RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Neg. 2 Tijue
Kelas/Semester : 4/1
Tema 5 :
Pahlawanku
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Pahlawanku
kebanggaanku / 6
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
1.2
Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk
Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya,ekonomi dan
politik dalam masyarakat
2.2
Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai, dan bertanggung jawab
terhadap kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik
3.1
Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan
dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
3.1.1
Menjelaskan asal tokoh, perjuangan dan perilaku yang bisa dicontoh dari
pahlawan
4.1
Menceriterakan tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas antar
ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan
pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya
4.1.1
Menuliskan pendapat pentang tanggapan bahwa tanggal 10 November dijadikan Hari Pahlawan
b) IPA
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad
raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan
ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan
berdiskusi
3.6 Memahami
sifat-sifat cahaya melalui pengamatan dan mendeskripsikan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
3.6.1 Menjelaskan
sifat-sifat cermin cekung, cembung, dan datar
4.5 Membuat sebuah
karya/model yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya
4.5.1 Menjelaskan manfaat cermin dalam kehidupan
sehari-hari
c) SBdP
1.1 Mengagumi ciri
khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah
tuhan
2.1 Menunjukkan
sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
3.4 Mengetahui
berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif
3.4.1 Membuat karya
seni kolase
4.2 Membuat karya
seni kolase dengan berbagai bahan
4.2.1 Menceritakan
langkah membuat kartu ucapan yang dibuat
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Perjuangan dan perilaku
yang bisa
dicontoh dari pahlawan
2.
Sifat-sifat cahaya
melalui pengamatan dan mendeskripsikan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.
Karya seni kolase
dengan berbagai bahan
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Pahlawanku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa membaca
teks tentang pahlawan Bung Tomo. Siswa membaca teks dengan mengaplikasikan keterampilan
membaca yang sudah dipelajarinya
o
Guru memotivasi
siswa untuk membaca dengan terinci dan memberi tanda hal-hal penting yang ada
dalam teks
o
Siswa menjawab
pertanyaan yang ada di buku siswa. Saat menjawab pertanyaan, guru memotivasi
siswa untuk menjawab pertanyaan dengan terinci.
o
Berikut adalah
contoh pertanyaan yang ada:
o
Siswa mengamati
gambar mobil peninggalan Bung Tomo.
o
Siswa memberikan
pendapat mereka tentang mobil tersebut.
o
Siswa
membandingkan mobil masa lalu dan masa sekarang
o
Ketika
mengobservasi gambar, guru meminta siswa untuk mengobservasi dengan terinci
baik itu bentuk, warna, dan ukuran
o
Siswa dibagi
menjadi beberapa kelompok. Satu kelompok terdiri atas 5 siswa.
o
Setiap kelompok
dibagikan 2 benda, yaitu 1 sendok dan 1 cermin biasa.
o
Siswa bercermin
dengan berbagai benda yang disiapkan.
o
Siswa menuliskan
hasil bayangan yang dihasilkan dalam tabel yang disediakan.
o
Setiap kelompok
mempresentasikan hasil di depan kelas
o
Guru dapat
mengembangkan pertanyaan perenungan dengan berpedoman
o
kepada panduan
perenungan yang terlampir pada halaman 150
o
Siswa melakukan
perenungan tentang Pembelajaran 6 dengan menjawab pertanyaan yang terdapat
pada buku siswa.
Pengayaan
o
Siswa mencari
berbagai informasi mengenai pemanfaatan sifat-sifat cahaya dalam kehidupan
sehari-hari.
Remedial
o
Bagi siswa yang
masih kesulitan dalam hal menjelaskan sifat-sifat cahaya, siswa akan
bereksplorasi kembali.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
1.
IPS : Menjawab
pertanyaan berdasarkan teks
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Menuliskan nama, tempat
lahir dari Bung Tomo dengan benar
|
|
|
Menuliskan perjuangan yang dilakukan oleh Bung Tomo
dengan benar
|
|
|
Menuliskan sikap dari Bung Tomo
|
|
|
Menuliskan
pendapat tentang tanggal 10 November
sebagai Hari Pahlawan
|
|
|
2. IPA: Hasil
observasi nilai dengan daftar periksa
3.
SBdP
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Tulisan dalam kartu ucapan
mencerminkan ucapan
terima kasih
|
|
|
Tata letak yang tepat
|
|
|
Teknik pengeleman dan pengguntingan rapi
|
|
|
4. Penilaian sikap akan dinilai dengan lembar
penilaian halaman 151 (kepahlawanan).
5. Evaluasi (Evaluasi akan dinilai dengan penilaian
angka.)
F.
Media,
Alat Bantu dan
Sumber Belajar
Media : LKS (buku siswa)
Alat : -
Sumber Belajar : Buku Guru
dan Buku siswa, Lingkungan
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
Parianti, S.Pd
Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760605 200701 2 004
Lembar Pengamatan
Kegiatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
Kriteria 4
|
||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Kriteria 1 : …………………………………………………………………………………...
Kriteria 2 : …………………………………………………………………………………...
Kriteria 3 : …………………………………………………………………………………...
Kriteria 4 : …………………………………………………………………………………...
Bahan tambahan untuk guru
Cermin Datar
1. Sinar datang, sinar pantul dan normal
berada pada bidang datar
2. Sudut sinar datang sama dengan sudut
pantul
Cermin cekung
1. Sinar datang sejajar dengan VU
dibatalkan melalui F di bidang cekung
2. Sinar yang datang sejajar sumbu utama
akan dipantulkan melalui fokus utama.
3. Sinar yang datang melalui fokus utama
akan dipantulkan sejajar sumbu utama
Cermin Cembung
1. Sinar datang menuju pusat kelengkungan
akan dipantulkan kembali.
2. Sinar sejajar sumbu utama akan
dipantulkan seolah-olah dari titik fokus
3. Sinar yang datang menuju fokus akan
dipantulkan kembali sejajar sumbu utama.
Evaluasi: Jawaban evaluasi
- Pahlawan adalah orang yang berjasa bagi orang lain.
- Para pahlawan berjuang mengangkat senjata kemerdekaan Indonesia.
- Pattimura, Ir. Soekarno, Cut Nyak Dien, Pangeran Diponegoro mereka berjuang mengangkat senjata melawan penjajah.
- Mengisinya dengan hal-hal yang baik, seperti mencintai produk Indonesia.
- Persegi dengan panjang sisi 200 m. Luasnya 20.000 m2 . Keliling=800 m
- Bangsa Eropa tertarik akan rempah-rempah Indonesia.
- Lada untuk mengobati influenza. Ketumbar untuk bumbu masakan.
- Cermin datar untuk bercermin. Cermin cembung untuk spion. Cermin cekung untuk lampu sorot mobil.
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Berdasarkan teks tersebut, jawablah pertanyaan
berikut!
………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………….
Sikap apa yang bisa dicontoh dari Bung
Tomo?
………………………………………………………………………………………………………………………………………….………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………….
Peristiwa apa yang terjadi pada tanggal
10 November 1945?
………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………….
Mengapa 10 November diperingati sebagai
”Hari Pahlawan”?
………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………….
Setujukah
kamu jika tanggal 10 November dijadikan sebagai Hari Pahlawan? Kemukakan
alasanmu!
………………………………………………………………………………………………………………………………………….………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………….
MEDIA
TEMA 5 KELAS 4 SUB 2 PB 1
TEMA 5 KELAS 4 SUB 2 PB 2
TEMA 5 KELAS 4 SUB 2 PB 3
TEMA 5 KELAS 4 SUB 2 PB 4
TEMA 5 KELAS 4 SUB 2 PB 5
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment