Home » » TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 4

TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday, 10 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 2/1
Tema 5                                  : Hidup Bersih  dan Sehat
Sub Tema 3/ Pembelajaran     : Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Bermain/ 4
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.2 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1 Mengidentifikasi berbagai kegiatan di lingkungan sekitar.
3.2.4 Mencatat hal-hal pokok kegiatan dengan topik tertentu
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2.1 Menulis cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan sekitar dengan EYD yang benar..

b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.9 Mengenal bangun datar dan bangun ruang, serta mengelompokkan berdasarkan sifat geometrisnya.
3.9.2 Membandingkan perbedaan pada bangun datar dan bangun ruang.
4.6 Mengurai unsur-unsur bangun ruang sederhana dari bendabenda di sekitar.
4.6.1 Mengurai unsur-unsur bangun ruang yaitu sisi, sudut, dan rusuk.
4.6.2 Menggambar sisi bangun ruang berupa limasegitiga,prisma, segi empat dan segi enam dengan ukuran tertentu

d) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
3.2.13 Mengemukakan pendapat tentang manfaat tata tertib dalam kehidupan sehari-hari di tempat bermain.
3.2.14 Mengemukakan pendapat tentang akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan tata tertib di tempat bermain.
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah. Indikator
4.2.5 Melaksanakan tata tertib di tempat bermain

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
2.      Perbedaan pada bangun datar dan bangun ruang
3.      Tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah

D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih  dan Sehat”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara
o   klasikal untuk dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan
o   menerangkan maksud isi bacaan yang merangkum kompetensikompetansi yang akan dipelajari.
o   Siswa mengamati gambar yang menunjukkan perilaku bermain di halaman rumah.
o   Siswa diberi kesempatan untuk melakukan pengamatan dengan cermat dan menganalisis gambar secara cermat.
o   Gunakan benda seperti tanah liat dan lidi untuk mengetahui tingkat kreativitas yang dicapai oleh siswa.
o   Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar siti bermain di halaman rumah (mengamati).
o   Siswa memahami teks bacaan tentang bermain di halaman rumah.
o   Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
  • Apa yang di lakukan Siti?
o   Guru membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o   Kegiatan ini melatih anak untuk menumbuhkan kreativitas mereka.
o   Siswa diminta menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan pertanyaan.
o   Guru mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
o   Pada kegiatan Ayo Berdiskusi, siswa membentuk kelompok diskusi dengan bagaimana menjaga halaman rumah selalu bersih dan sehat!.
o   Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk merangsang berpendapat siswa.

Pertanyaan:
  • Jika halaman rumah tidak bersih apa yang terjadi?
  • Jika halaman kotor, apa akibatnya?
  • Jika halaman bersih, apa akibatnya?
o   Masing-masing kelompok mencatat hasil diskusi tentang bagaimana cara menjaga halaman rumah selalu bersih dan sehat!
o   Dengan dibimbing guru, siswa dapat menggambarkan bentukbentuk replika bangunan yang terbentuk dari bangun ruang.
o   Siswa mengamati bentuk bangun ruang yang telah di gambar, sehingga siswa dapat menggambarkan sisi dan menentukan banyaknya sudut dan tulang rusuk dari gambar bangun ruang.
o   Siswa membentuk bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan tanah liat dan lidi.
o   Guru meminta siswa menggambar bangun ruang dan bagun datar yang telah mereka buat dengan tanah dan lidi.
o   Dengan bimbingan guru siswa menggambarkan bangun ruang dan bangun datar yang telah mereka buat dan menentukan
o   antara bangun ruang dan bangun datar
o   Guru meminta siswa untuk menggambarkan bentuk-bentuk bangun datar dan bangun ruang yang ada di sekitar mereka.
o   Siswa menentukan gambar bangun datar dan bangun ruang apa yang akan mereka gambar yang ada di sekitar mereka.
o   Guru membimbing siswa untuk menggambar bangun datar dan bangun ruang.
o   Guru membimbing siswa bagaimana langkah-langkah/cara menjaga kebersihan halaman rumah!
o   Siswa membuat cerita tentang langkah-langkah/cara menjaga kebersihan halaman rumah!
o   Guru memberikan pengarahan kepada siswa untuk memajang hasil karya siswa di dinding kelas!
o   Siswa membaca cerita yang telah ditulis dengan percaya diri.
o   Guru memberi contoh cara membaca sesuai EYD yang benar

Kegiatan Pengayaan:
o   Jika siswa sudah bisa menggambar bangun datar dan bangun ruang di sekitarnya, maka guru dapat memberikan penugasan menggambar bangun datar dan bangun ruang dan menentukan sisinya.
o   Jika siswa sudah bisa menjaga kebersihan halaman rumah, maka guru dapat memberikan tugas menjelaskan cara menjaga membersihkan halaman belakang atau dalam rumah.
o   Jika siswa sudah bisa membuat pertanyaan tentang contoh perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan tepat, maka guru dapat
o   memberikan latihan lanjutan dengan membuat pertanyaan dengan teks dan gambar yang baru.

Kegiatan Remedial:
o   Jika siswa masih kesulitan menggambar bangun ruang dan bangun datar, maka guru dapat memberikan latihan menggambar kubus atau balok dan memberi tugas menggambar bangun balok atau kubus di rumah.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk menulis cerita, maka guru dapat memberikan bimbingan dalam penulisan cerita sederhana dengan menggunakan kalimat-kalimat sederhana.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk menjelaskan cara menjaga kebersihan halaman rumah, maka guru dapat melakukan bimbingan khusus dan menjelaskan ulang.
o   Jika siswa masih kesulitan dalam membuat pertanyaan tentang contoh perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah, maka guru dapat memberikan bimbingan yang lebih intensif tentang kemampuan siswa membuat pertanyaan.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: Tes Tertulis (isian)
a.        Mengidentifikasi yang membentuk bangun ruang limas segitiga.
Jawaban:
Banyak sisi limas segitiga = 4
Banyak sudut limas segitiga = 6

b.        Menentukan banyaknya sisi segienam
Jawaban:
Banyak sisi segienam adalah 6

3. Penilaian Keterampilan
a. Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya

Kriteria
Bobot
1.
Menggunakan kata tanya yang sesuai
4
2.
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya
3
3.
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati
2
4
Menggunakan kata tanya yang bervariasi
1

b. Menggambar Bangun datar.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menggambar

No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kebenaran
Konsep
Gambar sudut
dan sisi benar
dan sesuai aturan
menggambar
bangun datar.
Gambar sudut dan sisi benar dan ada
beberapa gambar yang tidak rapi
Ada beberapa
gambar sudut dan sisinya tidak tepat.


Ada beberapa
gambar sudut dan
sisinya tidak tepat
dan dilakukan
dengan bimbingan
guru
2
Kerapian
Seluruh gambar
rapi dan bersih
Terdapat sebagian
kecil gambar tidak rap
Terdapat setengah
dari gambar tidak rapi

Sebagian besar gambar tidak rapi


c. Menulis Cerita Berdasarkan Gambar
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menulis Cerita
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Penggunaan
EYD yang tepat
Menggunakan
huruf kapital, kata
depan, dan tanda
baca yang tepat
tanpa bimbingan
guru
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital, kata depan, dan tanda baca kurang tepat
dan dilakukan
tanpa bimbingan
guru


Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital, kata depan, dan tanda baca digunakan
kurang tepat dan dilakukan dengan
bimbingan guru


Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
tidak digunakan
dengan tepat dan
dilakukan dengan
bimbingan guru
2
Kelengkapan
penulisan kata
Seluruh kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang lengkap
Terdapat sebagian
kecil penulisan
kata yang kurang lengkap
Terdapat setengah
dari teks penulisan
kata yang belum lengkap
Sebagian
besar kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang belum
lengkap

Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema
hidup bersih
dan sehat
Seluruh isi teks
yang ditulis sesuai judul atau tema


Setengah atau
lebih isi karangan
sesuai judul atau
tema
                        
Kurang dari
setengah isi
karangan sesuai judul atau tema
Seluruh isi
karangan belum
sesuai

Penggunaan
kalimat yang
efektif
Mengandung
unsur kalimat yang lengkap dengan susunan yang tepat
Mengandung
unsur kalimat yang lengkap namun susunannya
kurang tepat

Mengandung
unsur kalimat yang
kurang lengkap
dan susunannya
juga kurang tepat

Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan tidak
jelas susunannya
juga kurang sulit
dipahami


F. Sumber dan Media
1.      Buku Siswa Tema 5 “Hidup Bersih dan Sehat”.



Mengetahui,                                                                        Tijue, …. …………….….,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19611124 198309 2 001



Hasil Penilaian pengamatan
No
Nama Siswa
Kriteria
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat























































































































































































































































































Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Kelompokkan antara bangun ruang dan bangun datar dari bangun yang di buat Siti, Meli, Edo, Beni, dan Dayu!



Bangun
Bangun Ruang
Bangun Datar

























 MEDIA

TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 4


 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors