Home » » TEMA 5 KELAS 4 SUB 3 PB 4

TEMA 5 KELAS 4 SUB 3 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday, 11 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                          : 4/1
Tema 5                                       : Pahlawanku
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Sikap Kepahlawanan / 4
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
3.2 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil.
3.2.1        Mengenal permainan badminton
4.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau  olahraga tradisional bola kecil.
4.2.1        Siswa mampu melakukan gerakan servis dan lob dengan benar

c) Matematika
3.8 Memahami pola penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan hal-hal yang konkrit dan garis bilangan
3.8.1 Menyelesaikan masalah yang terkait dengan bilangan bulat
4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat mat ematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas sehari- hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya
4.1.1        Menjelaskan jawaban dari soal yang diselesaikan

d) PPKn
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat
3.2.1        Menjelaskan dampak dari perilaku supporter yang tidak baik
4.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat
4.2.1        Menjelaskan kewajiban sebagai penonton

d) Bahasa Indonesia
3.5 Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.5.1        Siswa mampu menuliskan hal-hal yang dilakukan oleh Susisusanti dan dampaknya
4.5 Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia  lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5.1        Siswa mampu meberikan pendapat atau ulasan dari teks yang diberikan

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
o   -
 
  D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Pahlawanku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
-          Guru menampilkan sosok Susi Susanti
-          Setelah berdiskusi tentang sosok susi susanti. Guru memberikan penguatan bahwa Susi Susanti pemain Bulu tangkis dan dia berjuang untuk Indonesia
-          Guru mengajak siswa berlatih badminton.
-          Siswa melakukan permainan badminton
-          Siswa membaca teks tentang Susi Santi. Siswa membaca teks dengan mengaplikasikan keterampilan membaca yang sudah dipelajarinya.
-          Setelah menjawab petanyaan tersebut, siswa berdiskusi dengan kelompokknya untuk berdiskusi mengenai jawaban.
-          Satu kelompok bisa maju ke depan untuk mempresetasikan jawaban yang diberikan
-          Guru memotivasi siswa untuk membaca denga detail dan memberi tanda hal-hal penting yang ada dalam teks
-          Siswa menuliskan hal-hal yang dilakukan oleh Susi Susanti dan dampaknya untuk Indonesia.
-          Siswa menuliskan pendapat mereka tentang
Apakah Susi Susanti bisa disebut pahlawan?
-          Guru menguatkan bahwa pahlawan adalah orang yang melakukan hal yang berguna untuk bangsanya
-          Siswa mengamati 2 gambar yaitu tentang superter yang tertib dan tidak tertib saat menonton pertandingan.
-          Siswa mengamati gambar tersebut dan menuliskan hal-hal yang mereka lihat dalam tabel yang ada di buku siswa
-          Guru memberikan penguatan bahwa ketika kita menonton sebuah pertandingan kita harus bersikap tertip karena itu adalah kewajiban penonton.
-          Siswa mengerjakan soal-soal yang terkait dengan bilangan bulat. Siswa mengerjakan soal dan mengaplikasikan keterampilan problem solving.

Misalkan:
·         Suatu hari Edo menonton pertandingan bulu tangkis. Ia melihat pemain bulu tangkis Indonesia bertanding dengan pemain dari Thailand. Pada babak pertama dari 20 serangan yang dilakukan oleh pemain Indonesi 16 masuk ke daerah lawan dan sisanya keluar dari dari daerah lawan. Sementara, 20 serangan yang dilakukan oleh pemain Thailand 15 masuk ke daerah lawan dan sisanya keluar dari daerah lawan.
Jika babak pertama dimenangkan oleh pemain yang bisa mencapai nilai 21 siapakah yang akan memenangkan pertandingan?

-          Siswa melakukan perenungan tentang pembelajaran 1 dengan mejawab pertanyaan yang terdapat pada buku siswa.
-          Guru memberikan penguatan bahwa ketika kita menonton sebuah pertandingan kita harus bersikap tertip karena itu adalah kewajiban penonton.

Pengayaan
·         Siswa membaca teks dan mencari pikiran pokok dari tiap paragraph.

Remedial
·         Siswa yang masih kesulitan tentang soal yang terkait dengan bilangan bulat, akan diberikan soal-soal tambahan.
-           
 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).




Penilaian

IPS : Grafik Organezer tentang Susi Susanti
Kriteria
Ya
Tidak

Menuliskan hal-hal yang dilakukan oleh Susi Susanti dengan benar

Menuliskan dampak dari hal-hal yang dilakukan oleh Susi Susanti dengan tepat



Menuliskan pendapat tentang Susi Susanti adalah pahlawan dengan lengkap



PPKn : Tabel dari analisa gambar
Kriteria
Ya
Tidak

Menuliskan 2 fakta dari gambar yang diamati dengan benar



Menuliskan dampak dari hal-hal yang dilakukan dengan benar



Menuliskan pendapat tentang gambar dengan detail



Menuliskan sikap-sikap yang harus dilakukan pada saat mejadi supporter dengan benar



Matematika : Mengerjakan soal-soal yang dinilai dengan nilai angka.


F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
Media                   : LKS (buku siswa)
Alat                      : Peralatan untuk percobaan kaca pembesar (Lub), berbagai bahan bacaan                                   tentang Sultan Iskandar Muda

Sumber Belajar     : Buku Guru dan Buku siswa, Lingkungan



Mengetahui,                                                                        Tijue, 26  November 2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004



LEMBAR KERJA SISWA
 (LKS)


 
Perharhatikan gambar berikut dan berikan pendapatmu !



Pendapat :
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………

  

Pendapat :
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………

MEDIA
TEMA 5 KELAS 4 SUB 3 PB 4

TEMA 5 KELAS 4 SUB 3 PB 4

TEMA 5 KELAS 4 SUB 3 PB 4

TEMA 5 KELAS 4 SUB 3 PB 4
   
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors