Home » » TEMA 5 KELAS 4 SUB 2 PB 6

TEMA 5 KELAS 4 SUB 2 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday, 6 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Neg. 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 4/1
Tema 5                                        : Pahlawanku
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Pahlawanku kebanggaanku / 6
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya,ekonomi dan politik dalam masyarakat
2.2 Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai, dan bertanggung jawab terhadap kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik
3.1 Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
3.1.1 Menjelaskan asal tokoh, perjuangan dan perilaku yang bisa dicontoh dari pahlawan
4.1 Menceriterakan tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya
4.1.1 Menuliskan pendapat pentang tanggapan bahwa tanggal 10 November dijadikan Hari Pahlawan

b) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.6 Memahami sifat-sifat cahaya melalui pengamatan dan mendeskripsikan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.6.1 Menjelaskan sifat-sifat cermin cekung, cembung, dan datar
4.5 Membuat sebuah karya/model yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya
4.5.1  Menjelaskan manfaat cermin dalam kehidupan sehari-hari

c) SBdP
1.1 Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah tuhan
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
3.4 Mengetahui berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif
3.4.1 Membuat karya seni kolase
4.2 Membuat karya seni kolase dengan berbagai bahan
4.2.1 Menceritakan langkah membuat kartu ucapan yang dibuat

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Perjuangan dan perilaku yang bisa dicontoh dari pahlawan
2.      Sifat-sifat cahaya melalui pengamatan dan mendeskripsikan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.      Karya seni kolase dengan berbagai bahan

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Pahlawanku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa membaca teks tentang pahlawan Bung Tomo. Siswa membaca teks dengan mengaplikasikan keterampilan membaca yang sudah dipelajarinya
o   Guru memotivasi siswa untuk membaca dengan terinci dan memberi tanda hal-hal penting yang ada dalam teks
o   Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa. Saat menjawab pertanyaan, guru memotivasi siswa untuk menjawab pertanyaan dengan terinci.
o   Berikut adalah contoh pertanyaan yang ada:
  • Kapan Bung Tomo dilahirkan?
  • Apa perjuangan yang dilakukan oleh Bung Tomo?
  • Apa sikap yang bisa dicontoh dari Bung Tomo?
  • Apa peristiwa yang terjadi 10 November?
  • Mengapa 10 November dijadikan Hari Pahlawan?
  • Setujukah kamu jika tanggal 10 November dijadikan sebagai Hari Pahlawan?
o   Siswa mengamati gambar mobil peninggalan Bung Tomo.
o   Siswa memberikan pendapat mereka tentang mobil tersebut.
o   Siswa membandingkan mobil masa lalu dan masa sekarang
o   Ketika mengobservasi gambar, guru meminta siswa untuk mengobservasi dengan terinci baik itu bentuk, warna, dan ukuran
o   Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Satu kelompok terdiri atas 5 siswa.
o   Setiap kelompok dibagikan 2 benda, yaitu 1 sendok dan 1 cermin biasa.
o   Siswa bercermin dengan berbagai benda yang disiapkan.
o   Siswa menuliskan hasil bayangan yang dihasilkan dalam tabel yang disediakan.
o   Setiap kelompok mempresentasikan hasil di depan kelas
o   Guru dapat mengembangkan pertanyaan perenungan dengan berpedoman
o   kepada panduan perenungan yang terlampir pada halaman 150
o   Siswa melakukan perenungan tentang Pembelajaran 6 dengan menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku siswa.

Pengayaan
o   Siswa mencari berbagai informasi mengenai pemanfaatan sifat-sifat cahaya dalam kehidupan sehari-hari.

Remedial
o   Bagi siswa yang masih kesulitan dalam hal menjelaskan sifat-sifat cahaya, siswa akan bereksplorasi kembali.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit


E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

1.        IPS : Menjawab pertanyaan berdasarkan teks
Kriteria
Ya
Tidak
Menuliskan nama, tempat lahir dari Bung Tomo dengan benar



Menuliskan perjuangan yang dilakukan oleh Bung Tomo dengan benar



Menuliskan sikap dari Bung Tomo



Menuliskan pendapat tentang tanggal 10 November
sebagai Hari Pahlawan




2. IPA: Hasil observasi nilai dengan daftar periksa
3. SBdP
Kriteria
Ya
Tidak
Tulisan dalam kartu ucapan mencerminkan ucapan
terima kasih



Tata letak yang tepat



Teknik pengeleman dan pengguntingan rapi



4. Penilaian sikap akan dinilai dengan lembar penilaian halaman 151 (kepahlawanan).
5. Evaluasi (Evaluasi akan dinilai dengan penilaian angka.)

F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
Media                   : LKS (buku siswa)
Alat                      : -
Sumber Belajar     : Buku Guru dan Buku siswa, Lingkungan



Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004




Lembar Pengamatan Kegiatan
No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Kriteria 4
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
1









2









3









4









5









6









7









8









9









10









11









12









13









14









15









16









17









18









19









20









21









22









23









24









25









26









27









28









29









30









31









32










Keterangan:
Kriteria 1 : …………………………………………………………………………………...
Kriteria 2 : …………………………………………………………………………………...
Kriteria 3 : …………………………………………………………………………………...
Kriteria 4 : …………………………………………………………………………………...

Bahan tambahan untuk guru
Cermin Datar
1. Sinar datang, sinar pantul dan normal berada pada bidang datar
2. Sudut sinar datang sama dengan sudut pantul

Cermin cekung
1. Sinar datang sejajar dengan VU dibatalkan melalui F di bidang cekung
2. Sinar yang datang sejajar sumbu utama akan dipantulkan melalui fokus utama.
3. Sinar yang datang melalui fokus utama akan dipantulkan sejajar sumbu utama

Cermin Cembung
1. Sinar datang menuju pusat kelengkungan akan dipantulkan kembali.
2. Sinar sejajar sumbu utama akan dipantulkan seolah-olah dari titik fokus
3. Sinar yang datang menuju fokus akan dipantulkan kembali sejajar sumbu utama.

Evaluasi: Jawaban evaluasi

  1. Pahlawan adalah orang yang berjasa bagi orang lain.
  2. Para pahlawan berjuang mengangkat senjata kemerdekaan Indonesia.
  3. Pattimura, Ir. Soekarno, Cut Nyak Dien, Pangeran Diponegoro mereka berjuang mengangkat senjata melawan penjajah.
  4. Mengisinya dengan hal-hal yang baik, seperti mencintai produk Indonesia.
  5. Persegi dengan panjang sisi 200 m. Luasnya 20.000 m2 . Keliling=800 m
  6. Bangsa Eropa tertarik akan rempah-rempah Indonesia.
  7. Lada untuk mengobati influenza. Ketumbar untuk bumbu masakan.
  8. Cermin datar untuk bercermin. Cermin cembung untuk spion. Cermin cekung untuk lampu sorot mobil.



Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Berdasarkan teks tersebut, jawablah pertanyaan berikut!

Apa perjuangan yang dilakukan oleh Bung Tomo?

………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………. 
…………………………………………………………………………………………………………………………………………. 
…………………………………………………………………………………………………………………………………………. 
…………………………………………………………………………………………………………………………………………. 
…………………………………………………………………………………………………………………………………………. 
…………………………………………………………………………………………………………………………………………. 


Sikap apa yang bisa dicontoh dari Bung Tomo?
………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………. 
…………………………………………………………………………………………………………………………………………. 
…………………………………………………………………………………………………………………………………………. 
…………………………………………………………………………………………………………………………………………. 
…………………………………………………………………………………………………………………………………………. 
………………………………………………………………………………………………………………………………………….


Peristiwa apa yang terjadi pada tanggal 10 November 1945?
………………………………………………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………………………………………………. 
…………………………………………………………………………………………………………………………………………. 
…………………………………………………………………………………………………………………………………………. 
…………………………………………………………………………………………………………………………………………. 
…………………………………………………………………………………………………………………………………………. 
………………………………………………………………………………………………………………………………………….


Mengapa 10 November diperingati sebagai ”Hari Pahlawan”?

………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………. 
…………………………………………………………………………………………………………………………………………. 
…………………………………………………………………………………………………………………………………………. 
…………………………………………………………………………………………………………………………………………. 
…………………………………………………………………………………………………………………………………………. 
………………………………………………………………………………………………………………………………………….

Setujukah kamu jika tanggal 10 November dijadikan sebagai Hari Pahlawan? Kemukakan alasanmu!
………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………. 
…………………………………………………………………………………………………………………………………………. 
…………………………………………………………………………………………………………………………………………. 
…………………………………………………………………………………………………………………………………………. 
…………………………………………………………………………………………………………………………………………. 
………………………………………………………………………………………………………………………………………….



MEDIA
TEMA 5 KELAS 4 SUB 2 PB 6

TEMA 5 KELAS 4 SUB 2 PB 1
TEMA 5 KELAS 4 SUB 2 PB 2
TEMA 5 KELAS 4 SUB 2 PB 3
TEMA 5 KELAS 4 SUB 2 PB 4
TEMA 5 KELAS 4 SUB 2 PB 5

 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors