Home » » TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 3

TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday, 10 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                     : 2/1
Tema 5                                  : Hidup Bersih  dan Sehat
Sub Tema 3/ Pembelajaran     : Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Bermain/ 3
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.2 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.2 Menceritakan berbagai jenis kegiatan di lingkungan sekolah.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2.3 Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.

b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
3.9 Mengenal bangun datar, serta mengelompokkan berdasarkan sifat geometrisnya.
3.9.1 Mengelompokkan bendabenda di sekitar sebagai bangun datar.
4.6 Mengurai unsur-unsur bangun datar sederhana dari bendabenda di sekitar.
4.6.1 Mengurai unsur-unsur bangun datar yaitu sisi dan sudut.
4.6.2 Menggambar bangun datar berupa segi tiga, segi empat dan segi enam dengan ukuran tertentu.
 
d) SBdP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
3.2 Memahami gerak seharihari dengan memperhatikan tempo gerak.
4.12 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan menggunakan tempo lambat, sedang, dan cepat sesuai dinamika gerak.
3.3.1 Mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari.
3.3.2 Mengelompokkan berbagai gerak dengan memperhatikan tempo gerak.
3.3.3 Mengidentifikasi gerak simbolik
4.12.1 Menirukan gerakan bermain melalui gerak anggota tubuh dengan menggunakan tempo lambat sesuai dinamika gerak.
4.12.2 Menirukan gerakan bermain melalui gerak anggota tubuh dengan menggunakan tempo sedang sesuai dinamika gerak.
4.12.3 Menirukan gerakan bermain melalui gerak anggota tubuh dengan menggunakan tempo cepat sesuai dinamika gerak

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
2.      Bangun datar, serta mengelompokkan berdasarkan sifat geometrisnya.
3.      Gerak simbolik

D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih  dan Sehat”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dan memotivasi siswa tentang pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat yang berhubungan dengan kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari.
o   Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar Siti dan teman-temannya berkunjung ke kebun sekolah (mengamati).
o   Siswa mengamati gambar bentuk kebun sekolah (mengamati).
o   Siswa mengamati teks bacaan kegiatan tukang kebun, Siti, dan teman-temannya (mengamati).
o   Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
  • Apa yang dilakukan Siti bersama teman-teman?
  • Apa yang sedang dilakukan tukang kebun?
  • Gambar apakah yang kamu temukan?
  • Kebun sekolah berbentuk apa?
  • Tanaman apa saja yang ada di kebun sekolah?
o   Guru membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o   Kegiatan ini melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
o   Siswa diminta menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan pertanyaan.
o   Guru mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal
o   Siswa menyanyikan lagu bermain dengan percaya diri.
o   Guru membimbing siswa untuk membentuk paduan suara dalam menyanyikan lagu bermain.
o   Guru menunjuk salah seorang siswa untuk menjagi dirigen.
o   Dirigen memimpin kegiatan bernyanyi dengan mengayunkan tangannya sesuai irama.
o   Siswa bernyanyi mengikuti irama yang diperagakan oleh ayunan tangan dirigen.

Aturan permainan dam-daman:
1.      Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, 1 kelompok berisi 2 orang pemain.
2.      1 orang dalam 1 kelompok menjadi pemegang arena pion merah dan yang lain mejadi pemegang arena pion biru.
3.      Untuk memulai permainan, maka kedua pemain harus melakukan suit.
4.      Pemain yang menang suit berhak menjalankan pionnya terlebih dahulu.
5.      Setelah pemain pertama menjalan pion yang dimilikinya, maka pemain lain berhak menjalankan pionnya.
6.      Dalam memindahkan pion, siswa harus menjalankkannya sesuai garis yang telah dibentuk.
7.      Jika pion lawan berhasil dilangkahi, maka pion lawan tersebut dimakan oleh pion yang melangkahi.
8.      Lakukan terus sampai pion kedua pemain habis dimakan lawan.
9.      Untuk menentukan pemenang dalam permainan dam-daman, maka pion yang telah didapatkan oleh kedua pemain tersebut dihitung.
10.  Pemain yang paling banyak memakan pion lawan maka berhak menjadi pemenang.

Menggambar arena dam-daman
1.      Buat titik terlebih dahulu kemudian hubungkan titik-titik tersebut.
2.      Dalam membuat dam-daman gunakan pensil dan penggaris.
3.      Selama proses menggambar guru mendampingi dan membimbing siswa.

Cara Membuat ruas garis
1.      Buatlah 5 titik terlebih dahulu.
2.      Hubungkan titik-titik tersebut, terbentuk ruas garis lurus.
3.      Titik tekan pembelajaran menggambar arena permainan damdaman adalah mengenal bangun datar segitiga, segiempat, dan segienam. Siswa mengenal sudut dan sisi bangun-bangun tersebut.
o   30 orang siswa dibagi menjadi 2 kelompok.
o   15 orang siswa berperan menjadi pion biru dan 15 orang siswa berperan menjadi pion merah.
o   Salah seorang siswa menggambar arena dam-daman yang besar di lapangan sekolah dibimbing oleh guru.
o   Siswa menempati titik-titik yang telah digambar di arena permainan dam-daman.
o   Ketua kelompok melakukan suit untuk menentukan kelompok mana yang akan bermain terlebih dahulu.
o   Pion yang termakan oleh lawan ke luar arena.
o   Untuk menentukan anggota kelompok yang menang, siswa menghitung perolehan pion di setiap kelompok.
o   Kelompok yang memiliki pion terbanyak berhak menjadi pemenang.
o   Siswa bermain dengan sportif!
o   Siswa membuat titik-titik dasar arena permainan dam-daman.
o   Siswa menghubungkan titik-titik yang ada dalam arena permainan dam-daman.
o   Siswa mengidentifikasi bentuk gambar arena dam-daman.
o   Jawaban siswa dibahas guru bersama siswa.
o   Bentuk arena dam-daman adalah bangun datar segitiga dan segiempat. Apabila siswa menjawab lain, jawaban dibahas bersama siswa.
o   Setelah siswa menulis bangun yang terdapat di arena damdaman, siswa menentukan banyak bangun segitiga, segiempat, dan segienam banyak sudut dan banyak sisi.
o   Siswa menulis cerita tentang keadaan teras kelas.
o   Siswa melengkapi cerita dengan menuliskan langkah-langkah menjaga teras kelas selalu bersih.
o   Guru membimbing siswa untuk menuliskan cerita menjaga teras kelas selalu bersih.
o   Siswa membaca cerita tentang menjaga teras kelas selalu bersih dengan percaya diri.
o   Guru membimbing siswa membaca cerita tentang menjaga teras kelas selalu bersih dengan lafal dan intonasi yang benar

Kegiatan Pengayaan:
1.      Jika siswa sudah bisa melakukan gerakan bermain dengan tempo lambat, maka guru dapat memberikan penugasan dalam melakukan gerakan bermain dengan tempo sedang atau cepat.
2.      Jika siswa sudah bisa menggambar dengan rapi, maka guru dapat menugaskan siswa menggambar bangun datar yang lain.
3.      Jika siswa sudah bisa menceritakan berbagai kegiatan dengan tepat, maka guru dapat memberikan kriteria tambahan yaitu ekspresi dalam melakukan cerita.

Kegiatan Remedial:
1.      Jika siswa masih kesulitan untuk bisa melakukan gerakan bermain, maka guru dapat memberikan latihan gerakan terbimbing. Seorang siswa dijadikan contoh model untuk melakukan gerakan tersebut.
2.      Jika siswa masih kesulitan untuk menggambar bangun datar dalam arena dam-daman, maka guru dapat memberikan bimbingan dalam menggambar ruas garis kemudian menggambar bangun datar.
3.      Jika siswa masih kesulitan untuk menceritakan berbagai kegiatan, maka guru dapat membimbing siswa dalam menyampaikan cerita dengan lebih intensif.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;




INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
Menulis bangun datar dari permainan dam-daman.

Jawaban:
Segitiga, segiempat dan segienam. Sesuaikan jawaban siswa, kemudian dibahas.
3. Penilaian Keterampilan
a. Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya

No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat  (√)
1.
Menggunakan kata tanya yang sesuai


2.
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya


3.
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati


4
Menggunakan kata tanya yang bervariasi



b. Berperilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam gerakan.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Berperilaku yang Sesuai dengan Aturan yang Berlaku dalam
Gerakan.
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat  (√)
1.
Keterampilan melakukan gerakan gerakan anggota
tubuh.


2.
Ketaatan pada aturan melakukan gerakan anggota
tubuh


3.
Keterampilan melakukan gerakan tempo lambat


4.
Ketaatan pada aturan gerakan dengan tempo lambat



a. Menggambar arena dam-daman.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menggambar
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kebenaran
Konsep
Gambar sudut dan
sisi benar ukuran
gambar segitiga
yang terhubung
sama, sehingga
mampu menjadi
bentuk segiempat
dan segienam
yang sempurna.
Gambar sudut dan sisi benar ukuran gambar segitiga yang terhubung
tidak semua sama, sehingga mampu menjadi bentuk segiempat dan
segienam yang
kurang sempurna
Ada beberapa
gambar sudut dan sisinya tidak tepat
Ada beberapa
gambar sudut dan
sisinya tidak tepat
dan dilakukan
dengan bimbingan
guru
2
Kerapian
Seluruh gambar
segitiga, segiempat dan
segienam rapi dan
bersih
Terdapat sebagian
kecil gambar tidak rapi
Terdapat setengah
dari gambar tidak rapi
Sebagian besar
 gambar tidak rapi

b. Menulis Cerita Berdasarkan Gambar
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menulis Cerita

No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Penggunaan
EYD yang tepat
Menggunakan
huruf kapital, kata
depan, dan tanda
baca yang tepat
tanpa bimbingan
guru
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan, dan
tanda baca kurang digunakan dengan tepat namun dilakukan tanpa
bimbingan guru
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
kurang digunakan
dengan tepat dan dilakukan dengan bimbingan guru
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
tidak digunakan
dengan tepat dan
dilakukan dengan
bimbingan guru
2
Kelengkapan
penulisan kata
Seluruh kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang lengkap
Terdapat sebagian
kecil penulisan
kata yang kurang lengkap
Terdapat setengah
dari teks penulisan
kata yang belum
lengkap

Sebagian
besar kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang belum
lengkap
3
Kesesuaian isi teks yang ditulis
dengan tema
Seluruh isi teks
yang ditulis sesuai judul atau tema
Setengah atau
lebih isi karangan
sesuai judul atau tema
Kurang dari
setengah isi
karangan sesuai judul atau tema
Seluruh isi
karangan belum
sesuai

4
Penggunaan
kalimat yang
efektif
Mengandung
unsur kalimat yang lengkap dengan
susunan yang
tepat
Mengandung
unsur kalimat yang lengkap namun
susunannya
kurang tepat


Mengandung
unsur kalimat yang kurang lengkap
dan susunannya
juga kurang tepat
                   
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan tidak
jelas susunannya
juga kurang sulit
dipahami


F. Sumber dan Media
1.      Buku Siswa Tema 5 “Hidup Bersih dan Sehat”



Mengetahui,                                                                        Tijue, …. …………….….,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                                       NIP. 19611124 198309 2 001




Hasil Penilaian pengamatan
No
Nama Siswa
Kriteria
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat






















































































































































































































































































 

Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Hubungkan titik berikut sehingga membentuk arena
permainan Dam-daman!
Temukan segienam pada gambar tersebut! Berilah 
warna lain!



TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 3

MEDIA

TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 3 

TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 1
TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 2

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors