RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/2
Tema 5 :
Mengenal Olahraga dan Permainan Tradisional
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Permainan Tradisional
di Daerahku / 2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianut
2.4
Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
3.2
Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar nonlokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.2.1 Mengidentifikasi konsep gerak kombinasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana
4.2
Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.2.1 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana.
b) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik
individu dalam kehidupan beragama,
suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan
hobby sebagai anugerah Tuhan Yang
Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.3 Menunjukkan perilaku kerja sama dalam
keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
13.4 Mengetahui
arti bersatu dalam keberagaman
di rumah, sekolah dan masyarakat.
13.4.1 Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang
menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di sekolah.
4.4 Mensimulasikan bentuk-bentuk kebersatuan
dalam keberagaman di rumah,
sekolah dan masyarakat.
4.4.1 Menunjukkan
sikap bermain bersama siapa saja di
lingkungan sekolah tanpa pilih-pilih.
c) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk
hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan,
bumi dan alam semesta
2.2 Memiliki
kedisiplinan dan tanggung untuk hidup sehat serta merawat
hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia
3.5 Menggali
informasi dari teks permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan
hewan dan tumbuhan dengan bantuan guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
3.5.1 Menceritakanpengalaman
mengikuti perlombaan hari kemerdekaan RI.
4.5
Mendemonstrasikan teks
permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan
tumbuhan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian.
4.5.1 Mengidentifikasi informasi yang permainan/dolanan tradisional.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Melakukan permainan sederhana
secara individu.
2. Mempelajari nilai kerja sama dalam
3. permainan sederhana berpasangan.
4. Mengetahui jenis permainan
sederhana berkelompok
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Permainan Tradisional”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Kegiatan diawali
dengan mengucap salam dan berdoa.
o
Siswa
memperhatikan gambar kegiatan lomba
o
17 Agustus dan
menyebutkan nama perlombaan yang
terdapat pada gambar.
o
Beberapa
perwakilan siswa menceritakan lomba
yang pernah mereka ikuti dalam acara 17 Agustus.
o
Siswa membaca
wacana mengenai perlombaan
o
17 Agustus dan
menjawab pertanyaan yang terdapat
dalam buku siswa.
o
Siswa menjawab
pertanyaan dalam buku paket dalam
bentuk dialog sederhana.
o
Guru dan siswa
mendiskusian jawaban yang tepat.
Guru menjelaskan kembali mengenai bentuk
kata tanya.
o
Siswa membaca
dialog yang terdapat dalam buku siswa.
o
Guru dan siswa
melakukan kegiatan pemanasan dengan
melakukan tiga gerakan yaitu mengangkat
tangan ke atas, membungkukan badan
dengan ujung jari menyentuh sepatu
o
dan gerakan
jongkok dengan tumit berjinjit dan tangan
lurus ke depan.
o
Siswa melanjutkan
gerakan pemanasan dengan berlari
kecil di tempat, melompat dan berlari
o
Guru menjelaskan
jenis gerak dasar dibagi atas tiga
macam.
o
Siswa berbaris
membentuk lingkaran di tengah lapangan.
o
Guru menjelaskan
aturan permainan sederhana yang akan
mereka lakukan, yaitu siswa harus mengikuti
gerakan yang disebutkan guru. Jika gerakannya
salah, siswa harus duduk.
o
Siswa yang masih berdiri hingga terakhir adalah pemenangnya.
o
Kata yang
disebutkan guru merupakan satu kata atau kata
beruntun, misalnya: kepiting-udangudang.
o
Siswa dan guru
menyimpulkan bersama-sama mengenai
gerakan non-lokomotor.
Pengetahuan untuk guru
Gerak non-lokomotor
o
Gerakan sederhana tanpa berpindah tempat.
Contoh: Membungkuk, meregang, memutar, menekuk, mengayun, mendarat, dan keseimbangan.
Gerak lokomotor
o
Gerakan sederhana dengan berpindah tempat.
Contoh: Berjalan, berlari, meloncat, melompat, melayang, meluncur, berjingkrak, memanjat.
Gerak manipulatif
o
Gerakan dimana ada sebuah objek yang digerakan.
Contoh: Melempar, menangkap, menendang, melambung, menyepak, memukul.
o
Siswa menyebutkan
suku bangsa dan permainan tradisional
dari daerah masing-masing.
o
Siswa menuliskan
makanan tradisional favorit dari
daerah mereka pada selembar kertas yang cukup
besar.
o
Siswa berdiri
berpasangan dengan teman yang
berbeda agama atau berbeda suku dan mengikat
kaki dengan pita kain
o
Siswa diminta
berlomba menuju kertas bertuliskan
makanan favorit mereka.
o
Setelah melakukan
permainan, guru meminta siswa
mengidentifikasi apa yang dibutuhkan untuk
memenangkan permainan.
o
Siswa menyebutkan
sikap yang dibutuhkan untuk
memangkan permainan tersebut.
o
Guru menanyakan
apa yang terjadi apabila tidak ada sikap
bersatu dalam masyarakat.
o
Siswa dan guru
mendiskusikan mengenai pentingnya
bersatu dalam masyarakat yang beragam.
o
Siswa mengerjakan
soal di buku paket mengenai sikap
bersatu dalam kegiatan sekolah.
Pengayaan
o
Siswa dapat
mempraktikkan jenis gerak non-lokomotor lainnya seperti membungkuk, meregang, memutar, menekuk,
mengayun,mendarat dan keseimbangan.
o
Siswa dapat
menceritakan contoh bersatu dalam keberagaan pada kehidupan mereka sehari-hari, baik di rumah maupun
di sekolah.
o
Siswa dapat
menuliskan gagasan utama yang terdapat dalam setiap paragraf bacaan “Pernak-Pernik 17 Agustus”.
Remedial
o
Guru dapat
membimbing siswa dan mencontohkan kembali gerakan nonlokomotor yang terdapat dalam buku teks.
o
Guru dapat
menjelaskan kembali makna bersatu dalam keberagaman dan memberi contoh konsep tersebut dalam kehidupan
sehari-hari.
o
Guru dapat
meminta siswa membaca kembali teks informatif dan member tanda pada setiap informasi penting mengenai
perlombaan perayaan 17 Agustus.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
1. Keterampilan melakukan gerakan non lokomotor dalam permainan
sederhana
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Gerakan
benar
sesuai
instruksi
guru
(kepiting,
udang dan
ikan)
|
Dapat
memperagakan
3
gerakan
dengan
tepat
|
Dapat
memperagakan
2 gerakan
dengan tepat
|
Dapat
memperagakan
1 gerakan
dengan tepat
|
Tidak
dapat
memperagakan
gerakan
non
lokomotor
dengan
tepat
tepat
|
2.
|
Gerakan
benar
secara
tehnik
|
3 gerakan
sesuai tehnik
|
2 gerakan
sesuai tehnik
|
1 gerakan
sesuai tehnik
|
Seluruh
gerakan belum
sesuai tehnik
yang benar
|
2. Test pengetahuan
mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu dalam
keberagaman di sekolah
Pertanyaan no. 1: Bobot maksimal 2 ( Bila jawaban betul dan alasan
tepat)
Pertanyaan no. 2: Bobot maksimal 1
Pertanyaan no. 3: Bobot maksimal 2 ( Bila jawaban betul dan alasan
tepat)
Score = bobot total x 2
3. Test pengetahuan
menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait informasi tentang permainan/dolanan
tradisional
Bobot setiap jawaban tepat : 20
Nilai siswa : jumlah jawaban benar x 20
Nilai maksimal : 5 x 20 = 100
F. Sumber dan Media
- Kardus bekas sepatu.
- Majalah atau koran bekas.
- Gunting.
- Lem
- Penggaris.
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Saran:
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
Saran:
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment