RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 4/1
Tema 5 :
Pahlawanku
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Sikap
Kepahlawanan/ 6
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
3.1 Mengenal manusia, aspek
keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan
dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
3.1.1
Siswa
menyebutkan nilai-nilai pahlawan
4.1 Menceriterakan tentang hasil
bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas antar
ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
dalam lingkup masyarakat di sekitarnya
4.1.1
Siswa
mampu menceritakan pengalaman mereka meneledani sikap kepahlawanan
c) PPKn
3.2 Memahami hak dan kewajiban
sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah,
sekolah dan masyarakat
3.2.1
Siswa
menyebutkan perjuangan yang dilakukan oleh orang sekitar
4.2 Melaksanakan kewajiban
sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
4.2.1
Siswa
mampu menjelaskan nilai-nilai kepahlawanan pada orang-orang di sekitarnya.
d) Bahasa Indonesia
3.5 Menggali informasi dari teks
ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan
Hindu-Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.5.1 Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan
teks
4.5 Mengolah dan menyajikan teks
ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan
Hindu-Budha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5.1
Siswa bisa memberikan
pendapat dari teks yang dibacanya
C. Materi Pembelajaran :
o
-
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “pahlawanku”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
-
Siswa
mengamati beberapa gambar tentang pemadam kebakaran, sukarelwan dan polisi.
-
Siswa
memberikan pendapat mereka tentang hal yang mereka lakukan dan apakah mereka
bisa dikatakan sebagai pahlawan.
-
Ketika
siswa membahas sosok-sosok pahlawan di atas guru memberikan penguatan kepada
siswa bahwa Pemadam kebakaran dan petugas polisi mempertaruhkan hidupnya
untuk membantu orang lain. Sukarelawan bekerja untuk membuat lingkungannya
menjadi tempat yang lebih baik untuk hidup
-
Siswa
membaca teks tentang Penyelamat lingkungan.
-
Siswa
menuliskan hal-hal yang dilakukan oleh kakek Juhaeri.
-
Siswa
menuliskan pendapat mereka tentang apakah kakek Juhaeri bisa disebut sebagai
pahlawan.
-
Guru
menguatkan bahwa setiap orang bisa menjadi pahlawan. Kakek Juhaeri melakukan
hal berguna untuk lingkungannya
-
Siswa
menggambarkan diri mereka bahwa mereka adalah pahlawan.
-
Siswa
menuliskan sikap yang sudah dilakukan yang meneladani nilai-nilai
kepahlawanan. Guru meminta siswa untu menceritakan pengalamnya dengan detail
dan menggunakan kalimat yang lengkap
-
Siswa
melakukan perenungan tentang pembelajaran dengan mejawab pertanyaan yang
terdapat pada buku siswa
Pengayaan
-
Siswa
membacara artikel tentang kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. Siswa
menganalis sikap kepahlawanan yang dimiliki orang tokoh tersebut
Remedial
-
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
4.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
Bahasa
Indonesia :
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
|
|
|||
|
PKn dan IPS: Cerita diri Pengalaman
sikap kepahlawanan.
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
|
|
|||
|
|||
|
|||
|
F.
Media,
Alat Bantu dan
Sumber Belajar
Media : LKS (buku siswa)
Alat : -
Sumber Belajar : Buku Guru
dan Buku siswa, Lingkungan
Mengetahui, Tijue,
28 November 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
Parianti, S.Pd
Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760605 200701 2 004
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
MEDIA
TEMA 5 KELAS 4 SUB 3 PB 1
TEMA 5 KELAS 4 SUB 3 PB 2
TEMA 5 KELAS 4 SUB 3 PB 3
TEMA 5 KELAS 4 SUB 3 PB 4
TEMA 5 KELAS 4 SUB 3 PB 5
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment