Home » » TEMA 5 KELAS 4 SUB 3 PB 2

TEMA 5 KELAS 4 SUB 3 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday, 11 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 4/1
Tema 5                                        : Pahlawanku
Sub Tema 3 / Pembelajaran         : Sikap Kepahlawanan / 2
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
1.1  Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
1.2  Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
2.1  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin bertanggung jawab, peduli, santun dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa Hindu Buddha dan Islam dalam kehidupannya sekarang
2.3  Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.1  Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
3.1.1        Mengidentifikasi sikap kepahlawanan pada teks tentang salah satu tokoh Indonesia
4.1  Menceriterakan tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya
4.1.1        Menelaah sikap kepahlawanan dari salah satu tokoh Indonesia untuk diteladani oleh generasi penerus di masa yang akan dating

c) IPA
1.1  Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.6  Memahami sifat-sifat cahaya melalui pengamatan dan mendeskripsikan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.6.1        Membuat periskop
4.5   Membuat sebuah karya/model yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya
4.5.1 Menjelaskan prinsip kerja periskop

d) Matematika
1.1  Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1  Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas.
2.2  Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar
3.9  Memahami konsep bilangan negatif menggunakan hal-hal yang konkrit dan garis bilangan
3.9.1        Menjelaskan cara mengurutkan bilangan bulat dengan menggunakan garis bilangan
4.1  Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, membuat model matematika dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, decimal dan persen, serta memeriksa kebenarannya
4.1.1        Mengurutkan bilangan bulat menggunakan garis bilangan

d) SBdP
1.1. Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah tuhan
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
3.4  Mengetahui berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif
3.4. 1 Menjelaskan alat dan bahan membuat periskop
4.4  Membentuk karya seni tiga dimensi dari bahan alam
4.1.1 Membuat periskop dengan teknik yang benar

 C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
o   Sikap kepahlawanan pada teks tentang salah satu tokoh Indonesia
o   Prinsip kerja periskop
o   Bilangan bulat menggunakan garis bilangan
o   Alat dan bahan membuat periskop
 
 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan siswa menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Pahlawanku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o  Sebelum memulai pelajaran, guru mengaitkan tema yang akan dibahas dengan pembelajaran sebelumnya melalui pertanyaan:
-       Masih ingat pelajaran sebelumnya?
-       Apa yang dimaksud dengan pahlawan?
o  Mengapa sikap kepahlawan masih diperlukan sepanjang masa?
o  Siswa membaca teks tentang pengalaman Udin bersama dengan gurunya.
o  Siswa duduk dalam kelompok dan mendiskusikan jawaban dari pertanyaanpertanyaan yang ada di buku siswa tentang:
-          Sikap kepahalwanan yang dimiliki oleh Ibu Nurul.
-           Pendapat tentang sebutan Pahlawan Tanpa Tanda Jasa untuk Ibu Nurul.
o  Saat kegiatan diskusi berlangsung, guru berkeliling sambil mengamati siswa. Guru membuat catatan tentang proses diskusi.
o  Guru membantu siswa yang terlihat mengalami kesulitan dalam berdiskusi.
o  Beberapa siswa sebagai perwakilan kelompok mengemukakan hasil diskusinya. Siswa lain menyimak dan dapat memberikan komentar setelahnya.
o  Siswa menuliskan pengalaman belajar saat bersama dengan gurunya.
o  Siswa menuliskannya pada kolom yang ada di buku siswa.
o  Siswa menceritakan hasil tulisannya kepada temannya. Saat siswa melakukan kegiatan ini, guru berkeliling sambil membantu siswa yang mengalami kesulitan.
o  Siswa mengamati gambar tentang permukaan air laut. Permukaan air laut ini menunjukkan bilangan bulat.
o  Guru memberikan penguatan agar siswa dapat mencermati gambar dan garis bilangan untuk menemukan konsep bilangan negatif dan cara penulisannya.
o  Guru menuliskan kembali garis bilangan dengan baik secara vertical maupun horizontal.
o  Guru memberi penguatan kepada siswa bahwa:
o  Dalam garis bilangan, bilangan bulat positif adalah bilangan yang berada di sebelah kanan nol (0). Bilangan bulat negatif adalah bilangan yang berada di sebelah kiri nol (0). Bilangan bulat negatif dilambangkan dengan (-) dan dibaca negatif.
o  Siswa membuat pertanyaan tentang gambar yang diamatinya.
o  Siswa diajak berpikir untuk menemukan bilangan manakah yang lebih besar dalam bilangan negatif. Siswa mencari penyelesaiannya secara berkelompok dengan menggunakan garis bilangan.
o  Berdasarkan panduan pertanyaan yang ada di buku siswa, siswa mengetahui cara membandingkan dua bilangan negatif.
o  Guru memberikan konfirmasi dan penguatan kembali cara untuk membandingkan bilangan bulat.
o  Siswa berlatih mengerjakan soal tentang mengurutkan bilangan bulat,
o  Guru berkeliling mengecek pekerjaan siswa dan membantu siswa yang masih mengalami kesulitan.
o  Setelah percobaan, siswa menjawab pertanyaan di buku siswa
o  Siswa menjawab pertanyaan perenungan di buku siswa.
o  Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.

Pengayaan
o  Siswa yang telah mengerjakan soal matematika dengan benar diminta untuk membuat soal mengurutkan bilangan bulat. Setelah selesai, tukarkanlah soal tersebut dengan teman lainnya. Mintalah pasangannya untuk mengerjakan soal yang telah dibuat

Remedial
o  Pengulangan dan penguatan materi kembali bagi siswa yang belum mengerjakan latihan matematika dengan benar. Kegiatan ini dilakukan selama 30 menit setelah pulang sekolah. Setelah itu berilah 5 soal latihan untuk dikerjakan di rumah. Latihan tersebut dikumpulkan keesokan harinya.\

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).




Penilaian

1. Daftar Periksa IPS
Kriteria
Sudah Terlihat
Belum Terlihat
Siswa mampu menemukan sikap kepahlawanan Ibu Nurul



Menceritakan pengalaman belajar
bersama guru.



2. PPKn : Tabel dari analisa gambar
Kriteria
Ya
Tidak
Mampu membuat periskop dengan langkah-langkah yang benar



Mampu menjelaskan manfaat dari periskop


Mampu menggunting dengan teknik yang benar



3. Matematika dinilai dengan penilaian angka



F. Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
Media                   : LKS (buku siswa)
Alat                      : Bahan-bahan untuk membuat periskop
Sumber Belajar     : Buku Guru dan Buku siswa, Lingkungan



Mengetahui,                                                                        Tijue, 24  November 2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004








LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

Jawablah pertanyaan berikut.
1.     Mana yang lebih besar nilainya, 7 atau -7? Jelaskan?

.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
 

2. Buatlah garis bilangan yang menunjukkan urutan bilangan bulat. Jangan lupa
    beri tanda (+,-) dan arah.
 

3. Urutkan bilangan bulat berikut: -2, 6, -5. Jelaskan bagaimana caramu
    mengurutkannya?



4. Dalam kehidupan sehari-hari, di manakah kamu menemukan bilangan bulat?

.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................


MEDIA
 



Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors