RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/1
Tema 5 :
Hidup Bersih dan Sehat
Sub Tema 3/ Pembelajaran : Hidup
Bersih dan Sehat di Tempat Bermain/
4
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa
Indonesia
1.1
Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal
sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.2
Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Mengenal teks
cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru
atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1
Mengidentifikasi berbagai kegiatan di lingkungan sekitar.
3.2.4 Mencatat
hal-hal pokok kegiatan dengan topik tertentu
4.2 Memperagakan
teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2.1 Menulis
cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan sekitar dengan EYD yang
benar..
b) Matematika
1.1
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1
Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan,
peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.9
Mengenal bangun datar dan bangun ruang, serta mengelompokkan berdasarkan sifat
geometrisnya.
3.9.2
Membandingkan perbedaan pada bangun datar dan bangun ruang.
4.6
Mengurai unsur-unsur bangun ruang sederhana dari bendabenda di sekitar.
4.6.1
Mengurai unsur-unsur bangun ruang yaitu sisi, sudut, dan rusuk.
4.6.2
Menggambar sisi bangun ruang berupa limasegitiga,prisma, segi empat dan segi
enam dengan ukuran tertentu
d) PPKn
1.1
Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku
bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1
Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan
guru sebagai perwujudan moral Pancasila
3.2
Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
dan di sekolah.
3.2.13
Mengemukakan pendapat tentang manfaat tata tertib dalam kehidupan sehari-hari di
tempat bermain.
3.2.14
Mengemukakan pendapat tentang akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan tata
tertib di tempat bermain.
4.2
Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah. Indikator
4.2.5
Melaksanakan tata tertib di tempat bermain
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Teks cerita narasi
sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia
2.
Perbedaan
pada bangun datar dan bangun ruang
3.
Tata
tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di
sekolah
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Hidup Bersih dan Sehat”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara
o
klasikal untuk
dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan
o
menerangkan
maksud isi bacaan yang merangkum kompetensikompetansi yang akan dipelajari.
o
Siswa mengamati
gambar yang menunjukkan perilaku bermain di halaman rumah.
o
Siswa diberi
kesempatan untuk melakukan pengamatan dengan cermat dan menganalisis gambar
secara cermat.
o
Gunakan benda
seperti tanah liat dan lidi untuk mengetahui tingkat kreativitas yang dicapai
oleh siswa.
o
Guru membimbing
siswa untuk mengamati gambar siti bermain di halaman rumah (mengamati).
o
Siswa memahami
teks bacaan tentang bermain di halaman rumah.
o
Guru memberikan
pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
o
Guru membimbing
siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o
Kegiatan ini
melatih anak untuk menumbuhkan kreativitas mereka.
o
Siswa diminta
menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan
pertanyaan.
o
Guru mencatat
pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
o
Pada kegiatan Ayo
Berdiskusi, siswa membentuk kelompok diskusi dengan bagaimana menjaga halaman
rumah selalu bersih dan sehat!.
o
Guru memberikan
pertanyaan-pertanyaan untuk merangsang berpendapat siswa.
Pertanyaan:
o
Masing-masing
kelompok mencatat hasil diskusi tentang bagaimana cara menjaga halaman rumah
selalu bersih dan sehat!
o
Dengan dibimbing
guru, siswa dapat menggambarkan bentukbentuk replika bangunan yang terbentuk
dari bangun ruang.
o
Siswa mengamati
bentuk bangun ruang yang telah di gambar, sehingga siswa dapat menggambarkan
sisi dan menentukan banyaknya sudut dan tulang rusuk dari gambar bangun
ruang.
o
Siswa membentuk
bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan tanah liat dan lidi.
o
Guru meminta
siswa menggambar bangun ruang dan bagun datar yang telah mereka buat dengan
tanah dan lidi.
o
Dengan bimbingan
guru siswa menggambarkan bangun ruang dan bangun datar yang telah mereka buat
dan menentukan
o
antara bangun
ruang dan bangun datar
o
Guru meminta
siswa untuk menggambarkan bentuk-bentuk bangun datar dan bangun ruang yang
ada di sekitar mereka.
o
Siswa menentukan
gambar bangun datar dan bangun ruang apa yang akan mereka gambar yang ada di
sekitar mereka.
o
Guru membimbing siswa
untuk menggambar bangun datar dan bangun ruang.
o
Guru membimbing
siswa bagaimana langkah-langkah/cara menjaga kebersihan halaman rumah!
o
Siswa membuat
cerita tentang langkah-langkah/cara menjaga kebersihan halaman rumah!
o
Guru memberikan
pengarahan kepada siswa untuk memajang hasil karya siswa di dinding kelas!
o
Siswa membaca
cerita yang telah ditulis dengan percaya diri.
o
Guru memberi
contoh cara membaca sesuai EYD yang benar
Kegiatan
Pengayaan:
o
Jika siswa sudah
bisa menggambar bangun datar dan bangun ruang di sekitarnya, maka guru dapat
memberikan penugasan menggambar bangun datar dan bangun ruang dan menentukan
sisinya.
o
Jika siswa sudah
bisa menjaga kebersihan halaman rumah, maka guru dapat memberikan tugas
menjelaskan cara menjaga membersihkan halaman belakang atau dalam rumah.
o
Jika siswa sudah
bisa membuat pertanyaan tentang contoh perilaku yang sesuai dengan aturan
yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan tepat, maka guru
dapat
o
memberikan
latihan lanjutan dengan membuat pertanyaan dengan teks dan gambar yang baru.
Kegiatan
Remedial:
o
Jika siswa masih
kesulitan menggambar bangun ruang dan bangun datar, maka guru dapat memberikan
latihan menggambar kubus atau balok dan memberi tugas menggambar bangun balok
atau kubus di rumah.
o
Jika siswa masih
kesulitan untuk menulis cerita, maka guru dapat memberikan bimbingan dalam
penulisan cerita sederhana dengan menggunakan kalimat-kalimat sederhana.
o
Jika siswa masih
kesulitan untuk menjelaskan cara menjaga kebersihan halaman rumah, maka guru
dapat melakukan bimbingan khusus dan menjelaskan ulang.
o
Jika siswa masih
kesulitan dalam membuat pertanyaan tentang contoh perilaku yang sesuai dengan
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah, maka guru dapat
memberikan bimbingan yang lebih intensif tentang kemampuan siswa membuat pertanyaan.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: Tes
Tertulis (isian)
a.
Mengidentifikasi yang
membentuk bangun ruang limas segitiga.
Jawaban:
Banyak sisi limas segitiga
= 4
Banyak sudut limas
segitiga = 6
b.
Menentukan banyaknya sisi
segienam
Jawaban:
Banyak sisi segienam adalah 6
3. Penilaian Keterampilan
a. Membuat pertanyaan dari
gambar yang diamati.
Penilaian: Observasi
(Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan
Bertanya
|
Kriteria
|
Bobot
|
1.
|
Menggunakan kata tanya yang sesuai
|
4
|
2.
|
Penggunaan tanda tanya pada kalimat
tanya
|
3
|
3.
|
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar
yang diamati
|
2
|
4
|
Menggunakan kata tanya yang bervariasi
|
1
|
b. Menggambar Bangun datar.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menggambar
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kebenaran
Konsep
|
Gambar sudut
dan sisi benar
dan sesuai aturan
menggambar
bangun datar.
|
Gambar sudut dan sisi benar dan ada
beberapa gambar yang tidak rapi
|
Ada beberapa
gambar sudut dan sisinya tidak tepat.
|
Ada beberapa
gambar sudut dan
sisinya tidak tepat
dan dilakukan
dengan bimbingan
guru
|
2
|
Kerapian
|
Seluruh gambar
rapi dan bersih
|
Terdapat sebagian
kecil gambar tidak rap
|
Terdapat
setengah
dari
gambar tidak rapi
|
Sebagian besar gambar tidak rapi
|
c.
Menulis Cerita Berdasarkan Gambar
Penilaian:
Unjuk Kerja
Rubrik Menulis Cerita
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Penggunaan
EYD yang tepat
|
Menggunakan
huruf kapital, kata
depan, dan tanda
baca yang tepat
tanpa bimbingan
guru
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital, kata depan, dan tanda baca kurang tepat
dan dilakukan
tanpa bimbingan
guru
|
Ada
beberapa
penggunaan
huruf
kapital, kata depan, dan tanda baca
digunakan
kurang
tepat dan dilakukan dengan
bimbingan
guru
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
tidak digunakan
dengan tepat dan
dilakukan dengan
bimbingan guru
|
2
|
Kelengkapan
penulisan kata
|
Seluruh kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang lengkap
|
Terdapat sebagian
kecil penulisan
kata yang kurang lengkap
|
Terdapat
setengah
dari teks penulisan
kata yang
belum lengkap
|
Sebagian
besar
kalimat
menggunakan
penulisan
kata
yang
belum
lengkap
|
|
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema
hidup bersih
dan sehat
|
Seluruh isi teks
yang ditulis sesuai judul atau tema
|
Setengah atau
lebih isi karangan
sesuai judul atau
tema
|
Kurang dari
setengah isi
karangan sesuai judul atau tema
|
Seluruh
isi
karangan
belum
sesuai
|
|
Penggunaan
kalimat yang
efektif
|
Mengandung
unsur kalimat yang lengkap dengan susunan yang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat yang lengkap namun susunannya
kurang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat yang
kurang lengkap
dan susunannya
juga kurang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan tidak
jelas susunannya
juga kurang sulit
dipahami
|
F. Sumber dan Media
1.
Buku Siswa Tema 5 “Hidup
Bersih dan Sehat”.
Mengetahui, Tijue,
…. …………….…., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
Hasil Penilaian pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Kriteria
|
||
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Kelompokkan antara bangun ruang dan bangun datar dari bangun yang di buat Siti, Meli, Edo, Beni, dan Dayu!
Bangun
|
Bangun Ruang
|
Bangun Datar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment