Home » » TEMA 5 KELAS 4 SUB 3 PB 5

TEMA 5 KELAS 4 SUB 3 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday, 11 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD IQRO’ SIGLI
Kelas/Semester                           : IV/2
Tema 5                                        : Pahlawanku
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Sikap kepahlawanan/ 5
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan sosial
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.4.1 Mampu menemukan kata-kata baru pada teks petualangan
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4.1 Menceritakan kembali teks Petualangan

b) IPS
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya 1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
3.1 Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
3.1.1 Menjelaskan hal-hal baik dari cerita
4.1 Menceriterakan tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya
4.1.1 Memberikan pendapat yang mencerminkan sikap kepahlawanan

c) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturandan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.6  Memahami sifat-sifat cahaya melalui pengamatan dan mendeskripsikan    penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.6.1 Menjelaskan sifat pemantulan cahaya
4.5  Membuat sebuah karya/model yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya
4.5.1 Menjelaskan benda-benda yang dapat memantulkan cahaya
                         
C. Deskripsi Materi Pembelajaran :

  1. IPA- Benda yang dapat memantulkan Cahaya
  2. IPS – Sikap Kepahlawanan
  3. BI – Menceritakan Kembali

 
 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “pahlawanku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
-          Siswa membaca teks tentang Kejujuran membawa Kebahagiaan.
-          Siswa meneamukan kata-kata sulit dalam teks.
-          Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang diberikan.
1.      Apa isi cerita di atas?
2.      Apa pendapat kamu tentang Acil?
3.      Hala baik apa yang bisa kamu ambil dari cerita tadi?

-          Siswa mendiskusikan jawabannya dengan kelompoknya.
-          Siswa menceritakan pengalamannya tentang kejujuran.
-          Siswa menggambarkan tokoh yang paling di kagumi.
-          Siswa menuliskan alasannya
-          Siswa mengamati benda-benda di sekitarnya.
-          Siswa mencoba untuk memantulkan benda tersebut dengan cahaya.
-          Siswa menulis hasil observasinya.
-          Siswa menyimpulkan benda-benda yang bisa memantulkan cahaya
-          Siswa melakukan perenungan tentang pembelajaran dengan mejawab pertanyaan yang terdapat pada buku siswa.
-          Bila diperlukan, Guru mengembangkan pertanyaan perenungan dengan berpedoman kepada panduan perenungan yang terlampir

Pengayaan
-
Remedial

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah



15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               :1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar     : Essay (uraian).




Penilaian
IPS dan Bahasa Indonesia: Menjawab pertanyaan dari teks
Kriteria
Ya
Tidak
Menceritakan kembali cerita yang dibaca


Menemukan hal-hal positif dari cerita yang di baca


Memberikan sosuli terhadap suatu masalah yang mengaplikasikan nilai-nilai pahlawan dengan benar



IPA: Membuat periskop
Kriteria
Ya
Tidak
Menemukan benda-benda yang dapat memantulkan cahaya


Menjelaskan alasannya dengan benar




F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
Media                   : Gambar
Alat                      : LKS (buku siswa)
Sumber Belajar     : Buku Guru dan Buku siswa, Lingkungan



Diketahui,                                                                                Sigli,         Januari 2016
Guru Kelas IV SD Iqro’ Sigli                                                 Guru Magang,



...............................................                                                 Hj. DAHNIAR, S.Pd
NIP. .......................................                                                 NIP. 19651105 198610 2 001



LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)


Berdasarkan teks bacaan di buku siswa, carilah kata sulit dan buat kalimat berdsarkan kata sulit tersebut!
Kata sulit
Kalimat

.....................................




.....................................




.....................................




.....................................




.....................................




.....................................




.....................................




.....................................





............................................................................................................
............................................................................................................ ............................................................................................................ ............................................................................................................

............................................................................................................ ............................................................................................................ ............................................................................................................ ............................................................................................................

............................................................................................................ ............................................................................................................ ............................................................................................................ ............................................................................................................

............................................................................................................ ............................................................................................................ ............................................................................................................ ............................................................................................................

............................................................................................................ ............................................................................................................ ............................................................................................................ ............................................................................................................

............................................................................................................ ............................................................................................................ ............................................................................................................ ............................................................................................................

............................................................................................................ ............................................................................................................ ............................................................................................................ ............................................................................................................

............................................................................................................ ............................................................................................................ ............................................................................................................ ............................................................................................................




LEMBAR KERJA SISWA 
(LKS)


MEDIA
TEMA 5 KELAS 4 SUB 3 PB 5
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors