RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Neg. 2 Tijue
Kelas/Semester : 4/1
Tema 5 :
Pahlawanku
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Pahlawanku
kebanggaanku / 5
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan
mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber
daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi,
sosial, serta permasalahan sosial
2.4 Memiliki
kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.5 Menggali
informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan
perkembangan Hindu- Buddha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.5.1 Menjawab
pertanyaan berdasarkan dialog
4.5 Mengolah dan
menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan
Hindu-Buddha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5.1 Menjelaskan
isi dialog yang Dibacanya
b) IPS
1.2 Menjalankan
ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan
kelembagaan sosial, budaya,ekonomi dan politik dalam masyarakat
2.2 Menunjukkan
perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai, dan bertanggung jawab terhadap kelembagaan
sosial, budaya, ekonomi dan politik
3.1 Mengenal
manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan
dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
3.1.1 Menjelaskan
asal tokoh, perjuangan dan perilaku yang bisa dicontoh dari pahlawan
4.1 Menceriterakan
tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas antar ruang, perubahan,
dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat
di sekitarnya
4.1.1 Menceritakan
pentingnya menghargai perjuangan Ir. Soekarno
c) PPKn
1.2 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
2.2 Menunjukkan
perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari
di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2 Memahami hak
dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat
3.2.1 Menjelaskan
kewajiban pada saat upacara bendera
3.2.2 Menjelaskan
pentingnya melaksanakan kewajiban upacara
4.2 Melaksanakan
kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
4.2.1 Menceritakan
pengalamannya melakukan tugas dalam upacara bendera
d) SBdP
1.1 Mengagumi ciri
khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah
tuhan
2.1 Menunjukkan
sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
3.2 Membedakan
panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan
3.2.1 Membedakan
panjang pendek bunyi
4.5 Menyanyikan
lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada
4.5.1 Menyanyikan
lagu nasional dengan panjang pendek nada yang benar
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Teks ulasan buku
tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu- Buddha di Indonesia
2.
Perjuangan dan
perilaku yang bisa dicontoh dari pahlawan
3.
Kewajiban sebagai
warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
4.
Lagu dengan gerak
tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Pahlawanku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa membaca
teks tentang pahlawan Ir. Soekarno dengan mengaplikasikan keterampilan
membaca yang sudah dipelajarinya.
o
Guru memotivasi
siswa untuk membaca dengan terinci dan memberi tanda hal-hal penting yang ada
dalam teks
o
Siswa secara
individu menuliskan dalam bentuk peta pikiran: nama tokoh, asal, perjuangan
yang dilakukan, dan perilaku yang pantas ditiru dari Ir. Soekarno.
o
Siswa menukarkan
jawaban dengan teman pasangannya.
o
Guru meminta dua
atau tiga siswa untuk maju ke depan kelas menjelaskan peta pikiran yang
dibuat.
o
Ketika siswa maju
ke depan kelas, motivasi siswa untuk menjelaskan dengan terinci. Guru
memberikan penguatan kepada siswa bahwa Ir. Soekarno telah berjuang dengan
berani untuk melawan penjajah
o
Peta pikiran yang
dibuat oleh siswa akan dinilai dengan menggunakan penilaian no. 1.
o
Siswa
menceritakan kepada temannya tentang pentingnya perjuangan yang dilakukan
oleh Ir. Soekarno bagi bangsa Indonesia.
o
Guru bisa memberikan
pertanyaan-pertanyaan kepada siswa. Contoh:
o
Siswa membaca
dialog tentang upacara bendera.
o
Siswa bisa
membaca nyaring secara bergantian.
o
Guru bisa melihat
kemampuan membaca setiap siswa. Guru mengingatkan penggunaan tanda titik dan
koma pada saat membaca
o
Guru memberikan
penguatan kepada siswa tentang makna dari upacara bendera dengan mengaitkannya
dengan peristiwa Proklamasi Kemerdekaan
o
Setelah membaca,
siswa akan menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang diberikan:
o
Mengapa tanggal
17 Agustus diadakan upacara bendera?
o
Siapakah yang
memproklamasikan kemerdekaan Indonesia?
o
Siswa menjawab
petanyaan tentang upacara bendera (di buku siswa)
o
Siswa dibagi
dalam 4 kelompok. Setiap kelompok akan mendiskusikan tentang sikap yang harus
dilakukan pada saat upacara bendera.
o
Salah satu siswa
menyajikan hasil pekerjaannya di depan siswa lain.
o
Siswa memberikan
pertanyaan dan memberikan komentar dari hasil pekerjaan temannya.
o
Diharapkan siswa
bisa menjelaskan bahwa ketika upacara bendera, siswa harus bersikap tertib
karena itulah bentuk menghargai jasa para pahlawan.
o
Sebagai generasi
muda, siswa wajib menghargai jasa pahlawan.
o
Siswa menyanyikan
lagu “ Hari Merdeka” dengan tinggi rendah nada yang benar
o
Setelah
bernyanyi, siswa akan berdiskusi dengan kelompoknya mengenai isi lagu tersebut.
o
Siswa mengerjakan
tugas sebagai berikut:
o
Secara
berkelompok siswa menuliskan hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengisi kemerdekaan.
o
Guru menguatkan
bahwa tidak mudah bangsa Indonesia mendapat kemerdekaan. Sebagai generasi
muda, guru memotivasi siswa untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk
mengisi kemerdekaan
o
Siswa melakukan perenungan
tentang Pembelajaran 5 dengan mejawab pertanyaan yang terdapat pada buku
siswa
Pengayaan -
Remedial –
o
Guru dapat
mengembangkan pertanyaan perenungan dengan berpedoman kepada panduan
perenungan yang terlampir pada halaman 150
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
1.
IPS
: Peta pikiran Ir. Soekarno dinilai dengan daftar periksa
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Menuliskan
nama, tempat lahir Ir. Soekarno dengan
benar
|
||
Menuliskan
perjuangan yang dilakukan oleh Ir.
Soekarno dengan benar
|
||
Menuliskan sikap Ir. Soekarno
|
2. Bahasa Indonesia dan PPKn : upacara bendera di sekolah
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Menuliskan isi dialog dengan benar
|
||
Menuliskan makna upacara bendera di sekolah
|
||
Menuliskan
alasan diadakan upacara bendera di
sekolah
|
||
Menuliskan
sikap yang baik saat upacara di sekolah
|
3. Menyanyikan lagu “Hari Merdeka”
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Menyanyikan dengan nada yang tepat
|
||
Menyanyikan dengan panjang pendek bunyi yang tepat
|
||
Menyanyikan dengan irama yang tepat
|
4. Penilaian sikap akan dinilai dengan lembar penilaian halaman 151
(kepahlawanan).
F.
Media,
Alat Bantu dan
Sumber Belajar
Media : LKS (buku siswa)
Alat : -
Sumber Belajar : Buku Guru
dan Buku siswa, Lingkungan
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
Parianti, S.Pd
Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760605 200701 2 004
Lembar Pengamatan
Kegiatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
Kriteria 4
|
||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
|||||||||
4
|
|||||||||
5
|
|||||||||
6
|
|||||||||
7
|
|||||||||
8
|
|||||||||
9
|
|||||||||
10
|
|||||||||
11
|
|||||||||
12
|
|||||||||
13
|
|||||||||
14
|
|||||||||
15
|
|||||||||
16
|
|||||||||
17
|
|||||||||
18
|
|||||||||
19
|
|||||||||
20
|
|||||||||
21
|
|||||||||
22
|
|||||||||
23
|
|||||||||
24
|
|||||||||
25
|
|||||||||
26
|
|||||||||
27
|
|||||||||
28
|
|||||||||
29
|
|||||||||
30
|
|||||||||
31
|
|||||||||
32
|
Keterangan:
Kriteria 1 : …………………………………………………………………………………...
Kriteria 2 : …………………………………………………………………………………...
Kriteria 3 : …………………………………………………………………………………...
Kriteria 4 : …………………………………………………………………………………...
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Berdasarkan
teks bacaan yang telah kamu baca, buatlah peta pikiran
MEDIA
TEMA 5 KELAS 4 SUB 2 PB 1
TEMA 5 KELAS 4 SUB 2 PB 2
TEMA 5 KELAS 4 SUB 2 PB 3
TEMA 5 KELAS 4 SUB 2 PB 4
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment