RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/2
Tema 5 :
Mengenal Olahraga dan Permainan Tradisional
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Permainan
Tradisional di Daerahku /1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup,
hidup sehat, benda dan sifatnya,
energi dan perubahan, bumi dan alam semesta
2.2 Memiliki
kedisiplinan dan tanggung untuk hidup sehat serta merawat
hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia
3.5 Menggali informasi dari teks
permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan dengan bantuan guru
atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5
Mendemonstrasikan teks permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan
tumbuhan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.5.1
Mengidentifikasi informasi berdasarkan teks mengenai permainan tradisional.
4.5.1
Menceritakan kembali teks petunjuk melakukan suatu permainan tradisional dengan
tepat.
b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianut
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur,
tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak
mudah menyerah dalam mengerjakan
tugas
1.8 Menemukan unsure dan sifat bangun datar sederhana
berdasarkan pengamatan.
4.10 Menghasilkan
berbagai bangun datar yang diperoleh
melalui kegiatan melipat dan menggunting
atau cara lainnya.
3.8.1 Menyebutkan unsure-unsur yang ada pada bangun datar yang diamatinya.
4.10.1 Membuat
berbagai bangun datar melalui kegiatan
melipat dan menggunting..
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Mengetahui jenis
mainan anak-anak tradisional
dan modern.
2.
Membuat mainan
tradisional dari bahan alami
dan buatan.
3.
Mengidentifikasi
unsur bangun datar pada berbagai permainan tradisional.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Permainan Tradisional”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru menanyakan
kepada siswa berbagai jenis permainan
yang selalu mereka mainkan baik sendiri maupun
berkelompok
o
Siswa menuliskan
seluruh permainan yang biasa mereka
mainkan di papan tulis. Pada akhir pembelajaran
siswa akan memilih diantara permainan
tersebut yang merupakan permainan tradisional.
o
Guru meminta
siswa membaca teks informative yang terdapat
dalam buku siswa mengenai permainan
tradisional.
o
Guru membimbing
siswa menemukan informasi dengan
menanyakan apa saja hal-hal yang diingat
siswa dari wacana yang telah dibacakan.
o
Siswa menuliskan
dengan bahasa mereka sendiri
informasi yang terdapat dalam teks yang telah
dibacakan pada lembar yang terdapat dalam
buku siswa.
o
Guru berkeliling
dan mengecek informasi yang dituliskan
siswa, memberi masukan terhadap bahasa
yang digunakan.
o
Guru dan siswa
membahas bersama informasi yang
terdapat dalam wacana yang telah dibaca.
o
Siswa menentukan
diantara permainan yang telah
mereka tuliskan di papan tulis yang merupakan
permainan tradisional.
o
Siswa
menceritakan pengalaman mereka dalam bermain
permainan tradisional.
o
Guru menunjukkan
sebuah kardus bekas dan menanyakan
kepada siswa apa saja manfaat dari
benda tersebut.
o
Siswa menyebutkan
berbagai manfaat dari kardus
bekas.
o
Guru menjelaskan
bahwa barang bekas seperti kardus
tersebut dapat dimanfaatkan mejadi berbagai
barang yang memiliki kegunaan bagi manusia,
salah satunya adalah tempat tissu.
o
Guru mengajak
siswa untuk membuat tempat
tissu dari kardus bekas tersebut dan menjelaskan
langkah pembuatannya secara sederhana.
o
Siswa mengikuti
setiap langkah dalam pembuatan
tempat tissu tersebut dalam bimbingan
guru.
o
Guru berkeliling
dan membimbing siswa dalam membuat
karyanya.
o
Setelah kegiatan
membuat tempat tissu tersebut selesai,
siswa melakukan analisis sederhana mengenai
keuntungan menggunakan barangbarang bekas
untuk membuat benda fungsional.
o
Guru dapat
menjelaskan bahwa kegiatan yang baru
mereka lakukan disebut reuse atau menggunakan
kembali barang-barang bekas.
o
Kegiatan ini
dapat mengurangi jumlah sampah di
lingkungan sekitar sehingga menjadi lebih bersih
dan sehat.
o
Guru meminta
siswa mengamati gambar yang terdapat
dalam buku siswa.
o
Siswa mengamati
gambar suasana lapangan bermain
yang terdapat dalam buku siswa dan menyebutkan
jenis-jenis bangun datar yang terdapat
di dalam gambar tersebut.
o
Guru menerangkan
konsep sisi dan titik sudut pada 3
jenis bangun datar pada beberapa bangun
datar (persegi, persegi panjang, segitiga, segi lima
dan segi enam).
o
Siswa mengamati
gambar bangun datar yang terdapat
dalam buku siswa dan menentukan banyak
sisi dan titik sudut yang dimiliki masing-masing bangun
datar.
o
Siswa mengerjakan
latihan soal yang terdapat dalam
buku siswa.
o
Siswa dan guru
mengecek jawaban bersamasama.
o
Guru dapat
menjelaskan kembali konsep penentuan
titik sudut dan sisi pada bangun datar.
o
Siswa
menggambarkan jenis-jenis bangun datar yang
telah mereka ketahui unsur-unsurnya pada selembar
kertas warna kemudian menggunting dan
menempelkannya pada tempat yang tersedia
dalam buku siswa.
Pengayaan
o
Siswa dapat
membaca teks lainnya dan menjelaskan mengenai isi teks kepada guru atau teman-temannya apabila telah mampu mengidentifikasi informasi pada teks yang dibacanya.
o
Siswa dapat
membuat model mobil-mobilan sendiri apabila telah menguasai materi yang disampaikan oleh guru.
o
Siswa dapat
membuat cerita bergambar berisikan apabila telah menguasai konsep dasar membangun bangun datar.
Remedial
o
Guru dapat
membimbing siswa untuk membaca taks informasi yang tersedia jika siswa belum mampu membaca dan
menemukan informasi dari teks
yang disediakan.
o
Guru dapat
membimbing siswa dalam berkreasi apabila siswa belum dapat menyelesaikankteasinya.
o
Guru dapat
mengulang kembali konsep bangun dataruntuk siswa yangbelum menguasi konsep tersebut.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian pengetahuan pada kegiatan menuliskan 5
informasi yang terdapat
dalam teks bacaan berjudul mainan anak-anak.
o
Bobot setiap jawaban tepat : 20
o
Nilai siswa : jumlah jawaban benar x 20
o
Nilai maksimal : 5 x 20 = 100
3. Penilaian keterampilan pada kegiatan
membuat mainan tradisional
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Mempersiapkan
alat dan
bahan
dengan
baik.
|
Membawa
seluruh
barang
yang
ditugaskan
|
Membawa
lebih
dari
50%
barangbarang
yang
ditugaskan.
|
Membawa
kurang
dari
50%
barangbarang
yang
ditugaskan.
|
Tidak
membawa
barangbarang
yang
dibutuhkan.
|
2.
|
Membuat
karya
dengan
langkah
yang
tepat
|
Mampu
melakukan
seluruh
langkah
pembuatan
dengan
baik
|
Mampu
melakukan
lebih
dari
50%
langkah
pembuatan
dengan baik.
|
Mampu
melakukan
kurang dari
50% langkah
pembuatan
dengan baik
|
Tidak
mampu
melakukan
seluruh
langkah
pembuatan
|
3.
|
Hasil karya
|
Penampilan
baik,
ada
inovasi
dan
dapat berfungsi
dengan
baik
|
Penampilan
baik dan
dapat
berfungsi
dengan baik
|
Penampilan
kurang
namun dapat
berfungsi
|
Penampilan
kurang
dan
tidak
dapat
berfungsi.
|
H. Sumber dan Media
- Kardus bekas sepatu.
- Majalah atau koran bekas.
- Gunting.
- Lem
- Penggaris.
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Perhatikan gambar bangun datar berikut ini,
tentukanlah sisi dan titik sudutnya
1.
Persegi memiliki 4 buah titik sudut dan 4
buah sisi.
2.
Persegi panjang memiliki . . . . buah titik sudut dan . . . . buah
sisi.
3.
Segitiga memiliki . . . . buah titik sudut dan . . . . buah sisi.
4.
Segi lima memiliki . . . . buah titik sudut dan . . . . buah
sisi.
5.
Segi enam memiliki . . . . buah titik sudut dan . . . . buah
sisi.
6.
Belah ketupat memiliki . . . . buah titik sudut dan . . . . buah
sisi.
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment