RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 4/1
Tema 5 :
Pahlawanku
Sub
Tema 3 / Pembelajaran : Sikap Kepahlawanan / 3
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha
Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan
sarana belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan
yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi
modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan
sosial
2.5 Memiliki perilaku jujur dan santun terhadap
nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia
3.5 Menggali informasi dari teks ulasan buku
tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
3.5.1 Menuliskan dalam diagram informasi
dari teks tentang salah nsatu tokoh Indonesia
4.5 Mengolah dan menyajikan teks ulasan
buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku
4.5.1 Membuat ulasan sederhana tentang teks
yang dibacanya
c) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap kritis, cermat dan
teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah
menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan
pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar
3.8 Memahami pola penjumlahan dan
pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan hal-hal yang konkrit dan garis
bilangan
3.8.1 Menemukan hasil penjumlahan dan
pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan bola positif negatif dan garis
bilangan
4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat
sendiri, membuat model matematika dan memilih strategi yang efektif dalam
memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan
kuantitas, desimal dan persen, serta memeriksa kebenarannya
4.1.1 Menyelesaikan soal-soal yang
berhubungan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
d) PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
sekitar
2.1 Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung
jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf
sebagaimana dicontohkan tokoh penting yang berperan dalam perjuangan menentang
penjajah hingga kemerdekaan Republik Indonesia sebagai perwujudan nilai dan
moral Pancasila
2.3 Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak
dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat
sekitar
3.1 Memahami makna dan keterkaiatan
simbol-simbol sila Pancasila dalam memahami Pancasila secara utuh
3.1.1 Mengklasifikasikan contoh sikap yang
mencerminkan cinta tanah air dan bukan cinta tanah air
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di
sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai satu
kesatuan yang utuh
4.1.1 Menceritakan sikap yang mencerminkan
rasa cinta tanah air
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Teks ulasan buku tentang nilai
peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia
2.
Pola penjumlahan dan pengurangan
bilangan bulat dengan menggunakan hal-hal yang konkrit dan garis bilangan
3.
Makna dan keterkaiatan
simbol-simbol sila Pancasila dalam memahami Pancasila secara utuh
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan siswa menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Pahlawanku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Guru
memperkenalkan Gusnadi Wiyoga.
o Guru
membawa gambar Gusnadi Wiyoga ke dalam kelas.
o Guru
menanyakan pertanyaan sebagai berikut:
·
Apakah
kalian mengenal sosok Gusnadi Wiyoga?
·
Bagaimana
sikap kepahlawanan yang ia miliki?
o Siswa
duduk secara berpasangan.
o Siswa
membaca teks tentang “Gusnadi Wiyoga” dengan membaca dalam hati.
o Guru
dapat menunjuk satu siswa untuk membaca beberapa kalimat dengan nyaring
o dan
dengan pengucapan yang jelas. Siswa lain menyimak, kemudian melanjutkan kalimat-kalimat
berikutnya. Sesekali guru bertanya kepada siswa apakah ada hal yang belum
dipahami dari teks tersebut.
o Dengan
teman sebangkunya, siswa mendiskusikan informasi yang dapat diketahui siswa
dari Gusnadi Wiyoga. Hasil diskusi siswa dituliskan dalam diagram karakter yang
ada di buku siswa.
o Hal-hal
yang harus ditulis dalam diagram tersebut adalah:
o Siswa
membahas hasil pekerjaannya dengan teman sebangkunya. Selanjutnya, guru
membahas setiap pertanyaan yang ada.
o Siswa
berdiskusi untuk membuat ulasan mengenai bacaan. Siswa berdiskusi tentang:
o Perwakilan
kelompok mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas.
o Guru
meminta salah satu siswa untuk membacakan hasil diskusinya di depan kelas.
o Guru
mengingatkan siswa untuk menggunakan suara yang cukup nyaring dan jelas agar
semua teman dapat mendengar.
o Guru pun
mengingatkan siswa agar menyimak dengan baik saat teman yang lain
menyampaikan hasil diskusinya. Jika perlu, hentikan kegiatan jika siswa masih
terlihat tidak menyimak temannya dengan baik. Hal ini untuk mendidik siswa
agar mau menghargai siapa pun yang sedang berbicara.
o Setelah
siswa mengemukakan hasil diskusinya, motivasilah siswa lain untuk memberikan
komentar.
o Guru
memberikan penguatan tentang sikap kepahlawanan yang dimiliki Yoga. Hal ini
membuktikan bukan hanya orang dewasa yang memiliki sikap kepahlawanan. Sejak
kecil, kita pun dapat menjadi pahlawan. Paling tidak, menjadi pahlawan untuk
diri sendiri dan keluarga. Yoga berhasil membuktikan bahwa keterbatasan yang
ada bukanlah alasan untuk menjadi pribadi yang tidak berguna.
o Secara
individu, siswa menuliskan hasil ulasan yang dibuat dalam kertas satu lembar.
o Hasil
pekerjaan ini dinilai dengan lembar penilaian 1
o Siswa
bereksplorasi mengenai penjumlahan bilangan bulat.
o Siswa
bereksplorasi dengan menggunakan garis bilangan.
Contoh: 3 + (-4)
o Ketika bilangan
itu dijumlahkan dengan bilangan positif, akan melompat ke kanan. Hal ini
karena bilangannya bertambah besar.
Hasilnya adalah 3 + (-4) = -1
o Siswa
mengerjakan soal tentang operasi penjumlahan bilangan bulat di buku siswa.
-3 + 8 = 5 -8 + 10 = 2
o Siswa
mengerjakan dengan cara yang mereka pilih dan anggap mudah.
Pengurangan Bilangan Bulat
o Siswa
bereksplorasi dengan menggunkan garis bilangan.
o Siswa
mengerjakan soal-soal yang ada di buku siswa.
o Setelah
siswa menganalisis contoh yang ada di buku siswa, guru memberikan penguatan
bahwa:
o Jika
bilangan positif berarti menuju arah kanan dari nol, sedangkan bilangan negatif
berbalik arah menuju ke kiri dari nol.
o Siswa
menganalisis contoh yang ada di buku siswa untuk menemukan konsep pengurangan
bilangan bulat.
o Guru
memberikan penguatan tentang cara pengurangan bilangan bulat.
o Guru
menuliskan kembali contoh-contoh pengurangan bilangan bulat dengan
menggunakan garis bilangan di papan tulis.
o Guru
dapat memberikan contoh lain secara klasikal di depan kelas untuk memantapkan
pemahaman awal siswa.
o Siswa
dikenalkan juga mengenai aturan dalam penjumlahan dan pengurangan bilangan
bulat. Hal ini sangat membantu untuk operasi dengan bilangan yang cukup besar
yang tidak memungkinkan menggunakan garis bilangan dan bola positif negatif
o Siswa
berlatih mengerjakan soal penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
o Guru
berkeliling saat siswa mengerjakan latihan. Bantulah siswa yang kurang
memahami materi.
o Guru
memberikan penguatan dengan pembahasan dan memberikan contoh lain secara
klasikal di depan kelas untuk memantapkan pemahaman awal siswa.
o Soal-soal
yang dikerjakan siswa dinilai dengan lembar penilaian 3
o Siswa
menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa tentang sikap cinta tanah air.
o Guru
memberikan penguatan tentang cinta tanah air, bahwa:
o Ketika
kita bangga menjadi warga negara Indonesia karena banyak prestasi yang
diukir, akhirnya menimbulkan rasa cinta terhadap bangsa merupakan sikap
kepahlawanan. Sikap ini merupakan cerminan sila ke-3 dari Pancasila.
o Makna persatuan
adalah satu. Perasaan satu sebagai suatu bangsa dan warga masyarakat. Rasa
satu yang begitu kuat akan menimbukan rasa cinta kepada tanah air.
o Siswa
mengamati gambar yang menunjukkan rasa cinta tanah air dan bukan.
o Siswa
berdiskusi untuk menemukan contoh dan bukan contoh sikap cinta tanah air.
o Guru
dapat memberikan pertanyaan secara klasikal tentang sikap yang pernah dilakukan
oleh siswa yang menunjukkan sikap cinta tanah air.
o Siswa
menuliskan sikap yang dapat untuk mengharumkan nama Indonesia. Siswa menuliskan
impiannya untuk mengukir nama Indonesia di mata dunia.
o Guru
berkeliling untuk memantau dan mengecek pekerjaan siswa. Guru pun membantu
siswa yang mengalami kesulitan.
o Guru
memotivasi siswa untuk dapat mengembangkan kreativitasnya untuk memajukan
Indonesia.
o Cerita
siswa tentang cinta tanah air dinilai dengan lembar penilaian 3.
o Siswa
menjawab pertanyaan perenungan di buku siswa.
o Guru
dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman
150.
Pengayaan
o Siswa
mengerjakan mencari operasi bilangan yang hasilnya 10.
Remedial
o (Kegiatan
remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas menguasai konsep)
o Pengulangan
dan penguatan materi kembali bagi siswa yang belum mengerjakan latihan
matematika dengan benar. Kegiatan ini dilakukan selama 30 menit setelah pulang
sekolah. Setelah itu berilah siswa soal latihan untuk dikerjakan di rumah.
o Latihan
tersebut dikumpulkan keesokan harinya.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3. Menyampaikan pesan moral/belajar.
4. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
1. Bahasa
Indonesia: Menulis ulasan
Kriteria
|
Bagus Sekali
|
Bagus
|
Berlatih lagi
|
Mengidentifikasi informasi
penting
|
Menuliskan 3
informasi
penting
|
Menuliskan 2
informasi penting
|
Menuliskan 1
informasi penting
|
Menjelaskan bagian yang menarik
|
Menjelaskan bagian yang menarik
dengan
bahasa
yang runtut
|
Menjelaskan
bagian yang
menarik dengan
bahasa yang
kurang
runtut
|
Menjelaskan
bagian yang
menarik dengan
bahasa yang tidak
runtut
|
Memberikan pendapat
|
Pendapat sesuai
dengan tema
|
Pendapat kurang
sesuai dengan
tema
|
Pendapat tidak
sesuai dengan
tema
|
Memberikan alasan
perlunya membaca
teks
|
Bahasa yang
digunakan efektif
dan mudah
dipahami
|
Sebagian bahasa
yang digunakan
efektif dan mudah
dipahami
|
Saran tidak
menggunakan
bahasa yang efektif dan sulit
dipahami
|
2. Matematika dinilai dengan
penilaian angka.
3. Daftar Periksa PPKn: Sikap Kepahlawanan
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Kelengkapan
isi cerita
|
Cerita memuat
harapan, sikap cinta tanah air
dan perjuangan
yang dilakukan
|
Cerita memuat
dua dari
informasi
berikut: harapan,
sikap cinta
tanah air dan
perjuangan
yang dilakukan
|
Cerita memuat
satu dari
informasi
berikut: harapan,
sikap cinta
tanah air dan
perjuangan
yang dilakukan
|
Cerita sama
sekali tidak
memuat salah
satu informasi
berikut:
harapan,
sikap cinta
tanah air dan
perjuangan
yang dilakukan
|
Kesesuaian
dengan
topik
|
Isi cerita sesuai
dengan
topik.
|
Sebagian besar
isi cerita sesuai
dengan
topik
|
Sebagian kecil
isi cerita sesuai
dengan
topik
|
Isi cerita tidak
sesuai dengan
topik
|
4. Penilaian Sikap (pantang
menyerah, bekerja sama, dan teliti). Contoh terlampir pada halaman 151.
F.
Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
Media : LKS (buku siswa)
Alat : Bola
positif negatif (dibuat dari kertas karton berwarna
merah
dan kuning atau kertas yang diberi warna merah dan kuning)
Sumber Belajar : Buku Guru dan
Buku siswa, Lingkungan
Mengetahui, Tijue, ......., ....................., 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
Parianti, S.Pd
Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760605 200701 2 004
LEMBAR
KERJA SISWA
(LKS)
MEDIA
TEMA 5 KELAS 4 SUB 3 PB 1
TEMA 5 KELAS 4 SUB 3 PB 2
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment