menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan pertanyaan.
o   Guru mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
o   Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar anak bermain berburu kijang (mengamati).
o   Siswa mengamati gambar berbagai gerakan mengayun (mengamati).
o   Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
·         Gerakan apa yang dilakukan Lani?
·         Gerakan apa yang dilakukan Siti?
·         Gerakan apa yang dilakukan Dayu?
·         Gerakan apa yang dilakukan Beni?
·         Gerakan apa yang dilakukan Edo?

Alternatif Pembelajaran
Alternatif 1.
o   Guru memberikan contoh gerakan mengayun untuk melempar bola dengan berbagai gerakan, kemudian diikuti siswa satu persatu

o   Guru mengelompokkan siswa menjadi 2 kelompok. 1 kelompok melakukan gerakan mengayun. 1 kelompok yang lain melakukan gerakan melayang di udara.
o   Dengan dibimbing guru, siswa memainkan peran menjadi pemburu kijang.
o   Setiap siswa melakukan gerakan dasar mengayun dan melayang.
o   Membiasakan hidup bersih dan sehat
o   Setelah beraktivitas, siswa dibimbing untuk mencuci tangan dan kaki.
o   Siswa memilih kegiatan yang sesuai dengan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah, kemudian memberi tanda centang (V) dan untuk kegiatan yang tidak sesuai dengan perilaku hidup bersih dan sehat di tempat bermain diberi tanda (V).
o   Setelah siswa memilih dan memberi tanda pada empat kegiatan tersebut, guru bersama siswa membahas masing-masing kegiatan.
o   Membuang sampah plastik jajanan di halaman dan membuang air limbah dapur (bekas cuci piring) ke halaman sekolah merupakan contoh yang tidak sesuai dengan perilaku hidup bersih dan sehat.
o   Sedangkan menyapu halaman sekolah dan mengambil batu dan sampah di halaman adalah contoh perilaku hidup bersih dan sehat.
o   Siswa menulis cerita tentang cara membersihkan dan menjaga kebersihan halaman sekolah.
o   Ada bebera hal penting dalam menulis cerita sederhana.
o   Membuat kerangka cerita.
o   Mengembangkan kerangka cerita.
o   Guru melakukan bimbingan, jika siswa mendapat kesulitan guru dapat memberikan arahan atau bantuan
o   Guru memberikan penjelasan cara bercerita yang baik. Guru menyampaikan kriteria penilaian sebelum siswa bercerita satu persatu.
o   Ada beberapa hal yang perlu ditekankan seperti keberanian dan suara yang jelas.

Penilaian Pengetahuan
o   Instrumen penilaian: Tes Tertulis (isian)
o   Mengelompokkan kegiatan yang sesuai dan tidak sesuai perilaku hidup bersih dan sehat di
o   tempat bermain.
o   Jawaban:
o   Membuang sampah plastik jajanan di halaman dan membuang air limbah dapur (bekas
o   cuci piring) ke halaman sekolah merupakan contoh yang tidak sesuai dengan perilaku
o   hidup bersih dan sehat. Sedangkan menyapu halaman sekolah dan mengambil batu dan
o   sampah di halaman adalah contoh perilaku hidup bersih dan sehat.

o   Kegiatan Pengayaan:
o   Jika siswa sudah bisa melakukan gerakan dasar mengayun dan melayang, maka guru dapat memberikan penugasan dalam melakukan gerakan bertumpu pada tangan dan lengan dan gerakan dasar melayang yang lebih intensif.
o   Jika siswa sudah bisa mengelompokkan kegiatan sesuai perilaku hidup bersih dan sehat dan tidak sesuai perilaku hidup bersih dan sehat, maka guru dapat memberikan latihan lanjutan yaitu siswa diminta mencari contoh lain.

Kegiatan Remedial:
o   Jika siswa masih kesulitan untuk bisa melakukan gerakan dasar mengayun dan melayang, maka guru dapat memberikan latihan gerakan terbimbing. Seorang siswa dijadikan contoh model untuk melakukan gerakan.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk mengelompokkan kegiatan sesuai tata tertib dan tidak sesuai tata tertib, maka guru dapat memberikan bimbingan dalam membedakan yang tertib dengan yang tidak tertib dengan menjelaskan dampak kegiatan tersebut.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk menceritakan berbagai kegiatan, maka guru dapat membimbing siswa dalam menyampaikan cerita dengan lebih intensif.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

3. Penilaian Keterampilan
a. Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya

No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat  (√)
1.
Menggunakan kata tanya yang sesuai


2.
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya


3.
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati


4
Menggunakan kata tanya yang bervariasi



b. Berperilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam gerakan.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Berperilaku yang Sesuai dengan Aturan yang Berlaku dalam
Gerakan.
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat  (√)
1.
Keterampilan melakukan gerakan bertumpu pada tangan dan lengan


2.
Ketaatan pada aturan melakukan gerakan dasar bertumpu pada tangan dan lengan


3.
Keterampilan melakukan gerakan bergantung


4.
Ketaatan pada aturan gerakan bergantung.



c. Menulis cerita tentang kegiatan olahraga di rumah sesuai dengan EYD yang tepat.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menulis Cerita

No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Penggunaan
EYD yang tepat
Menggunakan
huruf kapital, kata
depan, dan tanda
baca yang tepat
tanpa bimbingan
guru.
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan, dan
tanda baca kurang digunakan dengan tepat namun dilakukan tanpa
bimbingan guru

Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
kurang digunakan
dengan tepat dan dilakukan dengan bimbingan guru


Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan, dan tanda baca
tidak digunakan
dengan tepat dan
dilakukan dengan
bimbingan guru
2
Kelengkapan
penulisan kata
Seluruh kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang lengkap

Terdapat sebagian
kecil penulisan
kata yang kurang lengkap

Terdapat setengah
dari teks penulisan
kata yang belum lengkap

Sebagian
besar kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang belum lengkap
3
Kesesuaian isi
teks yang ditulis dengan tema
mencuci tangan
Seluruh isi teks
yang ditulis sesuai judul atau tema

Setengah atau
lebih isi karangan
sesuai judul atau
tema
Kurang dari
setengah isi
karangan sesuai
judul atau tema
Seluruh isi
karangan belum
sesuai
4
Penggunaan
kalimat yang
efektif
Mengandung
unsur kalimat yang lengkap dengan susunan yang tepat
Mengandung
unsur kalimat yang lengkap namun susunannya
kurang tepat
Mengandung
unsur kalimat yang kurang lengkap
dan msusunannya
juga kurang tepat
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan tidak
jelas susunannya
juga kurang sulit
dipahami

d. Menceritakan kegiatan olahraga di rumah.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menceritakan Berbagai Kegiatan

No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
Bercerita
Mampu bercerita
dengan lancar
Sebagian
besar cerita
disampaikan
dengan lancar
Sebagian
kecil cerita
disampaikan
dengan lancar
Belum mampu
bercerita

2
Volume Suara
Terdengar
sampai seluruh
ruang kelas
Terdengar sampai setengah ruang kelas
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
Suara sangat
pelan atau tidak
terdengar



F. Sumber dan Media
1.      Buku Siswa Tema 5 “Hidup Bersih dan Sehat”.
2.      Mainan berbentuk bangun ruang.



Mengetahui,                                                                        Tijue, …. …………….….,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19611124 198309 2 001



Hasil Penilaian pengamatan
No
Nama Siswa
Kriteria
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat

























































































































































































































































































Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Berilah tanda centang (v) untuk kegiatan yang sesuai atau tanda silang (x) untuk kegiatan yang tidak sesuai dengan hidup bersih dan sehat! selanjutnya berikan alasanmu




MEDIA

TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 2 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors