Home » » TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 6

TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday, 10 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 2/1
Tema 5                                  : Hidup Bersih  dan Sehat
Sub Tema 3/ Pembelajaran    : Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Bermain/ 6
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) SBdP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
3.3 Memahami gerak seharihari dengan memperhatikan tempo gerak.
4.12 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan menggunakan tempo lambat, sedang, dan cepat sesuai dinamika gerak.
3.3.1 Mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari.
3.3.2 Mengelompokkan berbagai gerak dengan memperhatikan tempo gerak.
3.3.3 Mengidentifikasi gerak simbolik
4.12.1 Menirukan gerakan bermain melalui gerak anggota tubuh dengan menggunakan tempo lambat sesuai dinamika gerak.
4.12.2 Menirukan gerakan bermain melalui gerak anggota tubuh dengan menggunakan tempo sedang sesuai dinamika gerak.
4.12.3 Menirukan gerakan bermain melalui gerak anggota tubuh dengan menggunakan tempo cepat sesuai dinamika gerak.

b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
3.9 Mengenal bangun datar dan bangun ruang, serta mengelompokkan berdasarkan sifat geometrisnya.
3.9.1 Mengelompokkan bendabenda di sekitar sebagai bangun datar dan bangun ruang.
3.9.2 Membandingkan perbedaan pada bangun datar dan bangun ruang
4.9 Mengurai unsur-unsur bangun ruang sederhana dari bendabenda di sekitar.
4.6.2 Menggambar sisi bangun ruang dan bangun datar yang ada di sekitar

d) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.2 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.3 Menyebutkan urutan kegiatan dengan topic tertentu.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian. Indikator
4.2.4 Membuat jadwal harian berdasarkan kegiatan yang dilakukan.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.       Gerak seharihari dengan memperhatikan tempo gerak
2.      Bangun datar dan bangun ruang, serta mengelompokkan berdasarkan sifat geometrisnya.
3.       Teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa indonesia

D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih  dan Sehat”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Alternatif Pembelajaran
o   Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal.
o   Guru menyampaikan pentingnya membuang sampah pada tempatnya.
o   Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar petugas sedang menyapu (mengamati).
o   Siswa mengamati gambar bentuk sisi-sisi tempat sampah (mengamati).
o   Siswa memahami teks bacaan tentang membersihkan taman bermain.
o   Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
·          Apakah yang dilakukan petugas?
·          Apa bentuk sisi tempat sampah?
o   Guru membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o   Kegiatan ini melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
o   Siswa diminta menulis pertanyaan, kemudian secara bergantian siswa mengajukan pertanyaan.
o   Guru mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
o   Siswa mengamati teks naskah tentang gerakan Siti yang sedang naik kuda mainan dengan memegang tali kendalinya.
o   Siswa menirukan gerakan Siti dalam mengendalikan kuda mainan yang sedang dinaikinya.
o   Setelah siswa menirukan gerakan Siti dalam mengendalikan kuda mainannya, guru meminta siswa menjelaskan gerakan kepala, tangan dan kaki ketika mengendalikan kuda mainan yang sedang dinaiki oleh Siti.
o   Siswa mampu menggambar bangun datar berupa lingkaran besar yang dijadikan sebagai lintasan permainan.
o   Siswa mampu melakukan kegiatan secara individu dengan percaya diri maupun berkelompok dengan melakukan permainan secara bergantian.
o   Siswa mengamati gambar bangun datar dan bangun ruang yang ada.
o   Siswa mengelompokkan jenis bangun yang ada di dalam gambar (kelompok bangun ruang dan kelompok bangun datar).
o   Siswa mengidentifikasi sifat geometris bangun ruang dan bangun datar.
o   Siswa mampu memberikan contoh bentuk-bentuk bangun datar dan bangun ruang dalam kehidupan sehari-hari beserta kegunaannya.
o   Siswa mampu mengidentifikasi bentuk sisi-sisi bangun ruang dan menentukan jumlah sudutnya.
o   Siswa dapat membuat bentuk bangun datar dengan menggunakan kardus bekas yang telah disediakan.
o   Guru memberikan teori pengerjaan tugas siswa yang baik dan benar.
o   Guru mengamati proses pengerjaan tugas siswa dengan cermat dan menilai hasilnya dengan kompetitif.
o   Guru memberikan contoh dan menentukan ukuran bangun ruang yang harus digambar oleh semua siswa.
o   Semua siswa memulai menggambar bangun ruang yang ditemukan di taman bermain.
o   Guru membimbing siswa untuk menggambar bangun ruang yang baik dan benar.
o   Guru memberikan contoh dan menentukan ukuran bangun datar yang harus digambar oleh semua siswa.
o   Semua siswa mulai menggambar bangun datar yang ditemukan di taman bermain.
o   Guru membimbing siswa untuk menggambar bangun ruang yang baik dan benar.
o   Siswa mengidentifikasi sisi-sisi yang membentuk bangun ruang dalam gambar.
o   Guru membantu siswa dalam mengidentifikasi sisi-sisi yang membentuk bangun ruang dalam gambar.
o   Siswa mampu mengelompokkan bangun datar yang membentuk bangun ruang dalam gambar berdasarkan sifat geometrisnya.
o   Guru memberikan pengarahan pengelompokkan bangun datar yang membentuk bangun ruang dalam gambar berdasarkan sifat geometrisnya.
o   Siswa mampu menghitung jumlah bangun datar yang dapat membentuk bangun ruang dalam gambar.
o   Guru membimbing siswa dan memberikan cara cepat menghitung jumlah bangun datar yang dapat membentuk bangun ruang dalam gambar.
o   Siswa mampu menghitung titik sudut bangun ruang dengan benar.
o   Siswa mampu mendeskripsikan bentuk lain yang dapat dibentuk dengan menggunakan bangun datar yang merupakan sisi-sisi bangun ruang.
o   Guru membantu siswa untuk mendeskripsikan bentuk lain yang dapat dibentuk dengan menggunakan bangun datar yang merupakan sisi-sisi bangun ruang
o   Guru mengamati pekerjaan siswa dengan cermat.
o   Siswa mampu mengekspresikan perasaan dalam melakukan kegiatan tertentu melalui bentuk tulisan tangan maupun lisan.
o   Siswa dapat mengungkapkan perasaan dalam melakukan kegiatan tertentu dalam bentuk tulisan tangan maupun lisan.
o   Siswa dapat menulis jadwal kegiatan yang telah dilakukan hari ini.
o   Siswa mampu membacakan jadwal kegiatan yang telah dibuat didepan kelas dengan rasa percaya diri.
o   Siswa dapat merepresentasikan di depan kelas tentang kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan hari ini dengan percaya diri

Kegiatan Pengayaan:
o   Jika siswa sudah bisa menirukan gerakan mengendalikan kuda mainan dengan baik, maka guru dapat memberikan penugasan berupa menirukan pekerjaan orang tua masing-masing.
o   Jika siswa sudah bisa menentukan sisi tempat sampah, maka guru dapat memberikan latihan lanjutan yaitu menentukan sisi-sisi benda yang lain.
o   Jika siswa sudah bisa membuat kreasi pertama yang ditugaskan oleh guru, maka guru dapat memberikan tugas kreasi lain dan diadakan pameran hasil karya siswa.
o   Jika siswa sudah bisa menuliskan kegiatan yang sesuai perilaku hidup bersih dan sehat, maka guru dapat memberikan tugas membuat kliping tentang hidup bersih dan sehat di taman bermain.

Kegiatan Remedial:
o   Jika siswa kesulitan menirukan gerakan mengendalikan kuda mainan dengan baik, maka guru dapat memberikan bimbingan.
o   Jika siswa kesulitan menentukan sisi tempat sampah, maka guru dapat memberikan model tempat sampah.
o   Jika siswa kesulitan membuat kreasi pertama yang ditugaskan oleh guru, maka guru dapat memberikan tugas kreasi sebagai tugas rumah.
o   Jika siswa kesulitan menuliskan kegiatan yang sesuai perilaku hidup bersih dan sehat, maka guru melakukan bimbingan yang intensif.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: Tes Tertulis (isian)
a. Menentukan banyak sisi, sudut, banyak sisi segiempat dari tempat sampah.
Jawaban:
Banyak sisi tempat sampah = 3
Banyak sudut segiempat = 4
Banyak sisi segiempat = 4
b. Menuliskan Kegiatan di taman bermain.
Kriteria Penilaian


Kriteria
Bobot
1.
Menulis 7 kegiatan dan memuat kegiatan perilaku hidup bersih dan sehat di taman bermain
4
2.
Menulis 5-6 kegiatan dan memuat kegiatan perilaku hidup bersih dan sehat di taman bermain
3
3.
Menulis 3-4 kegiatan dan memuat kegiatan perilaku hidup bersih dan sehat di taman bermain
2
4
Menulis kurang dari 3 kegiatan dan memuat kegiatan perilaku hidup bersih dan sehat di taman bermain
1

3. Penilaian Keterampilan
a. Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat  (√)
1.
Menggunakan kata tanya yang sesuai


2.
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya


3.
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati


4
Menggunakan kata tanya yang bervariasi



b. Menirukan gerakan bekerja melalui gerakan simbolik berdasarkan pengamatan.
Penilaian: Pengamatan
Rubrik Penilaian Menirukan Gerakan Bekerja Melalui Gerakan Simbolik Berdasarkan
Pengamatan
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat  (√)
1.
Keterampilan koordinasi kaki dan tangan dalam meniru gerakan mengendalikan kuda mainan


2.
Keseimbangan posisi badan dalam meniru gerakan mengendalikan kuda mainan


3.
Ketaatan pada aturan meniru gerakan mengendalikan kuda mainan



c. Membuat Kreasi
Hasil Pengamatan Berdiskusi
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Hasil Kreasi
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Ukuran dan
Bentuk
Bentuk dan ukuran sesuai dengan prosedur
Bentuk sesuai
prosedur dan ukuran sebagian
berbeda

Bentuk sesuai dan ukuran hampir semua berbeda

Bentuk ada yang
tidak sesuai dan
ukuran berbeda
2
Kerapian
Seluruh pekerjaan
rapi
Sebagian besar
pekerjaan rapi
Sebagian kecil
pekerjaan rapi
Pekerjaan tidak rapi

d. Membaca tulisan.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menulis Kegiatan Menjaga Kebersihan dan Kesehatan di taman bermain

No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Penggunaan
EYD yang tepat
Menggunakan
huruf kapital, kata depan, dan tanda baca yang tepat tanpa bimbingan
guru.
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan, dan tanda baca kurang digunakan dengan tepat namun
dilakukan tanpa bimbingan guru
Ada beberapa
Penggunaan huruf kapital, kata depan,
dan tanda baca
kurang digunakan
dengan tepat dan dilakukan dengan bimbingan guru
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
tidak digunakan
dengan tepat dan
dilakukan dengan bimbingan guru
2
Kelengkapan
penulisan kata
Seluruh kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang lengkap
Terdapat sebagian
kecil penulisan
kata yang kurang lengkap
Terdapat setengah
dari teks penulisan
kata yang belum lengkap
Sebagian besar kalimat menggunakan
penulisan kata
yang belum lengkap
3
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema
Seluruh isi teks
yang ditulis sesuai judul atau tema
Setengah atau
lebih isi yang
ditulis sesuai judul atau tema
Kurang dari
setengah isi yang ditulis sesuai judul
atau tema
Seluruh isi yang
ditulis belum
sesuai

Penggunaan
kalimat yang
efektif
Mengandung
unsur kalimat yang lengkap dengan susunan yang tepat
Mengandung
unsur kalimat yang lengkap namun
susunannya
kurang tepat
Mengandung
unsur kalimat yang kurang lengkap
dan susunannya
juga kurang tepat
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan tidak
jelas susunannya
juga kurang sulit
dipahami

F. Sumber dan Media
1.      Buku Siswa Tema 5 “Hidup Bersih dan Sehat”.
2.      Kardus bekas, Kertas kado/kertas koran/kalender yang tidak terpakai (tergantung selera), plastik parcel atau pastik biasa, tali rafi, Double tape/lem.
3.      Gunting, jarum kasur, penggaris


Mengetahui,                                                                        Tijue, …. …………….….,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19611124 198309 2 001

Hasil Penilaian pengamatan
No
Nama Siswa
Kriteria
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat
























































































































































































































































































Lembar Kerja Siswa
(LKS)







MEDIA
TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 6

TEMA 5 KELAS 2 SUB 3 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors