(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/1
Tema 5 :
Hidup Bersih dan Sehat
Sub Tema 3/ Pembelajaran : Hidup
Bersih dan Sehat di Tempat Bermain/
5
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.1 Berprilaku
sportif dalam bermain.
2.6 Disiplin selama
melakukan berbagai aktivitas fisik.
3.5 Mengetahui
konsep variasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan
dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri
dengan salah satu kaki),serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang
di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
3.5.8
Mengidentifikasi pola gerak dasar berputar dalam aktivitas senam.
3.5.9 Mengidentifikasi
pola gerak dasar mendarat dalam aktivitas senam.
4.5 Mempraktikkan
variasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan
lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri
dengan salah satu kaki),serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang
di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
4.5.10 Melakukan
gerakan berputar sambil melompat.
4.5.11 Melakukan
gerakan mendarat dengan kedua kaki
b) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.2
Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2
Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1
Mengidentifikasi berbagai kegiatan di lingkungan sekolah.
3.2.4
Mencatat hal-hal pokok kegiatan dengan topic tertentu.
4.2
Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2.1
Menulis cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan sekolah dengan
EYD yang benar
4.2.5
Menyimpulkan isi cerita narasi yang telah ditulis
d) PPKn
1.1
Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku
bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1
Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan
guru sebagai perwujudan moral Pancasila
3.2
Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
dan di sekolah.
3.2.13
Mengemukakan pendapat tentang manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di
tempat bermain.
4.2
Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
4.2.5
Melaksanakan tata tertib di tempat bermain.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Konsep variasi
berbagai pola gerak dasar dominan statis dan dinamis
2.
Teks
cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara
mandiri dalam bahasa indonesia
3.
Tata
tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di
sekolah
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Hidup Bersih dan Sehat”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum
kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
Pemotivasian
Alternatif
Pembelajaran:
o
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan memberikan
apersepsi.
o
Guru menyampaikan
pentingnya melakukan olahraga untuk menjaga kesehatan kita
o
Guru membimbing
siswa untuk mengamati gambar Dayu, Meli dan Beni yang tengah bermain lompat
tali (mengamati).
o
Siswa mengamati
masing-masing gerakan yang dilakukan Dayu, Meli dan Beni.
o
Siswa memahami
teks bacaan tentang kegiatan Dayu, Meli dan Beni di lapangan sekolah SD
Nusantara.
o
Guru memberikan
pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
·
Gerakan apakah
yang dilakukan Dayu?
·
Gerakan apakah
yang dilakukan Meli?
·
Gerakan apakah
yang dilakukan Beni?
·
Dapatkah kamu
melakukan gerakan Dayu dan Meli?
·
Dapatkah kamu
melakukan gerakan Beni?
o
Guru membimbing
siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o
Kegiatan ini
melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
o
Siswa diminta
menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan
pertanyaan.
o
Guru mencatat
pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
o
Siswa
memperhatikan gambar gerakan dasar berputar.
o
Guru menjelaskan
gambar Dayu memutar kedua tangan yang direntangkan ke arah depan dan
sebaliknya dengan cermat.
o
Guru menjelaskan
gambar Beni memutar badan sambil melompat.
o
Siswa
memperhatikan gambar gerakan dasar mendarat.
o
Guru menjelaskan
cara mendarat dengan 2 kaki seperti gambar.
o
Guru menjelaskan
cara mendarat dengan 1 kaki seperti gambar
o
Sebelum melakukan
gerakan, siswa melakukan pemanasan.
o
Siswa dibagi
dalam beberapa kelompok oleh guru untuk melakukan gerakan lompat tali
berpasangan.
o
Siswa melakukan
gerakan lompat tali berpasangan.
o
Setelah melakukan
gerakan lompat tali, siswa melakukan pendinginan dan mencuci tangan serta
kaki dengan sabun untuk membiasakan hidup bersih dan sehat.
o
Siswa mampu
menceritakan pengalaman bermain yang sering mereka lakukan di lapangan dalam
bentuk tulisan karangan bebas.
o
Siswa mampu
mendeskripsikan kegemaran mereka dalam melakukan permainan di lapangan dalam
bentuk tulisan karangan bebas.
o
Siswa mampu
membuar daftar permainan yang sering mereka lakukan di lapangan
o
Siswa mampu
mendeskripsikan cara menjaga kebersihan lapangan.
o
Siswa mampu
menceritakan kegiatan menjaga kebersihan lapangan selalu bersih setelah
melakukan berbagai permainan di lapangan.
o
Siswa mengingat
gerakan mencuci tangan dan kaki dengan sabun yang baik dan benar.
o
Guru membimbing
siswa untuk melakukan gerakan mencuci tangan dan kaki dengan sabun yang baik
dan benar.
o
Siswa menuliskan
langkah-langkah mencuci tangan dan kaki yang baik dan benar.
o
Guru membimbing
siswa untuk menuliskan langkah-langkah mencuci tangan dan kaki yang baik dan
benar.
Kegiatan
Pengayaan:
o
Jika siswa sudah
bisa melakukan gerakan memutar tangan, memutar tubuh, mendarat dengan 2 kaki,
dan mendarat dengan 1 kaki dengan baik, maka guru dapat memberikan penugasan
dalam bentuk gerakan kombinasi memutar dan mendarat dengan 1 kaki atau 2 kaki.
o
Jika siswa sudah
bisa membacakan tulisan akibat tidak mencuci tangan, maka guru dapat memberikan
teks bacaan yang baru untuk dibaca dengan intonasi yang jelas.
Kegiatan
Remedial:
o
Jika siswa masih
kesulitan untuk gerakan berdiri satu kaki, sikap kapal terbang, dan menolak dengan
baik, maka guru dapat memberikan latihan gerakan terbimbing.
o
Jika siswa masih
kesulitan untuk membacakan tulisan akibat tidak mencuci tangan dan kaki, maka
guru dapat memberikan latihan terbimbing membaca perkata.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Melakukan
repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: Tes Tertulis (isian)
Menulis
hasil diskusi tentang akibat tidak mencuci tangan dan kaki.
Jawaban:
Akibat
tidak mencuci tangan dan kaki adalah tangan banyak kuman penyakit. Sehingga
menyebabkan penyakit, diantaranya diare, penyakit
kulit, dan lain-lain.
Kriteria
|
Bobot
|
|
1.
|
Menjawab dengan lengkap dan benar
sesuai dengan EYD
|
4
|
2.
|
Menjawab dengan lengkap dan benar tidak sesuai
dengan EYD
|
3
|
3.
|
Menjawab dengan kurang lengkap dan
benar sesuai dengan EYD
|
2
|
4
|
Menjawab dengan kurang lengkap dan
benar tidak sesuai dengan EYD
|
1
|
3. Penilaian Keterampilan
a.
Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian:
Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1.
|
Menggunakan kata tanya yang sesuai
|
||
2.
|
Penggunaan
tanda tanya pada kalimat tanya
|
||
3.
|
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati
|
||
4
|
Menggunakan kata tanya yang bervariasi
|
b. Berperilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku
dalam gerakan.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Berperilaku yang Sesuai dengan
Aturan yang Berlaku dalam
Gerakan.
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1.
|
Keterampilan melakukan gerakan
dasar memutar
|
||
2.
|
Ketaatan pada aturan melakukan gerakan dasar
memutar
|
||
3.
|
Keterampilan melakukan gerakan mendarat dengan 2
kaki.
|
||
4.
|
Ketaatan pada aturan gerakan mendarat
dengan 2 kaki
|
||
5.
|
Keterampilan melakukan gerakan dasar mendarat
dengan 1 kaki
|
||
6.
|
Ketaatan pada aturan melakukan gerakan dasar
mendarat dengan 1 kaki
|
a. Berdiskusi Akibat Tidak Mencuci Tangan
Hasil Pengamatan Berdiskusi
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Berdiskusi
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1.
|
Keaktifan dalam berdiskusi
|
||
2.
|
Kemampuan
menguasai alasan akibat tidak mencuci
tangan
|
||
3.
|
Kemampuan mengeluarkan pendapat
|
b. Membaca tulisan akibat tidak mencuci tangan.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Kemampuan Membaca
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
Membaca
Teks
|
Siswa mampu
membaca
keseluruhan
teks
|
Siswa mampu
membaca
setengah atau
lebih bagian teks
|
Siswa
mampu
membaca
kurang dari setengah
bagian
teks
|
Siswa belum
mampu membaca
teks
|
2
|
Pemahaman Isi teks
|
Mampu menjawab
semua pertanyaan
yang diajukan
|
Mampu menjawab
setengah atau
lebih pertanyaan
yang diajukan
|
Mampu menjawab
kurang dari
setengah bagian teks
|
Belum
mampu
menjawab
semua
pertanyaan
yang
diajukan
|
F. Sumber dan Media
1.
Buku Siswa Tema 5 “Hidup
Bersih dan Sehat”.
2.
Tali rantai karet gelang.
Mengetahui, Tijue,
…. …………….…., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
Hasil Penilaian pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Kriteria
|
||
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
||
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Berikanlah contoh melaksanakan tata tertib di tempat
bermain!MEDIA
TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 1
TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 2
TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 3
TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 4
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment