RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/1
Tema 5 :
Hidup Bersih dan Sehat
Sub Tema 3/ Pembelajaran : Hidup
Bersih dan Sehat di Tempat Bermain/
6
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) SBdP
1.1
Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan
Tuhan.
2.2
Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai
sumber ide dalam berkarya seni
3.3
Memahami gerak seharihari dengan memperhatikan tempo gerak.
4.12
Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan
badan menggunakan tempo lambat, sedang, dan cepat sesuai dinamika gerak.
3.3.1
Mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari.
3.3.2
Mengelompokkan berbagai gerak dengan memperhatikan tempo gerak.
3.3.3
Mengidentifikasi gerak simbolik
4.12.1
Menirukan gerakan bermain melalui gerak anggota tubuh dengan menggunakan tempo lambat
sesuai dinamika gerak.
4.12.2
Menirukan gerakan bermain melalui gerak anggota tubuh dengan menggunakan tempo sedang
sesuai dinamika gerak.
4.12.3
Menirukan gerakan bermain melalui gerak anggota tubuh dengan menggunakan tempo cepat
sesuai dinamika gerak.
b) Matematika
1.1
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1
Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan,
peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
3.9 Mengenal bangun
datar dan bangun ruang, serta mengelompokkan berdasarkan sifat geometrisnya.
3.9.1
Mengelompokkan bendabenda di sekitar sebagai bangun datar dan bangun ruang.
3.9.2 Membandingkan
perbedaan pada bangun datar dan bangun ruang
4.9 Mengurai
unsur-unsur bangun ruang sederhana dari bendabenda di sekitar.
4.6.2 Menggambar
sisi bangun ruang dan bangun datar yang ada di sekitar
d) Bahasa
Indonesia
1.1
Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal
sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.2
Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2
Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.3
Menyebutkan urutan kegiatan dengan topic tertentu.
4.2
Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian. Indikator
4.2.4
Membuat jadwal harian berdasarkan kegiatan yang dilakukan.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Gerak seharihari dengan memperhatikan tempo gerak
2.
Bangun datar dan
bangun ruang, serta mengelompokkan berdasarkan sifat geometrisnya.
3. Teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di
lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa indonesia
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Hidup Bersih dan Sehat”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Alternatif
Pembelajaran
o
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal.
o
Guru menyampaikan
pentingnya membuang sampah pada tempatnya.
o
Guru membimbing
siswa untuk mengamati gambar petugas sedang menyapu (mengamati).
o
Siswa mengamati
gambar bentuk sisi-sisi tempat sampah (mengamati).
o
Siswa memahami
teks bacaan tentang membersihkan taman bermain.
o
Guru memberikan
pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
·
Apakah yang
dilakukan petugas?
·
Apa bentuk sisi
tempat sampah?
o
Guru membimbing
siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o
Kegiatan ini
melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
o
Siswa diminta
menulis pertanyaan, kemudian secara bergantian siswa mengajukan pertanyaan.
o
Guru mencatat
pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
o
Siswa mengamati
teks naskah tentang gerakan Siti yang sedang naik kuda mainan dengan memegang
tali kendalinya.
o
Siswa menirukan
gerakan Siti dalam mengendalikan kuda mainan yang sedang dinaikinya.
o
Setelah siswa
menirukan gerakan Siti dalam mengendalikan kuda mainannya, guru meminta siswa
menjelaskan gerakan kepala, tangan dan kaki ketika mengendalikan kuda mainan yang
sedang dinaiki oleh Siti.
o
Siswa mampu
menggambar bangun datar berupa lingkaran besar yang dijadikan sebagai
lintasan permainan.
o
Siswa mampu
melakukan kegiatan secara individu dengan percaya diri maupun berkelompok
dengan melakukan permainan secara bergantian.
o
Siswa mengamati
gambar bangun datar dan bangun ruang yang ada.
o
Siswa
mengelompokkan jenis bangun yang ada di dalam gambar (kelompok bangun ruang dan
kelompok bangun datar).
o
Siswa
mengidentifikasi sifat geometris bangun ruang dan bangun datar.
o
Siswa mampu
memberikan contoh bentuk-bentuk bangun datar dan bangun ruang dalam kehidupan
sehari-hari beserta kegunaannya.
o
Siswa mampu
mengidentifikasi bentuk sisi-sisi bangun ruang dan menentukan jumlah
sudutnya.
o
Siswa dapat
membuat bentuk bangun datar dengan menggunakan kardus bekas yang telah
disediakan.
o
Guru memberikan
teori pengerjaan tugas siswa yang baik dan benar.
o
Guru mengamati
proses pengerjaan tugas siswa dengan cermat dan menilai hasilnya dengan
kompetitif.
o
Guru memberikan
contoh dan menentukan ukuran bangun ruang yang harus digambar oleh semua
siswa.
o
Semua siswa
memulai menggambar bangun ruang yang ditemukan di taman bermain.
o
Guru membimbing
siswa untuk menggambar bangun ruang yang baik dan benar.
o
Guru memberikan
contoh dan menentukan ukuran bangun datar yang harus digambar oleh semua
siswa.
o
Semua siswa mulai
menggambar bangun datar yang ditemukan di taman bermain.
o
Guru membimbing
siswa untuk menggambar bangun ruang yang baik dan benar.
o
Siswa
mengidentifikasi sisi-sisi yang membentuk bangun ruang dalam gambar.
o
Guru membantu
siswa dalam mengidentifikasi sisi-sisi yang membentuk bangun ruang dalam
gambar.
o
Siswa mampu
mengelompokkan bangun datar yang membentuk bangun ruang dalam gambar
berdasarkan sifat geometrisnya.
o
Guru memberikan
pengarahan pengelompokkan bangun datar yang membentuk bangun ruang dalam
gambar berdasarkan sifat geometrisnya.
o
Siswa mampu
menghitung jumlah bangun datar yang dapat membentuk bangun ruang dalam
gambar.
o
Guru membimbing
siswa dan memberikan cara cepat menghitung jumlah bangun datar yang dapat
membentuk bangun ruang dalam gambar.
o
Siswa mampu
menghitung titik sudut bangun ruang dengan benar.
o
Siswa mampu
mendeskripsikan bentuk lain yang dapat dibentuk dengan menggunakan bangun
datar yang merupakan sisi-sisi bangun ruang.
o
Guru membantu
siswa untuk mendeskripsikan bentuk lain yang dapat dibentuk dengan
menggunakan bangun datar yang merupakan sisi-sisi bangun ruang
o
Guru mengamati
pekerjaan siswa dengan cermat.
o
Siswa mampu
mengekspresikan perasaan dalam melakukan kegiatan tertentu melalui bentuk
tulisan tangan maupun lisan.
o
Siswa dapat
mengungkapkan perasaan dalam melakukan kegiatan tertentu dalam bentuk tulisan
tangan maupun lisan.
o
Siswa dapat
menulis jadwal kegiatan yang telah dilakukan hari ini.
o
Siswa mampu
membacakan jadwal kegiatan yang telah dibuat didepan kelas dengan rasa
percaya diri.
o
Siswa dapat
merepresentasikan di depan kelas tentang kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan
hari ini dengan percaya diri
Kegiatan
Pengayaan:
o
Jika siswa sudah
bisa menirukan gerakan mengendalikan kuda mainan dengan baik, maka guru dapat
memberikan penugasan berupa menirukan pekerjaan orang tua masing-masing.
o
Jika siswa sudah
bisa menentukan sisi tempat sampah, maka guru dapat memberikan latihan
lanjutan yaitu menentukan sisi-sisi benda yang lain.
o
Jika siswa sudah
bisa membuat kreasi pertama yang ditugaskan oleh guru, maka guru dapat memberikan
tugas kreasi lain dan diadakan pameran hasil karya siswa.
o
Jika siswa sudah
bisa menuliskan kegiatan yang sesuai perilaku hidup bersih dan sehat, maka
guru dapat memberikan tugas membuat kliping tentang hidup bersih dan sehat di
taman bermain.
Kegiatan
Remedial:
o
Jika siswa
kesulitan menirukan gerakan mengendalikan kuda mainan dengan baik, maka guru
dapat memberikan bimbingan.
o
Jika siswa
kesulitan menentukan sisi tempat sampah, maka guru dapat memberikan model tempat
sampah.
o
Jika siswa
kesulitan membuat kreasi pertama yang ditugaskan oleh guru, maka guru dapat memberikan
tugas kreasi sebagai tugas rumah.
o
Jika siswa
kesulitan menuliskan kegiatan yang sesuai perilaku hidup bersih dan sehat,
maka guru melakukan bimbingan yang intensif.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Melakukan
repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: Tes Tertulis (isian)
a.
Menentukan banyak sisi, sudut, banyak sisi segiempat dari tempat sampah.
Jawaban:
Banyak
sisi tempat sampah = 3
Banyak
sudut segiempat = 4
Banyak sisi segiempat = 4
b.
Menuliskan Kegiatan di taman bermain.
Kriteria Penilaian
|
Kriteria
|
Bobot
|
1.
|
Menulis 7 kegiatan dan memuat kegiatan perilaku hidup bersih dan sehat
di taman bermain
|
4
|
2.
|
Menulis 5-6 kegiatan dan memuat kegiatan perilaku hidup bersih dan
sehat di taman bermain
|
3
|
3.
|
Menulis 3-4 kegiatan dan memuat
kegiatan perilaku hidup bersih dan sehat di taman bermain
|
2
|
4
|
Menulis kurang dari 3 kegiatan dan
memuat kegiatan perilaku hidup bersih dan sehat di taman bermain
|
1
|
3. Penilaian Keterampilan
a. Membuat pertanyaan dari
gambar yang diamati.
Penilaian: Observasi
(Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1.
|
Menggunakan kata tanya yang sesuai
|
|
|
2.
|
Penggunaan
tanda tanya pada kalimat tanya
|
|
|
3.
|
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar
yang diamati
|
|
|
4
|
Menggunakan kata tanya yang bervariasi
|
|
|
b. Menirukan gerakan bekerja melalui gerakan simbolik
berdasarkan pengamatan.
Penilaian: Pengamatan
Rubrik Penilaian Menirukan Gerakan Bekerja Melalui
Gerakan Simbolik Berdasarkan
Pengamatan
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1.
|
Keterampilan koordinasi kaki
dan tangan dalam meniru gerakan mengendalikan kuda mainan
|
|
|
2.
|
Keseimbangan posisi badan dalam meniru gerakan mengendalikan kuda
mainan
|
|
|
3.
|
Ketaatan pada aturan meniru gerakan mengendalikan
kuda mainan
|
|
|
c.
Membuat Kreasi
Hasil
Pengamatan Berdiskusi
Penilaian:
Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Hasil Kreasi
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Ukuran dan
Bentuk
|
Bentuk dan
ukuran sesuai dengan prosedur
|
Bentuk sesuai
prosedur dan ukuran sebagian
berbeda
|
Bentuk
sesuai dan ukuran hampir semua
berbeda
|
Bentuk ada yang
tidak sesuai dan
ukuran berbeda
|
2
|
Kerapian
|
Seluruh pekerjaan
rapi
|
Sebagian besar
pekerjaan rapi
|
Sebagian kecil
pekerjaan rapi
|
Pekerjaan tidak rapi
|
d. Membaca tulisan.
Penilaian: Unjuk
Kerja
Rubrik Menulis
Kegiatan Menjaga Kebersihan dan Kesehatan di taman bermain
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Penggunaan
EYD yang tepat
|
Menggunakan
huruf kapital, kata depan, dan tanda baca yang tepat tanpa bimbingan
guru.
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan, dan tanda baca kurang digunakan dengan tepat namun
dilakukan tanpa bimbingan guru
|
Ada beberapa
Penggunaan huruf kapital, kata depan,
dan tanda baca
kurang digunakan
dengan tepat dan dilakukan dengan bimbingan guru
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
tidak digunakan
dengan tepat dan
dilakukan dengan bimbingan guru
|
2
|
Kelengkapan
penulisan kata
|
Seluruh kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang lengkap
|
Terdapat sebagian
kecil penulisan
kata yang kurang lengkap
|
Terdapat setengah
dari teks penulisan
kata yang belum lengkap
|
Sebagian besar kalimat menggunakan
penulisan kata
yang belum lengkap
|
3
|
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema
|
Seluruh isi teks
yang ditulis sesuai judul atau tema
|
Setengah atau
lebih isi yang
ditulis sesuai judul atau tema
|
Kurang dari
setengah isi yang ditulis sesuai judul
atau tema
|
Seluruh isi yang
ditulis belum
sesuai
|
|
Penggunaan
kalimat yang
efektif
|
Mengandung
unsur kalimat yang lengkap dengan susunan yang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat yang lengkap namun
susunannya
kurang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat yang kurang lengkap
dan susunannya
juga kurang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan tidak
jelas susunannya
juga kurang sulit
dipahami
|
F. Sumber dan Media
1.
Buku Siswa Tema 5 “Hidup Bersih dan Sehat”.
2.
Kardus bekas, Kertas kado/kertas koran/kalender yang
tidak terpakai (tergantung selera), plastik parcel atau pastik biasa, tali
rafi, Double tape/lem.
3.
Gunting, jarum kasur, penggaris
Mengetahui, Tijue,
…. …………….…., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
Hasil Penilaian pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Kriteria
|
||
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
MEDIA
TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 1
TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 2
TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 3
TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 4
TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 5
TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 3
TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 4
TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 5
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment