Home » » TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 5

TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday, 10 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 2/1
Tema 5                                  : Hidup Bersih  dan Sehat
Sub Tema 3/ Pembelajaran     : Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Bermain/ 5
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.1 Berprilaku sportif dalam bermain.
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
3.5 Mengetahui konsep variasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki),serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
3.5.8 Mengidentifikasi pola gerak dasar berputar dalam aktivitas senam.
3.5.9 Mengidentifikasi pola gerak dasar mendarat dalam aktivitas senam.
4.5 Mempraktikkan variasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki),serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
4.5.10 Melakukan gerakan berputar sambil melompat.
4.5.11 Melakukan gerakan mendarat dengan kedua kaki

b) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.2 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1 Mengidentifikasi berbagai kegiatan di lingkungan sekolah.
3.2.4 Mencatat hal-hal pokok kegiatan dengan topic tertentu.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2.1 Menulis cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan sekolah dengan EYD yang benar
4.2.5 Menyimpulkan isi cerita narasi yang telah ditulis

d) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
3.2.13 Mengemukakan pendapat tentang manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di tempat bermain.
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
4.2.5 Melaksanakan tata tertib di tempat bermain.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Konsep variasi berbagai pola gerak dasar dominan statis dan  dinamis
2.      Teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa indonesia
3.      Tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah

D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih  dan Sehat”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
Pemotivasian
Alternatif Pembelajaran:
o   Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan memberikan apersepsi.
o   Guru menyampaikan pentingnya melakukan olahraga untuk menjaga kesehatan kita
o   Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar Dayu, Meli dan Beni yang tengah bermain lompat tali (mengamati).
o   Siswa mengamati masing-masing gerakan yang dilakukan Dayu, Meli dan Beni.
o   Siswa memahami teks bacaan tentang kegiatan Dayu, Meli dan Beni di lapangan sekolah SD Nusantara.
o   Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
·         Gerakan apakah yang dilakukan Dayu?
·         Gerakan apakah yang dilakukan Meli?
·         Gerakan apakah yang dilakukan Beni?
·         Dapatkah kamu melakukan gerakan Dayu dan Meli?
·         Dapatkah kamu melakukan gerakan Beni?
o   Guru membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o   Kegiatan ini melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
o   Siswa diminta menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan pertanyaan.
o   Guru mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
o   Siswa memperhatikan gambar gerakan dasar berputar.
o   Guru menjelaskan gambar Dayu memutar kedua tangan yang direntangkan ke arah depan dan sebaliknya dengan cermat.
o   Guru menjelaskan gambar Beni memutar badan sambil melompat.
o   Siswa memperhatikan gambar gerakan dasar mendarat.
o   Guru menjelaskan cara mendarat dengan 2 kaki seperti gambar.
o   Guru menjelaskan cara mendarat dengan 1 kaki seperti gambar
o   Sebelum melakukan gerakan, siswa melakukan pemanasan.
  • Gerakan pemanasan dimulai dari kepala, tangan, dan kaki.
  • Gerakan tangan diperbanyak untuk menyiapkan gerakan berputar dan mendarat.
o   Siswa dibagi dalam beberapa kelompok oleh guru untuk melakukan gerakan lompat tali berpasangan.
o   Siswa melakukan gerakan lompat tali berpasangan.
o   Setelah melakukan gerakan lompat tali, siswa melakukan pendinginan dan mencuci tangan serta kaki dengan sabun untuk membiasakan hidup bersih dan sehat.
o   Siswa mampu menceritakan pengalaman bermain yang sering mereka lakukan di lapangan dalam bentuk tulisan karangan bebas.
o   Siswa mampu mendeskripsikan kegemaran mereka dalam melakukan permainan di lapangan dalam bentuk tulisan karangan bebas.
o   Siswa mampu membuar daftar permainan yang sering mereka lakukan di lapangan
o   Siswa mampu mendeskripsikan cara menjaga kebersihan lapangan.
o   Siswa mampu menceritakan kegiatan menjaga kebersihan lapangan selalu bersih setelah melakukan berbagai permainan di lapangan.
o   Siswa mengingat gerakan mencuci tangan dan kaki dengan sabun yang baik dan benar.
o   Guru membimbing siswa untuk melakukan gerakan mencuci tangan dan kaki dengan sabun yang baik dan benar.
o   Siswa menuliskan langkah-langkah mencuci tangan dan kaki yang baik dan benar.
o   Guru membimbing siswa untuk menuliskan langkah-langkah mencuci tangan dan kaki yang baik dan benar.

Kegiatan Pengayaan:
o   Jika siswa sudah bisa melakukan gerakan memutar tangan, memutar tubuh, mendarat dengan 2 kaki, dan mendarat dengan 1 kaki dengan baik, maka guru dapat memberikan penugasan dalam bentuk gerakan kombinasi memutar dan mendarat dengan 1 kaki atau 2 kaki.
o   Jika siswa sudah bisa membacakan tulisan akibat tidak mencuci tangan, maka guru dapat memberikan teks bacaan yang baru untuk dibaca dengan intonasi yang jelas.

Kegiatan Remedial:
o   Jika siswa masih kesulitan untuk gerakan berdiri satu kaki, sikap kapal terbang, dan menolak dengan baik, maka guru dapat memberikan latihan gerakan terbimbing.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk membacakan tulisan akibat tidak mencuci tangan dan kaki, maka guru dapat memberikan latihan terbimbing membaca perkata.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;




INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: Tes Tertulis (isian)
Menulis hasil diskusi tentang akibat tidak mencuci tangan dan kaki.
Jawaban:
Akibat tidak mencuci tangan dan kaki adalah tangan banyak kuman penyakit. Sehingga
menyebabkan penyakit, diantaranya diare, penyakit kulit, dan lain-lain.


Kriteria
Bobot
1.
Menjawab dengan lengkap dan benar sesuai dengan EYD
4
2.
Menjawab dengan lengkap dan benar tidak sesuai dengan EYD
3
3.
Menjawab dengan kurang lengkap dan benar sesuai dengan EYD
2
4
Menjawab dengan kurang lengkap dan benar tidak sesuai dengan EYD
1

3. Penilaian Keterampilan
a. Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya

No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat  (√)
1.
Menggunakan kata tanya yang sesuai


2.
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya


3.
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati


4
Menggunakan kata tanya yang bervariasi



b. Berperilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam gerakan.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Berperilaku yang Sesuai dengan Aturan yang Berlaku dalam
Gerakan.
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat  (√)
1.
Keterampilan melakukan gerakan dasar memutar


2.
Ketaatan pada aturan melakukan gerakan dasar
memutar


3.
Keterampilan melakukan gerakan mendarat dengan 2
kaki.


4.
Ketaatan pada aturan gerakan mendarat dengan 2 kaki


5.
Keterampilan melakukan gerakan dasar mendarat
dengan 1 kaki


6.
Ketaatan pada aturan melakukan gerakan dasar
mendarat dengan 1 kaki



a. Berdiskusi Akibat Tidak Mencuci Tangan
Hasil Pengamatan Berdiskusi
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Berdiskusi

No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat  (√)
1.
Keaktifan dalam berdiskusi


2.
Kemampuan menguasai alasan akibat tidak mencuci
tangan


3.
Kemampuan mengeluarkan pendapat




b. Membaca tulisan akibat tidak mencuci tangan.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Kemampuan Membaca
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
Membaca Teks
Siswa mampu
membaca
keseluruhan teks
Siswa mampu
membaca
setengah atau
lebih bagian teks

Siswa mampu
membaca kurang dari setengah
bagian teks
Siswa belum
mampu membaca
teks
2
Pemahaman Isi teks
Mampu menjawab
semua pertanyaan
yang diajukan
Mampu menjawab
setengah atau
lebih pertanyaan
yang diajukan

Mampu menjawab
kurang dari
setengah bagian teks
Belum mampu
menjawab semua
pertanyaan yang
diajukan

F. Sumber dan Media
1.      Buku Siswa Tema 5 “Hidup Bersih dan Sehat”.
2.      Tali rantai karet gelang.



Mengetahui,                                                                        Tijue, …. …………….….,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                          NIP. 19611124 198309 2 001




Hasil Penilaian pengamatan
No
Nama Siswa
Kriteria
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat



























































































































































































































































































Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Berikanlah contoh melaksanakan tata tertib di tempat
bermain!
TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 5
 

MEDIA
TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 5

TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 1
TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 2
TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 3
TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 4

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors