Home » » TEMA 5 KELAS 4 SUB 3 PB 6

TEMA 5 KELAS 4 SUB 3 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday, 12 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                           : 4/1
Tema 5                                       : Pahlawanku
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Sikap Kepahlawanan/ 6
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
3.1 Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
3.1.1        Siswa menyebutkan nilai-nilai pahlawan
4.1 Menceriterakan tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya
4.1.1        Siswa mampu menceritakan pengalaman mereka meneledani sikap kepahlawanan

c) PPKn
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat
3.2.1        Siswa menyebutkan perjuangan yang dilakukan oleh orang sekitar
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
4.2.1        Siswa mampu menjelaskan nilai-nilai kepahlawanan pada orang-orang di sekitarnya.

d) Bahasa Indonesia
3.5 Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.5.1 Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks
4.5 Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan        perkembangan Hindu-Budha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5.1        Siswa bisa memberikan pendapat dari teks yang dibacanya

C. Materi Pembelajaran :
o   -
 
 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “pahlawanku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
-          Siswa mengamati beberapa gambar tentang pemadam kebakaran, sukarelwan dan polisi.
-          Siswa memberikan pendapat mereka tentang hal yang mereka lakukan dan apakah mereka bisa dikatakan sebagai pahlawan.
-          Ketika siswa membahas sosok-sosok pahlawan di atas guru memberikan penguatan kepada siswa bahwa Pemadam kebakaran dan petugas polisi mempertaruhkan hidupnya untuk membantu orang lain. Sukarelawan bekerja untuk membuat lingkungannya menjadi tempat yang lebih baik untuk hidup
-          Siswa membaca teks tentang Penyelamat lingkungan.
-          Siswa menuliskan hal-hal yang dilakukan oleh kakek Juhaeri.
-          Siswa menuliskan pendapat mereka tentang apakah kakek Juhaeri bisa disebut sebagai pahlawan.
-          Guru menguatkan bahwa setiap orang bisa menjadi pahlawan. Kakek Juhaeri melakukan hal berguna untuk lingkungannya
-          Siswa menggambarkan diri mereka bahwa mereka adalah pahlawan.
-          Siswa menuliskan sikap yang sudah dilakukan yang meneladani nilai-nilai kepahlawanan. Guru meminta siswa untu menceritakan pengalamnya dengan detail dan menggunakan kalimat yang lengkap
-          Siswa melakukan perenungan tentang pembelajaran dengan mejawab pertanyaan yang terdapat pada buku siswa

Pengayaan
-          Siswa membacara artikel tentang kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. Siswa menganalis sikap kepahlawanan yang dimiliki orang tokoh tersebut

Remedial
-
 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).



Penilaian

Bahasa Indonesia :
Kriteria
Ya
Tidak

Menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang di berikan dengan bena



Memberikan pendapat berdasarkan teks dengan benar



PKn dan IPS: Cerita diri Pengalaman sikap kepahlawanan.
Kriteria
Ya
Tidak

Menuliskan pengalaman diri yang mencrminkan sikap kepahlawanan



Menuliskan sikap kepahlawanan yang terkandung dalam pengalaman tersebut



Menuliskan menggunakan ejaan yang disempurnakan



Menulis dengan runtut dan ditail



F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
Media                   : LKS (buku siswa)
Alat                      : -
Sumber Belajar     : Buku Guru dan Buku siswa, Lingkungan



Mengetahui,                                                                        Tijue, 28  November 2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004



LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

Apakah yang dilakukan orang-orang berikut mencerminkan sikap kepahlawanan?





MEDIA

TEMA 6 KELAS 4 SUB 3 PB 6


TEMA 5 KELAS 4 SUB 3 PB 1
TEMA 5 KELAS 4 SUB 3 PB 2
TEMA 5 KELAS 4 SUB 3 PB 3
TEMA 5 KELAS 4 SUB 3 PB 4
TEMA 5 KELAS 4 SUB 3 PB 5


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors