RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD IQRO’ SIGLI
Kelas/Semester : IV/2
Tema 5 :
Pahlawanku
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Sikap kepahlawanan/
5
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha
Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan
sarana belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan
yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi
modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan
sosial
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan
tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.4.1 Mampu menemukan kata-kata baru pada
teks petualangan
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang
lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4.1 Menceritakan kembali teks Petualangan
b) IPS
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah
menciptakan waktu dengan segala perubahannya 1.2 Menjalankan ajaran agama dalam
berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan
sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
3.1 Mengenal manusia, aspek keruangan,
konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi,
dan pendidikan
3.1.1 Menjelaskan hal-hal baik dari cerita
4.1 Menceriterakan tentang hasil bacaan
mengenai pengertian ruang, konektivitas antar ruang, perubahan, dan
keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat
di sekitarnya
4.1.1 Memberikan pendapat yang mencerminkan
sikap kepahlawanan
c) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari
hubungan keteraturandan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung
jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.6 Memahami sifat-sifat cahaya
melalui pengamatan dan mendeskripsikan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
3.6.1 Menjelaskan sifat
pemantulan cahaya
4.5 Membuat sebuah karya/model yang memanfaatkan
sifat-sifat cahaya
4.5.1 Menjelaskan benda-benda
yang dapat memantulkan cahaya
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
- IPA- Benda yang dapat memantulkan Cahaya
- IPS – Sikap Kepahlawanan
- BI – Menceritakan Kembali
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “pahlawanku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
-
Siswa membaca teks tentang Kejujuran membawa Kebahagiaan.
-
Siswa meneamukan kata-kata sulit dalam teks.
-
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang diberikan.
1.
Apa isi cerita
di atas?
2.
Apa pendapat
kamu tentang Acil?
3. Hala baik apa yang bisa kamu ambil dari cerita tadi?
-
Siswa
mendiskusikan jawabannya dengan kelompoknya.
-
Siswa
menceritakan pengalamannya tentang kejujuran.
-
Siswa menggambarkan tokoh yang paling di kagumi.
-
Siswa menuliskan alasannya
-
Siswa mengamati benda-benda di sekitarnya.
-
Siswa mencoba untuk memantulkan benda tersebut dengan
cahaya.
-
Siswa menulis hasil observasinya.
-
Siswa menyimpulkan benda-benda yang bisa memantulkan cahaya
-
Siswa
melakukan perenungan tentang pembelajaran dengan mejawab pertanyaan yang
terdapat pada buku siswa.
-
Bila diperlukan, Guru
mengembangkan pertanyaan perenungan dengan berpedoman kepada panduan
perenungan yang terlampir
Pengayaan
-
Remedial
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3. Menyampaikan pesan moral/belajar.
4. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses :1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar :
Essay (uraian).
Penilaian
IPS dan Bahasa Indonesia: Menjawab pertanyaan dari
teks
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Menceritakan
kembali cerita yang dibaca
|
|
|
Menemukan
hal-hal positif dari cerita yang di baca
|
|
|
Memberikan
sosuli terhadap suatu masalah yang mengaplikasikan nilai-nilai pahlawan
dengan benar
|
|
|
IPA:
Membuat periskop
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Menemukan
benda-benda yang dapat memantulkan cahaya
|
|
|
Menjelaskan
alasannya dengan benar
|
|
|
F.
Media,
Alat Bantu dan
Sumber Belajar
Media : Gambar
Alat : LKS (buku siswa)
Sumber Belajar : Buku Guru
dan Buku siswa, Lingkungan
Diketahui, Sigli, Januari 2016
Guru Kelas IV SD Iqro’ Sigli Guru Magang,
............................................... Hj. DAHNIAR, S.Pd
NIP. ....................................... NIP. 19651105 198610 2 001
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Berdasarkan teks bacaan di buku
siswa, carilah kata sulit dan buat kalimat berdsarkan kata sulit tersebut!
Kata sulit
|
Kalimat
|
.....................................
.....................................
.....................................
.....................................
.....................................
.....................................
.....................................
.....................................
|
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
|
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment