Home » » TEMA 5 KELAS 4 SUB 3 PB 1

TEMA 5 KELAS 4 SUB 3 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday, 11 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 4/1
Tema 5                                        : Pahlawanku
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Sikap Kepahlawanan / 1
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
1.1  Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
1.2  Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
2.1  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin bertanggung jawab, peduli, santun dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa Hindu Buddha dan Islam dalam kehidupannya sekarang
2.3  Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.1  Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
3.1.1        Menjelaskan sikap kepahlawanan raja-raja dari masa Hindu, Buddha dan Islam melalui lini masa
4.1  Menceriterakan tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya
4.1.1        Menemukan sikap kepahlawanan yang terdapat di dalam bacaan

c) PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
2.1 Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan member maaf sebagaimana dicontohkan tokoh penting yang berperan dalam perjuangan menentang penjajah hingga kemerdekaan Republik Indonesia sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
2.3 Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.1 Memahami makna dan keterkaiatan simbol-simbol sila Pancasila dalam memahami Pancasila secara utuh
3.1.1        Mengelompokkan contoh sikap dalam kehidupan sehari-hari dengan sila Pancasila yang sesuai
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh
4.1.1        Memberikan contoh sikap dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan salah satu sila Pancasila

d) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan sosial
2.5 Memiliki perilaku jujur dan santun terhadap nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.5 Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.5.1        Menemukan informasi dari bacaan tentang perjuangan pahlawan
4.5 Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5.1        Menjelaskan isi bacaan dengan menjawab pertanyaan

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
-          Sikap kepahlawanan raja-raja dari masa Hindu, Buddha dan Islam melalui lini masa
-          Sontoh sikap dalam kehidupan sehari-hari dengan sila Pancasila yang sesuai
-          Informasi dari bacaan tentang perjuangan pahlawan
 
 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan siswa menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Pahlawanku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru membuka pembelajaran dengan mengajak siswa untuk mengingat kembali para tokoh pada masa kerajaan Hindu, Buddha, Islam dan masa penjajahan.
o   Siswa membuat lini masa untuk menceritakan sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh para tokoh tersebut.
o   Guru berkeliling mengecek pekerjaan siswa dan memotivasi mereka yang mengalami kesulitan dalam membuat lini masa.
o   Siswa menyampaikan hasil pekerjaannya kepada teman di sebelahnya secara bergantian. Mereka mencari persamaan antara sikap kepahlawanan di masa ke masa. Jawaban ditulis di buku siswa.
o   Guru memberikan contoh tentang sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh salah seorang tokoh dan bertanya kepada siswa tentang sikap kepahlawanan yang mereka miliki. Guru menuliskan jawabannya di papan tulis dalam bentuk peta pikiran.
o   Berdasarkan contoh yang telah dilakukan oleh guru, siswa mengisi peta pikiran yang ada di buku siswa.
o   Siswa mengomunikasikan peta pikiran mereka kepada teman kelompoknya atau teman di sebelahnya.
o   Apabila guru menemukan siswa yang mengalami kesulitan dalam mengomunikasikan hasil pekerjaannya, guru dapat memancing mereka dengan mengajukan pertanyaan.
Contoh:
-          ‘Apa yang biasa kamu lakukan apabila ada temanmu yang jatuh?’
-          Siswa berdiskusi untuk menjawab pertanyaan tentang:
-          Apakah sikap kepahlawanan hanya dilakukan di masa kerajaan dan
-          kemerdekaan saja?
-          Apakah sikap-sikap tersebut masih perlu dilakukan sekarang? Mengapa?
o   Guru dapat meminta perwakilan siswa untuk mengemukakan hasil diskusinya.
o   Guru mengingatkan siswa untuk menggunakan suara yang nyaring dan jelas agar semua teman dapat mendengar.
o   Guru memotivasi siswa agar menyimak dengan baik saat teman yang lain menyampaikan hasil diskusinya. Jika diperlukan, guru menghentikan kegiatan jika siswa masih terlihat tidak menyimak temannya dengan baik. Hal ini untuk mendidik siswa agar mau menghargai siapa pun yang sedang berbicara.
o   Setelah siswa mengemukakan hasil diskusinya, guru memotivasi siswa lain untuk memberikan komentar.
o   Guru memberi penguatan kepada siswa bahwa di zaman sekarang pun kita masih perlu untuk menerapkan sikap kepahlawanan walaupun tidak mendapatkan penghargaan dari siapa pun.
o   Dengan bekerja sama, siswa mengamati dan menganalisis gambar untuk dapat menjawab pertanyaan yang ada. Setiap siswa mengisi tabel dan mendiskusikan hasilnya dengan teman satu kelompok atau teman di sebelahnya
o   Guru memberikan penguatan bahwa dengan melakukan pekerjaan yang sederhana pun, kita bisa menjadi pahlawan. Paling tidak, setiap hari kita berjuang untuk menjadi pahlawan bagi diri sendiri. Apalagi jika membantu orang lain, kita bisa dianggap sebagai pahlawan bagi orang itu.
o   Siswa berdiskusi dan menganalisis untuk menemukan termasuk sila ke berapakah ketika menolong orang dengan sukarela. Siswa menjelaskan alasannya dalam kolom yang ada di buku siswa.
o   Guru mengingatkan kembali tentang sila-sila dalam Pancasila dan mengaitkannya dengan sikap kepahlawanan.
o   Siswa mendiskusikan tentang kebiasaan yang telah dilakukan yang sesuai dengan sila Pancasila.
o   Di dalam kelompoknya, siswa saling berbagi hasil dan mencoba menemukan perbedaan dan persamaan dari sikap masing-masing.
o   Guru mengajak siswa membuka bahan bacaan tentang ‘Pahlawan Tanpa Tanda Jasa’.
o   Guru membacakan cerita dengan nyaring dan penuh ekspresi.
o   Sebelum membaca, guru mengingatkan siswa untuk menyimak.
o   Siswa menjawab pertanyaan dari teks di bukunya.
o   Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan jawabannya secara klasikal. Beberapa jawaban siswa mungkin berbeda dan cukup menarik untuk dibahas.
o   Guru menyediakan waktu lebih untuk membahas beberapa jawaban siswa yang unik dan menarik.
o   Di akhir pembahasan, guru memberikan penguatan bahwa setiap pekerjaan yang
o   dilakukan dengan sungguh-sungguh, ikhlas, dan tanpa pamrih menunjukkan adanya penerapan sikap kepahlawanan.
o   Siswa menceritakan dan menggambarkan sosok yang menunjukkan sikap kepahlawanan dalam kehidupannya sehari-hari. Secara klasikal, guru dapat memberikan contoh terlebih dahulu sosok yang dianggap sebagai pahlawan beserta alasannya.
o   Siswa mengerjakan tugasnya di buku siswa.
o   Guru berkeliling utnuk mengecek pekerjaan siswa dan membantu siswa yang mengalami kesulitan.
o   Siswa menjawab pertanyaan perenungan di buku siswa.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.
o   Penilaian sikap (pantang menyerah dan bekerja sama). Contoh untuk penilaian terlampir di halaman 151.

Pengayaan
o   Semua siswa dapat memajang gambar pahlawannya beserta deskripsinya di
o   sekitar kelasnya agar dibaca oleh teman-temannya.

Remedial

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).





Penilaian

1.        Rubrik IPS – Lini Masa
Kriteria
4
3
2
1
Fakta
Fakta yang
disampaikan
memuat 4
masa dengan
masingmasing
1 tokoh
Fakta yang
disampaikan
memuat 3
masa dengan
masingmasing
1 tokoh.
Fakta yang
disampaikan
memuat 2
masa dengan
masingmasing
1 tokoh.
Fakta yang
disampaikan
memuat 1
masa dengan
masingmasing
1 tokoh.
Urutan
peristiwa
Semua peristiwa
disampaikan
urut.
Sebagian
besar peristiwa
disampaikan
urut.
Sebagian
peristiwa
disampaikan
urut.
Sebagian
kecil peristiwa
disampaikan
urut
Konten
Peristiwa yang
disampaikan
memuat paling
sedikit 4 sikap
kepahlawanan
Peristiwa yang
disampaikan
memuat paling
sedikit 3 sikap
kepahlawanan.
Peristiwa yang
disampaikan
memuat paling
sedikit 2 sikap
kepahlawanan.
Peristiwa yang
disampaikan
tidak memuat
sikap
kepahlawanan

2. Daftar Periksa IPS dan PPKn
Kriteria
Sudah Terlihat
Belum Terlihat
Menemukan alas an diperlukannya sikap
kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari



Menyebutkan 3 contoh sikap kepahlawanan


Mengelompokkan contoh sikap dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan sila dalam Pancasila



3. Penilaian Bahasa Indonesia dilakukan dengan penilaian angka.

Kriteria
4
3
2
1
Sikap
kepahlawanan
Tulisan
memuat paling
sedikit 3 sikap
kepahlawanan.
Tulisan
memuat paling
sedikit 2 sikap
kepahlawanan.
Tulisan
memuat paling
sedikit 1 sikap
kepahlawanan
Tulisan tidak
memuat sikap
kepahlawanan
Tokoh
Tokoh
digambarkan
dengan detail
(memuat jenis
pekerjaan,
kegiatan,
waktu bekerja).
Tokoh
digambarkan
dengan
memuat dua
dari informasi
berikut : jenis
pekerjaan,
kegiatan,
waktu bekerja
Tokoh
digambarkan
dengan
memuat salah
satu informasi
berikut: jenis
pekerjaan,
kegiatan,
waktu bekerja.
Tokoh
digambarkan
dengan detail
(memuat jenis
pekerjaan,
kegiatan,
waktu bekerja)
Kesesuaian
gambar
Gambar yang
dihasilkan
sesuai dengan
deskripsi.
Gambar yang
dihasilkan
mayoritas
sesuai dengan
deskripsi.
Gambar yang
dihasilkan
kurang sesuai
dengan
deskripsi
Gambar yang
dihasilkan
tidak sesuai
dengan
deskripsi.

F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
Media                   : LKS (buku siswa)
Alat                      : Peralatan untuk percobaan kaca pembesar (Lub), berbagai bahan bacaan                               tentang Sultan Iskandar Muda
Gambar pahlawan
Gambar kerja bakti
Sumber Belajar     : Buku Guru dan Buku siswa, Lingkungan



Mengetahui,                                                                        Tijue, 23  November 2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004




Lembar Kerja Siswa
(LKS)


Perhatikanlah gambar-gambar di bawah ini. Apakah sikap mereka sudah menunjukkan sikap kepahlawanan?



MEDIA
TEMA 5 KELAS 4 SUB 3 PB 1

TEMA 5 KELAS 4 SUB 3 PB 1

TEMA 5 KELAS 4 SUB 3 PB 1
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors