Home » » TEMA 5 KELAS 4 SUB 3 PB 3

TEMA 5 KELAS 4 SUB 3 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday, 11 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                           : 4/1
Tema 5                                        : Pahlawanku
Sub Tema 3 / Pembelajaran         : Sikap Kepahlawanan / 3
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan sosial
2.5 Memiliki perilaku jujur dan santun terhadap nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.5 Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.5.1 Menuliskan dalam diagram informasi dari teks tentang salah nsatu tokoh Indonesia
4.5 Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5.1 Membuat ulasan sederhana tentang teks yang dibacanya

c) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar
3.8 Memahami pola penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan hal-hal yang konkrit dan garis bilangan
3.8.1 Menemukan hasil penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan bola positif negatif dan garis bilangan
4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, membuat model matematika dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan persen, serta memeriksa kebenarannya
4.1.1 Menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat

d) PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
2.1 Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf sebagaimana dicontohkan tokoh penting yang berperan dalam perjuangan menentang penjajah hingga kemerdekaan Republik Indonesia sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
2.3 Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.1 Memahami makna dan keterkaiatan simbol-simbol sila Pancasila dalam memahami Pancasila secara utuh
3.1.1 Mengklasifikasikan contoh sikap yang mencerminkan cinta tanah air dan bukan cinta tanah air
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh
4.1.1 Menceritakan sikap yang mencerminkan rasa cinta tanah air

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia
2.      Pola penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan hal-hal yang konkrit dan garis bilangan
3.      Makna dan keterkaiatan simbol-simbol sila Pancasila dalam memahami Pancasila secara utuh

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan siswa menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Pahlawanku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru memperkenalkan Gusnadi Wiyoga.
o   Guru membawa gambar Gusnadi Wiyoga ke dalam kelas.
o   Guru menanyakan pertanyaan sebagai berikut:
·         Apakah kalian mengenal sosok Gusnadi Wiyoga?
·         Bagaimana sikap kepahlawanan yang ia miliki?
o   Siswa duduk secara berpasangan.
o   Siswa membaca teks tentang “Gusnadi Wiyoga” dengan membaca dalam hati.
o   Guru dapat menunjuk satu siswa untuk membaca beberapa kalimat dengan nyaring
o   dan dengan pengucapan yang jelas. Siswa lain menyimak, kemudian melanjutkan kalimat-kalimat berikutnya. Sesekali guru bertanya kepada siswa apakah ada hal yang belum dipahami dari teks tersebut.
o   Dengan teman sebangkunya, siswa mendiskusikan informasi yang dapat diketahui siswa dari Gusnadi Wiyoga. Hasil diskusi siswa dituliskan dalam diagram karakter yang ada di buku siswa.
o   Hal-hal yang harus ditulis dalam diagram tersebut adalah:
  • Bagaimana sifat Yoga?
  • Dari manakah Yoga berasal ?
  • Apa yang kamu ketahui tentang Yoga?
  • Apa masalah yang dihadapi oleh Yoga?
  • Sikap kepahlawanan apa yang dimiliki oleh Yoga?
o   Siswa membahas hasil pekerjaannya dengan teman sebangkunya. Selanjutnya, guru membahas setiap pertanyaan yang ada.
o   Siswa berdiskusi untuk membuat ulasan mengenai bacaan. Siswa berdiskusi tentang:
  • Judul teks
  • Bagian yang paling menarik dari bacaan.
  • Informasi penting.
  • Pendapat tentang teks.
  • Alasan perlu membaca teks tersebut.
o   Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas.
o   Guru meminta salah satu siswa untuk membacakan hasil diskusinya di depan kelas.
o   Guru mengingatkan siswa untuk menggunakan suara yang cukup nyaring dan jelas agar semua teman dapat mendengar.
o   Guru pun mengingatkan siswa agar menyimak dengan baik saat teman yang lain menyampaikan hasil diskusinya. Jika perlu, hentikan kegiatan jika siswa masih terlihat tidak menyimak temannya dengan baik. Hal ini untuk mendidik siswa agar mau menghargai siapa pun yang sedang berbicara.
o   Setelah siswa mengemukakan hasil diskusinya, motivasilah siswa lain untuk memberikan komentar.
o   Guru memberikan penguatan tentang sikap kepahlawanan yang dimiliki Yoga. Hal ini membuktikan bukan hanya orang dewasa yang memiliki sikap kepahlawanan. Sejak kecil, kita pun dapat menjadi pahlawan. Paling tidak, menjadi pahlawan untuk diri sendiri dan keluarga. Yoga berhasil membuktikan bahwa keterbatasan yang ada bukanlah alasan untuk menjadi pribadi yang tidak berguna.
o   Secara individu, siswa menuliskan hasil ulasan yang dibuat dalam kertas satu lembar.
o   Hasil pekerjaan ini dinilai dengan lembar penilaian 1
o   Siswa bereksplorasi mengenai penjumlahan bilangan bulat.
o   Siswa bereksplorasi dengan menggunakan garis bilangan.

Contoh: 3 + (-4)
o   Ketika bilangan itu dijumlahkan dengan bilangan positif, akan melompat ke kanan. Hal ini karena bilangannya bertambah besar.
Hasilnya adalah 3 + (-4) = -1

o   Siswa mengerjakan soal tentang operasi penjumlahan bilangan bulat di buku siswa.
-3 + 8 = 5 -8 + 10 = 2
o   Siswa mengerjakan dengan cara yang mereka pilih dan anggap mudah.

Pengurangan Bilangan Bulat
o   Siswa bereksplorasi dengan menggunkan garis bilangan.
o   Siswa mengerjakan soal-soal yang ada di buku siswa.
o   Setelah siswa menganalisis contoh yang ada di buku siswa, guru memberikan penguatan bahwa:
o   Jika bilangan positif berarti menuju arah kanan dari nol, sedangkan bilangan negatif berbalik arah menuju ke kiri dari nol.
o   Siswa menganalisis contoh yang ada di buku siswa untuk menemukan konsep pengurangan bilangan bulat.
o   Guru memberikan penguatan tentang cara pengurangan bilangan bulat.
o   Guru menuliskan kembali contoh-contoh pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan garis bilangan di papan tulis.
o   Guru dapat memberikan contoh lain secara klasikal di depan kelas untuk memantapkan pemahaman awal siswa.
o   Siswa dikenalkan juga mengenai aturan dalam penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Hal ini sangat membantu untuk operasi dengan bilangan yang cukup besar yang tidak memungkinkan menggunakan garis bilangan dan bola positif negatif
 


o   Siswa berlatih mengerjakan soal penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
o   Guru berkeliling saat siswa mengerjakan latihan. Bantulah siswa yang kurang memahami materi.
o   Guru memberikan penguatan dengan pembahasan dan memberikan contoh lain secara klasikal di depan kelas untuk memantapkan pemahaman awal siswa.
o   Soal-soal yang dikerjakan siswa dinilai dengan lembar penilaian 3
o   Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa tentang sikap cinta tanah air.
o   Guru memberikan penguatan tentang cinta tanah air, bahwa:
o   Ketika kita bangga menjadi warga negara Indonesia karena banyak prestasi yang diukir, akhirnya menimbulkan rasa cinta terhadap bangsa merupakan sikap kepahlawanan. Sikap ini merupakan cerminan sila ke-3 dari Pancasila.
o   Makna persatuan adalah satu. Perasaan satu sebagai suatu bangsa dan warga masyarakat. Rasa satu yang begitu kuat akan menimbukan rasa cinta kepada tanah air.
o   Siswa mengamati gambar yang menunjukkan rasa cinta tanah air dan bukan.
o   Siswa berdiskusi untuk menemukan contoh dan bukan contoh sikap cinta tanah air.
o   Guru dapat memberikan pertanyaan secara klasikal tentang sikap yang pernah dilakukan oleh siswa yang menunjukkan sikap cinta tanah air.
o   Siswa menuliskan sikap yang dapat untuk mengharumkan nama Indonesia. Siswa menuliskan impiannya untuk mengukir nama Indonesia di mata dunia.
o   Guru berkeliling untuk memantau dan mengecek pekerjaan siswa. Guru pun membantu siswa yang mengalami kesulitan.
o   Guru memotivasi siswa untuk dapat mengembangkan kreativitasnya untuk memajukan Indonesia.
o   Cerita siswa tentang cinta tanah air dinilai dengan lembar penilaian 3.
o   Siswa menjawab pertanyaan perenungan di buku siswa.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.

Pengayaan
o   Siswa mengerjakan mencari operasi bilangan yang hasilnya 10.

Remedial
o   (Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas menguasai konsep)
o   Pengulangan dan penguatan materi kembali bagi siswa yang belum mengerjakan latihan matematika dengan benar. Kegiatan ini dilakukan selama 30 menit setelah pulang sekolah. Setelah itu berilah siswa soal latihan untuk dikerjakan di rumah.
o   Latihan tersebut dikumpulkan keesokan harinya.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).




Penilaian

1.      Bahasa Indonesia: Menulis ulasan
Kriteria
Bagus Sekali
Bagus
Berlatih lagi
Mengidentifikasi informasi penting
Menuliskan 3
informasi penting
Menuliskan 2
informasi penting
Menuliskan 1
informasi penting
Menjelaskan bagian yang menarik
Menjelaskan bagian yang menarik dengan
bahasa yang runtut
Menjelaskan
bagian yang
menarik dengan
bahasa yang
kurang runtut
Menjelaskan
bagian yang
menarik dengan
bahasa yang tidak
runtut
Memberikan pendapat
Pendapat sesuai
dengan tema
Pendapat kurang
sesuai dengan
tema
Pendapat tidak
sesuai dengan
tema
Memberikan alasan
perlunya membaca
teks
Bahasa yang
digunakan efektif
dan mudah
dipahami
Sebagian bahasa
yang digunakan
efektif dan mudah
dipahami
Saran tidak
menggunakan
bahasa yang efektif dan sulit dipahami

2. Matematika dinilai dengan penilaian angka.
3. Daftar Periksa PPKn: Sikap Kepahlawanan
Kriteria
4
3
2
1
Kelengkapan
isi cerita
Cerita memuat
harapan, sikap cinta tanah air dan perjuangan
yang dilakukan
Cerita memuat
dua dari
informasi
berikut: harapan,
sikap cinta
tanah air dan
perjuangan
yang dilakukan
Cerita memuat
satu dari
informasi
berikut: harapan,
sikap cinta
tanah air dan
perjuangan
yang dilakukan
Cerita sama
sekali tidak
memuat salah
satu informasi
berikut:
harapan,
sikap cinta
tanah air dan
perjuangan
yang dilakukan
Kesesuaian
dengan topik
Isi cerita sesuai
dengan topik.
Sebagian besar
isi cerita sesuai
dengan topik
Sebagian kecil
isi cerita sesuai
dengan topik
Isi cerita tidak
sesuai dengan
topik

4. Penilaian Sikap (pantang menyerah, bekerja sama, dan teliti). Contoh terlampir pada halaman 151.

F. Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
Media                : LKS (buku siswa)
Alat                   : Bola positif negatif (dibuat dari kertas karton berwarna                             merah dan kuning atau kertas yang diberi warna merah dan kuning)
Sumber Belajar  : Buku Guru dan Buku siswa, Lingkungan


Mengetahui,                                                                        Tijue, ......., ....................., 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004



LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

Apakah sikap-sikap di bawah ini mencerminkan sikap cinta tanah air? Jelaskan!







MEDIA 

TEMA 5 KELAS 4 SUB 3 PB 3

TEMA 5 KELAS 4 SUB 3 PB 1
TEMA 5 KELAS 4 SUB 3 PB 2

 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors