RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/2
Tema 5 :
Mengenal Olahraga dan Permainan Tradisional
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Permainan Tradisional
di Daerahku / 3
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup,
hidup sehat, benda dan sifatnya,
energi dan perubahan, bumi dan alam semesta
2.2 Memiliki
kedisiplinan dan tanggung untuk hidup sehat serta merawat
hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia
3.5 Menggali
informasi dari teks permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan
hewan dan tumbuhan dengan bantuan guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
3.5.1
Mengidentifikasi informasi
yang terdapat dalam teks petunjuk permainan Goncang Kaleng 4.5
Mendemonstrasikan teks
permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan
tumbuhan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian.
.4.5.2 Mempraktikkan permainan tradisional tentang
kehidupan hewan dan tumbuhan sesuai dengan teks petunjuk.
b) SBdP
1.1 Memuji keunikan kemampuan manusia dalam
berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugrah Tuhan
2.3 Menunjukkan
perilaku disiplin, tanggung jawab dan
kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
3.4 Mengetahui cara mengolah bahan alam dan buatan
untuk membuat prakarya.
3.4.4 Memahami cara menanam tanaman sayur di
lingkungan sekitar.
4.16 Menanam
tanaman sayuran di lingkungan sekitar.
4.16.2
Mempraktekkan menanam tanaman sayuran di lingkungan sekitar.
c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianut
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur,
tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak
mudah menyerah dalam mengerjakan
tugas
3.7 Menemukan sifat simetri bangun datar (melalui
kegiatan menggunting dan melipat
atau cara lainnya), simetri putar dan pencerminan menggunakan
bendabenda konkrit.
4.3 Menunjukkan hasil rotasi dan pencerminan
suatu bangun datar dengan menggunakan gamar.
3.7.3
Mengidentifikasi hasil pencerminan
sebuah bangun datar.
4.3.2 Membuktikan
hasil pencerminan sebuah object
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Mengetahui permainan tradisional
yang menggambarkan kehidupan
hewan
2. Menanam tanaman sayur dengan
gembira
3. Bermain peran saat manusia
bercermin dan mempelajari hasil
pencerminan
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Permainan Tradisional”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru mengajak
siswa ke lapangan sekolah.
o
Siswa
mendengarkan penjelasan guru mengenai permainan
Goncang kaleng
o
Guru membacakan
urutan permainan goncang kaleng
dan memperagakan permainannya dengan
meminta beberapa perwakilan siswa terlibat.
o
Siswa melakukan
permainan goncang kaleng selama 1
jam pelajaran.
o
Pada satu jam
pelajaran terakhir guru kembali mengumpulkan
siswa dan meminta siswa menceritakan
secara lisan mengenai urutan permainan
goncang kaleng secara benar. Dalam tahap ini
guru dapat mengevaluasi siswa sesuai KD 4.5.
o
Siswa bernyanyi
lagu menanam jagung bersama-sama.
o
Siswa
mengidentifikasi langkah-langkah menanam
jagung berdasarkan lagu yang dinyanyikan
o
Siswa pergi ke
kebun atau halaman sekolah yang
menjadi lokasi menanam.
o
Guru
memperkenalkan lagu menanam jagung.
o
Siswa menyanyikan
lagu menanam jagung secara
bersama-sama.
o
Guru menjelaskan
pengantar mengenai kegiatan menanam.
o
Sebelumnya siswa
dibagi menjadi 5 kelompok besar.
o
Siswa
mengumpulkan perlengkapan menanam yang
telah ditugaskan dalam kelompok.
o
Siswa menempelkan
nama dalam pot/polybag/ kaleng
bekas yang dibawanya.
o
Setiap siswa
mempersiapkan perlengkapan menanamnya.
o
Guru menjelakan
cara bercocok tanam yang baik.
o
Siswa melakukan
cocok tanam sederhana dalam bimbingan
guru. Pada tahapan ini guru dapat melakukan
proses evaluasi KD 4.16.
o
Siswa meletakkan
hasil cocok tanamnya pada area terbuka
yang mendapat cukup sinar matahari.
o
Guru membimbing
siswa untuk membersihkan kembali
tempat dan peralatan bercocok tanam.
o
Salah satu siswa
menceritakan pengalaman mereka
menanam tanamman sayur.
o
Siswa lainnya
mendengarkan dan member tanggapan
mengenai urutan menanam yang disampaikan
temannya.
o
Guru
menginformasikan mengenai permainan cermin
ajaib.
o
Dimana siswa akan
berpasangan dan melakukan
suit. Siswa yang menang akan memperagakan
beberapa gaya seolah sedang bercermin.
Siswa yang kalah harus dapat memperagakan
gaya dengan tepat seolah ia adalah
bayangan di dalam cermin. Hal tersebut dilakukan
berulang. Apabila giliran bayangan melakukan
gerakan yang salah atau terlambat melakukan
gerakan, maka wajahnya dicoret dengan
bedak.
o
Setiap siswa
mencari seorang teman untuk bermain
cermin ajaib.
o
Guru berdiri di
depan kelas dan meminta seluruh
siswa untuk berdiri menjadi bayangan di
cermin. Seluruh siswa harus melakukan apa yang
dilakukan guru. Guru mengangkat tangan kanan dan
melihat reaksi siswa.
o
Guru menjelaskan
bahwa ketika bercermin arah kanan
benda, akan terlihat sebagai arah kiri bayangan.
Namun ukuran dan warna benda akan sama
persis seperti objek tersebut.
o
Siswa yang belum
memahami materi yang disampaikan
dapat bertanya.
o
Siswa mengerjakan
soal di buku siswa mengenai pencerminan
bangun datar.
o
Setelah
mengerjakan latihan soal di buku, guru dan siswa
membahas bersama jawaban yang benar.
Guru dapat mengambil nilai pengetahuan sesuai KD
3.7 pada tahapan ini.
o
Guru dan siswa
menyimpulkan pembelajaran mengenai pencerminan
bangun datar.
Pengayaan
o
Siswa dapat
menganalisis nilai moral yang terdapat dalam permainan
o
Goncang Kaleng
apabila telah mampu mendemonstrasikan permainan tersebut
dengan baik.
o
Siswa dapat
menanam bibit jenis sayuran lainnya apabila telah mampu menanam bibit cabai/ bawang dengan baik.
o
Siswa dapat
Menganalisis hasil pencerminan pada permukaan yang tidak rata seperti permukaan sendok atau permukaan air.
Remedial
·
Guru dapat
membimbing siswa dengan menjelaskan secara lisan dan mencontohkan urutan permainan Goncang Kaleng
apabila siswa mengalami
kesulitan dalam memainkannya.
·
Guru dapat
membimbing dan menjelaskan kembali urutan menanam sayuran dengan baik apabila siswa mengalami
kesulitan untuk melakukannya.
·
Guru dapat
membimbing dan menjelaskan kembali konsep pencerminan bangun datar apabila siswa mengalami kesulitan dalam
memahaminya
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
1. Keterampilan
mendemonstrasikan permainan Goncang kaleng.
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Urutan cara
permainan
|
Seluruh
urutan benar
|
Lebih
dari 50%
urutan benar
|
Kurang
dari 50%
urutan
benar
|
Seluruh urutan
salah.
|
2. Keterampilan menceritakan
kembali urutan bermain goncang kaleng
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Urutan
permainan
|
Seluruh urutan benar
|
Lebih
dari 50%
urutan benar
|
Kurang
dari
50%
urutan
benar
|
Seluruh urutan
salah
|
2.
|
Artikulasi dan
suara
|
Suara lantang,
artikulasi jelas
|
Suara
lantang,
artikulasi
kurang
jelas
atau sebaliknya.
|
Artikulasi
dan
suara
kurang
jelas
namun
cerita
dapat
dipahami
|
Artikulasi
dan suara
kurang jelas
namun cerita
tidak dapat
dipahami.
|
3.
Keterampilan melakukan cocok tanam sesuai teknik yang dijelaskan
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Mempersiapkan
bibit, pupuk,
pot, karung bekas dan alat penyiram.
|
Mempersiapkan
seluruh
bahan dan
alat
|
Mempersiapkan
3-4 bahan
dan
alat.
|
Mempersiapkan
1-2 bahan
dan
ala
|
Tidak
mempersiapkan
bahan dan alat
|
2.
|
Urutan menanam:
mencampur
media tanam dan
pupuk,
memindahkannya
ke dalam
pot,
meletakkan
bibit dan
menutupnya
dengan
tanah,
meletakkan
tanaman
di
tempat
yang
mendapat
sinar
matahari.
|
Melakukan
seluruh langkah
menanam
|
Melakukan
3 langkah
menanam
|
Melakukan
2 langkah
menanam.
|
Melakukan
1 langkah
menanam.
|
4. Mengerjakan test
tertulis di buku siswa
•
Bobot nilai 2 jika
: Jawaban dan alasan tepat
•
Bobot nilai 1 jika
: Jawaban tepat alasan tidak tepat atau sebaliknya
•
Bobot 0 jika :
Jawaban dan alasan tidak tepat
Nilai = bobot total
x 5
Nilai maksimum 100
H. Sumber dan Media
1.
Kaleng berisi batu
kerikil dan tertutup.
2.
Kaleng susu bekas
yang dilubangi, polybag, pot plastik
berdiameter 20 cm, dan sekop.
3.
Bibit bawang merah
atau cabai, karung bekas, alat
penyiram, tanah, dan pupuk kandang secukupnya. Bedak talk.
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
MEDIA
TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 1
TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 2
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment