RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 4/1
Tema 5 :
Pahlawanku
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Sikap
Kepahlawanan / 4
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
3.2 Memahami konsep variasi dan
kombinasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor,
dan manipulatif dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional
bola kecil.
3.2.1
Mengenal
permainan badminton
4.2 Mempraktikkan variasi dan
kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga
tradisional bola kecil.
4.2.1
Siswa
mampu melakukan gerakan servis dan lob dengan benar
c) Matematika
3.8 Memahami pola penjumlahan dan
pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan
hal-hal yang konkrit dan garis bilangan
3.8.1 Menyelesaikan masalah yang
terkait dengan bilangan bulat
4.1 Mengemukakan kembali dengan
kalimat sendiri, menyatakan kalimat mat ematika dan
memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK
dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas sehari- hari
di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya
4.1.1
Menjelaskan
jawaban dari soal yang diselesaikan
d) PPKn
3.2 Memahami hak dan kewajiban
sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah,
sekolah dan masyarakat
3.2.1
Menjelaskan
dampak dari perilaku supporter yang tidak baik
4.2 Memahami hak dan kewajiban
sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah,
sekolah dan masyarakat
4.2.1
Menjelaskan kewajiban
sebagai penonton
d) Bahasa Indonesia
3.5 Menggali informasi dari teks
ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan
Hindu-Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.5.1
Siswa mampu menuliskan hal-hal yang
dilakukan oleh Susisusanti dan dampaknya
4.5 Mengolah dan menyajikan teks
ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5.1
Siswa mampu meberikan pendapat atau
ulasan dari teks yang diberikan
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
o
-
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Pahlawanku”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
-
Guru menampilkan
sosok Susi Susanti
-
Setelah berdiskusi tentang sosok susi susanti.
Guru memberikan penguatan bahwa Susi Susanti pemain Bulu tangkis dan dia
berjuang untuk Indonesia
-
Guru mengajak siswa
berlatih badminton.
-
Siswa melakukan
permainan badminton
-
Siswa membaca teks
tentang Susi Santi. Siswa membaca teks dengan mengaplikasikan keterampilan
membaca yang sudah dipelajarinya.
-
Setelah menjawab
petanyaan tersebut, siswa berdiskusi dengan kelompokknya untuk berdiskusi
mengenai jawaban.
-
Satu kelompok bisa
maju ke depan untuk mempresetasikan jawaban yang diberikan
-
Guru memotivasi siswa
untuk membaca denga detail dan memberi tanda hal-hal penting yang ada dalam
teks
-
Siswa menuliskan
hal-hal yang dilakukan oleh Susi Susanti dan dampaknya untuk Indonesia.
-
Siswa menuliskan
pendapat mereka tentang
Apakah
Susi Susanti bisa disebut pahlawan?
-
Guru menguatkan bahwa
pahlawan adalah orang yang melakukan hal yang berguna untuk bangsanya
-
Siswa mengamati 2
gambar yaitu tentang superter yang tertib dan tidak tertib saat menonton
pertandingan.
-
Siswa mengamati
gambar tersebut dan menuliskan hal-hal yang mereka lihat dalam tabel yang ada di buku siswa
-
Guru memberikan
penguatan bahwa ketika kita menonton sebuah pertandingan kita harus bersikap
tertip karena itu adalah kewajiban penonton.
-
Siswa mengerjakan
soal-soal yang terkait dengan bilangan bulat. Siswa mengerjakan soal dan
mengaplikasikan keterampilan problem
solving.
Misalkan:
·
Suatu hari Edo menonton
pertandingan bulu tangkis. Ia melihat pemain bulu tangkis Indonesia
bertanding dengan pemain dari Thailand. Pada babak pertama dari 20 serangan yang dilakukan oleh pemain Indonesi
16 masuk ke daerah lawan dan sisanya keluar dari dari daerah lawan.
Sementara, 20 serangan yang dilakukan
oleh pemain Thailand 15 masuk ke daerah lawan dan sisanya keluar dari daerah
lawan.
Jika babak pertama dimenangkan oleh pemain yang
bisa mencapai nilai 21 siapakah yang akan memenangkan pertandingan?
-
Siswa melakukan
perenungan tentang pembelajaran 1 dengan mejawab pertanyaan yang terdapat
pada buku siswa.
-
Guru memberikan
penguatan bahwa ketika kita menonton sebuah pertandingan kita harus bersikap
tertip karena itu adalah kewajiban penonton.
Pengayaan
·
Siswa
membaca teks dan mencari pikiran pokok dari tiap paragraph.
Remedial
·
Siswa yang masih
kesulitan tentang soal yang terkait dengan bilangan bulat, akan diberikan
soal-soal tambahan.
-
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
4.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
IPS : Grafik Organezer tentang Susi Susanti
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
||
|
|
|
||
|
|
|
PPKn : Tabel dari analisa gambar
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Matematika
: Mengerjakan soal-soal yang dinilai dengan nilai angka.
F.
Media,
Alat Bantu dan
Sumber Belajar
Media : LKS (buku siswa)
Alat : Peralatan untuk percobaan kaca
pembesar (Lub), berbagai bahan bacaan tentang Sultan Iskandar
Muda
Sumber Belajar : Buku Guru
dan Buku siswa, Lingkungan
Mengetahui, Tijue,
26 November 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
Parianti, S.Pd
Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760605 200701 2 004
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Pendapat :
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
Pendapat :
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment