RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 4/1
Tema 5 :
Pahlawanku
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Sikap
Kepahlawanan / 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah
menciptakan waktu dengan segala perubahannya
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan
berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial,
budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin bertanggung
jawab, peduli, santun dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh
pada masa Hindu Buddha dan Islam dalam kehidupannya sekarang
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan
peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.1 Mengenal manusia, aspek keruangan,
konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi,
dan pendidikan
3.1.1
Menjelaskan sikap
kepahlawanan raja-raja dari masa Hindu, Buddha dan Islam melalui lini masa
4.1 Menceriterakan tentang hasil bacaan mengenai
pengertian ruang, konektivitas antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam
waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya
4.1.1
Menemukan sikap
kepahlawanan yang terdapat di dalam bacaan
c) PPKn
1.2 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
2.1 Menunjukkan
perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta
maaf dan member maaf sebagaimana dicontohkan tokoh penting yang berperan dalam perjuangan
menentang penjajah hingga kemerdekaan Republik Indonesia sebagai perwujudan nilai
dan moral Pancasila
2.3 Menunjukkan
perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari
di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.1 Memahami makna
dan keterkaiatan simbol-simbol sila Pancasila dalam memahami Pancasila secara
utuh
3.1.1
Mengelompokkan
contoh sikap dalam kehidupan sehari-hari dengan sila Pancasila yang sesuai
4.1 Mengamati dan
menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima
simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh
4.1.1
Memberikan contoh
sikap dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan salah satu sila Pancasila
d) Bahasa
Indonesia
1.1 Meresapi makna
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa
persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2 Mengakui dan
mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber
daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi,
energi, serta permasalahan sosial
2.5 Memiliki
perilaku jujur dan santun terhadap nilai peninggalan sejarah dan perkembangan
Hindu-Budha di Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.5 Menggali
informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan
perkembangan Hindu-Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.5.1
Menemukan informasi
dari bacaan tentang perjuangan pahlawan
4.5 Mengolah dan
menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan
Hindu-Budha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
4.5.1
Menjelaskan isi bacaan
dengan menjawab pertanyaan
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
-
Sikap kepahlawanan
raja-raja dari masa Hindu, Buddha dan Islam melalui lini masa
-
Sontoh sikap dalam
kehidupan sehari-hari dengan sila Pancasila yang sesuai
-
Informasi dari
bacaan tentang perjuangan pahlawan
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan siswa menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Pahlawanku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru membuka
pembelajaran dengan mengajak siswa untuk mengingat kembali para tokoh pada
masa kerajaan Hindu, Buddha, Islam dan masa penjajahan.
o
Siswa membuat
lini masa untuk menceritakan sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh para tokoh
tersebut.
o
Guru berkeliling
mengecek pekerjaan siswa dan memotivasi mereka yang mengalami kesulitan dalam
membuat lini masa.
o
Siswa
menyampaikan hasil pekerjaannya kepada teman di sebelahnya secara bergantian.
Mereka mencari persamaan antara sikap kepahlawanan di masa ke masa. Jawaban
ditulis di buku siswa.
o
Guru memberikan
contoh tentang sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh salah seorang tokoh dan
bertanya kepada siswa tentang sikap kepahlawanan yang mereka miliki. Guru
menuliskan jawabannya di papan tulis dalam bentuk peta pikiran.
o
Berdasarkan
contoh yang telah dilakukan oleh guru, siswa mengisi peta pikiran yang ada di
buku siswa.
o
Siswa
mengomunikasikan peta pikiran mereka kepada teman kelompoknya atau teman di
sebelahnya.
o
Apabila guru
menemukan siswa yang mengalami kesulitan dalam mengomunikasikan hasil
pekerjaannya, guru dapat memancing mereka dengan mengajukan pertanyaan.
Contoh:
-
‘Apa yang biasa kamu lakukan apabila ada temanmu
yang jatuh?’
-
Siswa berdiskusi untuk menjawab pertanyaan tentang:
-
Apakah sikap kepahlawanan hanya dilakukan di masa
kerajaan dan
-
kemerdekaan saja?
-
Apakah sikap-sikap tersebut masih perlu dilakukan sekarang?
Mengapa?
o
Guru dapat
meminta perwakilan siswa untuk mengemukakan hasil diskusinya.
o
Guru mengingatkan
siswa untuk menggunakan suara yang nyaring dan jelas agar semua teman dapat
mendengar.
o
Guru memotivasi
siswa agar menyimak dengan baik saat teman yang lain menyampaikan hasil
diskusinya. Jika diperlukan, guru menghentikan kegiatan jika siswa masih
terlihat tidak menyimak temannya dengan baik. Hal ini untuk mendidik siswa
agar mau menghargai siapa pun yang sedang berbicara.
o
Setelah siswa
mengemukakan hasil diskusinya, guru memotivasi siswa lain untuk memberikan
komentar.
o
Guru memberi
penguatan kepada siswa bahwa di zaman sekarang pun kita masih perlu untuk
menerapkan sikap kepahlawanan walaupun tidak mendapatkan penghargaan dari
siapa pun.
o
Dengan bekerja
sama, siswa mengamati dan menganalisis gambar untuk dapat menjawab pertanyaan
yang ada. Setiap siswa mengisi tabel dan mendiskusikan hasilnya dengan teman
satu kelompok atau teman di sebelahnya
o
Guru memberikan
penguatan bahwa dengan melakukan pekerjaan yang sederhana pun, kita bisa
menjadi pahlawan. Paling tidak, setiap hari kita berjuang untuk menjadi
pahlawan bagi diri sendiri. Apalagi jika membantu orang lain, kita bisa
dianggap sebagai pahlawan bagi orang itu.
o
Siswa berdiskusi
dan menganalisis untuk menemukan termasuk sila ke berapakah ketika menolong
orang dengan sukarela. Siswa menjelaskan alasannya dalam kolom yang ada di
buku siswa.
o
Guru mengingatkan
kembali tentang sila-sila dalam Pancasila dan mengaitkannya dengan sikap
kepahlawanan.
o
Siswa
mendiskusikan tentang kebiasaan yang telah dilakukan yang sesuai dengan sila
Pancasila.
o
Di dalam
kelompoknya, siswa saling berbagi hasil dan mencoba menemukan perbedaan dan
persamaan dari sikap masing-masing.
o
Guru mengajak
siswa membuka bahan bacaan tentang ‘Pahlawan Tanpa Tanda Jasa’.
o
Guru membacakan
cerita dengan nyaring dan penuh ekspresi.
o
Sebelum membaca,
guru mengingatkan siswa untuk menyimak.
o
Siswa menjawab
pertanyaan dari teks di bukunya.
o
Guru mengajak
siswa untuk mendiskusikan jawabannya secara klasikal. Beberapa jawaban siswa
mungkin berbeda dan cukup menarik untuk dibahas.
o
Guru menyediakan
waktu lebih untuk membahas beberapa jawaban siswa yang unik dan menarik.
o
Di akhir
pembahasan, guru memberikan penguatan bahwa setiap pekerjaan yang
o
dilakukan dengan
sungguh-sungguh, ikhlas, dan tanpa pamrih menunjukkan adanya penerapan sikap
kepahlawanan.
o
Siswa
menceritakan dan menggambarkan sosok yang menunjukkan sikap kepahlawanan
dalam kehidupannya sehari-hari. Secara klasikal, guru dapat memberikan contoh
terlebih dahulu sosok yang dianggap sebagai pahlawan beserta alasannya.
o
Siswa mengerjakan
tugasnya di buku siswa.
o
Guru berkeliling
utnuk mengecek pekerjaan siswa dan membantu siswa yang mengalami kesulitan.
o
Siswa menjawab
pertanyaan perenungan di buku siswa.
o
Guru dapat
menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.
o
Penilaian sikap
(pantang menyerah dan bekerja sama). Contoh untuk penilaian terlampir di
halaman 151.
Pengayaan
o
Semua siswa dapat
memajang gambar pahlawannya beserta deskripsinya di
o
sekitar kelasnya
agar dibaca oleh teman-temannya.
Remedial –
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
4.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
1.
Rubrik IPS – Lini
Masa
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Fakta
|
Fakta
yang
disampaikan
memuat 4
masa
dengan
masingmasing
1 tokoh
|
Fakta
yang
disampaikan
memuat 3
masa
dengan
masingmasing
1 tokoh.
|
Fakta
yang
disampaikan
memuat 2
masa
dengan
masingmasing
1 tokoh.
|
Fakta
yang
disampaikan
memuat 1
masa
dengan
masingmasing
1 tokoh.
|
Urutan
peristiwa
|
Semua peristiwa
disampaikan
urut.
|
Sebagian
besar
peristiwa
disampaikan
urut.
|
Sebagian
peristiwa
disampaikan
urut.
|
Sebagian
kecil
peristiwa
disampaikan
urut
|
Konten
|
Peristiwa
yang
disampaikan
memuat
paling
sedikit 4
sikap
kepahlawanan
|
Peristiwa
yang
disampaikan
memuat
paling
sedikit 3
sikap
kepahlawanan.
|
Peristiwa
yang
disampaikan
memuat
paling
sedikit 2
sikap
kepahlawanan.
|
Peristiwa
yang
disampaikan
tidak
memuat
sikap
kepahlawanan
|
2. Daftar Periksa IPS dan PPKn
Kriteria
|
Sudah Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Menemukan
alas an diperlukannya sikap
kepahlawanan
dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
Menyebutkan
3 contoh sikap kepahlawanan
|
|
|
Mengelompokkan
contoh sikap dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan sila dalam
Pancasila
|
|
|
3. Penilaian Bahasa Indonesia dilakukan dengan penilaian angka.
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Sikap
kepahlawanan
|
Tulisan
memuat
paling
sedikit 3
sikap
kepahlawanan.
|
Tulisan
memuat
paling
sedikit 2
sikap
kepahlawanan.
|
Tulisan
memuat
paling
sedikit 1
sikap
kepahlawanan
|
Tulisan
tidak
memuat
sikap
kepahlawanan
|
Tokoh
|
Tokoh
digambarkan
dengan
detail
(memuat
jenis
pekerjaan,
kegiatan,
waktu bekerja).
|
Tokoh
digambarkan
dengan
memuat
dua
dari
informasi
berikut :
jenis
pekerjaan,
kegiatan,
waktu bekerja
|
Tokoh
digambarkan
dengan
memuat
salah
satu
informasi
berikut:
jenis
pekerjaan,
kegiatan,
waktu bekerja.
|
Tokoh
digambarkan
dengan
detail
(memuat
jenis
pekerjaan,
kegiatan,
waktu bekerja)
|
Kesesuaian
gambar
|
Gambar
yang
dihasilkan
sesuai
dengan
deskripsi.
|
Gambar
yang
dihasilkan
mayoritas
sesuai
dengan
deskripsi.
|
Gambar
yang
dihasilkan
kurang
sesuai
dengan
deskripsi
|
Gambar
yang
dihasilkan
tidak
sesuai
dengan
deskripsi.
|
F.
Media,
Alat Bantu dan
Sumber Belajar
Media : LKS (buku siswa)
Alat : Peralatan untuk percobaan kaca
pembesar (Lub), berbagai bahan bacaan tentang Sultan Iskandar
Muda
Gambar
pahlawan
Gambar
kerja bakti
Sumber Belajar : Buku Guru
dan Buku siswa, Lingkungan
Mengetahui, Tijue,
23 November 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
Parianti, S.Pd
Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760605 200701 2 004
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment