Home » » TEMA 5 KELAS 4 SUB 2 PB 5

TEMA 5 KELAS 4 SUB 2 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday, 6 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Neg. 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 4/1
Tema 5                                        : Pahlawanku
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Pahlawanku kebanggaanku / 5
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, sosial, serta permasalahan sosial
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.5 Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu- Buddha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.5.1 Menjawab pertanyaan berdasarkan dialog
4.5 Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Buddha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5.1 Menjelaskan isi dialog yang Dibacanya

b) IPS
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya,ekonomi dan politik dalam masyarakat
2.2 Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai, dan bertanggung jawab terhadap kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik
3.1 Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
3.1.1 Menjelaskan asal tokoh, perjuangan dan perilaku yang bisa dicontoh dari pahlawan
4.1 Menceriterakan tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya
4.1.1 Menceritakan pentingnya menghargai perjuangan Ir. Soekarno

c) PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
2.2 Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat
3.2.1 Menjelaskan kewajiban pada saat upacara bendera
3.2.2 Menjelaskan pentingnya melaksanakan kewajiban upacara
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
4.2.1 Menceritakan pengalamannya melakukan tugas dalam upacara bendera

d) SBdP
1.1 Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah tuhan
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
3.2 Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan
3.2.1 Membedakan panjang pendek bunyi
4.5 Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada
4.5.1 Menyanyikan lagu nasional dengan panjang pendek nada yang benar

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu- Buddha di Indonesia
2.      Perjuangan dan perilaku yang bisa dicontoh dari pahlawan
3.      Kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
4.      Lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Pahlawanku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa membaca teks tentang pahlawan Ir. Soekarno dengan mengaplikasikan keterampilan membaca yang sudah dipelajarinya.
o   Guru memotivasi siswa untuk membaca dengan terinci dan memberi tanda hal-hal penting yang ada dalam teks
o   Siswa secara individu menuliskan dalam bentuk peta pikiran: nama tokoh, asal, perjuangan yang dilakukan, dan perilaku yang pantas ditiru dari Ir. Soekarno.
o   Siswa menukarkan jawaban dengan teman pasangannya.
o   Guru meminta dua atau tiga siswa untuk maju ke depan kelas menjelaskan peta pikiran yang dibuat.
o   Ketika siswa maju ke depan kelas, motivasi siswa untuk menjelaskan dengan terinci. Guru memberikan penguatan kepada siswa bahwa Ir. Soekarno telah berjuang dengan berani untuk melawan penjajah
o   Peta pikiran yang dibuat oleh siswa akan dinilai dengan menggunakan penilaian no. 1.
o   Siswa menceritakan kepada temannya tentang pentingnya perjuangan yang dilakukan oleh Ir. Soekarno bagi bangsa Indonesia.
o   Guru bisa memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa. Contoh:
  • Apa yang telah diperjuangkan oleh Ir. Soekarno?
  • Apa dampak perjuangan tersebut bagi bangsa Indonesia?
  • Apa yang terjadi jika tidak ada Ir. Soekarno?
o   Siswa membaca dialog tentang upacara bendera.
o   Siswa bisa membaca nyaring secara bergantian.
o   Guru bisa melihat kemampuan membaca setiap siswa. Guru mengingatkan penggunaan tanda titik dan koma pada saat membaca
o   Guru memberikan penguatan kepada siswa tentang makna dari upacara bendera dengan mengaitkannya dengan peristiwa Proklamasi Kemerdekaan
o   Setelah membaca, siswa akan menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang diberikan:
o   Mengapa tanggal 17 Agustus diadakan upacara bendera?
o   Siapakah yang memproklamasikan kemerdekaan Indonesia?
o   Siswa menjawab petanyaan tentang upacara bendera (di buku siswa)
  • Apa isi dialog di atas?
  • Apakah di sekolahmu selalu diadakan upacara Hari Kemerdekaan?
  • Menurutmu, mengapa diadakan upacara Hari Kemerdekaan?
o   Siswa dibagi dalam 4 kelompok. Setiap kelompok akan mendiskusikan tentang sikap yang harus dilakukan pada saat upacara bendera.
o   Salah satu siswa menyajikan hasil pekerjaannya di depan siswa lain.
o   Siswa memberikan pertanyaan dan memberikan komentar dari hasil pekerjaan temannya.
o   Diharapkan siswa bisa menjelaskan bahwa ketika upacara bendera, siswa harus bersikap tertib karena itulah bentuk menghargai jasa para pahlawan.
o   Sebagai generasi muda, siswa wajib menghargai jasa pahlawan.
o   Siswa menyanyikan lagu “ Hari Merdeka” dengan tinggi rendah nada yang benar
o   Setelah bernyanyi, siswa akan berdiskusi dengan kelompoknya mengenai isi lagu tersebut.
o   Siswa mengerjakan tugas sebagai berikut:
  • Diskusikan dengan temanmu isi dari lagu “Hari Merdeka”!
  • Tulislah dengan bahasamu sendiri isi lagu “Hari Merdeka”!
o   Secara berkelompok siswa menuliskan hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengisi kemerdekaan.
o   Guru menguatkan bahwa tidak mudah bangsa Indonesia mendapat kemerdekaan. Sebagai generasi muda, guru memotivasi siswa untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk mengisi kemerdekaan
o   Siswa melakukan perenungan tentang Pembelajaran 5 dengan mejawab pertanyaan yang terdapat pada buku siswa

Pengayaan -
Remedial
o   Guru dapat mengembangkan pertanyaan perenungan dengan berpedoman kepada panduan perenungan yang terlampir pada halaman 150

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



1.    IPS : Peta pikiran Ir. Soekarno dinilai dengan daftar periksa
Kriteria
Ya
Tidak
Menuliskan nama, tempat lahir Ir. Soekarno dengan
benar


Menuliskan perjuangan yang dilakukan oleh Ir.
Soekarno dengan benar


Menuliskan sikap Ir. Soekarno



2. Bahasa Indonesia dan PPKn : upacara bendera di sekolah
Kriteria
Ya
Tidak
Menuliskan isi dialog dengan benar


Menuliskan makna upacara bendera di sekolah


Menuliskan alasan diadakan upacara bendera di
sekolah


Menuliskan sikap yang baik saat upacara di sekolah



3. Menyanyikan lagu “Hari Merdeka”
Kriteria
Ya
Tidak
Menyanyikan dengan nada yang tepat


Menyanyikan dengan panjang pendek bunyi yang tepat


Menyanyikan dengan irama yang tepat



4. Penilaian sikap akan dinilai dengan lembar penilaian halaman 151 (kepahlawanan).


F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
Media                   : LKS (buku siswa)
Alat                      : -
Sumber Belajar     : Buku Guru dan Buku siswa, Lingkungan



Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004


 Lembar Pengamatan Kegiatan
No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Kriteria 4
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
1









2









3









4









5









6









7









8









9









10









11









12









13









14









15









16









17









18









19









20









21









22









23









24









25









26









27









28









29









30









31









32










Keterangan:
Kriteria 1 : …………………………………………………………………………………...
Kriteria 2 : …………………………………………………………………………………...
Kriteria 3 : …………………………………………………………………………………...
Kriteria 4 : …………………………………………………………………………………...



Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Berdasarkan teks bacaan yang telah kamu baca, buatlah peta pikiran


 MEDIA

TEMA 5 KELAS 4 SUB 2 PB 5


TEMA 5 KELAS 4 SUB 2 PB 1
TEMA 5 KELAS 4 SUB 2 PB 2
TEMA 5 KELAS 4 SUB 2 PB 3
TEMA 5 KELAS 4 SUB 2 PB 4


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors