RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 4/1
Tema 5 :
Pahlawanku
Sub
Tema 3 / Pembelajaran : Sikap Kepahlawanan / 2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah
menciptakan waktu dengan segala perubahannya
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan
berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial,
budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin bertanggung
jawab, peduli, santun dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh
pada masa Hindu Buddha dan Islam dalam kehidupannya sekarang
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan
peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.1 Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas
antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan
pendidikan
3.1.1
Mengidentifikasi
sikap kepahlawanan pada teks tentang salah satu tokoh Indonesia
4.1 Menceriterakan tentang hasil bacaan mengenai
pengertian ruang, konektivitas antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam
waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya
4.1.1
Menelaah sikap
kepahlawanan dari salah satu tokoh Indonesia untuk diteladani oleh generasi penerus
di masa yang akan dating
c) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari
hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung
jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.6 Memahami sifat-sifat cahaya melalui pengamatan
dan mendeskripsikan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.6.1
Membuat periskop
4.5 Membuat sebuah karya/model yang
memanfaatkan sifat-sifat cahaya
4.5.1 Menjelaskan prinsip kerja periskop
d) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti,
jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah
menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada
matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar
3.9 Memahami konsep bilangan negatif menggunakan
hal-hal yang konkrit dan garis bilangan
3.9.1
Menjelaskan cara
mengurutkan bilangan bulat dengan menggunakan garis bilangan
4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri,
membuat model matematika dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah
nyata sehari-hari yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, decimal dan
persen, serta memeriksa kebenarannya
4.1.1
Mengurutkan bilangan
bulat menggunakan garis bilangan
d) SBdP
1.1. Mengagumi ciri
khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah
tuhan
2.1 Menunjukkan
sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
3.4 Mengetahui berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif
3.4. 1 Menjelaskan alat dan bahan membuat periskop
4.4 Membentuk karya seni tiga dimensi dari bahan alam
4.1.1 Membuat periskop dengan teknik yang benar
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
o Sikap kepahlawanan pada teks tentang salah satu tokoh Indonesia
o Prinsip kerja periskop
o Bilangan bulat menggunakan garis bilangan
o Alat dan bahan membuat periskop
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan siswa menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Pahlawanku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Sebelum memulai pelajaran, guru mengaitkan tema yang
akan dibahas dengan pembelajaran sebelumnya melalui pertanyaan:
-
Masih ingat pelajaran sebelumnya?
-
Apa yang dimaksud dengan pahlawan?
o Mengapa sikap kepahlawan masih diperlukan sepanjang
masa?
o Siswa membaca teks tentang pengalaman Udin bersama
dengan gurunya.
o Siswa duduk dalam kelompok dan mendiskusikan jawaban
dari pertanyaanpertanyaan yang ada di buku siswa tentang:
-
Sikap kepahalwanan yang dimiliki oleh Ibu Nurul.
-
Pendapat
tentang sebutan Pahlawan Tanpa Tanda Jasa untuk Ibu Nurul.
o Saat kegiatan diskusi berlangsung, guru berkeliling
sambil mengamati siswa. Guru membuat catatan tentang proses diskusi.
o Guru membantu siswa yang terlihat mengalami
kesulitan dalam berdiskusi.
o Beberapa siswa sebagai perwakilan kelompok
mengemukakan hasil diskusinya. Siswa lain menyimak dan dapat memberikan
komentar setelahnya.
o Siswa menuliskan pengalaman belajar saat bersama
dengan gurunya.
o Siswa menuliskannya pada kolom yang ada di buku
siswa.
o Siswa menceritakan hasil tulisannya kepada temannya.
Saat siswa melakukan kegiatan ini, guru berkeliling sambil membantu siswa
yang mengalami kesulitan.
o Siswa mengamati gambar tentang permukaan air laut.
Permukaan air laut ini menunjukkan bilangan bulat.
o Guru memberikan penguatan agar siswa dapat
mencermati gambar dan garis bilangan untuk menemukan konsep bilangan negatif
dan cara penulisannya.
o Guru menuliskan kembali garis bilangan dengan baik
secara vertical maupun horizontal.
o Guru memberi penguatan kepada siswa bahwa:
o Dalam garis bilangan, bilangan bulat positif adalah
bilangan yang berada di sebelah kanan nol (0). Bilangan bulat negatif adalah
bilangan yang berada di sebelah kiri nol (0). Bilangan bulat negatif
dilambangkan dengan (-) dan dibaca negatif.
o Siswa membuat pertanyaan tentang gambar yang
diamatinya.
o Siswa diajak berpikir untuk menemukan bilangan
manakah yang lebih besar dalam bilangan negatif. Siswa mencari
penyelesaiannya secara berkelompok dengan menggunakan garis bilangan.
o Berdasarkan panduan pertanyaan yang ada di buku
siswa, siswa mengetahui cara membandingkan dua bilangan negatif.
o Guru memberikan konfirmasi dan penguatan kembali
cara untuk membandingkan bilangan bulat.
o Siswa berlatih mengerjakan soal tentang mengurutkan
bilangan bulat,
o Guru berkeliling mengecek pekerjaan siswa dan
membantu siswa yang masih mengalami kesulitan.
o Setelah percobaan, siswa menjawab pertanyaan di buku
siswa
o Siswa menjawab pertanyaan perenungan di buku siswa.
o Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan
berdasarkan perenungan di halaman 150.
Pengayaan
o Siswa yang telah mengerjakan soal matematika dengan
benar diminta untuk membuat soal mengurutkan bilangan bulat. Setelah selesai,
tukarkanlah soal tersebut dengan teman lainnya. Mintalah pasangannya untuk
mengerjakan soal yang telah dibuat
Remedial
o Pengulangan dan penguatan materi kembali bagi siswa
yang belum mengerjakan latihan matematika dengan benar. Kegiatan ini
dilakukan selama 30 menit setelah pulang sekolah. Setelah itu berilah 5 soal
latihan untuk dikerjakan di rumah. Latihan tersebut dikumpulkan keesokan
harinya.\
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
4.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
1. Daftar Periksa IPS
Kriteria
|
Sudah Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Siswa
mampu menemukan sikap kepahlawanan Ibu Nurul
|
|
|
Menceritakan
pengalaman belajar
bersama guru.
|
|
|
2. PPKn : Tabel dari analisa gambar
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Mampu
membuat periskop dengan langkah-langkah yang benar
|
|
|
Mampu
menjelaskan manfaat dari periskop
|
|
|
Mampu
menggunting dengan
teknik yang benar
|
|
|
3.
Matematika dinilai dengan penilaian angka
F.
Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
Media : LKS (buku siswa)
Alat : Bahan-bahan untuk membuat periskop
Sumber Belajar : Buku Guru
dan Buku siswa, Lingkungan
Mengetahui, Tijue,
24 November 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
Parianti, S.Pd
Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760605 200701 2 004
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Jawablah
pertanyaan berikut.
1. Mana yang lebih besar nilainya, 7 atau -7? Jelaskan?
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
2.
Buatlah garis bilangan yang menunjukkan urutan bilangan bulat. Jangan lupa
beri
tanda (+,-) dan arah.
3.
Urutkan bilangan bulat berikut: -2, 6, -5. Jelaskan bagaimana caramu
mengurutkannya?
4.
Dalam kehidupan sehari-hari, di manakah kamu menemukan bilangan bulat?
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment