(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/1
Tema 5 :
Hidup Bersih dan Sehat
Sub Tema 3/ Pembelajaran : Hidup
Bersih dan Sehat di Tempat Bermain/
3
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa
Indonesia
1.1
Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal
sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.2
Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2
Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.2
Menceritakan berbagai jenis kegiatan di lingkungan sekolah.
4.2
Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2.3
Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang
jelas.
b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu
serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
3.9 Mengenal bangun
datar, serta mengelompokkan berdasarkan sifat geometrisnya.
3.9.1
Mengelompokkan bendabenda di sekitar sebagai bangun datar.
4.6 Mengurai
unsur-unsur bangun datar sederhana dari bendabenda di sekitar.
4.6.1 Mengurai
unsur-unsur bangun datar yaitu sisi dan sudut.
4.6.2 Menggambar
bangun datar berupa segi tiga, segi empat dan segi enam dengan ukuran tertentu.
d) SBdP
1.1
Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan
Tuhan.
2.2
Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai
sumber ide dalam berkarya seni.
3.2
Memahami gerak seharihari dengan memperhatikan tempo gerak.
4.12
Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan
badan menggunakan tempo lambat, sedang, dan cepat sesuai dinamika gerak.
3.3.1
Mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari.
3.3.2
Mengelompokkan berbagai gerak dengan memperhatikan tempo gerak.
3.3.3
Mengidentifikasi gerak simbolik
4.12.1
Menirukan gerakan bermain melalui gerak anggota tubuh dengan menggunakan tempo lambat
sesuai dinamika gerak.
4.12.2
Menirukan gerakan bermain melalui gerak anggota tubuh dengan menggunakan tempo sedang
sesuai dinamika gerak.
4.12.3
Menirukan gerakan bermain melalui gerak anggota tubuh dengan menggunakan tempo cepat
sesuai dinamika gerak
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Teks
cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru
atau teman dalam bahasa Indonesia
2.
Bangun datar, serta
mengelompokkan berdasarkan sifat geometrisnya.
3.
Gerak
simbolik
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih dan Sehat”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dan memotivasi siswa
tentang pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat yang berhubungan dengan
kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari.
o
Guru membimbing
siswa untuk mengamati gambar Siti dan teman-temannya berkunjung ke kebun
sekolah (mengamati).
o
Siswa mengamati
gambar bentuk kebun sekolah (mengamati).
o
Siswa mengamati
teks bacaan kegiatan tukang kebun, Siti, dan teman-temannya (mengamati).
o
Guru memberikan
pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
o
Guru membimbing
siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o
Kegiatan ini
melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
o
Siswa diminta
menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan
pertanyaan.
o
Guru mencatat
pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal
o
Siswa menyanyikan
lagu bermain dengan percaya diri.
o
Guru membimbing siswa
untuk membentuk paduan suara dalam menyanyikan lagu bermain.
o
Guru menunjuk
salah seorang siswa untuk menjagi dirigen.
o
Dirigen memimpin
kegiatan bernyanyi dengan mengayunkan tangannya sesuai irama.
o
Siswa bernyanyi
mengikuti irama yang diperagakan oleh ayunan tangan dirigen.
Aturan permainan
dam-daman:
1.
Siswa dibagi
menjadi beberapa kelompok, 1 kelompok berisi 2 orang pemain.
2.
1 orang dalam 1
kelompok menjadi pemegang arena pion merah dan yang lain mejadi pemegang
arena pion biru.
3.
Untuk memulai permainan,
maka kedua pemain harus melakukan suit.
4.
Pemain yang
menang suit berhak menjalankan pionnya terlebih dahulu.
5.
Setelah pemain
pertama menjalan pion yang dimilikinya, maka pemain lain berhak menjalankan
pionnya.
6.
Dalam memindahkan
pion, siswa harus menjalankkannya sesuai garis yang telah dibentuk.
7.
Jika pion lawan
berhasil dilangkahi, maka pion lawan tersebut dimakan oleh pion yang
melangkahi.
8.
Lakukan terus
sampai pion kedua pemain habis dimakan lawan.
9.
Untuk menentukan
pemenang dalam permainan dam-daman, maka pion yang telah didapatkan oleh
kedua pemain tersebut dihitung.
10. Pemain yang paling banyak memakan pion lawan maka
berhak menjadi pemenang.
Menggambar arena
dam-daman
1.
Buat titik
terlebih dahulu kemudian hubungkan titik-titik tersebut.
2.
Dalam membuat
dam-daman gunakan pensil dan penggaris.
3.
Selama proses
menggambar guru mendampingi dan membimbing siswa.
Cara Membuat ruas
garis
1.
Buatlah 5 titik
terlebih dahulu.
2.
Hubungkan
titik-titik tersebut, terbentuk ruas garis lurus.
3.
Titik tekan
pembelajaran menggambar arena permainan damdaman adalah mengenal bangun datar
segitiga, segiempat, dan segienam. Siswa mengenal sudut dan sisi
bangun-bangun tersebut.
o
30 orang siswa
dibagi menjadi 2 kelompok.
o
15 orang siswa
berperan menjadi pion biru dan 15 orang siswa berperan menjadi pion merah.
o
Salah seorang
siswa menggambar arena dam-daman yang besar di lapangan sekolah dibimbing
oleh guru.
o
Siswa menempati
titik-titik yang telah digambar di arena permainan dam-daman.
o
Ketua kelompok
melakukan suit untuk menentukan kelompok mana yang akan bermain terlebih
dahulu.
o
Pion yang
termakan oleh lawan ke luar arena.
o
Untuk menentukan
anggota kelompok yang menang, siswa menghitung perolehan pion di setiap
kelompok.
o
Kelompok yang
memiliki pion terbanyak berhak menjadi pemenang.
o
Siswa bermain
dengan sportif!
o
Siswa membuat
titik-titik dasar arena permainan dam-daman.
o
Siswa
menghubungkan titik-titik yang ada dalam arena permainan dam-daman.
o
Siswa
mengidentifikasi bentuk gambar arena dam-daman.
o
Jawaban siswa
dibahas guru bersama siswa.
o
Bentuk arena
dam-daman adalah bangun datar segitiga dan segiempat. Apabila siswa menjawab
lain, jawaban dibahas bersama siswa.
o
Setelah siswa
menulis bangun yang terdapat di arena damdaman, siswa menentukan banyak
bangun segitiga, segiempat, dan segienam banyak sudut dan banyak sisi.
o
Siswa menulis
cerita tentang keadaan teras kelas.
o
Siswa melengkapi
cerita dengan menuliskan langkah-langkah menjaga teras kelas selalu bersih.
o
Guru membimbing
siswa untuk menuliskan cerita menjaga teras kelas selalu bersih.
o
Siswa membaca
cerita tentang menjaga teras kelas selalu bersih dengan percaya diri.
o
Guru membimbing
siswa membaca cerita tentang menjaga teras kelas selalu bersih dengan lafal
dan intonasi yang benar
Kegiatan
Pengayaan:
1.
Jika siswa sudah
bisa melakukan gerakan bermain dengan tempo lambat, maka guru dapat memberikan
penugasan dalam melakukan gerakan bermain dengan tempo sedang atau cepat.
2.
Jika siswa sudah
bisa menggambar dengan rapi, maka guru dapat menugaskan siswa menggambar
bangun datar yang lain.
3.
Jika siswa sudah
bisa menceritakan berbagai kegiatan dengan tepat, maka guru dapat memberikan
kriteria tambahan yaitu ekspresi dalam melakukan cerita.
Kegiatan
Remedial:
1.
Jika siswa masih
kesulitan untuk bisa melakukan gerakan bermain, maka guru dapat memberikan latihan
gerakan terbimbing. Seorang siswa dijadikan contoh model untuk melakukan
gerakan tersebut.
2.
Jika siswa masih
kesulitan untuk menggambar bangun datar dalam arena dam-daman, maka guru
dapat memberikan bimbingan dalam menggambar ruas garis kemudian menggambar
bangun datar.
3.
Jika siswa masih
kesulitan untuk menceritakan berbagai kegiatan, maka guru dapat membimbing
siswa dalam menyampaikan cerita dengan lebih intensif.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Melakukan
repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian Pengetahuan
Menulis bangun datar dari
permainan dam-daman.
Jawaban:
Segitiga, segiempat dan
segienam. Sesuaikan jawaban siswa, kemudian dibahas.
3. Penilaian Keterampilan
a. Membuat pertanyaan dari
gambar yang diamati.
Penilaian: Observasi
(Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan
Bertanya
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1.
|
Menggunakan kata tanya yang sesuai
|
||
2.
|
Penggunaan
tanda tanya pada kalimat tanya
|
||
3.
|
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar
yang diamati
|
||
4
|
Menggunakan kata tanya yang bervariasi
|
b. Berperilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku
dalam gerakan.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Berperilaku yang Sesuai dengan
Aturan yang Berlaku dalam
Gerakan.
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1.
|
Keterampilan melakukan gerakan
gerakan anggota
tubuh.
|
||
2.
|
Ketaatan pada
aturan melakukan gerakan anggota
tubuh
|
||
3.
|
Keterampilan melakukan gerakan tempo lambat
|
||
4.
|
Ketaatan pada aturan gerakan dengan
tempo lambat
|
a. Menggambar arena dam-daman.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menggambar
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kebenaran
Konsep
|
Gambar sudut
dan
sisi benar
ukuran
gambar
segitiga
yang terhubung
sama, sehingga
mampu menjadi
bentuk
segiempat
dan segienam
yang sempurna.
|
Gambar sudut dan sisi benar ukuran gambar segitiga yang terhubung
tidak semua sama, sehingga mampu menjadi bentuk segiempat dan
segienam yang
kurang sempurna
|
Ada beberapa
gambar sudut dan sisinya tidak tepat
|
Ada beberapa
gambar sudut dan
sisinya tidak tepat
dan dilakukan
dengan bimbingan
guru
|
2
|
Kerapian
|
Seluruh gambar
segitiga, segiempat dan
segienam rapi dan
bersih
|
Terdapat sebagian
kecil gambar tidak rapi
|
Terdapat setengah
dari gambar tidak rapi
|
Sebagian
besar
gambar
tidak rapi
|
b. Menulis Cerita
Berdasarkan Gambar
Penilaian: Unjuk
Kerja
Rubrik Menulis
Cerita
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Penggunaan
EYD yang tepat
|
Menggunakan
huruf kapital,
kata
depan, dan
tanda
baca yang
tepat
tanpa
bimbingan
guru
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan, dan
tanda baca kurang digunakan dengan tepat namun dilakukan
tanpa
bimbingan guru
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
kurang digunakan
dengan tepat dan dilakukan dengan bimbingan guru
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
tidak digunakan
dengan tepat dan
dilakukan dengan
bimbingan guru
|
2
|
Kelengkapan
penulisan kata
|
Seluruh kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang lengkap
|
Terdapat sebagian
kecil penulisan
kata yang kurang lengkap
|
Terdapat
setengah
dari teks
penulisan
kata yang
belum
lengkap
|
Sebagian
besar kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang belum
lengkap
|
3
|
Kesesuaian isi teks yang ditulis
dengan tema
|
Seluruh isi teks
yang ditulis sesuai judul atau tema
|
Setengah atau
lebih isi karangan
sesuai judul atau tema
|
Kurang
dari
setengah
isi
karangan
sesuai judul atau tema
|
Seluruh isi
karangan belum
sesuai
|
4
|
Penggunaan
kalimat yang
efektif
|
Mengandung
unsur kalimat yang lengkap dengan
susunan yang
tepat
|
Mengandung
unsur kalimat yang lengkap namun
susunannya
kurang tepat
|
Mengandung
unsur
kalimat yang kurang lengkap
dan susunannya
juga
kurang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan tidak
jelas susunannya
juga kurang sulit
dipahami
|
F. Sumber dan Media
1.
Buku Siswa Tema 5 “Hidup
Bersih dan Sehat”
Mengetahui, Tijue,
…. …………….…., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
Hasil Penilaian pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Kriteria
|
||
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
||
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Hubungkan titik berikut sehingga
membentuk arena
permainan Dam-daman!
Temukan segienam pada gambar tersebut!
Berilah
warna lain!
MEDIA
TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 1
TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 2
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment